• Tidak ada hasil yang ditemukan

H a l a m a n i KATA PENGANTAR

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "H a l a m a n i KATA PENGANTAR"

Copied!
40
0
0

Teks penuh

(1)

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELAUTAN DAN PERIKANAN

KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

(2)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

KATA PENGANTAR

Dalam rangka mengukur pencapaian kinerja SUPM Negeri Ladong pada tahun 2016 yang didasarkan pada penetapan kinerja yang telah dilakukan sebelumnya, sekaligus sebagai wujud pertanggungjawaban yang transparan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi serta peran berdasarkan perencanaan strategi Instansi , sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), SUPM Negeri Ladong telah menyusun Laporan Kinerja (LKj) Tahun Anggaran 2016.

Laporan Kinerja ini menguraikan tentang tingkat pencapaian kinerja kegiatan/sub-kegiatan yang ditetapkan dan dilengkapi dengan Analisis Akuntabilitas Kinerja Kegiatan dan Sasaran Kegiatan berdasarkan Indikator Kinerja Utama yang diterakan dalam Perjanjian Kinerja SUPM Negeri Ladong Tahun 2016.

Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, namun demikian, kami senantiasa berupaya agar di tahun yang akan datang seluruh kegiatan yang menjadi tugas SUPM Negeri Ladong dapat dilaksanakan dengan baik, lancar, optimal, efektif, efisien, akuntabel, auditabel, dan dapat memenuhi keinginan semua pihak. Untuk itu, segala kritik dan saran perbaikan dari semua pihak akan kami terima dengan senang hati disertai penghargaan yang tinggi.

Akhir kata, semoga Laporan Kinerja SUPM Negeri Ladong yang disajikan dapat memberikan informasi pencapaian kinerja SUPM Negeri Ladong selama tahun 2016 serta sebagai masukan guna perbaikan kinerja dan peningkatan akuntabilitas dimasa mendatang.

Ladong, Februari 2017 Kepala Sekolah,

Zulfikar, A.Pi

(3)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

DAFTAR ISI

Halaman KATA PENGANTAR ... i DAFTAR ISI ... ii DAFTAR TABEL ... iv DAFTAR GAMBAR ... v DAFTAR LAMPIRAN ... vi

IKHTIAR EKSEKUTIF ... vii

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang ... 1

B. Tujuan ... 2

C. Tugas dan Fungsi ... 2

D. Aspek Strategis Organisasi ... 3

E. Keragaan SUPM Ladong ... 5

F. Sistematika Laporan Kinerja ... 8

BAB II PERENCANAAN KINERJA A. Rencana Stratejik ... 10

B. Rencana Kerja SUPM Negeri Ladong Tahun 2016 ... 14

C. Penetapan Kinerja SUPM Negeri Ladong Tahun 2016 ... 15

D. Pengukuran Kinerja ... 18

BAB III AKUNTABILITAS KINERJA A. Capaian Kinerja. ... 19

IKU 1 Jumlah Lulusan yang Terserap di Dunia Kerja Bidang Kelautan dan Perikanan ... 20

IKU 2 Jumlah Lulusan SUPM Negeri Ladong yang Bersertifikat Kompetensi ... 21

IKU 3 Prosentase Anak Pelaku Utama yang Diterima Sebagai Peserta Didik ... 23

IKU 4 Jumlah Peserta Didik pada SUPM Negeri Ladong yang Kompeten... 25

IKU 5 Deviasi Ketepatan/kesesuaian Sasaran Program Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan Melalui Kegiatan Pendidikan Kelautan dan Perikanan ... 25

(4)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

IKU 7 Persentase Unit Kerja SUPM Negeri Ladong yang Menerapkan Sistem

Manajemen Pengetahuan yang Terstandar ... 27

IKU 8 Nilai Kinerja Reformasi Birokrasi pada SUPM Negeri Ladong ... 28

IKU 9 Nilai Kinerja Anggaran pada SUPM Negeri Ladong ... 28

IKU 10Persentase Kepatuhan Lingkup BPSDMP KP ... 30

BAB IV PENUTUP ... 31 LAMPIRAN

(5)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

DAFTAR TABEL

Halaman

Tabel 1. Data Lulusan SUPM Ladong Tahun 2016 ... 7

Tabel 2. Data Lulusan SUPM Ladong sampai 31 Desember 2016 ... 7

Tabel 3. Sebaran Lulusan Alumni SUPM Ladong Selama 5 Tahun Terakhir ... 7

Tabel 4. Perjanjian Kinerja Tahun 2016 ... 16

Tabel 5. Alokasi Anggaran SUPM Negeri Ladong Tahun 2016 ... 17

Tabel 6. Balanced Score Card (BSC) Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Ladong Tahun 2016 ... 19

Tabel 7. Target dan realisasi IKU Jumlah Lulusan yang terserap di dunia kerja bidang kelautan dan perikanan ... 21

Tabel 8. Target dan realisasi IKU Jumlah lulusan SUPM Negeri Ladong yang bersertifikat kompetensi ... 22

Tabel 9. Target dan realisasi IKU Prosentase anak pelaku utama yang diterima sebagai peserta didik ... 23

Tabel 10. Target dan realisasi IKU Jumlah peserta didik yang kompeten ... 25

Tabel 11. Target dan Realisasi IKU Deviasi ketepatan/kesesuaian sasaran program pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan melalui kegiatan pendidikan kelautan dan perikanan ... 26

Tabel 12. Target dan Realisasi IKU Indeks kompetensi dan integritas pada SUPM Negeri Ladong ... 26

Tabel 13. Target dan Realisasi Persentase unit kerja yang menerapkan sistem manajemen pengetahuan yang terstandar ... 27

Tabel 14. Target dan Realisasi Nilai kinerja reformasi pada SUPM Negeri Ladong ... 28

Tabel 15. Target dan Realisasi Nilai kinerja anggaran pada SUPM Negeri Ladong 28 Tabel 16. Realisasi anggaran SUPM Negeri Ladong Tahun 2016 ... 29

(6)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Tiga Pilar Pembangunan KKP ... 4 Gambar 2. Struktur Organisasi SUPM Ladong ... 5 Gambar 3. Skema Grafis tiga pilar pembangunan KKP ... 13

(7)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Formulir Rencana Strategis SUPM Negeri Ladong Tahun 2016-2019 Lampiran 2. Formulir Pengukuran Pencapaian Sasaran SUPM Negeri Ladong Tahun

2016

Lampiran 3. Target Awal, Realisasi, Sisa, dan Persentase Pencapaian Anggaran SUPM Negeri Ladong Tahun 2016

Lampiran 4. Daftar Nama Peserta Didik Penerima Bantuan Pendidikan Anak Pelaku Perikanan SUPM Negeri Ladong Tahun 2016

(8)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

IKHTISAR EKSEKUTIF

Pembangunan sektor Perikanan di Indonesia diharapkan dapat mendukung visi Presiden RI terpilih Ir. Joko Widodo yaitu“Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong-royong”. Namun, sampai saat ini pembangunan perikanan tersebut belum secara signifikan memberikan kontribusi ekonomi yang berarti bagi pembangunan nasional tersebut.

Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya sesuai dengan salah satu NAWA CITA Presiden RI terpilih Ir. Joko Widodo yaitu “Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya”, dengan meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan instansi pemerintah pusat, mewajibkan instansi pemerintah untuk membuat laporan kinerja serta membuka akses informasi publik seperti diatur dalam UU No. 12 Tahun 2008.

Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Ladong sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Badan Pengembangan SDM KP diberikan kewenangan untuk melaksanakan tugas-tugas umum pemerintahan di Sekolah Usaha Perikanan Menengah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.54/PERMEN-KP/2014 tentang Perubahan Kedua atas PERMEN KP 46/MEN/2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Usaha Perikanan Menengah.

