Makanan Khas Bandung Nabati Bahan

28  162 

Teks penuh

(1)

Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung -Surabi atau

Serabi-breaktime.co.id

Surabi khas Bandung yang terbuat dari tepung ini begitu mirip dengan pancake. Bedanya adalah surabi dibuat dengan cara dibakar diatas tungku dan adonannya sangat tebal.

Peralatan yang digunakan untuk membakar atau membuatnya,

menggunakan alat sederhana, yakni dengan tungku yang terbuat dari cetakan tanah liat. Alat inilah yang membuat makanan yang satu ini menjadi nikmat dan terasa keasliannya.

Untuk pelengkap kamu bisa memilih toping campurannya, yaitu toping nangka, keju, coklat, pisang, duren atau sosis. Toping paling unik, kamu bisa memilih surabi toping oncom. Surabi ini terkenal enaknya berada di Kampus NHI, Jalan Setiabudi.

(2)

(Piscok)-juraganilmu.blogspot.com

Beda dari pada pisang yang lainnya, makanan yang satu ini unik, dan banyak diketahui adalah pisang keju, pisang goreng dan lain-lain. Namun, beda dengan makanan ini, yakni pisang dilumeri coklat dan ditutup oleh kulit lumpia lalu di goreng.

Bener-bener nikmat dimakan kalau selagi panas, coklat yang bener-bener lembut akan membuat lidah kamu dimanjakan banget lho! selain itu rasa piscok ini sangat gurih banget. Coba dah, kalau kamu berkunjung ke sana.

(3)

Digemul)-www.posresep.com

Singkatan dari nama makanan ini yaitu, aci digemul (tepung kanji) yang terbuat dari bahan dasar kanji (tepung), dan dibentuk bulat kecil

sedemikian rupa serta nanti akan mengembang sendiri, jika digoreng.

Sama seperti baso goreng, makanan khas Bandung ini dibumbui hampir mirip dengan bumbu basreng. Namun, yang satu ini rasanya sangat kenyal, gurih dan sangat lezat. Apalagi kalau disajikan saat panas dan ditemani secangkir teh atau kopi.

Makanan Khas Bandung, -Siomay

(4)

Makanan khas Bandung yang satu ini yang sering kita jumpai, mulai di sekolah, perumahan, pinggir jalan dan juga ada di perkantoran.

Siomay Bandung ini terbuat dari daging ikan, dicampur dengan sagu dan semakin nikmat dengan bumbu kacang. Apabila kamu singgah di Kota Bandung, mampirlah ke Jalan Veteran Bandung, disana terdapat siomay yang sangat enak yang biasa diberi nama Kingsley dan telah menjadi favorit di kalangan masyarakat.

Makanan Khas Bandung,

-Bandros-kuliner.panduanwisata.id

Jajanan atau makanan khas Bandung yang satu ini berbahan tepung terigu yang di adoni dengan santan kelapa. Kemudian, di masak di atas percetakan cekung, setelah itu diberi taburan kelapa parut.

Paling enak dimakan selagi matang dan hangat. Jajanan ini dibandrol ini dengan harga 3000/ 5 bandros.

(5)

Oncom-www.makanajib.com

Kuliner ini salah satu makanan yang paling enak, karena nasinya diolah dengan cara di bakar bersamaan dengan bumbu oncom dan diberi sedikit tepung tapioka (tepung kerupuk). Masakan yang satu ini paling enak kalau ditemani dengan sambal dan kerupuk ditambah sedikit sayuran.

Makanan Khas Bandung,

-Peuyeum-kumpulan.info

Peuyeum ini salah satu makanan khas kota Bandung yang sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Bila kamu belum familiar dengan makanan yang satu ini, apa itu peuyeum?

(6)

banget. Dalam penyajiannya, kamu dapat mencoba peuyeum dengan toping keju atau coklat dan bisa mencoba variasi yang lainnya.

Makanan Khas Bandung, -Mie

Kocok-tempatwisatadibandung.i nfo

Mie yang satu ini biasa dapat di bedagang menggunakan gerobak

layaknya tukanng bakso. Makanan khas kota Bandung ini diolah dengan cara, mie yang bentuknya sedikit datar, dan hidangannya itu diberi

berbagai sayuran seperi toge serta diberi tambahan seperti kikil sapi yang sangat empuk yang sudah direbus hingga matang sedimikian rupa.

Kenapa disebut mie kocok? Karena mengolahnya mie ini dengan cara diaduk dan dikocok, sebelum di sajikan kepada pembeli atau peminat mie.

