Top PDF Sistem Informasi Terpadu Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado

Sistem Informasi Terpadu Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado

Sistem Informasi Terpadu Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstrak – Pemanfaatan teknologi informasi saat ini masih belum banyak di maksimalkan oleh organisasi maupun institusi di Indonesia, seperti di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Unsrat sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di Sulawesi Utara khususnya di Fakultas Teknik yang seharusnya menjadi pelopor pemanfaatan teknologi informasi ini, dalam proses-proses administrasi seperti registrasi mahasiswa baru, pencarian informasi jadwal kuliah, maupun proses-proses administrasi lainnya masih bersifat manual. Sebenarnya sudah ada beberapa sistem informasi yang dimiliki oleh Fakultas Teknik Unsrat seperti Portal Fakultas Teknik dan Website Fakultas Teknik, namun sistem-sistem tersebut masih belum terintegrasi satu dengan yang lain yang menyebabkan proses pencarian informasi dan pengurusan administrasi oleh dosen, mahasiswa, maupun pegawai Fakultas Teknik Unsrat masih kurang efektif dan efisien. Pengembangan Sistem Informasi Terpadu sebagai wadah integrasi dari sistem-sistem yang ada di Fakultas Teknik Unsrat merupakan solusi yang memberikan kemudahan kepada dosen, mahasiswa, maupun pegawai Fakultas Teknik Unsrat dalam proses pencarian informasi dan pengurusan administrasi di Fakultas Teknik Unsrat.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Pengembangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Terpadu (KKT) Di Universitas Sam Ratulangi

Pengembangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Terpadu (KKT) Di Universitas Sam Ratulangi

Dalam penelitian yang di lakukan oleh Muhammad Wardianto yang berjudul : Rancang bangun aplikasi pendaftaran online jasa pengobatan berbasis multimedia pada klinik utama Siti Aksar depok. bertujuan untuk membangun aplikasi pendaftaran online berbasis multimedia yang dikemas dalam bentuk web yang berguna sebagai pendaftaran antrian untuk layanan medis Dokter gigi dan sarana menginformasikan tentang jasa yang ditawarkan oleh klinik utama Siti Aksar, membuat aplikasi pendaftaran online berbasis multimedia yang memadukan antara macromedia falsh 8, PHP dan Mysql sehingga bisa untuk memudahkan update layanan klinik utama Siti Aksar. Metodologi yang di gunakan adalah metode pengumpulan data yaitu studi kepustakaan : dilakukan dengan cara membaca dan mempelajari buku-buku, referensi yang mendukung dengan topik yang akan di bahas dalam penyusunan skripsi ini, selain itu penulis juga mengumpulkan data dari situs-situs internet yang berhubungan dengan penelitian ini, studi lapangan (observasi, wawancara), studi literatur sejenis, metode pengembangan sistem, metode pengembangan sistem yang digunakan peneliti untuk mengembangkan aplikasi ini yaitu dengan Rapid Applicattion Development (RAD).
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Pengembangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Terpadu (KKT) di Universitas Sam Ratulangi

Pengembangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Terpadu (KKT) di Universitas Sam Ratulangi

E. Rapid application Development (RAD) Pada gambar 1 di atas menjelaskan tentang RAD. Menurut Kendal 2008 RAD atau pengembangan aplikasi cepat adalah pendekatan berorientasi objek untuk pengembangan sistem yang meliputi metode pengembangan serta perangkat lunak. Kendal dan Kendall (2007) melihat RAD sebagai metodologi pengembangan sistem yang berusaha untuk mengatasi perubahan persyaratan kebutuhan user. Kendal dan Kendall (2007) juga merekomendasikan RAD untuk mengembangkan aplikasi berbasis web. RAD merupakan model proses perangkat lunak yang menekankan pada daur pengembangan hidup yang singkat. RAD merupakan versi adaptasi cepat dari model waterfall, dengan menggunakan pendekatan konstruksi komponen (Pressman, 2005). Suatu model rapid prototype, merupakan working model dimana sebagian fungsional aplikasi sudah berjalan (Schach, 2008).
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado 1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado 3)

Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado 1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado 3)

langsung ke rumah sakit atau dokter spesialis. Jika ini dilanggar peserta harus bayar sendiri. Namun realitas di lapangan tak semudah membalikkan telapak tangan. Perpindahan jaminan kesehatan ini banyak mengalami kendala. Sistem rujukan pasien dirasakan masih tidak efektif dan efisien, masih banyak masyarakat belum mendapat menjangkau pelayanan kesehatan, akibatnya terjadi penumpukan pasien yang luar biasa di rumah sakit besar tertentu. Pemahaman masyarakat tentang alur rujukan sangat rendah sehingga mereka tidak mendapatkan pelayanan sebagaimana mestinya. Pasien menganggap sistem rujukan birokrasinya cukup rumit, sehingga pasien langsung merujuk dirinya sendiri untuk mendapatkan kesehatan tingkat kedua atau ketiga.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

