• Tidak ada hasil yang ditemukan

Pengaruh Proses Penyusunan Anggaran Dan Partisipasi Anggaran Terhadap Kualitas Pelaksanaan Anggaran Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (Studi Kasus: Kabupaten Serdang Bedagai)

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2019

Membagikan "Pengaruh Proses Penyusunan Anggaran Dan Partisipasi Anggaran Terhadap Kualitas Pelaksanaan Anggaran Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (Studi Kasus: Kabupaten Serdang Bedagai)"

Copied!
12
0
0

Teks penuh

(1)

SKRIPSI

PENGARUH PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN DAN PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KUALITAS PELAKSANAAN ANGGARAN

PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH

(Studi Kasus: Kabupaten Serdang Bedagai)

OLEH :

NOVIA LARASATI

110503057

PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI

DEPARTEMEN AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

MEDAN

(2)

PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi saya yang berjudul “Pengaruh Proses Penyusunan Anggaran dan Partisipasi Anggaran Terhadap Kualitas Pelaksanaan Anggaran Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (Studi Kasus: Kabupaten Serdang Bedagai)” adalah benar hasil karya tulis saya sendiri yang disusun sebagai tugas akademik guna menyelesaikan beban akademik pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Bagian atau data tertentu yang saya peroleh dari perusahaan atau lembaga, dan/ atau saya kutip dari hasil karya orang lain telah mendapat izin, dan/ atau dituliskan sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan ilmiah.

Apabila kemudian hari ditemukan adanya kecurangan dan plagiat dalam skripsi ini, saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Medan, Juni 2015 Yang Membuat Pernyataan

(3)

ABSTRAK

PENGARUH PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN DAN PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KUALITAS PELAKSANAAN ANGGARAN

PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (Studi Kasus: kabupaten Serdang Bedagai)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan proses penyusunan anggaran dan partisipasi anggaran terhadap kualitas pelaksanaan anggaran serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini dilaksanakan di Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survey. Pengumpulan data dan informasi dilaksanakan dengan studi lapangan melalui kuesioner sebagai alat penelitian yang disebar kepada Staf PPK. Objek penelitian ini adalah proses penyusunan anggaran dan partisipasi anggaran. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan menggunakan skala Likert, yang dikonversi menjadi data interval dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil analisis secara parsial dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara variabel proses penyusunan anggaran (X1) terhadap kualitas pelaksanaan anggaran (Y) ditujukan oleh nilai signifikansi t 0,063 > 0,05, dan terdapat pengaruh signifikan antara variabel partisipasi anggaran (X2) terhadap kualitas pelaksanaan anggaran (Y) ditujukan dengan nilai signifikan sebesar t 0,000< 0,05. Berdasarkan hasil analisis secara simultan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel proses penyusunan anggaran (X1), dan variabel partisipasi anggaran (X2) terhadap kualitas pelaksanaan anggaran sebesar 60,8%. Sedangkan pengaruh dari variabel lain yang tidak diamati sebesar 39,2%.

(4)

ABSTRACT

The Influence Of The Budgeting Process and Budgeting Participation On The Quality Of Budgeting Execution

(Local Government of Serdang Bedagai)

The purpose of this research is to find out if there is significant budgeting process and budgeting participation on the quality budgeting excecution and to find out how big the influence both partial and simultaneous. This research at Local Government of Serdang Bedagai.

The method used in this research is descriptive method with the survey approach. The collection of data and information held by field research through a questionnaire as a research tool to Staff PPK ( staff to implementing budget) at Local Government of Serdang Bedagai. The Data used for this research is budgeting process and, budgeting participation. The data used for this research is qualitative data which are quanitified by using ordinal scale and Likert scales, which are converted into interval data and analyzed by using multiple regression analysis.

Based on the results of analysis, in partial can be inferred that there was not a significant influence between budgeting process variables (X1) against quality of budgeting execution (Y) with the total significant of t 0,063 > 0,05, and there are significant influence between budgeting participation variables (X2) against quality of budgeting Execution (Y) with the total significant of t 0,000 < 0,05. Based on the results of the analysis are simultaneously can be inferred that there is significant influence between budgeting Process variables (X1), and the budgeting participation (X2) against quality of budgeting execution (Y) of 60,8%. While the influence of the other variables which are not observed is equal to 39,2%.

(5)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberi rahmat, berkat, kesehatan, dan kemudahan sehingga penulis dapat menyelesaian skripsi ini guna memperoleh Sarjana Ekonomi Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Penulis telah banyak menerima bimbingan, saran, motivasi, dan doa dari berbagai pihak selama penulisan skripsi ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan bimbingan, yaitu kepada:

1. Bapak Prof. Dr. Azhar Maksum, M.Ec.Ac., Ak., C.A., selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara

2. Bapak Dr. Syafruddin Ginting Sugihen, M.A.F.I.S., Ak., selaku KetuaDepartemen S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara dan Bapak Drs. Hotmal Jafar, M.M., Ak., selaku Sekretaris Departemen S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara

(6)

4. Bapak Iskandar Muda, S.E., MSi., Ak, selaku Dosen Pembanding penulis, dan Bapak Drs. Rustam, M.Si., Ak., selaku Dosen Penguji penulis. Terima kasih sedalam-dalamnya untuk kesediaan membimbing penulis dengan perhatian dan kasih sayang yang secara ikhlas diberikan selama proses penyusunan dan penyelesaian skripsi ini Bapak.

5. Kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pembuatan skripsi ini,khususnya Bapak/Ibu dan di kantor Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai. Terima kasih atas bimbingan, arahan, dan bantuan dalam memberikan data penelitian untuk penulis sehingga skripsi ini bisa diselesaikan dengan baik dan terarah.

6. Kedua orangtua penulis, Sri Hernawati dan Hermanto dan kakak saya Arum Kusuma. Terima kasih atas segala curahan kasih sayang melalui perhatian, doa, dukungan, dan pengorbananyang selama ini telah diberikan, motivasi utama penulis untuk terusberprestasi dan berusaha menjadi yang terbaik. 7. Kepada teman-teman yang selalu memberikan semangat kepada penulis ade,

dian, ika, raya, sephine, zahra, ayu singg, septy dan teman-teman lainnya yang tidak dapat saya sebutkan namanya, terima kasih untuk doa dan dukungan kalian.

(7)

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah ... 1

1.2 Rumusan Masalah ... 7

1.3 Tujuan Penelitian Dan Manfaat Penelitan ... 7

1.3.1 Tujuan Penelitian ... 7

1.3.2 Manfaat Penelitian ... 8

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Tinjauan Pustaka dan Penelitian Terdahulu ... 10

2.1.1 Pengertian Kualitas Anggaran ... …. 10

2.1.2 Proses Penyusunan Anggaran …………..……… 11

2.1.3 Partisipasi Anggaran………..……… 27 2.1.4 Tinjauan Penelitian Terdahulu ... .. 29 2.2 Kerangka Konseptual dan Hipotesis ... 31

(8)

3.4 Jenis dan Sumber Data ... 39

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Gambaran Umum Kabupaten Serdang Bedagai ... 47

4.1.1 Sejarah Singkat Kabupaten Serdang Bedagai...……….

4.5.2 Uji Multikolinearitas ... 60

4.5.3 Uji Heterokedasititas ... 62

4.6 Pengujian Hipotesis ... 63

4.6.1 Uji Parsial (t-test) ... 63

(9)

4.6.3 Adjusted R2 ... … 66 4.7 Hasil Uji Regresi……… 66 4.8 Pembahasan Hasil Penelitian………. 68

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan……… 69 5.2 Saran………..………. 70 5.3 Keterbatasan Penelitian………. 70 DAFTAR PUSTAKA……….. LAMPIRAN……….

(10)

No. Tabel Judul Hal

2.1 Kalender Penyusunan Anggaran Selama Satu Tahun ... 20

2.2 Ringkasan Penelitian Terdahulu ... 29

3.1 Defini Operasional Variabel ... 36

4.1 Batas Wilayah ... 49

4.2 Sampel Penelitian ... 50

4.3 Jenis Kelamin Responden……….51

4.4 Pendidikan Terakhir Responden ... 51

4.5 Masa Jabatan……….52

4.6 Descriptive Statistics ... 55

4.7 Uji Validitas Variabel X ... 56

4.8 Uji Validitas Variabel Y ... 55

4.9 Uji Reliabilitas Variabel X ... 57

4.10 Uji Reliabilitas Variabel Y ... 57

4.11 Uji Normalitas (3) Kolmogrov Smirnov ... 60

4.12 Hasil Uji Multikolonieritas ... 62

4.13 Hasil Uji t ... 64

4.14 Hasil Uji f ... 65

4.15 Hasil Koefisien Determinasi ... 66

4.16 Hasil Regresi Linear ... 67

(11)

No. Gambar Judul Hal

2.1 Proses Penyusunan Rancangan APBD ... 21

2.2 Kerangka Konseptual ... 32

4.1 Uji Normalitas (1) : Histogram ... 58

4.2 Uji Normalitas (2) : Grafik PPPlots ... 59

4.3 Grafik Scatterplot ... 62

(12)

No. Lampiran Judul Hal

1 Kuesioner Penelitian ... 75

2 Surat Izin Riset ... 80

3 Data Variabel Penelitian ... 81

4 Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Variabel ... 84

5 Hasil Uji Statistik Deskriptif ... 88

6 Hasil Uji Normalitas ... 89

7 Hasil Uji Kolmogorov-Smirnov ... 91

8 Hasil Uji Multikolonieritas ... 92

9 Hasil Uji Heterokedastisitas ... 93

10 Hasil Uji Hipotesis ... 94

Referensi

Dokumen terkait

Dengan fenomena tersebut menyadarkan perusahaan perlu menciptakan strategi yang lebih baik, sehingga memberikan manfaat yang besar bagi konsumennya melalui merek yang telah

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi hasil penelitian dengan

Sedangkan kriteria eksklusinya yaitu pasien cedera kepala tanpa data CT scan dan volume perdarahan intrakranial, tidak memiliki data Glasgow Outcome Scale (GOS)

1. Mengetahui hasil belajar matematika siswa siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul Azhar Tahun Ajaran 2014/2015 yang menggunakan model pembelajaran

Tanda ikonis adalah sebuah tanda yang salah satu cirinya biasanya sebuah ciri struktur, ikonis memegang peranan yang sangat penting dalam sastra yang melibatkan dua

Subjek penelitian adalah Seluruh data pemeriksaan histopatologi penderita kanker payudara yang ada di bagian Laboratorium Patologi Anatomi Manado pada periode januari

Dengan mengamati perilaku sistem dengan nilai yang berbeda dari parameter yang terlibat, pengembang dapat mengevaluasi kinerja, yang tergantung pada pilihan parameter