Penetapan Kinerja pada Tahun 2016 dalam perkembangannya mengalami perubahan seiring dengan kebijakan Badan Pengembangan SDM KP, sehingga SUPM Negeri Ladong selaku UPT yang berada di bawahnya turut berkontribusi terhadap pencapaian Indikator Kinerja Utama Badan Pengembangan SDM KP. Laporan Kinerja SUPM Negeri Ladong tahun 2016 ini merupakan hasil laporan yang didasarkan pada

(9)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

Penetapan Kinerja Sekolah Usaha Perikanan Menengah Tahun 2016 sebanyak 10 IKU. Penyerapan anggaran tahun 2016 adalah Rp. 14.573.351.100,- atau sebesar 73,96 % dari pagu riil sebesar Rp. 19.704.326.000,- dengan self blocking Rp. 4.703.580.071,- yang apabila dipersentasekan sebesar 97,83 %, yang berasal dari capaian kinerja masing-masing perspektif sebagai berikut:

a. Perspektif Pemangku Kepentingan (Stakeholder); b. Perspektif Masyarakat KP (Costumer);

c. Perspektif Internal (Internal Process); dan

(10)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

etiap penyelenggara negara dan pemerintah harus mampu menampilkan akuntabilitas kinerjanya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana telah diatur pada Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

SUPM Ladong berkewajiban untuk mempertanggungjawabkan tugas dan fungsi yang diamanatkan dan dijabarkan dengan menyiapkan, menyusun serta menyampaikan laporan kinerja secara tertulis dan periodik. Pelaporan Kinerja dimaksudkan untuk mengkomunikasikan capaian kinerja SUPM Ladong dalam satu tahun anggaran yang dikaitkan dengan proses pencapaian tujuan dan sasaran, serta menjelaskan keberhasilan dan kegagalan tingkat kinerja yang dicapainya dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKj).

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 53 tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Pelaporan Perjanjian Kinerja , Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Review atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, SUPM Ladong Tahun 2016 menyampaikan capaian kinerja SUPM Ladong selama tahun 2016 melalui analisis dan evaluasi kinerja, sehingga diharapkan akan mampu menjadi instrumen peningkatan kinerja organisasi secara menyeluruh.

Dasar pelaksanaan kegiatan SUPM Ladong tahun 2016, mengacu kepada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), yang terdiri dari kebijakan yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis (Renstra) Badan Pengembangan SDMP KP dan Kementerian Kelautan dan Perikanan 2015-2019, Rencana Stratejik (Renstra)

(11)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

SUPM Ladong 2015-2019, Rencana Kerja Tahunan (RKT) tahun 2016, Penetapan Kinerja (PK) dan Indikator Kinerja Utama SUPM Ladong tahun 2016.

B. Tujuan

Penyusunan Laporan Kinerja SUPM Ladong memenuhi beberapa tujuan, yaitu:

1. Sebagai alat penilai kinerja secara kuantitatif, sebagai wujud akuntabilitas pelaksanaan tugas dan fungsi SUPM Ladong menuju terwujudnya good governance, dan sebagai wujud transparansi serta pertanggungjawaban kepada atasan / Intitusi Pembina

2. Sebagai alat kendali dan alat pemacu peningkatan kinerja.

3. Sebagai umpan balik (Feedback) untuk perbaikan kinerja di tahun berikutnya.

C. Tugas dan Fungsi

Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Ladong berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.54/PERMEN-KP/2014 tentang Perubahan Kedua atas PERMEN KP 46/MEN/2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekolah Usaha Perikanan Menengah.

Adapun tugas dan fungsi Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Ladong, sebagai berikut :

1. Tugas

Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Ladong mempunyai tugas melaksanakan pendidikan menengah kejuruan di bidang perikanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

2. Fungsi

Dalam melaksanakan tugasnya, Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Ladong menyelenggarakan fungsi :

a. pemberian pelajaran pendidikan dan pelatihan kepada siswa di bidang ketrampilan perikanan sesuai dengan kurikulum program studi yang ditetapkan;

(12)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong b. pelaksanaan kegiatan ko kulikuler;

c. pelaksanaan bimbingan dan konseling bagi siswa; d. pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat; e. pengolaan sarana pendidikan dan pelatihan;

f. pelaksanaan dan pembinaan hubungan kerja sama dengan dunia usaha, orang tua siswa, dan masyarakat; dan

g. pengelolaan urusan tata usaha dan rumah tangga.

D. Aspek Strategis Organisasi

Berbagai kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah yang berkaitan dengan kesungguhan pemerintah dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sumber daya manusia aparatur antara lain sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Dasar 1945 Pasal 31 yang menyatakan bahwa seluruh warga negara berhak atas pendidikan. Pembangunan Nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia, dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara berkelanjutan, berlandaskan kemampuan nasional, dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global.

Pembangunan kelautan dan perikanan harus dilandasi tiga pilar yang saling terintegrasi. Pilar tersebut meliputi, aspek-aspek kedaulatan (sovereignity), keberlanjutan (sustainability), dan kemakmuran (prosperity).

Penjelasan ketiga pilar Pembangunan KP tersebut adalah :

1. Kedaulatan (Sovereignty), yakni mewujudkan pembangunan kelautan dan perikanan yang berdaulat, guna menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya kelautan dan perikanan, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.

2. Keberlanjutan (Sustainability), yakni mewujudkan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan.

(13)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

3. Kesejahteraan (Prosperity), yakni mewujudkan masyarakat kelautan dan perikanan yang sejahtera, maju, mandiri, serta berkepribadian dalam kebudayaan.

Tiga pilar tersebut terangkum dalam visi KKP, yakni ‘Mewujudkan sektor kelautan dan perikanan Indonesia yang mandiri, maju, kuat dan berbasis kepentingan nasional’. Secara grafis hubungan ketiga pilar tersebut dapat dilihat pada gambar berikut:

Gambar 1. Tiga Pilar Pembangunan KKP

Agenda Prioritas Pembangunan Nasional Agenda Prioritas Pembangunan Nasional yang dirangkum dalam Nawa Cita dituangkan dalam program pengembangan SDM dan pemberdayaan masyarakat KP. Dari agenda prioritas tersebut, peran strategis program pengembangan SDM dan pemberdayaan masyarakat KP adalah :

1. Menyelenggarakan Pendidikan KP bagi anak pelaku utama bidang kelautan dan perikanan dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, selaras dengan program Indonesia Pintar.

2. Mensukseskan program Pemerintah untuk melakukan revolusi karakter bangsa melalui pengembangan kurikulum pendidikan, pelatihan dan materi penyuluhan KP.

(14)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

3. Mengembangkan SDM KP guna mendukung pengembangan ekonomi maritim dan penguatan usaha yang berkelanjutan.

E. Keragaan SUPM Ladong

Sekolah Usaha Perikanan Menengah Ladong, secara organisasi dipimpin oleh Kepala Sekolah, yang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya membawahi satu jabatan struktural eselon IVa Kasubbag Tata Usaha serta kelompok jabatan Fungsional Guru yang secara hirarki bertanggung jawab langsung kepada Kepala Sekolah dengan struktur seperti terlihat dibawah ini:

Gambar 2. Struktur Organisasi SUPM Ladong berdasarkan SK. Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.54/MEN/2014

Rincian struktur organisasi SUPM Ladong:

1. Subbagian Tata Usaha yang membawahi urusan Keuangan, urusan Kepegawaian, urusan Umum dan Rumah Tangga serta Urusan Perlengkapan, yang tugas dan kewajibannya melaksanakan pengadministrasian keuangan, kepegawaian, persuratan, pengelolaan perlengkapan, rumah tangga serta keamanan dan ketertiban.

2. Kelompok jabatan Fungsional Guru melaksanakan tugas pendidikan, pengajaran dan pelatihan bagi siswa, dan melaksanakan kegiatan teknis kependidikan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.

