Keanekaragaman Plankton di Sungai Sibiru-biru, Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

Teks penuh

(1)

1

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang

Ekosistem sungai dipengaruhi oleh aktivitas alam dan aktivitas manusia di Daerah Aliran Sungai (DAS). Pada umumnya aktivitas manusia yang mempengaruhi ekosistem sungai meliputi kegiatan pertanian, pemukiman, pariwisata, dan industri. Secara langsung atau tidak langsung sampah atau limbah pertanian, pemukiman san industri yang masuk ke sungai dapat mengakibatkan perubahan faktor fisik, kimia maupun sifat biologi sungai (Wargadinata, 1995).

Masuknya limbah dan bahan-bahan organik dari kegiatan pemukiman, pertanian, pariwisata, dan industri ke dalam sungai akan mengakibatkan terjadinya perubahan faktor fisik-kimia seperti, meningkatkan kekeruhan air sungai dan menurunkan kandungan oksigen terlarut. Selain itu dapat menyebabkan perubahan faktor biologis seperti, menghilangnya jenis organisme asli, perubahan komposisi dan munculnya organisme jenis lain yang lebih tahan terhadap kondisi lingkungan baru (Jones, 1997 dan Handayani et al., 2005).

Sungai Sibiru-biru berada di Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang yang jaraknya sekitar 45 km dari kota Lubuk Pakam dan sekitar 25 km dari pusat Kota Medan.Sungai Sibiru-biru merupakan anak sungai Deli yang berhulu di daerah Kabupaten Karo, tepatnya di kaki Gunung Sibayak, dan bermuara di daerah laut Belawan. Sungai ini mengalir deras dengan adanya aktivitas masyarakat di sekitarnya seperti penambangan batu sungai, pemukiman, pariwisata, dan persawahan. Dengan adanya berbagai aktivitas tersebut, maka akan berpengaruh terhadap kehidupan biotik dan abiotik, sehingga secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi kehidupan biota air yang ada di sungai tersebut.

Plankton adalah organisme yang terapung atau melayang-layang didalam air dan berperan penting dalam ekosistem perairan. Pergerakan dari plankton relatif pasif, sehingga selalu terbawa oleh arus air. Plankton terdiri dari fitoplankton dan

(2)

2

zooplankton. Fitoplankton merupakan produsen primer yang mampu membentuk zat organik dari zat anorganik dalam proses fotosintesis (Nontji, 2006).

Plankton dalam ekosistem perairan mempunyai peranan yang sangat penting terutama dalam rantai makanan, karena plankton merupakan produsen utama yang memberikan sumbangan terbesar pada produksi primer total suatu perairan. Peranan penting plankton bagi produktivitas primer perairan, karena plankton dapat melakukan proses fotosintesis yang menghasilkan bahan organik yang kaya energi maupun kebutuhan oksigen bagi organisme yang tingkatannya lebih tinggi (Sari et al. 2008). Keberadaan plankton juga dapat dijadikan sebagai bioindikator adanya perubahan lingkungan perairan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan suatu ekosistem akibat pencemaran (Ferianita et al. 2008).

Sejauh ini belum diketahui informasi tentang keanekaragaman plankton di sungai Sibiru-biru, Kecamatan Sibiru-biru.Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini.

1.2Permasalahan

Berbagai aktivitas manusia yang berlangsung di sungai Sibiru-biru, Kecamatan Sibiru-biru, seperti penambangan batu sungai, pemukiman, pariwisata, dan persawahan mengakibatkan perubahan faktor fisik-kimia perairan yang berdampak pada keanekaragaman plankton. Namun sejauh ini belum diketahui keanekaragaman plankton di kawasan sungai Sibiru-biru dan hubungannya dengan faktor fisik-kimia perairan.

1.3 Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman plankton di Perairan Sungai Sibiru-biru, Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang dan hubungannya dengan faktor fisik dan kimia air.

(3)

3

1.4Manfaat Penelitian

1) Memberikan informasi mengenai keanekaragaman plankton di perairan Sungai Sibiru-biru, Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang.

2) Memberikan informasi yang berguna bagi pihak yang membutuhkan data tentang kondisi lingkungan perairan Sungai Sibiru-biru, Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di