(7)

-Gepuk-www.yes24.co.id

Jajanan yang satu ini adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi, terasa sedikit manis dan sangat gurih. Cara pembuatan gepuk ini dengan cara daging sapi yang diris searah dengan serat daging dan direbus setengah matang, kemudian dipukul sampai sangat lembut.

Daging yang sudah empuk itu direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan, setelah itu direbus kembali, sampai air santan menyusut tinggal segelas air. Apabila kamu menyajikan gorenglah gepuk ini dengan sedikit minyak hingga kecokelatan lalu angkatlah.

Makanan yang satu ini paling enak ini, disantap dengan nasi hangat dan sambel lho. Pasti mantap dah

(8)

-Cireng-poponglina.com

Kamu pasti udah pada kenal dengan makanan yang satu ini kan. Kalau belum, kenalan dulu dengan makanan khas kota Bandung yang satu ini. Kenapa disebut dengan Cireng? Cireng (singkatan dari aci di goreng “kata orang Sunda” untuk tepung kanji yang digoreng), jajanan yang satu ini sangat populer di daerah Priangan yang dijual dlaam berbagai bentuk dan harga variasi yang berbeda-beda.

Jajanan yang satu ini sangat terkenal di era 80-an. Untuk bumbu tambahan cireng adalah dari tepung kanji, tepung terigu, merica, air, bubuk, garam, kedelai, daun bawang serta minyak goreng. Cireng yang satu ini enaknya kalau dimakan saat hangat dan ditemani saus sambel yang pedas lho.

(9)

-Colenak-citizendaily.net

Kepanjangan makanan yang satu ini adalah apabila di “cocol enak”. Nama yang sangat lucu ini diberikan pedagang pertama yang menjual colenak pada tahun 1930-an. Jajanan yang satu ini revolusi dari peuyeum.

Colenak adalah peuyeum yang dibakar diatas arang, kemudian diguyur dengan cairan gula merah yang kental, dan diberi parutan kelapa. Kamu ingin coba makanan yang satu ini? Datanglah ke kawasan Ciputra

Bandung.

Makanana Khas Bandung,

(10)

Bahan dari pembuatan batagor, yaitu adonan ikan dan tepung kanji digoreng serta ditambahkan dengan saus kacang dan perasan jeruk limau, akan menambahkan kelezatan saat kamu menyantapnya.

Makanan Khas Bandung, -Perkedel

Bondon-www.spothood.com Makanan ini dimasak atau digoreng di atas tungku api dan bahan baku makanan khas Bandung untuk menyalakan api atau baranya

menggunakan kayu atau arang. Mungkin cara memasaknya ini lah yang membuat perkedel ini sangat nikmat, dan disajikan hangat-hangat

disertakan dengan sambal saja sudah cukup untuk menemani nasi untuk lauk yang disantap untuk makan siang.

(11)

-Lotek-gastronomy-aficionado.com Makanan khas Bandung ini hampir sama dengan pecel yang di kota-kota lainnya, yakni makanan yang berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di smping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya juga ada terasi, gula merah dan bawang putih.

Umumnya, makanan khas Bandung yang bernama lotek ini terasa lebih manis daripada pecel. Apalagi, kalau sambal pecel bumbu telah dicampur sebelumnya, akan terasa nikmat dan lezat, untuk bumbu baru

ditambahkan ketika akan dihidangkan. Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan tambahan khusus, yakni kerupuk dan bawang goreng.

(12)

-Combro-www.youtube.com Jajanan ini terkadang dinamai comro atau gemet yang merupakan

makanan khas dari Jawa Barat. Combro ini terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat dan bagian dalam diisi dengan sambal oncom, dan lalu digoreng. Karena itulah dinamai combro di makanan khas Bandung.

Combro merupakan kependekan dari oncom di jero (di dalam), dalam bahasa Sundanya. Begitu juga halnya dengan gemet, yang merupakan kependekan dari dage semet yang artinya kurang lebih sama. Makanan khas Bandung ini lebih enak disantap selagi masih hangat.

Makanan Khas Bandung,

(13)

Makanan khas Bandung ini asalnya dari Jawa Barat. Bahan bakunya dari parutan singkong yang bagian dalam isinya dikasih gula merah, kemudian digoreng. Karena itu dinamai dengan sebutan “Misro” yang merupakan kependekan dari amis di jerone.

Dalam bahasa Sunda yang artinya: Manis di dalam. Bentuknya bulat, ketika makanan ini disantap sebaiknya ketika hangat dengan didampingi teh atau kopi hangat.

Makanan Khas Bandung,-Nasi

Timbel-sharontravelogue.com Nasi ini merupakan nasi putih biasa yang panas, kemudian dibungkus daun pisang, karena dibungkus daun pisang maka akan menimbulkan aroma yang sangat khas dari makanan khas Bandung. Dan biasanya disajikan dengan berbagai tambahan seperti tahu dan tempe goreng, ayam goreng, sambal serta ada lalapannya.

(14)

Cuka-lofoodie.wordpress.com

Makanan khas Bandung ini sudah tersebar dimana mana. Namun, rujak ini sangatlah berbeda daripada umumnya, makanan ini adalah makanan tradisional, yang terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu rujak serta ditambah cuka agar aroma

makanan ini lebih sedap.

Makanan Khas Bandung, -Wajit

Cililin-tommyfirmansyahpra tama.wordpress.com

(15)

Makanan khas Bandung ini merupakan oleh oleh asli Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Ada banyak macam wajit, namun wajit cililin ini

mempunyai keunikan tersendiri, yakni dibungkus dengan cangkang buah jagung.

Makanan Khas Bandung,

-Tutut-www.whateverback packer.com

Tutut ini merupakan sejenis keong yang ukurannya ada yang kecil dan besar. Umumnya dimasak dengan bumbu yang pedas banyak daun salam dan sereh agar bau amis dalam tutut itu sendiri agar hilang.

(16)

-Karedok-potsoup.wordpress.com Karedok- Merupakan makanan khas Badnung dan asli dari Indonesia. Bahan utama pembuatan makanan ini dari bahan-bahan sayuran mentah antara lain, ketimun, tauge, kol, kacang hijau, daun kemangi dan terong.

Untuk sausnya sendiri menggunakan bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam dan terasa.

Makanan Khas Bandung -Ulukutek

Leunca-www.youtube.co m

(17)

Makanan Khas Bandung -Keripik

Setan-www.tokopedia.com Nah, jajanan atau makana khas Bandung yang satu ini pasti semua sudah pernah coba. Keripik ini merupakan singkong yang diolah dan dibumbui dengan bumbu cabai yang sangat pedas. Keripik ini ada berbagai merek, akan tetapi dijaman sekarang dan paling hits adalah “Keripik Maichi” yang sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Makanan Khas Bandung

(18)

Seblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus dan dicampur racikan bumbu pedas terdiri dari cabai, bawang putih, garam serta kencur. Seblak ini ada 2 jenis yakni seblak kering dan seblak basah.

Makanan Khas Bandung -Tahu

Jablay-sebandung.com Cukup unik dan juga untuk penasaran untuk memakannya kan? Dari namanya saja sudah cukup membuat penasaran banget. Tahu Jablay makanan khas Bandung ini merupakan tahu yang dipotong hingga seperti membentuk dadu, kemudian digoreng dengan tepung krispi dan nikmat dimakan kalau selagi panas.

Sejarahnya tahu jablay, ini banyak yang tak tahu apa maksud dari nama tersebut. Katanya yang memberi nama makanan ini adalah sekumpulan anak yang sedang menikamati hidangan, dengan guyonan yang

berlebihan, entah katanya itu betul apa tidak.

Tahu ini juga hanya ada di beberapa tempat, dahulu tahu seperti in

banyak yang menyediakan di kota. Namun, sekarang tinggal sedikit sekali yang masih menjual tahu jablay, aliasnya jarang ditemui (langka).

Harganya pun sangat murah yakni Rp 3.000/porsi.

(19)

Goreng)-gool.co.id

Ini salah satu makanan yang khas di Kota Bandung. Mungkin hanya sedikit yang mengetahui makanan ini. Bakso goreng ini singkatannya (Basreng), lebih tepatnya lagi baso yang kemudian diolah menjadi gorengan dan tidak seperti biasanya yang berkuah.

(20)

Bumbu ini diantaranya yakni rasa keju, asin, pedas, manis. Kota Bandung telah banyak orang yang mengenal makanan unik dan sederhana ini.

Makanan Khas Bandung -Gehu Hot

Jeletot-rinaldimunir.wordpress.com

Maksud dari nama itu sendiri itu adalah “toge” dan “tahu” dan yang

dimaksud dengan “jeletot” sendiri adalah pedas yang membuat mata kita menjadi melotot (istilah dari pedas yang berlebihan).

Gehu yang dibuat dari tahu yang dilumuri tepung krispi dan diisi dengan gehu dan olahan bumbu pedas. Harga gehu hot jeletot ini dibandrol dengan harga Rp 500 sampai 2.000 per gehu. Tergantung juga dengan ukuran gehu itu sendiri.

(21)

Lembang-ceritaperut.com

Makanan kha Bandung-Tahu lembang ini sangat unik dan menarik

daripada dengan tahu yang lain, tahu yang lainnya biasa dibuat dengan adonan kedelai, namun beda dengan yang satu ini. Tahu lembang, yang diolah dari susu sapi.

(22)

Tahu-joiceyusriani.wordpress.com

Ada dua jenis gagrak kupat tahu yakni kupat padalarang dan kupat tahu yang di Bandung. Kupat tahu Padalarang bumbunya cenderung cair dengan aroma manis dan gurih, sedangkan kupat tahu makanan khas Bandung bumbunya saus kacang yang sangat kental. Namun, isi dari kedua jenis kupat tahu tersebut relatif sama yaitu kupat/lontong, tahu dan toge.

Kota Bandung ada penjajan “Kupat Tahu” yang legendaris dan selalu

mendagangkan makanannya, kupat tahunya setiap pagi di kawasan Pasar Gempol, sehingga seringg disebut dengan nama Kupat Tahu Gempol. Bahkan yang berbeda dari Kupat Tahu Gempol adalah bumbunya yang rasanya mantap dan lontongnya yang sangat kenyal.

(23)

-Cilok-blogoinformasi.com

Dengan bentuk bulat-bulat serta kenyal, habis dalam sekali lahap juga. Cilok makanan khas Bandung juga merupakan jajanan yang digandrungi di Jawa Barat khususnya di Kota Bandung.

Meskipun cilok sekarang ini lebih sering dijumpai di area sekolah, namun colok atau sigkatannya “aci dicilok” ini sudah beragam inovasi mulai dari bentuk dan rasanya serta harganya. Dahulu hanya berbumbu kacang, sekarang kamu bisa mencicipi dengan saus mayonnise dengan isian yang bermacam-macam rasanya.

(24)

www.portal.iffahmedia.com

Gak enak kalau mampir ke Kota Bandung hanya mencicipi makanan khasnya, cobalah dengan mencicipi minumannya yang berkhasiat dan bikin kita seger lagi. Nah, berikut minuman yang disajikan oleh para pedagan atau direstoran yang dapat kamu cicipi.

(25)

Bandrek-cvhamba.com

Makanan khas Bandung-Selain memiliki makanan yang enak, Kota Bandung memiliki minuman yang tak kalah rasanya dengan minuman yang ada diluar kota.

Minuman ini adalah bandrek. Bandrek ini merupakan minumann

tradisional orang Sunda dari Jawa Barat. Indonesia yang dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh. Umumnya minuman bandrek, dihidangkan pada cuaca dingin, seperti dikala hujan atau pun malam hari.

Bahan utama dari pembuatan bandrek ini yang paling penting adalah jahe dan gula merah, namun di daerah-daerah tertentu menambahkan

rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan minuman khas Bandung ini. Tambahan rempah rempah seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung dan sebagainya. Susu bisa ditambahkan, tergantung dari selera penyajian.

(26)

bandrek yang dikhususkan untuk orang dewasa, karena efeknya dan anak-anak tidak boleh meminumnya.

Makanan Khas Bandung -Minuman

Bajigur-soloraya.com

Bajigur ini merupakan minuman khas Bandung yang hangat, dan khasnya masyarakat Sunda, Jawa Barat Indonesia. Bahan utama pembuatan

bajigur ini merupakan gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan sedikti jahe, garam dan bubuk vanili. Nah, minuman yang disajikan para pedagang di pinggiran kota Bandung, biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor.

Untuk kamu yang doyan sekali dengan minuman hangat, bajigur ini

(27)

Makanan Khas Bandung -Minuman atau Es

Goyobod-yanznoer.wordpress.com

Makanan khas Bandung-Goyobod adalah minuman ala Priangan. Es

goyobod sendiri merupakan olahan tepung sagu aren yang diolah seperti agar-agar. Dicampur macam macam tambahan seperti sekoteng, alpukat, yang dicampur dalam santan kelapa dan es serut dengan pemanis sirup gula dan susu kental manis serta tambahan roti manis yang jadi

pelengkap es goyobod ini.

(28)

Lilin-www.selerakita.id

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...