(15)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

Pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan pendidikan menengah Kelautan dan Perikanan di SUPM Ladong mengacu kepada kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja yang secara ketat yang mengacu kepada ketentuan yang tetapkan oleh Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan kementerian Kelautan dan Perikanan. SUPM Ladong mempunyai 4 (empat) program keahlian yaitu:

a. Program Keahlian Nautika Perikanan Laut (NPL)

Menghasilkan teknisi penangkapan ikan tingkat menengah yang berkualitas sesuai dengan kompetensi Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan (Ankapin) tk.II, mampu mengoperasikan kapal ikan untuk kegiatan penangkapan ikan guna menunjang kegiatan usaha perikanan tangkap.

b. Program Keahlian Teknika Perikanan Laut (TPL)

Menghasilkan teknisi mesin perikanan tingkat menengah yang berkualitas, sesuai dengan kompetensi Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan (Atkapin) tk.II, mampu mengoperasikan, merawat dan memperbaiki mesin perikanan untuk menunjang kegiatan usaha perikanan.

c. Program Keahlian Teknologi Budidaya Perikanan (TBP)

Menghasilkan teknisi budidaya ikan tingkat menengah yang berkualitas, mampu melakukan kegiatan budidaya ikan (tawar, payau maupun laut) yang berwawasan lingkungan sesuai dengan kompetensi Manajer Pengendalian Mutu (MPM) Pembenihan.

d. Program Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP)

Menghasilkan teknisi pengolahan hasil perikanan tingkat menengah yang berkualitas sesuai konsep HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) tentang pengawasan mutu hasil perikanan.

Lulusan SUPM Ladong untuk setiap Program Keahlian sejak pertama kali meluluskan tahun 1984 sampai dengan tahun 2016 sebanyak 2.450 orang dengan perincian sebagai berikut:

(16)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

Tabel 1. Data lulusan SUPM Ladong Tahun 2016

No. Program Keahlian Jumlah Keterangan

1 Nautika Perikanan Laut (NPL) 25 2 Teknika Perikanan Laut (TPL) 21 3 Teknologi Budidaya Perikanan (TBP) 56 4 Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP) 34

Jumlah 136

Tabel 2. Data lulusan SUPM Ladong sampai 31 Desember 2016

No. Program Keahlian Jumlah Keterangan

1 Nautika Perikanan Laut (NPL) 838 2 Teknika Perikanan Laut (TPL) 406 3 Teknologi Budidaya Perikanan (TBP) 1.172 4 Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP) 34

Jumlah 2.450

Tabel 3. Sebaran Lulusan Alumni SUPM Ladong Selama 6 Tahun Terakhir

No. Lapangan Kerja Jumlah %

1 Perusahaan Perikanan 317 44 2 Instansi Pemerintah 49 7 3 Wiraswasta 152 21 4 Melanjutkan Pendidikan 37 5 5 Tidak terpantau 166 23 Jumlah 721 100

(17)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

F. Sistematika Laporan Kinerja

Dasar Hukum :

1. Ketetapan MPR Nomor XI/MPR/1998 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme;

2. PP Nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah;

3. Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah SUPM Ladong merupakan perwujudan pertanggungjawaban atas kinerja pencapaian visi dan misi SUPM Ladong pada tahun 2016. Laporan Kinerja SUPM Ladong Tahun 2016 adalah Laporan Kinerja tahun terakhir pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kelautan dan Perikanan di Bidang Pendidikan Menengah Kelautan dan Perikanan Tahun 2015-2019.

Adapun sistematika penyajian laporan sebagai berikut:

1. Ringkasan Eksekutif, pada bagian ini berisi ringkasan dari laporan ini, antara

lain berisi uraian singkat tentang tujuan, sasaran, capaian kinerja dan kendala selama tahun 2016

2. Bab I Pendahuluan, pada bab ini berisi hal-hal umum tentang SUPM Ladong

seperti tugas dan fungsi, struktur organisasi, serta keragaan pegawai di SUPM Ladong

3. Bab II Perencanaan Kinerja, pada bab ini uraian singkat tentang Rencana Kerja

Tahunan, dan Penetapan kinerja SUPM Ladong Tahun 2016 serta Pengukuran Kinerja.

(18)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

4. Bab III Akuntabilitas Kinerja, bab ini dijelaskan hasil capaian kinerja dari

indikator-indikator kinerja yang telah diuraikan pada bab sebelumnya disertai beberapa capaian indikator kinerja lainnya

5. Bab IV Penutup, bab ini berisi uraian singkat terkait Kesimpulan, Pemasalahan

(19)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

BAB II

PERENCANAAN KINERJA

A. Rencana Stratejik

Sesuai dengan Visi KKP yaitu “Mewujudkan sektor kelautan dan perikanan

Indonesia yang mandiri, maju, kuat dan berbasis kepentingan nasional”. Visi

tersebut diwujudkan melalui pelaksanaan Misi KKP, sebagai berikut:

1. Meningkatkan pengawasan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan; 2. Mengembangkan sistem perkarantinaan ikan, pengendalian mutu, keamanan hasil

perikanan, dan keamanan hayati ikan;

3. Mengoptimalkan pengelolaan ruang laut, konservasi dan keanekaragaman hayati laut.

4. Meningkatkan keberlanjutan usaha perikanan tangkap dan budidaya; 5. Meningkatkan daya saing dan sistem logistik hasil kelautan dan perikanan; 6. Mengembangkan kapasitas SDM, dan pemberdayaan masyarakat;

7. Meningkatkan inovasi iptek kelautan dan perikanan;

8. Meningkatkan pemberdayaan dan kemandirian dalam menjaga keberlanjutan usaha kelautan dan perikanan.

Pelaksanaan Visi dan Misi KKP bertujuan meningkatkan produktivitas usaha kelautan dan perikanan secara berdaulat, bertanggung jawab, dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan.

Dalam upaya mengoptimalkan peran KKP dalam pembangunan nasional sebagaimana diuraikan diatas, diperlukan dukungan sumberdaya manusia di bidang kelautan dan perikanan (SDM-KP) yang kompeten, berkarakter kuat serta memiliki kompetensi sesuai kebutuhan.

(20)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

Berdasarkan Visi KKP dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP) serta Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, maka SUPM Ladong memiliki visi:

Menjadi Sentra Pengembangan SDM Unggul Tingkat Menengah di Aceh dan Sekitarnya Untuk Mendukung Pembangunan Kelautan dan Perikanan Yang Berdaya

Saing dan Berkelanjutan Untuk Kesejahteraan Rakyat”.

Dengan visi ini diharapkan dapat terlaksananya penyelenggaraaan pendidikan tingkat menengah yang menghasilkan sumberdaya manusia perikanan kompeten dan memiliki daya saing dengan kepribadian dan kecintaan terhadap profesi perikanan turut berperan serta dalam pembangunan kelautan dan perikanan.

Visi dimaksud mengandung idealisme dan makna bahwa SUPM Ladong siap untuk menghasilkan sumberdaya manusia KP yang kompeten :

1. memiliki kepribadian yang bertaqwa dan bemoral;

2. terampil, kreatif dan mandiri dengan etos kerja tinggi yang mampu bersaing dalam memanfaatkan peluang lapangan kerja maupun berusaha di bidang kelautan dan perikanan.

Untuk mewujudkan visi tersebut di atas, SUPM Ladong memiliki Misi yang jelas untuk mencapai tujuan organisasi dengan baik. Pernyataan Misi merupakan hal yang sangat penting untuk mengarahkan kegiatan organisasi, sehingga dapat terus eksis dan mengikuti irama perubahan zaman. Bertolak dari misi, ditetapkan sasaran utama yang harus dicapai oleh organisasi, sehingga tidak ada keraguan bagi segenap komponen organisasi.

Pernyataan misi SUPM Ladong adalah:

“Menyelenggarakan pendidikan kelautan dan perikanan tingkat menengah”.

Nilai-nilai luhur yang merupakan pedoman yang perlu dihayati dan diamalkan oleh seluruh jajaran SUPM Ladong dalam melaksanakan tugas yang diemban, yang

(21)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

berkembang dan hidup dalam satu organisasi menjadi ”semangat” bagi anggota organisasi dalam berkarya dan berkarsa.

Nilai-nilai luhur yang dirumuskan oleh SUPM Ladong adalah sebagai berikut : a. Mengutamakan kewajiban tugas daripada hak;

b. Memberikan pelayanan prima, menumbuhkembangkan sikap

perilaku yang berkepribadian dan berkarakter kepada peserta didik; c. Meningkatkan kinerja yang efektif untuk terwujudnya good

governance;

d. Tidak melakukan perbuatan tercela yang dapat merusak citra diri dan institusi;

e. Menjaga keharmonisan, kenyamanan lingkungan, bekerjasama dan saling menghormati antara tenaga pendidik, tenaga

kependidikan dan peserta didik;

f. Disiplin, jujur dan bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas; g. Senantiasa berusaha meningkatkan pengetahuan, keterampilan

dan sikap perilaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Untuk menjabarkan misi dalam bentuk yang lebih rinci maka perlu ditetapkan tujuan. Tujuan yang ditetapkan akan menggambarkan hasil dan waktu pencapaian setiap program SUPM Ladong setiap tahunnya selama dua tahun mendatang sesuai skala prioritasnya, yaitu:

1. Peningkatan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan melalui akses pendidikan menengah KP di SUPM Ladong.

2. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing untuk mendukung peningkatan produksi dan usaha bidang kelautan dan perikanan.

3. Meningkatkan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan di SUPM Ladong 4. SUPM Ladong mampu menjadi pusat rujukan (center of excellence) bagi SMK

(22)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

Adapun skema grafis yang memperlihatkan keterkaitan tujuan organisasi dan 3 Pilar KKP adalah sebagi berikut:

Gambar 3. Skema grafis tiga pilar pembangunan KKP

Selanjutnya berdasar misi yang diemban oleh SUPM Ladong, yaitu

”Menyelenggarakan pendidikan kelautan dan perikanan tingkat menengah”

tujuan organisasi dijabarkan ke dalam 5 (enam) sasaran sebagai berikut :

1. Meningkatnya SDM KP terdidik yang mendukung peningkatan produksi dan usaha bidang kelautan dan perikanan

2. Terselenggaranya program pendidikan vokasi di bidang kelautan dan perikanan

3. Terselenggaranya peningkatan kapasitas aparatur melalui pendidikan formal

4. Terselenggaranya pengendalian dan monitoring penyelenggaan pendidikan KP

5. Terkelolanya anggaran pembangunan secara efisien di SUPM Ladong

(23)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

B. Rencana Kerja SUPM Negeri Ladong Tahun 2016

Dalam rangka mewujudkan rencana stratejik dan peningkatan kualitas sumber daya manusia kelautan dan perikanan yaitu peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan serta masyarakat perikanan, SUPM Negeri Ladong melaksanakan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan sebagai langkah untuk mewujudkan sasaran yang ingin dicapai.

Pada tahun 2016, SUPM Negeri Ladong melaksanakan kegiatan Pendidikan Kelautan dan Perikanan yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia kelautan dan perikanan yang terdiri dari peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan serta masyarakat.

Untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan dan sasaran tersebut, kegiatan pendidikan kelautan dan perikanan dilaksanakan dalam 5 (Lima) Output kegiatan, meliputi:

a. Peserta didik yang kompeten;

b. Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan KP c. Kelembagaan dan Ketenagaan pendidikan KP; d. Administrasi Ketatausahaan Pendidikan KP; e. Layanan Perkantoran;

1. Rencana Capaian Program dan Kegiatan

Hasil yang diharapkan SUPM Negeri Ladong dalam pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan menengah di bidang perikanan adalah tercapainya persentase pemenuhan tenaga teknis perikanan terdidik yang kompeten sesuai dengan kebutuhan dan prioritas nasional sebanyak 10.000 orang.

Dalam upaya mencapai outcome yang telah ditetapkan, maka rancangan keluaran / output dari kegiatan Pendidikan Kelautan dan Perikanan adalah : a. Adanya peserta didik dan lulusan pendidikan;

b. Tersedianya sistem penyelenggaraan pendidikan kelautan dan perikanan; c. Peningkatan kualitas peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan;

(24)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

d. Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan kelautan dan perikanan;

C. Penetapan Kinerja SUPM Negeri Ladong Tahun 2016

1. Rencana Kinerja Tahun 2016

Rencana Kinerja dan target kegiatan yang akan dikerjakan tertuang dalam dokumen Rencana Kinerja (Performance Plan) Tahun 2016 dan Rencana Kinerja Tahunan SUPM Negeri Ladong memuat rincian kegiatan, sasaran strategis dan indikator kinerja.

Penetapan Kinerja merupakan amanat Inpres Nomor 5 Tahun 2004 dan Surat Edaran MENPAN Nomor : SE/31/M.PAN/12/2004 tentang p enetapan kinerja. Penetapan kinerja pada dasarnya adalah pernyataan komitmen yang merepresentasikan tekad dan janji untuk capaian kinerja yang jelas dan terukur dalam rentang waktu satu tahun tertentu dengan mempertimbangkan sumberdaya yang dikelola.

Tujuan khusus penetapan kinerja antara lain adalah untuk : 1. meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan kinerja aparatur;

2. sebagai wujud nyata komitmen antara penerima amanah dengan pemberi amanah; 3. sebagai dasar penilaian keberhasilan/kegagalan pencapaian tujuan dan

sasaran organisasi;

4. menciptakan tolok ukur kinerja sebagai dasar evaluasi kinerja aparatur; dan sebagai reward atau penghargaan dan sanksi.

Penetapan kinerja Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Ladong tahun 2016 telah ditetapkan secara berjenjang sesuai dengan kedudukan, tugas dan fungsi yang ada, yang dibuat untuk mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan. Indikator – indikator kinerja dan target tahunan yang digunakan dalam penetapan kinerja ini telah melalui penyesuaian pada Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan.

(25)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

Sasaran strategis yang telah disusun kemudian dijabarkan lagi ke dalam sejumlah kegiatan yang memiliki kesamaan perspektif yang dikandung dan terkait dengan maksud, tujuan dan karakteristik program. Kegiatan berlaku untuk periode satu tahunan. Kegiatan merupakan aspek operasional dari suatu rencana strategik yang berturut-turut diarahkan untuk memenuhi sasaran, tujuan, misi, dan visi organisasi.

Penetapan Kinerja Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Ladong tahun 2016 dijabarkan dalam tabel berikut ini :

Tabel 4. Perjanjian Kinerja Tahun 2016

SASARAN PROGRAM INDIKATOR KINERJA TARGET 2016

Stakeholder Perspective

1

Terwujudnya kesejahteraan masyarakat KP 1 Jumlah lulusan yang terserap di dunia kerja bidang kelautan dan perikanan (Orang)

82

Customer Perspective

2 Terwujudnya Kompetensi SDM KP yang mendukung peningkatan produktivitas usaha dan pendapatan negara dari sektor KP

2 Jumlah lulusan SUPM Negeri Ladong yang bersertifikat kompetensi (Orang)

136

Internal Process Perspective

3 Terselenggaranya pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat KP sesuai kebutuhan

3 Prosentase anak pelaku utama yang diterima sebagai peserta didik (%) 44

4 Terselenggaranya pengembangan SDM dan pemberdayaan masyarakat KP yang mendukung tata kelola pemanfaatan SDKP yang adil, berdaya saing dan berkelanjutan

4 Jumlah peserta didik pada SUPM Negeri Ladong yang kompeten (Orang)

386

5 Terselenggaranya pengendalian dan monitoring pelaksanaan program PSDMP KP

5 Deviasi ketepatan/kesesuaian sasaran kegiatan program

pengembangan SDM kelautan dan perikanan melalui kegiatan

pendidikan kelautan dan perikanan (%)

15

Learning & Growth Perspective

6 Terwujudnya aparatur sipil negara SUPM Negeri Ladong yang

kompeten, profesional dan berkepribadian

6 Indeks kompetensi dan integritas

(26)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong 7 Tersedianya manajemen

pengetahuan SUPM Negeri Ladong yang handal dan mudah diakses

7 Persentase unit kerja yang menerapkan sistem manajemen pengetahuan yang terstandar (%)

50

8 Terwujudnya birokrasi SUPM Negeri Ladong yang efektif, efisien dan berorientasi pada layanan prima

8 Nilai kinerja reformasi birokrasi

pada SUPM Negeri Ladong 85 9 Terkelolanya anggaran

pembangunan secara efesien dan akuntabel

9 Nilai kinerja anggaran pada SUPM

Negeri Ladong (%) 83

18 Persentase kepatuhan terhadap SAP ligkup BPSDMP KP (%) 100

2. Alokasi Anggaran

Dalam Pelaksanaan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, serta Kegiatan Pendidikan Kelautan dan Perikanan di lingkup SUPM Negeri Ladong Tahun Anggaran 2016 yang didukung dengan anggaran sebesar Rp.19.704.326 .000,- (Sembilan Belas Milyar Tujuh Ratus Empat Juta Tiga Ratus Dua Puluh Enam Ribu Rupiah) yang terdiri dari Belanja Pegawai sebesar Rp 10,117,818,000,- Belanja Barang sebesar Rp. 8.351.834,000,- dan Belanja Modal Rp. 1.234.674.000,- yang secara umum dipergunakan untuk membiayai atau menunjang pelaksanaan operasional sesuai dengan tugas dan fungsi SUPM Negeri Ladong.

Tabel 5. Alokasi Anggaran SUPM SUPM Negeri Ladong Tahun 2016

NO. KODE TOLOK UKUR / KEGIATAN ANGGARAN 032.12.05 PROGRAM PEGEMBANGAN SDM DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELAUTAN DAN PERIKANAN 19,704,326,000

2376.001 Peserta Didik yang Kompeten 6,412,322,000

2376.002 Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan KP 47,500,000 2376.004 Kelembagaan dan Ketenagaan Pendidikan KP 177,500,000 2376.005 Administrasi dan Ketatausahaan Pendidikan KO 380,600,000

2376.994 Layanan Perkantoran 12,686,404,000

(27)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

D. Pengukuran Kinerja

Pengukuran capaian kinerja SUPM Negeri Ladong sebagai UPT BPSDMP KP tahun 2016 dilakukan dengan cara membandingkan antara target (rencana) dan realisasi indikator kinerja utama (key perfomance indicator, disingkat KPI) pada masing-masing perspektif. Pencatatan dan pengukuran kinerja dilakukan dengan bantuan perangkat lunak berbasis balanced scorecard dari Kementerian Kelautan Perikanan, yaitu pada

http://kinerjaku.kkp.go.id.

Berdasarkan Permen PAN dan RB Nomor 53 Tahun 2014 tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan tata cara reviu atas pelaporan kinerja instansi pemerintah.

(28)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

BAB III

AKUNTABILITAS KINERJA

A. Capaian Kinerja Tahun 2016

Secara umum, Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Ladong telah dapat memenuhi tugas dan fungsi yang dibebankan kepada organisasi. Hal ini tercermin dari tercapainya keseluruhan sasaran strategis yang dirinci kedalam 10 (sepuluh) indikator kinerja utama yang ditargetkan dalam tahun 2016.

Dalam Rangka pelaksanaan program pengembangan sumber daya manusia Kelautan Perikanan Tingkat Pencapaian Kinerja pada tahun 2016 dijabarkan dalam sasaran kinerja seperti tertera dalam Penetapan Kinerja SUPM Negeri Ladong Tahun 2016. Sasaran kinerja yang diukur adalah dari Indikator Kinerja Utama (IKU) Balanced

Score Card (BSC) Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Ladong. Tingkat

pencapaian kinerja tahun anggaran 2016 menurut Balanced Scorecard (BSC) Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Ladong adalah sebagai berikut :

Tabel 6. Balanced Score Card (BSC) Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Ladong Tahun 2016.

SASARAN PROGRAM INDIKATOR KINERJA TARGET

2016 REALISASI PERSENTASE

Stakeholder Perspective

1

Terwujudnya kesejahteraan masyarakat KP

1 Jumlah lulusan yang terserap di dunia kerja bidang kelautan dan perikanan (Orang) 82 122 149 Customer Perspective 2 Terwujudnya Kompetensi SDM KP yang mendukung peningkatan produktivitas usaha dan pendapatan negara dari sektor KP

2 Jumlah lulusan SUPM Negeri Ladong yang bersertifikat kompetensi (Orang)

136 136 100

Internal Process Perspective

3 Terselenggaranya pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat KP sesuai kebutuhan

3 Prosentase anak pelaku utama yang diterima sebagai peserta didik (%)

44 55 125

4 Terselenggaranya pengembangan SDM dan pemberdayaan masyarakat

4 Jumlah peserta didik pada SUPM Negeri Ladong yang kompeten (Orang)

(29)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

KP yang mendukung tata kelola pemanfaatan SDKP yang adil, berdaya saing dan berkelanjutan 5 Terselenggaranya pengendalian dan monitoring pelaksanaan program PSDMP KP 5 Deviasi ketepatan/kesesuaian sasaran kegiatan program pengembangan SDM kelautan dan perikanan melalui kegiatan pendidikan kelautan dan perikanan (%)

15 0 100

Learning & Growth Perspective

6 Terwujudnya aparatur sipil negara SUPM Negeri Ladong yang kompeten, profesional dan berkepribadian

6 Indeks kompetensi dan integritas pada SUPM Negeri Ladong

77 90.08 117

7 Tersedianya manajemen pengetahuan SUPM Negeri Ladong yang handal dan mudah diakses

7 Persentase unit kerja yang menerapkan sistem manajemen pengetahuan yang terstandar (%)

50 55.27 111

8 Terwujudnya birokrasi SUPM Negeri Ladong yang efektif, efisien dan berorientasi pada layanan prima

8 Nilai kinerja reformasi birokrasi pada SUPM Negeri Ladong

85 108.87 126

9 Terkelolanya anggaran pembangunan secara efesien dan akuntabel

9 Nilai kinerja anggaran pada SUPM Negeri Ladong (%)

83 110.52 133

10 Persentase kepatuhan terhadap SAP ligkup BPSDMP KP (%)

100 100 100

Berdasarkan tabel diatas, rata-rata pencapaian IKU berdasarkan BSC SUPM Negeri Ladong adalah 116 % dari 10 (sepuluh) IKU yang ditetapkan akan dibahas secara detail pada uraian masing-masing IKU Sebagai berikut :

IKU 1 JUMLAH LULUSAN YANG TERSERAP DI DUNIA KERJA BIDANG KELAUTAN DAN PERIKANAN

Pengukuran nilai dari IKU jumlah lulusan yang terserap di dunia kerja bidang kelautan dan perikanan didasarkan pada jumlah lulusan SUPM Negeri Ladong pada tahun 2015 dan 2016 yang terserap di dunia kerja bidang kelautan dan perikanan yang dinilai/dihitung pada bulan september 2016. Target dan realisasi IKU jumlah lulusan SUPM Negeri Ladong yang terserap di dunia kerja bidang kelautan dan perikanan dapat dilihat pada tabel berikut

(30)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

Tabel 7. Target dan realiasasi IKU jumlah lulusan yang terserap di dunia kerja bidang kelautan dan perikanan

IKU Target tahun

2016 (orang)

Realisasi tahun 2016 (orang)

% Capaian

Jumlah lulusan yang terserap di dunia kerja

bidang kelautan dan perikanan (Orang) 82 122 149

Dalam IKU ini lulusan SUPM Negeri Ladong yang terserap di dunia kerja bidang kelautan dan perikanan ditargetkan sebanyak 82 Orang. Dalam realisasi kegiatan selama tahun 2016 lulusan SUPM Negeri Ladong yang terserap di dunia kerja bidang kelautan dan perikanan sebanyak 122 Orang atau mampu mencapai 149% dari target awal. Dengan perincian lulusan tahun 2015 sebanyak 90 orang dan lulusan tahun 2016 sebanyak 32 orang. Lulusan yang terserap tersebut diantaranya bekerja pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perikanan, dan sebagian berwirausaha di bidang perikanan.

Dalam usaha penyerapan lulusan di dunia kerja bidang kelautan dan perikanan, SUPM Negeri Ladong telah bekerjasama deng an beberapa perusahaan yang bergerak di sektor kelautan dan perikanan diantaranya PT. Global, PT. Fresh On Time, dll. Kerja sama ini dilakukan baik melalui pertemuan langsung dengan pihak perusahaan maupun melalui surat menyurat.

Rincian lulusan SUPM Negeri Ladong yang terserap di dunia kerja bidang kelautan dan perikanan dapat dilihat pada lampiran ...

IKU 2 JUMLAH LULUSAN SUPM NEGERI LADONG YANG BERSERTIFIKAT KOMPETENSI

IKU jumlah lulusan SUPM Negeri Ladong yang bersertifikat kompetensi diukur melalui jumlah total lulusan SUPM Negeri Ladong pada tahun 2016 yang telah memiliki Sertifikat Kompetensi Keahlian pada masing-masing program keahlian. Sertifikat kompetensi ini diperoleh melalui pelatihan-pelatihan maupun ujian kompetensi yang diadakan SUPM Negeri Ladong ataupun bekerjasama dengan instansi terkait

(31)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

penyelenggara Pelatihan dan Uji kompetensi yang telah memiliki sertifikasi izin untuk mengeluarkan sertifikat kompetensi.

Tabel 8. Target dan realisasi IKU Jumlah lulusan SUPM Negeri Ladong bersertifikat Kompetensi.

IKU Target tahun

2016 (orang) Realisasi tahun 2016 (orang) % Capaian Jumlah lulusan SUPM Negeri Ladong

yang bersertifikat kompetensi (Orang) 136 136 100

Lulusan SUPM Negeri Ladong yang memiliki sertifikat kompetensi pada tahun 2016 ditargetkan sebanyak 136 Orang, capaian nilai realisasi IKU jumlah lulusan SUPM Negeri Ladong yang bersertifikat kompetensi adalah 136 orang atau 100% dari yang ditargetkan.

Sertifikat kompetensi yang diperoleh lulusan SUPM Negeri Ladong diantaranya adalah sertifikat AN/ATKAPIN tingkat II, Basic Safety Training, dan Sertifikat Kompetensi Keahlian untuk program keahlian Nautika Perikanan Laut dan Teknika Perikanan Laut, Sertifikat Kompetensi Keahlian untuk program keahlian Teknologi Budidaya Perikanan, Sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) dan Sertifikat Kompetensi Keahlian untuk program keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan.

Sertifikasi AN/ATKAPIN tingkat II diselenggarakan oleh SUPM Negeri Ladong, dalam hal ini Panitia Ujian Keahlian Pelaut Kapal Penangkap Ikan (PUKP-KAPIN) Wilayah IX dipusatkan di SUPM Negeri Ladong Jl. Laksamana Malahayati KM. 26 Desa Ladong Kec. Mesjid Raya Kab. Aceh Besar. Ujian ini selain diikuti oleh Siswa SUPM Negeri Ladong program keahlian Nautika Perikanan Laut (NPL) dan Teknika Perikanan Laut (TPL) dengan rincian 18 Orang siswa NPL, dan 15 Orang siswa TPL, dan juga diikuti oleh Siswa SMK Perikanan di wilayah Provinsi Aceh yang merupakan binaan SUPM Negeri Ladong.

Sertifikasi Basic Safety Training (BST) diselenggarakan melalui kerja sama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Malahayati, bertempat di BP2IP Malahayati Jl. Laksamana Malahayati Km. 17 Desa Durung Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh besar. Peserta sertifikasi BST ini berjumlah 108 orang siswa program keahlian Nautika Perikanan Laut dan Teknika Perikanan Laut.

(32)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

Pelaksanaan Sertifikasi Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP)

diselenggarakan oleh SUPM Negeri Ladong bekerjasama dengan CV. Tuah Bahari beralamat di Komplek TPI Lama, Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Pelaksanaan pelatihan dan uji sertifikasi sendiri dilaksanakan di Komp. SUPM Negeri Ladong. Peserta sertifikasi HACCP adalah siswa program keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP) SUPM Negeri Ladong berjumlah 29 orang.

Uji Kompetensi Keahlian diselenggarakan oleh SUPM Negeri Ladong bertempat di Kampus SUPM Negeri Ladong. Uji Kompetensi Keahlian ini diselenggarakan mengikuti Pedoman BNSP 206-207 dan ISO 17024. Peserta Uji Kompetensi Keahlian ini adalah siswa SUPM Negeri Ladong berjumlah 136 Orang dari semua program keahlian.

Anggaran yang digunakan untuk pelaksanaan sertifikasi ini berasal dari Pagu DIPA SUPM Negeri Ladong dengan total pagu Rp. 254,941,000,- (Dua Ratus Lima Puluh empat Juta Sembilan Ratus Empat Puluh Satu Ribu Rupiah), Dengan rincian Sertifikasi AN/ATKAPIN Rp. 52,431,000,-, Sertifikasi BST Rp. 97,200,000, dan UKK Rp. 105,310,000,-.

IKU 3 PROSENTASE ANAK PELAKU UTAMA YANG DITERIMA SEBAGAI PESERTA DIDIK

Jumlah anak pelaku utama yang diterima sebagai peserta didik adalah jumlah prosentase total anak pelaku utama usaha di bidang perikanan yang diterima sebagai peserta didik di SUPM Negeri Ladong yang diukur pada bulan September tahun berjalan. Target dan realisasi IKU Prosentase anak pelaku utama yang diterima sebagai peserta didik di SUPM Negeri Ladong dapat dilihat pada tabel berikut

Tabel 9. Target dan realisasi IKU Prosentase anak pelaku utama yang diterima sebagai peserta didik.

IKU Target tahun

2016 (%) Realisasi tahun 2016 (%) % Capaian

Prosentase anak pelaku utama yang diterima sebagai peserta

didik (%) 44 55 125

(33)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

Dari tabel diatas terlihat bahwa nilai capaian terhadap nilai target IKU Prosentase anak pelaku utama yang diterima sebagai peserta didik pada tahun anggaran 2016 mencapai target yaitu sebesar 125 %.

Angka prosentase tersebut diperoleh dari jumlah total anak pelaku utama usaha/kerja di bidang kelautan dan perikanan berbanding total penerimaan siswa. Pada tahun ajaran 2015/2016 SUPM Negeri Ladong menerima 177 Orang siswa baru. Dari jumlah tersebut, 98 orang diantaranya merupakan anak pelaku utama dibidang perikanan.

Dalam pelaksanaannya Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan dalam hal ini SUPM Negeri Ladong sebagai salah satu UPT Pusdik KP memberikan bantuan pendidikan kepada anak pelaku utama perikanan dalam bentuk bantuan tunai sebesar Rp. 4,000,000,-. Bantuan ini diberikan langsung melalui rekening bank pribadi milik siswa bersangkutan. Jumlah siswa yang menerima bantuan pendidikan anak pelaku utama perikanan di SUPM Negeri Ladong pada tahun anggaran 2016 adalah 63 Orang. Selain itu SUPM Negeri Ladong juga bekerjasama dengan Yayasan Pangkai Meureuno Aneuk Neulayan (YPMAN) dalam pemberian bantuan biaya pendidikan bagi anak pelaku utama perikanan khususnya nelayan. Yayasan Pangkai Meureuno Aneuk Neulayan (YPMAN) adalah yayasan dibawah naungan Panglima Laot Aceh yang bergerak dibidang pemberian bantuan biaya pendidikan (Beasiswa) kepada anak nelayan aceh. Total anak pelaku utama perikanan (nelayan) yang diberikan bantuan biaya pendidikan oleh YPMAN pada tahun 2016 adalah sebanyak 35 Orang Siswa.

Dalam DIPA SUPM Negeri Ladong bantuan biaya pendidikan anak pelaku utama perikanan adalah Rp. 259,500,000,- dengan rincian Rp. 252,000,000 biaya bantuan pendidikan bagi anak pelaku utama perikanan dan Rp. 7,500,000,- biaya perjalanan rekruitmen anak pelaku utama perikanan dan biaya perjalanan anak pelaku utama perikanan dari kabupaten simeulue.

(34)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

IKU 4 JUMLAH PESERTA DIDIK PADA SUPM NEGERI LADONG YANG KOMPETEN

Jumlah peserta didik yang berkompeten adalah jumlah peserta didik yang berkompeten di SUPM Negeri Ladong dalam 1 (satu) tahun anggaran yang diukur pada akhir tahun berjalan.

Tabel 10. Target dan realisasi IKU Jumlah peserta didik yang kompeten.

IKU Target tahun

2016 (Orang) Realisasi tahun 2016 (Orang) % Capaian

Jumlah peserta didik pada SUPM Negeri Ladong yang

kompeten (Orang) 386 388 101

Dari tabel diatas terlihat nilai capaian dari IKU Jumlah peserta didik yang kompeten telah mencapai target yang ditetapkan sebelumnya yaitu sebesar 101 %.

Nilai angka capaian tersebut diperoleh dari data siswa aktif SUPM Negeri Ladong hingga tanggal 31 Desember 2016. Dikatakan peserta didik yang kompeten karena telah mengikuti pendidikan selama 1 (satu) atau lebih semester di SUPM Negeri Ladong dan dibuktikan dengan Buku Laporan Pendidikan Siswa yang diterbitkan oleh Bidang Pendidikan/Pengajaran.

DIPA SUPM Negeri Ladong menganggarkan Rp. 6,412,322,000,- untuk kegiatan ini, anggaran tersebut mencakup penerimaan siswa baru, pengajaran, praktek laut, praktek lapang, dan lain-lain kegiatan pendukung agar target kompetensi siswa dapat tercapai.

IKU 5. DEVIASI KETEPATAN/KESESUAIAN SASARAN PROGRAM PENGEMBANGAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN MELALUI KEGIATAN PENDIDIKAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

IKU deviasi ketepatan/kesesuaian sasaran program pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan melalui kegiatan pendidikan kelautan dan perikanan diukur dengan prosentase deviasi (penyimpangan) capaian realisasi kegiatan dari target awal yang telah ditetapkan dalam hal ini program pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan melalui kegiatan pendidikan kelautan dan perikanan. Deviasi ini dalam target iku hanya

(35)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

diizinkan hingga 15% dan diukur pada bulan September tahun berjalan. Kegiatan utama program pengembangan SDM KP melalui kegiatan pendidikan KP yang dibebankan pada SUPM Negeri Ladong adalah penerimaan siswa dari jalur anak pelaku utama perikanan sebesar 44% dari total penerimaan. Dalam pelaksanaannya SUPM Negeri Ladong menerima 55% anak pelaku utama perikanan, hingga tidak terjadi deviasi capaian target awal yang ditetapkan yang berarti SUPM Negeri Ladong mampu mencapai target awal yang ditetapkan.

Tabel 11. Target dan realisasi IKU deviasi ketepatan/kesesuaian sasaran program pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan melalui kegiatan pendidikan kelautan dan perikanan.

IKU Target tahun

2016 (Orang) Realisasi tahun 2016 (Orang) % Capaian

Deviasi ketepatan/kesesuaian sasaran kegiatan program pengembangan SDM kelautan dan perikanan melalui kegiatan pendidikan kelautan dan perikanan (%)

15 0 100

IKU 6. INDEKS KOMPETENSI DAN INTEGRITAS PADA SUPM NEGERI LADONG

IKU Indeks kompetensi dan integritas pada SUPM Negeri Ladong adalah indeks tingkat kompetensi dan integritas proses pelayanan masyarakat yang ada pada SUPM Negeri Ladong pada tahun 2016. Nilai indeks ini mengacu pada nilai yang diterbitkan oleh BPSDMP KP.

SUPM Ladong ditargetkan memiliki nilai IKU ini sebesar 77, pada akhir tahun berjalan nilai indeks kompetensi dan integritas yang dikeluarkan BPSDMP KP adalah sebesar 90,08 atau mencapai 117% dari target awal yang ditetapkan.

Target dan realisasi IKU indeks kompetensi dan integritas pada SUPM Negeri Ladong dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel 12. Target dan realisasi IKU Indeks kompetensi dan integritas pada SUPM Negeri Ladong.

IKU Target tahun

2016 Realisasi tahun 2016 % Capaian

Indeks kompetensi dan integritas pada SUPM Negeri

(36)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

Dari tabel diatas terlihat nilai angka capaian IKU indeks kompetensi dan integritas pada SUPM Negeri Ladong telah mencapai target yang ditetapkan pada tahun 2016 yaitu sebesar 90,08 atau 117% dari target awal.

IKU 7. PERSENTASE UNIT KERJA YANG MENERAPKAN SISTEM MANAJEMEN PENGETAHUAN YANG TERSTANDAR

Persentase unit kerja yang menerapkan sistem manajemen pengetahuan yang terstandar adalah persentase unit-unit pelaksana tugas dibawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP) yang menerapkan sistem manajemen pengetahuan yang terstandar dan terukur dalam pelaksanaan tugasnya. Dalam hal ini dimaksudkan diantaranya penerapan SPIP dalam pengukuran kinerja instansi pemerintah dalam pelayanan masyarakat di lingkup masing-masing. Pengukuran IKU persentase unit kerja yang menerapkan sistem manajemen pengetahuan yang terstandar mengikuti nilai yang dikeluarkan BPSDMP KP pada akhir tahun berjalan.

Realisasi IKU Persentase unit kerja yang menerapkan sistem manajemen pengetahuan yang terstandar dapat dilihat dari tabel dibawah ini.

Tabel 13. Target dan Realisasi Persentase unit kerja yang menerapkan sistem manajemen pengetahuan yang terstandar.

IKU Target tahun

2016 (%) Realisasi tahun 2016 (%) % Capaian

Persentase unit kerja yang menerapkan sistem manajemen

pengetahuan yang terstandar (%) 50 55.27 111

Dari tabel dapat dilihat bahwa realisasi Persentase unit kerja yang menerapkan sistem manajemen pengetahuan yang terstandar di SUPM Negeri Ladong tahun 2016 telah sesuai dengan target awal yang ditetapkan. Target awal yang ditetapkan bagi SUPM Negeri Ladong 50%, nilai capaian realisasi yang dikeluarkan oleh BPSDMP KP adalah 55,27% atau mencapai 111% dari target awal.

(37)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

IKU 8. NILAI KINERJA REFORMASI BIROKRASI PADA SUPM NEGERI LADONG

Nilai kinerja reformasi birokrasi pada SUPM Negeri Ladong adalah Nilai yang menggambarkan kemampuan aparatur untuk merubah bentuk birokrasi yang lebih baik sehingga aparatur mampu bekerja secara lebih profesional, efektif, dan akuntabel dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Pengukuran nilai capaian IKU nilai kinerja reformasi birokrasi pada SUPM Negeri Ladong mengacu pada nilai yang diterbitkan oleh BPSDMP KP pada akhir tahun berjalan.

Capaian IKU nilai kinerja reformasi birokrasi pada SUPM Negeri Ladong dapat dilihat dari tabel berikut.

Tabel 14. Target dan Realisasi indeks reformasi birokrasi di Pusdik KP.

IKU Target tahun

2016 Realisasi tahun 2016 % Capaian

Nilai kinerja reformasi birokrasi pada SUPM Negeri Ladong 85 108.87 126

Berdasarkan tabel diatas terlihat bahwa capaian nilai kinerja reformasi birokrasi pada SUPM Negeri Ladong tahun 2016 telah memenuhi target, hal ini menunjukkan bahwa SUPM Negeri Ladong telah melakukan Reformasi Birokrasi. Nilai akuntabilitas penerapan reformasi birokrasi SUPM Negeri Ladong mengadopsi nilai penerapan reformasi birokrasi di BPSDMP KP.

IKU 9. NILAI KINERJA ANGGARAN PADA SUPM NEGERI LADONG

Nilai kinerja anggaran pada SUPM Negeri Ladong adalah Nilai kinerja penyerapan anggaran dalam 1 (tahun) anggaran di SUPM Negeri Ladong. Pengukuran nilai IKU ini mengadopsi nilai yang diterbitkan oleh BPSDMP KP. Pencapaian atas IKU Nilai kinerja anggaran pada SUPM Negeri Ladong dapat dilihat dari tabel berikut.

Tabel 15. Target dan Realisasi Nilai kinerja anggaran pada SUPM Negeri Ladong.

IKU Target tahun

2016 Realisasi tahun 2016 % Capaian Nilai kinerja anggaran pada SUPM Negeri Ladong 83 110.52 133

(38)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

Dari tabel diatas terlihat bahwa dari target awal yang ditetapkan dalam IKU Nilai kinerja anggaran pada SUPM Negeri Ladong dapat mencapai target yang ditetapkan yaitu sebesar 110,52 atau 133% dari target yang ditetapkan.

Berdasarkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2016, SUPM Negeri Ladong menerima anggaran untuk keperluan belanja kantor sebesar Rp. 19,704,326,000,- (Sembilan belas milyar tujuh ratus empat juta tiga ratus dua puluh enam ribu rupiah) yang digunakan untuk membiayai seluruh program dan kegiatan di SUPM Negeri Ladong.

Penyerapan DIPA SUPM Negeri Ladong tahun 2016 sampai dengan 31 Desember 2016 sebesarRp. 14,573,351,100,-(Empat belas milyar lima ratus tujuh puluh tiga juta tiga ratus lima puluh satu ribu rupiah) atau 73,96% dari total pagu anggaran. Penghematan atau self blocking dalam anggaran SUPM Negeri Ladong adalah sebesar Rp. 4,703,580,071,- (Empat milyar tujuh ratus tiga juta lima ratus delapan puluh ribu tujuh puluh satu rupiah), sehingga apabila dijumlahkan realisasi anggaran SUPM Negeri Ladong adalah Rp. 19,276,931,171,- (Sembilan belas milyar dua ratus tujuh puluh enam juta sembilan ratus tiga puluh satu ribu seratus tujuh puluh satu rupiah), atau 97,83%, Untuk selengkapnya Realisasi Anggaran SUPM Negeri Ladong Tahun 2016 adalah sebagai berikut :

Tabel 16. Realisasi Anggaran SUPM Negeri Ladong Tahun 2016

NO. KODE TOLOK UKUR / KEGIATAN PENYERAPAN DANA (Rupiah)

ANGGARAN PENGHEMATAN REALISASI

1 2 3 4 5

032.12.05 PROGRAM PENGEMBANGAN

SDMPKP 19.704.326.000 4.703.580.071. 14.573.351.100

2376.001 Peserta Didik Yang Kompeten 6.412.322.000 1.604.056.680 4.662.110.170

2376.002 Perencanaan dan Evaluasi

Pendidikan KP 47.500.000 24.231.000 23.269.000

2376.004 Kelembagaan dan Ketenagaan

Pendidikan KP 177.500.000 164.000.000 13.500.000

2376.005 Administrasi Ketatausahaan

Pendidikan KP 380.600.000 62.086.500 318.513.500

2376.994 Layanan Perkantoran 12.686.404.000 2.849.205.891 9.555.958.430

(39)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

IKU 10. PERSENTASE KEPATUHAN TERHADAP SAP LINGKUP BPSDMP KP

Pengukuran nilai IKU persentase kepatuhan terhadap SAP lingkup BPSDMP KP mengadopsi nilai yang dikeluarkan oleh BPSDMP KP. Target dan realisasi IKU Persentase kepatuhan terhadap SAP lingkup BPSDMP KP dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel 17. Target dan realisasi kepatuhan terhadap SAP lingkup BPSDMP KP.

IKU Target tahun

2016 (%) Realisasi tahun 2016 (%) % Capaian

Persentase kepatuhan terhadap SAP ligkup BPSDMP KP (%) 100 100 100

Dari tabel diatas terlihat nilai capaian IKU persentase kepatuhan terhadap SAP lingkup BPSDMP KP telah mencapai target awal yang ditetapkan yaitu sebesar 100%.

(40)

Laporan Kinerja (LKj) SUPM Negeri Ladong

BAB IV

PENUTUP

Pengukuran capaian kinerja SUPM Negeri Ladong tahun 2016 dilakukan dengan cara membandingkan antara target (rencana) dan realisasi indikator kinerja utama (key

perfomance indicator, disingkat KPI) pada masing-masing perspektif. Pencatatan dan

pengukuran kinerja dilakukan dengan bantuan perangkat lunak berbasis balanced

scorecard dari Kementerian Kelautan Perikanan, yaitu pada http://kinerjaku.kkp.go.id.

Dari hasil pengukuran kinerja tersebut, diperoleh data capaian kinerja SUPM Negeri Ladong di tingkat korporat tahun 2016 sebesar 107,83% untuk level 3 dan 115,14% untuk level 4 pada akhir triwulan 4.

Sebagai sebuah gambaran kinerja, Laporan Kinerja diharapkan dapat menyajikan keseluruhan profil kinerja SUPM Negeri Ladong secara utuh. Namun demikian, disadari sepenuhnya bahwa keterbatasan yang ada menjadikan Laporan Kinerja SUPM Negeri Ladong masih belum sempurna. Oleh karenanya, perbaikan-perbaikan perlu segera dilakukan, utamanya menyangkut perbaikan terhadap indikator-indikator kinerja dan pengumpulan data yang lebih sistematis dan terstruktur.

Semoga Laporan Kinerja SUPM Negeri Ladong tahun 2016 ini dapat menjadi referensi yang representative serta kredibel dalam menjelaskan kinerja SUPM Negeri Ladong tahun 2016, dan dapat menjadi titik balik bagi perbaikan kinerja SUPM Negeri Ladong di tahun selanjutnya.

Gambar

Gambar 1. Tiga Pilar Pembangunan KKP
Gambar 2.   Struktur Organisasi SUPM Ladong berdasarkan SK. Menteri Kelautan dan Perikanan  Nomor PER.54/MEN/2014
Tabel 3. Sebaran Lulusan Alumni SUPM Ladong Selama 6 Tahun Terakhir
Gambar 3. Skema grafis tiga pilar pembangunan KKP
+7

Referensi

Garis besar

Dokumen terkait

Penyusunan Rencana Pengaturan Kelestarian Hutan dan Rencana Teknik Tahunan di Wilayah Perum Perhutani. Berlakunya Permenhut ini sekaligus merevisi peraturan terkait

Berdasarkan tabel 4.3 diketahui secara keseluruhan mayoritas wanita usia subur tentang kanker serviks di Dusun Grogol, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Yogyakarta

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa lama waktu perendaman safranin yang terbaik untuk pengamatan fase pembelahan mitosis

Berdasarkan penelaahan penulis terhadap penelitian sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa sudah ada penelitian yang membahas tentang pemahaman, namun penelitian

Setelah instalasi selesai ,untuk menjalankanya, dari menu start arahkan pointer ke Microsoft Visual Basic 6.0 dan klik kiri mouse, pada saat anda akan membuat program dengan

Optimalisasi pemanfaatan kawasan hutan dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional juga memerlukan dukungan dan kerjasama dengan stakeholder terkait lainnya, seperti

Ini adalah jenis pemrograman di mana programmer mendefinisikan tidak hanya tipe data dari sebuah struktur data, tetapi juga jenis operasi (fungsi) yang dapat diterapkan

Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan simpulan, dapat disusun saran kepada 1) Bagi mahasiswa khususnya mahasiswa DIII Kebidanan di STIKES ‘Aisyiyah