*Pascasarjana Universtas Sam Ratulang Manado **Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi

*Pascasarjana Universtas Sam Ratulang Manado **Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi

Hasil penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat hubungan antara disiplin kerja dengan kinerja perawat pelaksana di Irina C RSUP Prof. Dr. R.D Kandou Manado. Disiplin kerja di ruangan perawatan ini dikatakan baik dan berhubungan dengan kinerja perawat karena ada dua hal berdasarkan hasil kuesioner dan wawancara yaitu pertama, perawat disiplin dalam menjalankan asuhan keperawatan. Semua bentuk pelayanan tindakan keperawatan yang komprehensif tertuang dalam catatan asuhan keperawatan pada buku medical record pasien yang selalu dicatat oleh perawat saat dinas. Jika catatan tersebut masih belum lengkap maka akan dikembalikan ke ruangan masing-masing untuk dilengkapi dengan selengkap-lengkapnya karena dokumentasi catatan asuhan keperawatan merupakan alat bukti yang kuat secara hukum jika di kemudian hari perawat menghadapi masalah hukum dengan pasien, sehingga kelengkapan catatan pendokumentasian merupakan gambaran kinerja perawat. Kedua, keberadaan perawat yang lebih banyak di ruangan atau di tempat kerja. Hal ini berbeda dengan dahulu bahwa perawat boleh saja meninggalkan ruangan ataupun tempat kerja karena sistem absensi masih manual. Berbeda dengan sekarang ini dikala sistem absensi telah menggunakan alat finger print sekaligus pendeteksi mata, para perawat yang dinas pagi mau tidak mau harus berada di ruangan sekitar pukul 07.30 WIB, demikian juga dengan perawat yang dinas siang dan malam sudah harus berada di ruangan sekitar pukul 13.30 dan pukul 20.30 WIB. Ada sanksi keterlambatan berupa potongan uang JM (Jasa Medik). Disiplin kerja perawat di Irina C merupakan salah satu penilaian yang biasanya dilakukan oleh perawat kepala kepada perawat pelaksana. Hal ini
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

pemahaman awal tentang seks baik dilakukan oleh orang tua agar siswa tidak mencari informasi dilain tempat yang dapat memberikan pengaruh kurang baik bagi para siswa. Orang tua juga perlu mengawasi pergaulan dan kontrol terhadap akses media yang digunakan siswa guna menjauhkan siswa dari pengaruh buruk yang ada.

7 Baca lebih lajut

*Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi ** Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi

*Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi ** Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi

Pada penerapan sistem activity based costing, akuntansi biaya yang lebih baik melaporkan angka biaya yang lebih akurat dalam mengukur seberapa besar aktivitas atau kegiatan, produk dan konsumen menggunakan sumber daya yang berbeda dari perusahaan (Mulyadi, 2003). Dalam perhitungan sistem activity based costing, menunjukkan bahwa pembebanan biaya menurut aktivitas konsumsi sumber daya diberlakukan pada masing-masing biaya ke perhitungan tarif rawat inap pasien, sehingga hal ini berpengaruh terhadap pembebanan pasien, artinya bahwa biaya yang dikeluarkan pasien lebih ringan bila dibandingkan dengan menggunakan tarif rawat inap sebelumnya. Penyajian laporan keuangan bagi pihak luar perusahaan dalam perhitungan sistem activity based costing, informasi biaya produk yang dihasilkan harus disesuaikan ke biaya produk. Dengan demikian penentuan tarif yang hanya mengacu pada persaingan tarif dengan pesaing jelas tidak dapat menyediakan fakta yang dibutuhkan oleh manajemen untuk pengelolaan terhadap operasi perusahaan. Penelitian Maretandra (2014) juga menjelaskan bahwa dengan penerapan sistem activity based costing akan dapat membebankan biaya produksi pada produk lebih akurat dari pembebanan dengan menggunakan sistem pembebanan biaya tradisional. Penerapan sistem activity based
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi

Ruang rawat inap merupakan ruangan di rumah sakit yang berpotensi terjadinya penularan penyakit akibat pecemaran bakteri udara yang cukup tinggi dan mikroorganisme patogen yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka kuman udara di ruang rawat inap kelas I, II, III RS Bhayangkara Tingkat III Manado. Jenis penelitian ini adalah survei deskriptif dan uji laboratorium, yang dilaksanakan bulan Mei-Juli 2017 di RS Bhayangkara Tingkat III Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah ruang rawat inap rumah sakit. Sampel yang diambil adalah udara di ruang rawat inap kelas I, II dan III. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan dianalisis di Laboratorium. Hasil penelitian, rata-rata angka kuman udara ruang rawat inap kelas I yaitu ruang cemara I sebesar 588 CFU/m 3 dan ruang cemara 2 sebesar 924,5 CFU/m 3 , kelas II yaitu teratai 1 sebesar 203 CFU/m 3 dan ruang teratai 2 sebesar 1366 CFU/m 3 ), dan kelas III yaitu ruang melati 1 sebesar 781,5 CFU/m 3 dan ruang mawar 1 sebesar 857 CFU/m 3 , Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata kualitas udara yang ada di ruang rawat inap di rumah sakit bhayangkara tingkat III manado yang telah memenuhi syarat yaitu ruang teratai 1 namun juga ada ruangan yang tidak memenuhi syarat yaitu cemara 1, cemara 2, teratai 2, melati 2, mawar 2. Adapun saran yang ingin dibagikan yaitu pentingnya meningkatkan hygiene dan sanitasi di dalam ruang rawat inap dan melaksanakan pemeriksaan angka kuman udara secara berkala agar dapat menghindari terjadinya kontaminasi yang disebabkan oleh mikroorgnaisme patogen pada pengunjung, tenaga kesehatan dan pasien.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Pengetahuan Tentang Manajemen Program pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Pengetahuan Tentang Manajemen Program pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Berbeda dengan kepuasan terhadap perkuliahan           dan   pekerjaan   orang   tua   yang   berpengaruh   meningkatkan pengetahuan mahasiswa, pemilihan         jabatan yang diinginkan dalam pekerjaan di masa               depan berpengaruh sebaliknya. Mahasiswa yang           memiliki motivasi ingin menjadi kepala dinas 50%               berisiko memiliki pengetahuan yang lebih buruk,             namun ada dugaan bahwa mahasiswa yang tertarik               menjadi kepala dinas bukan mahasiswa yang selektif               atau memiliki pengetahuan yang baik. Mahasiswa yang               lebih baik pengetahuan manajemen lebih tertarik             bekerja di tempat lain selain dinas kesehatan. Pene-                 litian Barzdins menemukan mahasiswa yang ingin             bekerja di klinik pribadi atau swasta memiliki penge-                 tahuan manajemen yang lebih baik (19). Ketidak-               sesuaian antara kebutuhan mahasiswa dan sistem             pendidikan memengaruhi motivasi mahasiwa, karena           itu kurikulum dan strategi pembelajaran harus             ditingkatkan untuk mempersiapkan calon tenaga           kesehatan yang bermutu. 
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado **Departemen Pendidikan Politeknik Kesehatan Manado

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado **Departemen Pendidikan Politeknik Kesehatan Manado

Populasi target penelitian adalah balita usia 12-36 bulan di kecamatan kawangkoan . Besar sampel minimal yang diperlukan dihitung berdasarkan rumus besar sampel dengan tingkat kemaknaan d=0,01 sehingga diperoleh sampel minimal sebanyak 48 orang dengan perbandingan sampel antara kasus dan kontrol adalah 1:1. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik stratified propotional

8 Baca lebih lajut

*Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi **Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi

*Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi **Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi

57 dan aktivitas yang terjadi pada rumah sakit, sehingga menuntut ketepatan pembebanan biaya overhead dalam penentuan harga produk (Fieda, 2007). Dalam menentukan harga pokok produk masih ada rumah sakit yang memakai sistem perhitungan akuntansi tradisional, dimana sistem tersebut tidak sesuai dengan sistem pembiayaan yang sudah maju saat ini karena sering terjadi distorsi yang dapat menyebabkan undercostatau overcost pada harga pokok produk. Dalam sistem akuntansi biaya tradisional, distorsi biaya bisa terjadi dikarenakan struktur biaya yang rumit yaitu struktur biaya yang memiliki biaya yang tidak berkaitan dengan volume dalam jumlah yang signifikan. Situasi lain yang menyebabkan distorsi biaya adalah lini produk yang beragam (Carter, 2009). Metode akuntansi tradisional menekankan pada tujuan penentuan harga pokok produk yang dijual. Akibatnya, sistem ini hanya menyediakan informasi yang relatif sangat sedikit untuk mencapai keunggulan dalam persaingan global. Akuntansi tradisional juga kurang menekankan pentingnya daur hidup, sehingga menyebabkan distorsi harga pokok daur hidup produk (Rudianto, 2013).
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Apabila sampah tidak dikelola dengan baik, maka akanmemberikan pengaruh yang besar terhadap kesehatan.Pengaruh tersebut bisa secara langsung maupun tidak langsung.Pengaruh langsung disebabkan karena adanya kontak langsung antara manusia dengan sampah tersebut.Sedangkan pengaruh tidak langsung umumnya disebabkan oleh adanya vector yang membawa kuman penyakit yang berkembangbiak di dalam sampah kepada manusia (Adnani, 2011). Pasar Bahu yang berada di Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado merupakan pasar kilat / tradisional yang berada di tengah- tengah Kota ajunan pasar ini terletak di pinggir jalan raya. Menurut informasi yang diperolehdari pengelola pasar, pasar ini beroperasi setiap hari, mulai pukul 04:00
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dimana sumber data tidak langsung memberikan datanya. Data sekunder untuk penelitian ini di peroleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia, yaitu www.idx.co.id. Data yang dibutuhkan yaitu informasi keuangan dari laporan keuangan perusahaan yang termasuk dalam sampel sesuai dengan variabel yang di teliti. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi, yaitu dengan cara mengumpulkan, mencatat, dan mengkaji data sekunder perusahaan realestate dan property yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Bagian Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado

Bagian Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado

tahun sebanyak 25 orang (27%); sedangkan yang berusia di atas 35 tahun 1 orang (1,1%). Dapat dilihat bahwa responden yang berusia 15-25 tahun lebih banyak dibandingkan yang lain. Semakin dewasa usia maka tingkat kemampuan dan kematangan dalam berpikir dan menerima informasi lebih baik dibandingkan dengan usia yang masih muda atau belum dewasa. Usia juga menjadi faktor penentu dalam tingkat pengetahuan, pengalaman, keyakinan, dan motivasi sehingga umur mempengaruhi perilaku seseorang terhadap objek tertentu. 15

7 Baca lebih lajut

Bagian Anatomi Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado

Bagian Anatomi Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado

Pada tabel 2 Hasil ISHA dominasi otak didapatkan korteks prefrontalis laki-laki yang excellent 10 orang, moderate 2 orang, improved tidak ada, sedangkan pada perempuan excellent 15 orang, moderate 6 orang, improved tidak ada. Sistem limbik pada laki-laki yang excellent 5 orang,

6 Baca lebih lajut

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado.

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado.

PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Sektor Pembangkitan Minahasa PLTP Lahendong merupakan salah satu unit yang bertugas untuk memproduksi energi listrik dengan memanfaatkan uap panas bumi. Perusahaan ini juga merupakan salah satu tempat yang memiliki potensi bahaya kecelakaan kerja yang tinggi sehingga harus adanya pengendalian kecelakaan kerja di perusahaan dengan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). perusahaan ini sampai tahun 2016 belum pernah terjadi satupun kecelakaan akibat kerja sehingga memperoleh zero accident. Namun, ditemukan ada beberapa masalah yang mempengaruhi sistem manajemen K3 di perusahaan yaitu: 1). ada beberapa tenaga kerja yang akan memasuki area kerja tidak mengikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan. 2). Ada beberapa pekerja yang belum memahami mengenai kebijakan keselamatan kerja yang ditetapkan perusahaan dalam hal kelengkapan penggunaan alat pelindung diri. 3). kurangnya penyediaan alat-alat pelindung diri di perusahaan.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

5 tingkat pendidikan pun akan baik. Budaya dan agama juga memberikan pengaruh terhadap tingkat pengetahuan, karena budaya masing-masing daerah berbeda-beda sehingga bisa menimbulkan pemahaman yang berbeda juga karena, jika ada informasi yang baru maka informasi tersebut akan disaring kira-kira sesuai atau tidak dengan budaya dan agama yang dianut. Apabila dilihat dari hasil presentase jawaban responden tentang pengetahuan narkoba, maka didapati sebagian besar memiliki pengetahuan baik karena mereka tahu dan bisa menjawab dengan benar pertanyaan yang diberikan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

* Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

* Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit yang tergolong dalam infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit TBC dapat menyerang kepada siapa saja tak terkecuali pria, wanita, tua, muda dan dimana saja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan dukungan keluarga penderita dengan kepatuhan dalam program pengobatan tuberkulosis paru di wilayah kerja puskesmas modayag dan modayag barat kabupaten bolaang mongondow timur. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien tuberkulosis paru (BTA +) tahun yaitu sebanyak 39 orang. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang berisi 10 item pertanyaan mengenai pengetahuan, 20 item pertanyaan mengenai dukungan kerluarga dan 6 item pertanyaan mengenai kepatuhan dalam program pengobatan. Analisis univariat dan bivariat mengunakan uji Chi Square. Hasil pengetahuan menunjukan pengetahuan responden mengenai TB paru sebesar 81,6% berpengetahuan baik, dan 18,4% mempunyai pengetahuan yang tidak baik. Data dukungan keluarga menunjukan 78,9% yang mempunyai dukungan keluarga dan 21,1% tidak ada dukungan keluarga. Data kepatuhan menunjukan 81,6% yang patuh dan 18,4% tidak patuh dalam pengobatan TB paru. Analisis bivariat menunjukan terdapat hubungan antara pengetahuan dan kepatuhan dalam program pengobatan TB paru (nilai p < 0,05 yaitu 0,003) dan terdapat hubungan antara dukungan keluarga dan kepatuhan dalam program pengobatan TB paru (nilai p < 0,05 yaitu 0,000). Penelitian ini menyarankan adanya pengembangan dan peningkatan informasi melalui penyuluhan dan media lainnya kepada masyarakat mulai dari gejala, cara penularan, pencegahan dan keteraturan berobat oleh penderita tuberkulosis paru. Evaluasi lanjutan pada penderita yang putus pengobatan harus benar-benar diperhatikan. Meningkatkan pemantauan dari PMO dan arahan tentang keteraturan berobat dari penderita akan sangat membantu dalam proses pengobatan pasien.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Prevalensi kejadian hipertensi yang terus mengalami peningkatan diprediksikan pada tahun 2025 akan ada sekitar 29% orang dewasa di seluruh dunia mengalami hipertensi. Kejadian hipertensi telah mengakibatkan kematian 8 juta orang disetiap tahun, dimana 1,5 juta kematian atau sepertiga dari populasi yang ada di wilayah Asia Tenggara menderita hipertensi, termasuk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku konsumsi makanan berisiko, konsumsi minuman beralkohol, dan stres dengan kejadian hipertensi pada laki- laki di wilayah masyarakat pesisir Desa Marinsow Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara tahun 2017. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif analitik dengan desain cross sectional study (studi potong lintang). Penelitian dilakukan di Desa Marinsow Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara pada bulan Maret-Mei 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah laki-laki yang berusia ≥ 18 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik probabilitas dengan pengambilan sampel secara acak stratifikasi menggunakan tabel random, sampel berjumlah 72 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data univariat yaitu karakteristik responden, gambaran perilaku konsumsi makanan berisiko, konsumsi minuman beralkohol, serta stres dan analisis bivariat yaitu hubungan antara perilaku konsumsi makanan berisiko, konsumsi minuman beralkohol, serta stres dengan kejadian hipertensi dengan menggunakan uji statistik Chi-square dengan CI = 95% dan α = 0,05. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara perilaku konsumsi makanan berisiko dengan kejadian hipertensi (p=0,079), tidak terdapat hubungan antara konsumsi minuman beralkohol dengan kejadian hipertensi (p=785). Terdapat hubungan antara stres dengan kejadian hipertensi (p=0,001).
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

*Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

6 diare pada anak balita menunjukan bahwa dari 64 reponden dapat dilihat sebanyak 47 responden (73,4%) mendapat penyuluhan petugas kesehatan tentang PHBS rumah tangga dan sebanyak 17 responden (26,6%) kurang mendapatkan penyuluhan petugas kesehatan tentang PHBS rumah tangga. Didapatkan secara statistik bahwa tidak terdapat hubungan antara penyuluhan petugas kesehatan tentang PHBS dengan kejadian diare pada anak balita dengan nilai p= 0,894 > (p= 0,005). Hal ini dikarenakan responden lebih banyak telah mendapatkan informasi tentang PHBS rumah tangga dari petugas kesehatan akan tetapi belum pernah mendapatkan brosur-brosur dari petugas kesehatan. Sejalan dengan Penelitian Marisa (2009) tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian diare pada anak usia 6-24 bulan di wilayah kerja puskesmas swakelola 11 ilir Palembang, menunjukkan tidak ada hubungan signifikan antara efektifitas penyuluhan kesehatan dengan kejadian diare pada anak. Hasil ini bertentangan dengan penelitian lain yang menyatakan bahwa ada hubungan yang kuat dan signifikan antara penyuluhan kesehatan dengan upaya pencegahan yang dilakukan. Perbedaan ini kemungkinan disebabkan oleh faktor-faktor lain yang menghambat efektifitas penyuluhan kesehatan. Faktor-faktor lain tersebut
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects