Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013

160 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Buku Tematik T

erpadu Kurikulum 2013

Tema 8

۲۰۱۳

۲۰۱

۳

۸

٤ ۱۷۹ ٤۲۷ ٦۰۲ ۹۷۸

Bumiku

(2)

Hak Cipta © 2018 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dilindungi Undang-Undang

Disklaimer: Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi

Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Katalog Dalam Terbitan (KDT)

Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bumiku/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

vi, 154 hlm. : ilus. ; 29,7 cm. (Tema ; 8)

Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas VI

ISBN 978-602-427-226-5

1. Tematik Terpadu -- Studi dan Pengajaran I. Judul II. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

372

Penulis : Fransiska Susilawati, Ari Subekti, Diana Puspa Karitas, Heny Kusumawati.

Penelaah : Nur Wahyu Rochmadi, Esti Swastika Sari, Woro Sri Hastuti, Peny Rahmawaty, Bambang Prihadi, Widia Pekerti, Suharji.

Pe-review : Ihal

Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

(3)

Kata Pengantar

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaian kompetensi tersebut dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.

Buku ini adalah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu. Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan sumbang saran, kritikan, dan masukan yang membangun demi perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.

Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari semua pihak dalam penyempurnaan buku ini. Semoga kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia yang lebih berkualitas.

(4)

Tentang Buku Siswa

1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.

3. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.

4. Pada semester 2 terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan kegiatan Aku Cinta Membaca, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menumbuhkan rasa cinta membaca pada siswa.

6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.

7. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.

8. Di setiap awal subtema, terdapat lembar untuk orang tua yang berjudul Belajar di Rumah. Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada setiap akhir pembelajaran.

(5)

10. Di sekolah, guru dan siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa.

11. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.

12. Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan berbagai tugas tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa dapat menuliskannya pada buku tugas.

(6)

Daftar Isi

Kata Pengantar ...iii

Tentang Buku Siswa ... iv

Daftar Isi ... vi

Subtema 1

Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya ... 1

Subtema 2

Bumiku dan Musimnya ... 55

Subtema 3

Bumi, Matahari, dan Bulan ... 94

Aku Cinta Membaca

... 128

Daftar Pustaka ... 139

Profil Penulis ...141

Profil Penelaah ... 145

Profil Editor ... 152

(7)

Subtema 1:

Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

Bacalah percakapan Siti dan Udin di bawah ini!

Udin : “Wah, seru sekali, ya, permainan kita hari ini. Sayang sekali, hari sudah

sore. Ayo, kita pulang!”

Siti : “Iya, seru sekali. Seandainya kita dapat terus bermain sepanjang hari, pasti akan sangat menyenangkan.“

Udin : “Iya, betul, tetapi malam pasti akan tiba dan kita harus segera pulang.”

Siti : “Betul, Udin, pasti akan susah bermain bola ketika malam. Mengapa ada siang dan ada malam?"

(8)

Ayo Mengamati

Mengapa ada siang dan ada malam?

Apakah Matahari itu bergerak sehingga ia terbit dan tenggelam?

Bumi atau Mataharikah yang sesungguhnya bergerak? Untuk memahaminya, ayo, kita pelajari

bersama.

Ayo Mengamati

Ayo, kita cari informasi lebih terperinci tentang terjadinya siang dan malam!

Perhatikan judul dan gambar sampul buklet.

Dapatkah kamu

memperkirakan informasi- informasi penting apa saja yang ada di buklet tersebut?

Tuliskanlah di sini!

...

...

...

...

...

(9)

Tuliskan hal-hal yang telah kamu ketahui dan ingin kamu ketahui tentang siang dan malam (misalnya: waktu terjadinya, penyebab, dan perbedaan yang teramati).

Gunakan format di bawah ini!

Hal yang telah aku ketahui

...

...

...

...

...

...

...

...

Hal yang ingin aku ketahui

...

...

...

...

...

...

...

...

Ayo Membacaa

(10)

Ketika pagi hari, saat membuka jendela, kamu melihat cahaya di langit. Cahaya itu tanda Matahari telah terbit. Saat makan siang, Matahari berada di tempat tinggi di langit. Saat waktunya makan malam, Matahari tidak tampak lagi di langit, tenggelam di cakrawala. Pertanyaannya, benarkah Matahari yang bergerak? Mari, kita cari tahu.

Matahari tampak terbit di pagi hari dan tenggelam di sore hari karena rotasi Bumi. Bumi terus berotasi sehingga Matahari tampak terbit di sebelah timur, dan tenggelam di sore hari. Sekali lagi, ini karena rotasi Bumi. Bagaimana hal ini dapat terjadi?

Bumi bergerak seperti gerakan permainan gangsing. Planetmu bergerak mengelilingi garis khayal yang disebut sumbu. Gerakan Bumi mengelilingi sumbu/poros disebut rotasi Bumi. Waktu Bumi mengalami satu kali rotasi adalah 24 jam.

Sekarang, lakukan percobaan. Menghadaplah kamu ke lampu. Anggaplah kamu sebagai Bumi dan lampu sebagai Matahari. Kepalamu sebagai poros Bumi.

(11)

Mengapa gerak Matahari dikatakan semu? Tentu kamu tahu, bahwa, gerak tersebut bukanlah gerak Matahari yang sesungguhnya. Peristiwa itu terjadi karena adanya perputaran Bumi pada porosnya. Gerak Bumi itulah yang menyebabkan Matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat.

Untuk memahami lebih dalam tentang gerak semu, ayo, lakukan kegiatan berikut ini!

Ayo Mencoba

Kegiatan 1. Simulasi tentang gerak semu

Kamu dan temanmu akan melakukan kegiatan bersama untuk memahami tentang gerak semu Matahari.

Ikuti langkah-langkah kegiatan di bawah ini!

1. Anggaplah kamu sebagai A dan temanmu sebagai B.

2. Perhatikan gambar dan berdirilah sesuai dengan posisi yang ditunjukkan oleh gambar.

A

B

A dan B berdiri di posisi sejajar

3. A menutup mata dan berdiri tetap pada posisinya. B berjalan maju satu meter.

A

B

}

1 meter

4. A membuka mata dan mengamati perubahan posisi B.

(12)

Kegiatan 2. Simulasi tentang peristiwa siang dan malam sebagai akibat rotasi Bumi.

Mari kita lakukan simulasi berikut ini!

Bentuklah kelompok yang terdiri atas empat sampai lima orang!

Pilihlah dua orang teman dalam kelompokmu untuk melakukan kegiatan seperti gambar berikut.

Ikuti langkah kegiatan di bawah ini!

Alat dan Bahan yang diperlukan: Senter, globe.

1. Peganglah senter dan satu temanmu memegang globe.

2. Arahkan senter (jangan dinyalakan) sehingga menghadap globe. Amati globe.

3. Nyalakan senter. Amati globe.

4. Adakah perbedaan pada globe, antara sebelum dan sesudah senter dinyalakan? Tuliskan hasil pengamatanmu!

______________________________________________________________________

______________________________________________________________________

5. Tetap nyalakan senter, lalu putarlah globe perlahan-lahan berlawanan arah jarum jam. Apa yang teramati pada globe? Tuliskan hasil pengamatanmu!

______________________________________________________________________

(13)

Ayo Mengamati

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan yang sudah kamu lakukan!

1. Andaikan senter adalah Matahari dan globe adalah Bumi.

a. Kapan kita mengalami siang?

b. Kapan kita mengalami malam?

c. Bagaimana posisi Matahari selama pengamatan (diam/bergerak)?

d. Bagaimana posisi Bumi selama pengamatan (diam/bergerak)?

2. Bagaimana arah gerak Bumi dibandingkan dengan arah gerak jarum jam?

3. Apa yang dimaksud dengan rotasi Bumi?

4. Mengapa ada daerah di Bumi yang terang?

5. Mengapa ada daerah di Bumi yang gelap?

6. Apa akibat rotasi Bumi dilihat dari diterimanya cahaya Matahari ke Bumi?

7. Bumi atau Mataharikah yang sesungguhnya bergerak?

8. Apa yang kamu ketahui tentang gerak semu harian Matahari?

9. Kegiatan apa yang biasa dilakukan oleh masyarakat di daerahmu ketika siang hari?

10. Kegiatan apa yang biasa dilakukan oleh masyarakat di daerahmu ketika malam hari?

Kesimpulan:

Rotasi Bumi adalah ………

Rotasi Bumi menyebabkan ………

Ayo Renungkan

Kamu telah belajar tentang rotasi Bumi dan akibatnya.

Sungguh, Tuhan Yang Maha Esa begitu luar biasa telah membuat Bumi ini selalu berputar dengan waktu yang sangat teratur.

Apa yang mungkin terjadi jika Matahari berputar dan Bumi tidak? Coba jelaskan.

(14)

Kerja Sama dengan Orang Tua

(15)

Kita tinggal di planet Bumi. Planet Bumi mengalami siang dan malam.

Pergantian siang dan malam menunjukkan adanya perbedaan

waktu. Nah, saat ini kita akan belajar tentang perbedaan waktu yang terjadi di Bumi. Apa penyebab

dan pengaruh perbedaan waktu bagi kita, ya? Ayo, kita pelajari!

Ayo Mengamati

Saat bangun pagi, Udin teringat akan mimpinya semalam. Ia bermimpi bertemu dengan teman-teman lama yang berada di daerah lain di Indonesia. Udin rindu ingin bertemu dengan mereka. Ia kemudian bertanya dalam hati, sedang melakukan apakah mereka di sana sepagi ini?

(16)

Yuk, kita amati kegiatan teman-teman Udin di bawah ini. matanya. Sejuk pagi masih terasa. Akan tetapi, Buyung harus segera bangun untuk menunaikan ibadah dan bersiap-siap ke sekolah.

Jailolo, Maluku Utara Pukul 07:00 WIT

Ferdi membaca sekilas soal di kertasnya dengan tersenyum. Hari ini, ulangan matematika pada jam pertama. Kemarin sore, Ferdi sudah belajar dengan teman-temannya. Ia yakin, soal yang diberikan Pak Sammy dapat dikerjakannya sekolah. Cukup 20 menit mengayuh, ia sudah tiba di sekolah. Masih ada waktu 10 menit, sebelum bel masuk berbunyi. Alang selalu datang lebih awal agar ada waktu untuk bermain dengan

(17)

Waktu menunjukkan pukul 19.00 WIB, 20.00 WITA , 21.00 WIT

Amati kembali peta perbedaan waktu yang disajikan di halaman sebelumnya. Tuliskan perbedaan waktu yang kamu temui berdasarkan wilayah pada peta. Bagaimana perbedaan itu memengaruhi kegiatan teman-teman Udin yang diceritakan di atas?

Menurutmu, apa penyebab perbedaan waktu tersebut?

Dari cerita tentang kegiatan teman-teman Udin yang tinggal di tempat berbeda, apa yang dapat kamu simpulkan?

Batusangkar, Sumatera Barat Pukul 19:00 WIB

Buyung mengambil nasi dan sayur. Buyung dan

keluarganya makan malam bersama. Pada waktu makan malam, mereka biasa bertukar cerita tentang kegiatan hari itu. Buyung bersyukur, Ayah dan Ibu selalu menemaninya setiap malam. Waktu makan malam selalu menjadi waktu yang dinanti.

Jailolo, Maluku Utara Pukul 21:00 WIT

Hujan rintik-rintik masih terdengar di luar. Dingin udara malam mulai terasa. Ferdy sudah akan berselimut di tempat tidurnya. Kantuk mulai datang, tetapi Ferdy masih mencoba untuk menyelesaikan membaca beberapa halaman bukunya. Ia terbiasa membaca buku sebelum tidur. Namun, Ferdy tidak membaca sambil Tidak terlalu banyak PR hari ini, Alang sudah mengerjakan sebagian tugasnya sejak beberapa hari yang lalu. Satu jam lagi Alang harus bersiap-siap tidur. Pada hari sekolah, Ibu tidak mengizinkan Alang menonton televisi. Alang

(18)

Ayo Mengamati

Kegiatan Udin berbeda dengan kegiatan teman-temannya yang berada di daerah lain pada waktu yang sama. Perbedaan tersebut ada hubungannya dengan pembagian waktu di Indonesia. Oleh karena itu, Udin ingin mengetahui apa yang menjadi dasar pembagian waktu di Indonesia. Udin juga ingin mengetahui pembagian waktu di dunia.

Kamu akan membantu Udin untuk memahaminya melalui kegiatan berikut.

1. Amati gambar peta berikut atau bola dunia yang ada di kelasmu!

Sumber gambar: https://kissparry.files.wordpress.com

(19)

2. Amati garis yang melintang pada globe/ petamu yang membelah Bumi menjadi belahan utara dan selatan !

3. Amati pula garis membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan timur !

Tuliskan hal-hal lain yang kamu temui dari hasil pengamatanmu pada kotak berikut !

Ayo Membacaa

Bacalah dan cermati teks informasi berikut ini!

Sebelum kamu mulai membaca, lakukan kegiatan di bawah ini!

1. Sebutkan kata kunci yang kamu temukan pada judul bacaan!

2. Berdasarkan kata kunci tersebut, perkirakan informasi yang akan kamu dapatkan dari bacaan.

3. Buatlah kelompok yang terdiri atas empat orang. Secara bergantian, sebutkan kata kunci yang ditemukan pada judul dan perkiraan informasi yang akan didapatkan dari bacaan.

Perputaran Bumi dan Akibatnya

Bumi kita berputar membentuk lingkaran 360 derajat dan membutuhkan waktu 24 jam untuk satu kali putaran. Apa akibat perputaran tersebut? Untuk mengetahuinya, amati bola dunia atau peta dunia serta garis yang tampak di dalamnya. Tahukah kamu, garis yang tampak pada bola dunia atau peta dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian).

(20)

Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi. Garis lintang dibedakan menjadi dua, yaitu Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS). Garis lintang itu digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah iklim.

Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur. Garis bujur yang terletak di belahan barat disebut garis Bujur Barat (BB), sedangkan yang terletak di belahan timur disebut garis Bujur Timur (BT). Garis bujur digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah waktu.

Garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berhimpit di garis 0˚ Greenwich. Garis ini melalui Greenwich Observatory di Kota London, Inggris. Oleh karenanya, kota itu ditetapkan sebagai penentu waktu inter-nasional.

Saat berotasi 1° derajat, maka Bumi membutuhkan waktu 4 menit.

Apabila berputar 15°, Bumi membutuhkan waktu satu jam. Berdasarkan

perhitungan itulah, setiap tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15° akan mempunyai perbedaan waktu satu jam.

Ayo Berlatih

Dari bacaan di atas, temukan kosakata baru. Tuliskan kosakata-kosakata tersebut pada kolom yang disediakan. Carilah definisinya dengan melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gunakan kosakata tersebut dalam kalimat. Jelaskan makna kosakata tersebut kepada temanmu sesuai dengan kalimat yang kamu buat.

No Kosakata Baru Definisi/Makna Kalimat

1

2

3

4

(21)

Ayo Membacaa

Bacalah kembali teks bacaan yang berjudul “Perputaran Bumi dan Akibatnya”. Garis bawahi kata-kata yang menunjukkan informasi-informasi penting. Tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam tabel berikut.

Paragraf Informasi Penting

1

2

3

4

5

Ayo Berkreasi

Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas tiga atau empat orang.

Kumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang peristiwa rotasi Bumi dan dampaknya.

Olahlah kembali informasi-informasi tersebut dan sajikan dalam bentuk buku informasi.

Ikuti langkah-langkah berikut.

1. Bagilah kertas A4 menjadi empat bagian yang sama besarnya. Tentukan judul bukumu. Buatlah judul yang menarik sehingga membuat orang ingin membacanya.

2. Tentukan gambar yang akan kamu gunakan untuk sampul depan buku informasimu.

3. Halaman 2 berisi penjelasan tentang peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya.

4. Halaman 3 berisi kegiatan percobaan yang dapat dilakukan untuk menunjukkan fenomena rotasi bumi dan akibatnya.

(22)

Judul:

...

Oleh:

...

...

...

Penjelasan tentang peristiwa rotasi bumi dan akibatnya.

Halaman 2

Kegiatan percobaan yang dapat dilakukan untuk menunjukkan fenomena rotasi bumi dan akibatnya.

Halaman 3

Kosakata-kosakata yang berkaitan dengan peristiwa rotasi bumi dan definisinya.

Halaman 4

(23)

Sungguh luar biasa keagungan Tuhan. Bumi, langit dan isinya adalah bukti nyata mahakarya Tuhan Yang Maha Esa. Sudah selayaknya kita selalu mengucapkan syukur atas anugerah tersebut. Alam raya ciptaan Tuhan sungguh mengagumkan. Rasa kagum manusia terhadap ciptaan Tuhan dapat diungkapkan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui lagu. Ingatkah kamu tentang interval nada?

Kamu telah mempelajari tentang interval nada di tema sebelumnya. Ayo, kita ingat kembali materi tentang interval nada.

Jarak antara dua buah nada dikenal sebagai interval. Jika dua buah nada tersebut dimainkan secara bersama-sama, kita mengenalnya dengan istilah interval harmonis. Jika dua buah nada tersebut dimainkan satu nada kemudian disusul dengan nada yang lain secara berurutan, kita mengenalnya dengan istilah interval melodis.

Pernahkah kamu mendengar lantunan lagu “Ambilkan Bulan, Bu“?

Lagu “Ambilkan Bulan, Bu” merupakan lagu anak-anak ciptaan Bapak A.T. Mahmud. Bapak A.T. Mahmud menciptakan banyak lagu anak-anak yang sarat dengan makna.

(24)

RINGKASANKU

Identifikasilah interval nada pada lagu “Ambilkan Bulan, Bu” dengan tangga nada C mayor. Gunakan gambar interval nada di bawah ini sebagai acuanmu !

Dapatkah kamu menemukan interval dalam lagu “Ambilkan Bulan, Bu”?

Interval seperti apa yang kamu temukan dalam lagu tersebut?

Berlatihlah menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan, Bu”. Lantunkan lagu tersebut di depan kelas dengan percaya diri.

Ayo Renungkan

Kamu sudah belajar tentang banyak hal hari ini. Buatlah ringkasan sederhana untuk mengingatkanmu kembali tentang hal-hal yang sudah kamu pelajari.

Kamu dapat menggunakan poin-poin di bawah ini sebagai acuan untuk membuat ringkasanmu.

• Jelaskan kosakata-kosakata yang terkait dengan topik (rotasi, garis lintang, garis bujur).

• Jelaskan pembagian waktu khususnya di Indonesia. • Jelaskan pengaruh dari

(25)

Kerja Sama dengan Orang Tua

(26)

Ayo Membacaa

Bacalah percakapan Alan dan pamannya di bawah ini!

Alan senang sekali karena pada hari Minggu, pamannya yang tinggal di Singapura akan datang menengok dia dan keluarganya.

Perhatikan percakapan Alan dan pamannya melalui telepon di bawah ini!

Paman : "Hallo, Alan."

Alan : "Hallo, Paman, apa kabar?"

Paman : "Baik, Alan. Bagaimana dengan Alan dan keluarga?"

Alan : "Baik, Paman. Saya dengar Paman akan mengunjungi kami hari Minggu depan, ya?"

Paman : "Iya betul, Alan. Kita akan bertemu hari Minggu depan."

Alan : "Wah, asyik sekali. Ngomong-ngomong, Paman sedang apa sekarang?"

Paman : "Kami sedang bersiap untuk makan siang, Alan."

Alan : "Wah, kami sudah selesai makan siang satu jam lalu, Paman. Kami biasa makan siang pukul dua belas di sini."

Paman : "Hahaha.. iya, Alan. Sama. Kami juga makan siang pukul dua belas, tetapi karena waktu di Singapura satu jam lebih

lambat daripada Jakarta, maka sekarang sebenarnya di Singapura juga jam 12 siang, Alan."

Alan : "Wah iya, saya lupa, Paman. Padahal baru kemarin belajar tentang perbedaan waktu."

Paman : "Baiklah, Alan, nanti kita sambung lagi pembicaraan kita. Sampai ketemu di hari Minggu."

Alan : "Baik, Paman, sampai ketemu."

Paman Alan dan keluarganya tinggal di Singapura. Singapura merupakan negara tetangga kita. Apa yang dimaksud dengan negara tetangga?

(27)

Perhatikan peta di bawah ini!

Negara tetangga adalah negara-negara yang berada di sekitar Indonesia. Negara tetangga Indonesia berada di kawasan Asia Tenggara.

Ayo Membacaa

Cermati teks berjudul “Kawasan Asia Tenggara“ berikut ini!

Sebelum mulai membaca, lakukan kegiatan di bawah ini!

1. Bacalah judul bacaan dan perkirakan informasi yang mungkin kamu dapatkan dari bacaan.

(28)

Kawasan Asia Tenggara

Nama : ...

Kelas : ...

...

... ... ...

...

Perkiraan informasi penting yang akan aku dapatkan dari

bacaan.

Bacalah informasi di bawah ini dengan cermat!

Kawasan Asia Tenggara

Asia Tenggara terletak pada 29° LU dan 6° LS. Berdasarkan garis lintangnya, hampir seluruh wilayah Asia Tenggara berada di daerah tropis. Secara geologis, sebagian besar wilayah Asia Tenggara dilalui rangkaian Pegunungan Muda Mediterania.

Secara geografis, wilayah Asia Tenggara berada dijalur lalu lintas yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, antara Australia dan Asia. Kawasan Asia Tenggara juga dilalui jalur pelayaran antara Asia Timur dan Asia Selatan.

Hampir seluruh wilayah Asia Tenggara memiliki kesamaan, yaitu dilalui oleh pegunungan muda yang masih aktif. Kenyataan ini ditunjukkan dengan sering terjadinya gempa vulkanik dan tektonik.

(29)

Ayo Mengamati

Perhatikan kembali peta Asia Tenggara. Identifikasilah negara-negara yang ada di Asia Tenggara.

Negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara:

...

...

...

Tuliskan informasi penting yang kamu peroleh setelah membaca teks “Kawasan Asia Tenggara”. Tuliskan informasi tersebut dalam format yang disediakan dan bandingkan dengan perkiraan informasi yang sebelumnya kamu tuliskan.

Apakah kamu menemukan persamaan dan perbedaan?

Perkiraan informasi penting sebelum membaca teks bacaan Informasi penting yang didapatkan

setelah membaca teks bacaan

Kawasan Asia Tenggara

Penting yang Akan Aku Dapatkan dari

Bacaan yang Aku Dapatkan

(30)

Ayo Mengamati

Ayo, kita cari informasi tentang keadaan alam Singapura.

Keadaan Alam Negara Singapura

Singapura merupakan negara kepulauan. Pulau Singapura dengan ukuran panjang 41,8 km dan lebar 22,9 km merupakan pulau terbesar di negara itu. Hampir semua wilayahnya berupa dataran rendah. Suhu udara di Singapura rata-rata 26º C.

Republik Singapura

terletak 137 kilometer di utara khatulistiwa. Selat Johor memisahkan Malaysia dan Singapura.

Singapura merupakan negara kepulauan yang memiliki 63 pulau kecil. Pulau-pulau itu, antara lain Pulau Tekong, Pulau Ubin, dan Pulau Sentosa. Lokasi tertinggi di Singapura berada di Bukit Timah dengan

ketinggian 163,63 m.

Cagar alam yang terkenal terletak di Bukit Timah Nature Reserve. Ada pula taman botani yang terkenal, yaitu Singapore Botanic Garden.

Agama : Tao (terbesar), Buddha,

Islam, Kristen.

Lagu

Kebangsaan : Majulah Singapura

Pemerintahan : Republik

Kepala Negara : Presiden

Kepala

Pemerin-tahan : Perdana Mentri

(31)

Ayo Berkreasi

Dari informasi yang kamu peroleh, ditemukan fakta-fakta menarik tentang Singapura. Garis bawahi kata kunci dan informasi penting yang kamu dapatkan dari bacaan.

Olah kembali informasi-informasi tersebut dan sajikan dalam bentuk kartu informasi tentang Singapura.

Dalam kartu informasi tersebut, sajikan fakta-fakta yang menceritakan tentang kondisi alam Singapura dan fakta menarik lainnya.

SINGAPURA

Kondisi Alam Singapura

...

...

...

...

Fakta Menarik tentang Negara Singapura

...

...

...

...

Ayo Membacaa

Paman Alan menceritakan keadaan negara Singapura, salah satunya tentang kenyamanan dan kebersihannya. Singapura menjadi salah satu negara paling bersih di dunia.

(32)

Sebagai warga yang tinggal di negara yang kecil, rakyat Singapura sadar bahwa lingkungannya harus dijaga. Pemerintah Singapura pun menerapkan peraturan yang sangat ketat, untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan negara. Peraturan yang ketat, kedisiplinan, dan kepedulian penduduk terhadap lingkungannya itulah yang menjadikan Singapura sebagai salah satu negara terbersih di dunia.

Bacalah informasi singkat di bawah ini!

Negara Singapura

Singapura kini sudah menjadi negara maju dan sangat terkenal di dunia. Meskipun luas wilayahnya tidak seberapa, tetapi Singapura menjadi salah satu tujuan wisata dunia. Selain perkembangannya yang pesat, negara Singapura ternyata juga mendapatkan predikat negara terbersih di dunia.

Rakyat dan pemerintah Singapura sangat sadar dan peduli akan kebersihan lingkungannya. Bahkan, untuk menjaga kebersihannya, pemerintah Singapura telah membuat peraturan ketat untuk seluruh masyarakat yang tinggal di negara tersebut. Dari segala lingkup tentang aturan untuk kebersihan semuanya harus ditaati, bahkan tidak menyiram toilet saja akan dikenakan denda sangat tinggi.

Sumber : https://kotaterindah.wordpress.com/2016/10/26/10-kota-terbersih-di-dunia/

Dari informasi yang kamu dapatkan tentang Singapura, jawablah pertanyaan di bawah ini!

1. Tuliskan hal-hal positif yang dapat kita contoh dari negara Singapura.

...

...

2. Menurutmu, mungkinkah negara Indonesia menjadi salah satu negara terbersih di dunia seperti Singapura?

...

...

3. Apa yang harus dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah Indonesia untuk mencapai tujuan tersebut?

(33)

4. Menurutmu, apakah kebersihan negara Singapura merupakan hasil kerja sama pemerintah dan warga negaranya?

...

...

Ayo Mengamati

Pemerintah Singapura membuat peraturan yang ketat untuk seluruh masyarakat yang tinggal di negara tersebut. Setiap warga negara berkewajiban untuk menjaga lingkungannya sehingga setiap warganya dapat hidup di lingkungan yang baik dan sehat.

Sebagai warga negara Indonesia, kita juga memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan hidup agar tetap baik dan sehat. Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan. Menjaga lingkungan merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap anggota masyarakat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, ataupun status sosial.

Kewajiban menjaga lingkungan dapat dimulai dari keluarga. Keluarga adalah komunitas masyarakat yang paling kecil. Keberhasilan kita dalam melaksanakan kewajiban di lingkungan keluarga akan menentukan keberhasilan kita dalam melaksanakan kewajiban di lingkungan yang lebih besar.

Apa kewajibanmu sebagai anggota keluarga?

Bandingkan kewajibanmu dengan kewajiban temanmu di keluarganya! Apakah sama? Apakah berbeda?

Setiap anggota keluarga memiliki kewajiban berbeda dalam kehidupan sehari-hari. Setiap keluarga pun memiliki kewajiban bekerja sama untuk memastikan kehidupan bermasyarakat berjalan dengan baik. Salah satu kewajiban setiap keluarga dalam kehidupan bermasyarakat adalah menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Apa yang dapat kita lakukan di rumah untuk menjaga lingkungan?

...

...

...

(34)

Ayo Berkreasi

Buatlah sebuah poster. Isinya tentang rencana aksi yang akan kamu lakukan di lingkungan rumahmu sebagai cerminan pelaksanaan kewajibanmu. Tempelkan postermu di dinding dekat meja belajarmu. Gunakan poster tersebut sebagai pengingat tentang kewajibanmu dalam menjaga lingkungan rumahmu.

Aksi Kecilku untuk Lingkungan Rumahku

Ayo Renungkan

Apa pendapatmu tentang kegiatan pembelajaran yang kamu lakukan hari ini?

Menurutmu, apakah hal-hal yang kamu lakukan dan pelajari hari ini memberikan manfaat bagimu? Jelaskan!

Kerja Sama dengan Orang Tua

Kerjakan bersama orang tuamu. Buatlah rencana yang akan dilakukan keluargamu sebagai salah satu perwujudan pelaksanaan kewajibanmu menjaga lingkungan di sekitar rumahmu.

(35)

Ayo Membacaa

Sore itu, Alan sedang membaca berita tentang sebuah sekolah untuk anak jalanan.

Berita tersebut disajikan setelah halaman ini.

1. Bacalah judul berita tersebut. Perkirakan informasi yang akan kamu dapatkan.

2. Sajikan perkiraan informasi tersebut dalam format seperti di bawah ini.

Perkiraan informasi yang akan aku dapatkan dari artikel koran berjudul “Sekolah Anak Jalanan “

Perkiraan fakta-fakta yang akan aku dapatkan dari artikel

Pelajaran yang kira-kira akan aku dapatkan dari artikel yang

kubaca

Pertanyaan-pertanyaan yang aku miliki terkait dengan judul

(36)

Sekolah Anak Jalanan

REPUBLIKA.CO.ID, Usia mereka boleh jadi tidak lebih dari 10 tahun. Namun, kulit mereka telah melegam terpanggang. Telapak kaki mereka mengeras dan terkelupas. Bermodalkan sandal jepit yang menipis, mereka melompat dari satu bus ke bus lain, dari satu angkot ke angkot berikut. Dengan menadahkan tangan seraya menyuguhkan wajah iba, mereka berharap mendapat sekeping Rp500,00 atau syukur-syukur selembar Rp2.000,00.

Mereka inilah yang sejak kecil telah berpredikat sebagai anak jalanan. Di usia dini, mereka telah melakoni profesinya masing-masing. Ada yang mengamen, memulung, hingga menyemir sepatu. Tidak inginkah mereka menikmati masa kecil dan belajar seperti anak-anak yang lain?

Jauh dari ingar bingar jalan raya dan tersembunyi di kawasan Plumpang, Rawa Badak, Jakarta Utara, anak-anak jalanan itu ternyata bersekolah. Salah satu lembaga sosial yang peduli terhadap nasib anak jalanan dan anak kurang mampu adalah Yayasan Himmata. Di yayasan ini, 400 lebih anak jalanan mengenyam pendidikan secara cuma-cuma.

Menurut Sarkono, Ketua Yayasan Himmata, yayasan terbentuk sejak tahun 2000 dan merupakan lembaga sosial masyarakat yang bersifat independen dan nirlaba. Pada 2004 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himmata yang terletak di tengah lingkungan masyarakat kumuh disahkan.

PKBM Himmata hampir serupa dengan sekolah formal. Tak hanya dari seragam, jam belajar pun hampir sama dengan sekolah formal kebanyakan dan berlangsung selama lima hari dalam seminggu. Karena PKBM Himmata hampir sama dengan sekolah formal, mereka membutuhkan pengajar yang tetap tidak hanya suka relawan. Saat ini PKBM Himmata memiliki sekitar 30 pengajar tetap dengan bayaran tak lebih dari Rp300 ribu, jauh dari kata sejahtera.

Namun, mendapatkan bayaran bukanlah tujuan utama menjadi pengajar di sini. Mohamad Anwar, misalnya, ia mengaku mau menjadi pengajar selama lebih dari 10 tahun karena tuntutan hati nurani untuk memberi ilmu kepada anak bangsa.

Mengajar anak jalanan itu susah-susah gampang. “Kalau didasari keikhlasan, bukan orientasi mengajarnya karena materi istilah susah itu nggak ada,” ujar Mohamad Anwar guru mata pelajaran Sosiologi dan Pendidikan Agama Islam.

Secara fisik, bangunan PKBM Himmata memang memenuhi syarat, namun nasib pengajar masih kurang perhatian dari donatur. “Kita ini manusiawi, memang perasaan itu ada, namun sumber rezeki tidak hanya di sini saja, tapi di luar masih ada. Yang penting terus tawakal,” kata dia.

(37)

Setelah membaca artikel koran yang berjudul “ Sekolah Anak Jalanan”, lengkapi format di bawah ini dan bandingkan dengan format yang sebelumnya kamu isi sebelum membaca artikel. Apakah ada perbedaan? Jelaskan jawabanmu!

Perkiraan informasi yang akan aku dapatkan dari artikel koran berjudul “Sekolah Anak Jalanan “

Fakta-fakta yang aku dapatkan dari artikel

Pelajaran yang aku dapatkan dari artikel yang kubaca Hal-hal baru yang aku dapatkan

dari informasi di artikel

Ayo Berlatih

Dari cerita tentang Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himmata, kita menjadi tahu bahwa ada orang yang rela bekerja keras agar setiap anak Indonesia memperoleh pendidikan. Hampir setiap hari, kamu dan teman-temanmu pergi ke sekolah untuk belajar. Bagi beberapa anak Indonesia, kesempatan untuk bersekolah tidak mudah didapat.

Supaya kegiatan bersekolah memberi manfaat bagi kehidupanmu kelak, kewajiban-kewajiban apa yang perlu kamu laksanakan?

(38)

Kewajiban 1: ...

Kewajiban 2:

... Kewajiban 3:

...

Kewajiban 4: ...

Kewajiban 5: ... Kewajibanku sebagai

seorang pelajar

Ayo Berdiskusi

Berdiskusilah dengan teman sebangkumu dan jawablah pertanyaan di bawah ini!

Anggaplah kewajiban yang kamu tulis pada kegiatan di atas sebagai janji yang harus dipenuhi.

1. Jelaskan mengapa kamu memilih janji tersebut? Apakah janji itu akan memberi manfaat bagi keberhasilan pendidikanmu?

...

...

2. Apakah kewajiban yang kamu tulis merupakan hal yang harus kamu lakukan? Jelaskan jawabanmu!

...

...

3. Apakah melaksanakan kewajiban akan memberikan manfaat bagimu? Mengapa?

...

...

(39)

4. Apa yang bisa kamu simpulkan dari kegiatan ini? Nilai-nilai apa yang kamu peroleh dari kegiatan tersebut?

...

...

...

...

Ayo Mengamati

Masih ingatkah kamu informasi tentang negara tetangga kita Singapura?

(40)

Thailand

Wilayah geografis Thailand dapat dibedakan menjadi empat wilayah, yaitu dataran rendah, pegunungan, pegunungan kapur, dan Tanah Genting Kra. Bagian utara dan barat wilayah Thailand merupakan pegunungan. Pohon jati banyak tumbuh di pegunungan utara. Bagian tengah wilayah Thailand berupa dataran rendah. Sungai utama di Thailand adalah Sungai Chao Phraya, Sungai Chi, dan Sungai Mun. Negara Thailand beriklim tropis.

1. Dataran rendah berada di bagian tengah. Daerah ini dialiri Sungai Chao Phraya yang mengalir ke teluk Thailand. Daerah ini merupakan daerah subur.

2. Daerah pegunungan berada di bagian utara dan barat. Gunung tertinggi adalah Gunung Doi Inthanon (2.576 m).

3. Pegunungan kapur berada di bagian timur yang disebut Pegunungan Plato.

4. Tanah Genting Kra yang memanjang Semenanjung Thailand berada di bagian selatan.

Ibu kota : Bangkok

Luas : 513.115 km2

Kelompok etnis terbesar : Thai, Tionghoa, Melayu

Bahasa : Thai

Lagu kebangsaaan : Pheng Chart Thai

Agama : Buddha

Pemerintahan : Kerajaan

Kepala Negara : Raja

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri

Satuan Mata Uang : Baht

Batas Negara : Sebelah utara berbatasan dengan Laos, sebelah timur dengan Kamboja, sebelah selatan dengan Malaysia, sebelah barat dan barat daya berbatasan dengan Myanmar dan Laut Andaman.

(41)

Peta Pikiran tentang Thailand

Negara Thailand memiliki kondisi alam yang berbeda dengan negara Singapura. Bagaimana dengan negara tetangga lainnya?

Ayo, kita baca informasi tentang negara Vietnam.

Vietnam

Luas Vietnam kurang lebih 331.210 km2. Daerahnya terdiri atas

bukit-bukit dan gunung-gunung berhutan lebat serta sedikit dataran rendah. Wilayah Vietnam bagian utara berupa pegunungan, sedangkan bagian selatan berupa dataran rendah yang subur. Gunung-gunung yang ada di Vietnam antara lain Gunung Ngoch Linh dan Gunung Chu Yang Sin. Sungai utamanya adalah Sungai Mekong dan Sungai Sangka.

Ibu Kota : Hanoi

Luas : 331.210 km2

Kelompok Etnis

: Vietnam, China, Prancis, Inggris

Agama : Buddha (terbesar), Kristen, Tao

Pemerintahan : Republik Sosialis

Kepala Negara : Presiden

Kepala

Peme-rintahan : Perdana Mentri

Mata Uang : Dong

Batas Negara

(42)

Informasi apa yang kamu dapatkan dari teks informasi di atas? Buatlah peta pikiran yang berisi informasi-informasi penting tentang Vietnam. Kamu dapat menambahkan informasi dari sumber-sumber lain.

Peta Pikiran tentang Vietnam

Ayo Berlatih

Bandingkan kondisi alam Thailand dan Vietnam.

Carilah persamaan dan perbedaannya. Sajikan informasi tersebut dalam bentuk tulisan dua paragraf. Paragraf pertama berisi informasi tentang persamaan dan paragraf kedua berisi tentang perbedaan. Tentukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari tiap paragraf.

(43)

ASEAN

Negara-negara yang terletak di Asia Tenggara bersepakat untuk membentuk sebuah organisasi yang bernama ASEAN. Organisasi ASEAN didirikan 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN bertujuan menjalin kerja sama antarnegara Asia Tenggara.

ASEAN diprakarsai oleh perwakilan lima negara Asia Tenggara, yaitu Menteri Luar Negeri Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), Rajaratnam (Singapura), dan Marciso Ramos (Filipina). Mereka menandatangani deklarasi pendirian ASEAN. Deklarasi itu bernama Deklarasi Bangkok.

Indonesia menjalin kerja sama dengan negara-negara di Asia Tenggara. Kerja sama tersebut dilakukan demi kemajuan anggota. Kerja sama ASEAN tersebut diwujudkan dalam beberapa bidang berikut.

Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi 1. Pembukaan Pusat Promosi ASEAN

Promosi yang dilakukan oleh ASEAN meliputi sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi. Pembukaan pusat promosi ASEAN dilakukan di negara Jepang yang merupakan negara yang mempunyai perkembangan cepat dalam berbagai sektor. Pembukaan pusat promosi di Jepang mempunyai tujuan untuk melakukan peningkatan kegiatan ekspor dari negara-negara ASEAN ke Jepang dan juga meningkatkan jumlah investor Jepang bagi negara-negara ASEAN.

2. Penyediaan Cadangan Pangan

Bentuk kerja sama dalam penyediaan cadangan pangan tidak hanya dilakukan untuk kerja sama yang saling menguntungkan, tetapi juga dalam keadaan yang darurat. Misalnya, ketika salah satu negara ASEAN mengalami krisis pangan karena bencana, negara lain siap menyuplai cadangan pangan untuk negara tersebut.

3. Penyelenggaraan Proyek Industri

Beberapa proyek industri ASEAN sebagai berikut.

• ASEAN Aceh Fertilizer Project, yaitu pabrik pupuk di Aceh-Indonesia. • ASEAN Urea Project, pabrik pupuk di Malaysia.

• ASEAN Copper Fabrication Project, yaitu pabrik tembaga di Filipina. • ASEAN Vaccine Project yang memproduksi vaksin di Singapura. • Rock Salt Soda Ash Project yang memproduksi abu soda di Thailand.

4. Kawasan Perdagangan Bebas

(44)

5. Koperasi ASEAN

Koperasi ASEAN atau ASEAN Cooperative Organization (ACO) merupakan salah satu bentuk kerja sama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi. Dalam tujuannya, Koperasi ASEAN mempunyai keinginan untuk mengokohkan organisasinya sebagai sebuah gerakan koperasi yang menopang perekonomian di Asia Tenggara.

Kerja Sama ASEAN di Bidang Politik 1. Defense Ministers Meeting

ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) adalah bentuk kerja sama di bidang politik. ADMM yang merupakan pertemuan rutin menteri keamanan negara-negara anggota ASEAN. Pertemuan ini diadakan untuk membahas kerja sama dan diplomasi politik dalam bidang pertahanan dan keamanan negara-negara ASEAN.

2. Pengiriman Duta dan Konsulat

Pengiriman duta dan konsulat merupakan langkah yang dilakukan agar wakil negara selalu ada dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai bagian dari ASEAN.

3. Perjanjian Ekstradisi ASEAN

Perjanjian ekstradisi negara-negara ASEAN merupakan bentuk kerja sama bidang politik dalam menangani tersangka kejahatan yang melarikan diri ke kawasan negara-negara di ASEAN.

4. Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir

Perjanjian kawasan bebas nuklir merupakan kerja sama negara-negara ASEAN di bidang politik mengenai pelarangan senjata nuklir di negara ASEAN. Dalam Perjanjian ini melarang keras adanya perancangan dan pembuatan senjata nuklir di ASEAN.

5. Perjanjian Kawasan Damai, Bebas, dan Netral

Perjanjian kawasan damai, bebas, dan netral merupakan kerja sama negara-negara di ASEAN untuk menjaga setiap negara-negara agar tetap damai.

Sumber : https://guruppkn.com/kerja sama-asean

Ayo Berlatih

(45)

Buatlah satu kartu informasi untuk setiap bidang kerja sama dan presentasikan kartu informasimu di depan kelas.

Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi

...

...

...

...

...

...

...

...

Kerja Sama ASEAN di Bidang Politik

...

...

...

...

...

...

...

...

Ayo Renungkan

1. Hal-hal penting apa yang kamu pelajari hari ini?

2. Apakah menurutmu organisasi ASEAN penting bagi Indonesia?

3. Pengalaman organisasi apa yang pernah kamu ikuti?

Kerja Sama dengan Orang Tua

(46)

Musim hujan telah tiba. Bumiku menjadi basah terkena air yang turun terus-menerus. Bagaimana kondisi lingkungan saat musim hujan,

ya? Mari, kita cari tahu.

Ayo Membacaa

Ketika musim hujan tiba, Bumi menjadi basah karena tersiram air hujan. Banyak tanaman mulai tumbuh, pohon-pohon yang layu karena kekurangan air tampak segar kembali. Para petani mulai menanam padi di sawah. Cuaca yang semula panas menjadi sejuk. Musim hujan selalu dinantikan oleh banyak orang. Namun, ada kalanya, musim hujan menyebabkan bencana.

Pada bulan-bulan tertentu, curah hujan sangat tinggi. Namun, pada bulan lainnya hujan, hampir tidak pernah terjadi. Mengapa demikian?

Ayo, kita cari tahu.

Saat membaca koran, Edo terlihat keheranan. Mengapa? Di koran diinformasikan bahwa saat ini di Argentina sedang terjadi musim panas. Namun, pada saat bersamaan, di Kanada, sedang terjadi musim dingin. Mengapa terjadi perbedaan musim di antara negara-negara di dunia? Mari, kita amati gambar berikut!

(47)

Ayo Mengamati

Amati gambar berikut untuk memperjelas jawabanmu!

Bacalah fakta-fakta sains dari gambar di atas!

1. Bumi membuat sebuah jalur atau orbit berbentuk elips saat mengelilingi Matahari yang disebut revolusi.

2. Jalur atau orbit ini ditempuh dalam waktu satu tahun untuk satu putaran.

(48)

4. Akibat revolusi Bumi terhadap Matahari, negara yang berada di belahan Bumi utara dan selatan setiap 3 bulan sekali mengalami perubahan musim.

Kanada terletak di belahan bumi utara, sebaliknya Argentina terletak di belahan Bumi selatan. Pada saat matahari memanasi Bumi bagian selatan, Argentina mengalami musim panas. Sebaliknya, negara yang terletak di belahan Bumi utara seperti Kanada mengalami musim dingin.

Berdasarkan gambar di halaman sebelumnya dan bola dunia yang kamu miliki, lengkapi tabel musim di wilayah belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan berikut!

Waktu Belahan Bumi Utara Belahan Bumi Selatan

21 Juni - 23 September Panas Dingin

... ... ...

... ... ...

... ... ...

Ayo Mencoba

(49)

1. Buatlah orbit Bumi berbentuk elips (seperti gambar) dan Matahari sebagai titik tengahnya di lapangan sekolahmu!

2. Gunakan bola dunia dan senter untuk membantu!

3. Siswa yang berada di tengah memegang senter dan berperan sebagai Matahari.

4. Satu siswa lainnya memegang globe dan berperan sebagai Bumi.

5. Siswa yang menjadi Bumi akan mengelilingi Matahari sesuai orbit yang dibentuk sambil memutar bola dunia yang dibawanya. Siswa dapat pula berputar seperti bola dunia yang dipegangnya.

6. Cara berputar seperti terlihat pada gambar (berlawanan dengan arah jarum jam).

7. Saat berpindah dari satu titik ke tiga titik lainnya, jelaskanlah musim yang sedang terjadi di belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan!

• Perhatikan juga posisi siswa yang berputar (Bumi) terhadap senter (Matahari).

• Apakah jarak teman yang menjadi Bumi dan temanmu yang menjadi Matahari selalu sama?

Ukurlah jarak A dari keempat titik, yaitu B1, B2, B3, dan B4.

Tuliskan hasil pengukuran jarakmu pada tabel di bawah ini!

Posisi Jarak

A ke B1

A ke B2

A ke B3

A ke B4

• Dari hasil pengukuran jarak di atas, apa yang dapat kamu simpulkan tentang bentuk orbit Bumi?

Ayo Mengamati

(50)

Revolusi Bumi menyebabkan Matahari tampak bergeser ke arah belahan Bumi utara dan selatan. Padahal sesungguhnya, Matahari tidak bergerak. Peristiwa ini disebut sebagai gerak semu tahunan Matahari.

Ayo Mencoba

Menjadi Reporter

Apakah kamu tahu yang disebut reporter?

Bacalah informasi singkat di bawah ini!

Repoter adalah orang yang bertugas meliput berita di lapangan dan melaporkannya kepada publik. Laporan dapat berbentuk tulisan untuk media cetak. Laporan juga dapat berbentuk lisan yang disampaikan melalui media elektronik seperti radio dan televisi.

Dalam kegiatan ini, kamu akan bermain peran menjadi reporter cilik.

Bekerjalah besama teman sebangkumu. Carilah informasi dari berbagai sumber tentang gerak revolusi Bumi dan dampaknya.

(51)

Nama: ...

Petunjuk : Temukan lima informasi penting mengenai gerak revolusi Bumi dan dampaknya. Tuliskan informasi yang kamu temukan di tiap gambar jari.

Kelas: ...

Fakta 1

Fakta 2 Fakta 3

Fakta 4

Fakta 5

Sumber informasi : ...

Oleh : ...

Olahlah kembali poin-poin informasi yang kamu dapatkan menjadi poin-poin berita dengan menggunakan gaya penyajian berita seperti seorang reporter.

Naskah Reportase tentang Gerak Revolusi Bumi dan Dampaknya

...

...

...

...

Presentasikan naskah reportasemu di depan kelas bergantian dengan teman-teman sekelasmu.

Catatlah hasil laporan berita dari temanmu untuk melengkapi informasi yang kamu miliki.

Berdasarkan hasil laporan reportase dari teman-temanmu, buatlah rangkuman tentang gerak revolusi Bumi dan dampaknya.

(52)

Catatanku tentang Revolusi Bumi dan Dampaknya

Di Indonesia, berlaku dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan yang terjadi secara bergantian. Pergantian musim tersebut menyebabkan Indonesia memiliki ragam jenis buah-buahan yang berbuah sesuai jadwalnya.

Pemandangan di desa ketika musim panen buah terlihat indah sekali. Berikut ini ada sebuah lagu yang menceritakan tentang rasa kagum atas keadaan desa yang selalu dirindukan oleh sang pencipta lagu.

Ayo, kita simak notasi lagunya.

(53)

Identifikasikan interval yang terjauh dan terdekat pada lagu “Desaku yang Kucinta“.

Gunakan petunjuk di bawah ini untuk membantumu.

Nyanyikan lagu "Desaku yang Kucinta" bersama guru dan teman-temanmu.

Ayo Berkreasi

Interval pada nada dapat dibuktikan dengan melakukan percobaan di bawah ini.

Siapkan bahan dan alat percobaan:

• Air

• 5 atau lebih gelas kaca

• Tongkat kayu, dapat juga menggunakan pensil

Ikuti langkah-langkah percobaan secara runut:

• Isilah gelas dengan jumlah air yang berbeda satu sama lain. • Atur posisi semua gelas secara sejajar untuk memudahkanmu

memukulnya.

• Susunan diatur dengan mengisi gelas pertama dengan sedikit air, gelas kedua lebih banyak dan seterusnya hingga gelas terakhir berisi paling banyak air.

• Selanjutnya, kamu dapat memukul pinggiran gelas dengan tongkat kayu/ pensil dengan urutan dari gelas yang berisi paling sedikit air hingga yang terbanyak. Amati perbedaan suara yang terdengar.

(54)

Ayo Renungkan

• Sekarang, kamu telah mengetahui tentang berbagai musim di dunia. • Seandainya kamu berada di belahan Bumi utara yang lama waktu malamnya

21 jam, apa yang akan kamu lakukan?

• Menurutmu, mengapa Tuhan Yang Maha Esa menciptakan musim-musim yang berbeda-beda di dunia ini?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kepada orang tuamu tentang revolusi Bumi dan dampaknya. Gunakan catatan yang kamu buat di sekolah untuk membantumu.

(55)

Ayo Membacaa

Bacalah teks bacaan di bawah ini dengan teknik membaca memindai.

Keadaan Alam Indonesia

Indonesia memiliki lebih dari ribuan pulau. Pulau terpadat penduduknya adalah Pulau Jawa. Lebih dari setengah (65%) penduduk Indonesia hidup di Pulau Jawa. Indonesia memiliki 5 pulau besar, yaitu Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung api. Sekitar 130 di antaranya termasuk gunung api aktif. Sebagian dari gunung api terletak di dasar laut dan tidak terlihat di permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan dua rangkaian gunung api aktif. Selain itu, terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia.

Indonesia mempunyai iklim tropik basah yang dipengaruhi oleh angin muson barat dan muson timur. Dari bulan November hingga Mei, angin bertiup dari arah barat laut. Angin ini membawa banyak uap air sehingga pada bulan-bulan tersebut Indonesia mengalami musim hujan. Bulan Juni hingga Oktober, angin bertiup dari tenggara. Angin ini bersifat kering sehingga pada bulan-bulan tersebut, Indonesia mengalami musim kemarau.

Suhu udara di dataran rendah Indonesia berkisar antara 23° Celsius sampai 28° Celsius sepanjang tahun. Namun, suhu juga sangat bervariasi. Rata-rata mendekati 40° Celsius pada musim kemarau di lembah Palu, Sulawesi dan di Pulau Timor. Suhu di bawah 0° Celsius di Pegunungan Jaya Wijaya, Papua. Terdapat salju abadi di puncak-puncak pegunungan di Papua,seperti puncak Trikora (G.Wilhelmina, 4.730 m) dan Puncak Jaya (G. Carstenz, 5.030 m).

Curah hujan di Indonesia rata-rata 1.600 milimeter setahun. Daerah dengan curah hujan rata-rata tinggi sepanjang tahun adalah Aceh, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, sebagian Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Delta Memberamo di Papua.

Bacaan di atas merupakan contoh sebuah teks nonfiksi.

(56)

Karangan Nonfiksi

Karangan nonfiksi ialah karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Tulisan nonfiksi biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, desertasi, makalah, dan sebagainya.

Perbedaan antara fiksi dan nonfiksi terletak pada masalah faktual atau tidak, imajiner atau tidak. Perbedaan antara keduanya sama sekali tidak ada hubungannya dengan gaya bahasa atau apa pun selain masalah fakta atau khayalan.

Karangan nonfiksi berusaha mencapai taraf objektivitas yang tinggi, berusaha menarik, dan menggugah nalar (pikiran) pembaca. Bahasa karangan nonfiksi bersifat denotatif dan menunjukkan pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.

Nonfiksi dibagi menjadi 2 seperti berikut.

1. Nonfiksi murni berisi pengembangan berdasarkan data-data yang autentik. 2. Nonfiksi kreatif berawal dari data autentik kemudian dikembangkan sesuai

imajinasi penulisnya yang pada umumnya dalam bentuk novel, puisi, prosa.

Dari Teks nonfiksi berjudul “Keadaan Alam Indonesia”, sajikan informasi penting yang kamu temukan dalam format berikut!

Keadaan Alam Indonesia

Nama:

Ciri 1 Ciri 2 Ciri 3

Kondisi umum alam Indonesia:

...

...

(57)

Ayo Mengamati

Indonesia termasuk negara dengan curah hujan cukup tinggi. Pada musim hujan, beberapa daerah mengalami bencana banjir. Bacalah artikel tentang banjir di bawah ini!

Sumbatan, Air, dan Banjir

Di Jakarta, banjir sudah menjadi peristiwa biasa. Pertama kali banjir di Jakarta terdokumentasikan pada tahun 1699. Banjir sudah terjadi di Jakarta sejak zaman kolonial.

Ada hal penting terkait banjir yang harus kita ketahui, yakni sumbatan saluran air. Sumbatan terjadi ketika Jakarta mengalami banjir. Di kota ini, banjir tidak hanya berisi air, namun terdapat banyak sampah juga! Banyak orang yang menganggap air merupakan suatu elemen penyebab polusi. Sebenarnya, sampahnya yang menyebabkan air terkena polusi.

Ketika terdapat banyak sampah di sepanjang sungai, tidak ada ruang lagi bagi air untuk mengalir karena terhambat oleh sampah tersebut. Tak pelak lagi, air pun meluap dan terjadilah banjir. Air dan sampah bercampur dan mengalir di sepanjang jalan-jalan yang biasa kita lewati.

“Saya percaya bahwa kita bisa mengurangi risiko banjir jika Pemda Jakarta melakukan berbagai proyek air yang dapat mengedukasi dan menginformasikan bagaimana cara untuk membuang sampah yang benar beserta sanksi tertentu apabila tidak mematuhi aturan,” tutur Candrian Attahiyat, seorang ahli arkeologi dan pelestari Kota Tua Jakarta.

(58)

Analisislah informasi yang disajikan di artikel di atas. Identifikasilah kewajiban yang tidak ditunaikan oleh masyarakat. Jelaskan apa akibat dari kelalaian tersebut.

Sebagai anggota masyarakat, kita memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Bekerjalah dalam kelompok. Diskusikan kewajiban yang kamu miliki sebagai anggota masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di tempat tinggal kamu.

Tuliskan hasil diskusi kalian dalam format yang disediakan!

Ayo Berlatih

Ketika musim hujan tiba, lapangan sekolah menjadi becek dan berlumpur. Hal ini mengakibatkan sepatu siswa-siswi menjadi kotor. Untuk mejaga kebersihan dan kenyamanan, SD Pelita Hati membuat jadwal piket tambahan.

Mematuhi dan menjalankan jadwal piket dengan baik merupakan kewajiban setiap siswa SD Pelita Hati.

Bantulah SD Pelita Hati dengan membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan oleh petugas piket dan siswa-siswa lainnya sebagai perwujudan kewajibannya dalam menjaga lingkungan sekolah.

Kewajiban Petugas Piket

(59)

Tuliskan kembali kewajibanmu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. Masukkan ke tabel berikut. Tempelkan tabel tersebut di tempat yang mudah kamu baca dan jadikan sebagai pengingatmu.

Kewajibanku dalam Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Lingkungan Rumah Lingkungan Sekolah Lingkungan Masyarakat

(60)

Ayo Renungkan

Kamu telah belajar banyak tentang kondisi alam negara-negara tetangga kita. Apa yang akan kamu lakukan sebagai perwujudan rasa syukur atas karunia kondisi alam Indonesia yang sangat subur dan indah?

Apa kewajibanmu sebagai anak bangsa ini dalam menjaga dan melestarikan kekayaan alam Indonesia?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Pilihlah salah satu lagu yang telah kamu pelajari di subtema ini.

(61)

Subtema 2:

Bumiku dan Musimnya

Ayo Membacaa

Pagi itu, daerah tempat tinggal Dayu kembali diguyur hujan. Hujan turun tak henti-hentinya, hampir dua hari lamanya. Saat Dayu menonton televisi, dilihatnya berita mengenai beberapa daerah yang terkena bencana banjir. Banjir merupakan peristiwa alam yang sering terjadi ketika musim hujan tiba. Dayu ingin mengetahui lebih jauh mengenai bencana banjir. Yuk, kita baca bersama.

Saat musim hujan, sinar Matahari sering tertutup awan. Hujan hampir turun setiap hari. Bawalah payung

sebelum pergi.

(62)

Simaklah bacaan yang akan dibacakan oleh gurumu!

Cermati informasi-informasi yang disampaikan dalam bacaan tersebut. Catatlah gagasan utama dan informasi penting yang kamu temukan dalam tiap paragraf pada bacaan.

Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam

Memasuki musim hujan, terjadi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri banjir pun melanda di berbagai tempat. Berbagai faktor penyebab banjir berulang dari tahun ke tahun. Rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, penebangan liar, pembangunan permukiman tanpa mengindahkan topografi wilayah merupakan penyebab bencana tersebut. Pendangkalan dan penyempitan badan sungai membuat sungai meluap. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor alam. Namun, ada pula ulah manusia yang mempercepat terjadinya hal ini. Menjamurnya rumah di bantaran sungai, misalnya. Permasalahan ini sering terjadi di kota yang berpenduduk padat.

Di sisi lain, penertiban permukiman liar di bantaran sungai juga menjadi kesulitan pemerintah daerah sepanjang waktu. Dari tahun ke tahun, warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung, Jakarta harus selalu siaga ketika curah hujan mulai meninggi. Luapan sungai dapat terjadi hingga ketinggian 1-2 meter di dalam rumah. Bukan hanya barang yang harus di selamatkan, nyawa pun menjadi taruhannya. Sudah diperingatkan bahwa permukiman di bantaran sungai sangat berisiko ketika curah hujan tinggi. Namun, tetap saja mereka kembali ketika banjir telah surut. Tumbuhnya permukiman liar di bantaran sungai mendorong penyempitan badan sungai.

Aktivitas harian warga, seperti mencuci dan membuang sampah di sungai juga makin mempercepat pendangkalan sungai. Di Manado, Sulawesi Utara, rawan banjir dan longsor justru terjadi akibat pembangunan kota yang tidak mengindahkan topografi. Sebagian besar wilayah Manado terdiri atas perbukitan, sementara wilayah daratan dengan permukaan datar sangat terbatas luasnya. Sejalan dengan bertambahnya penduduk, banyak bukit dan lereng kemudian diubah menjadi perumahan.

Sumber: htpp//microsite.metronews.com, 16 Januari 2014

(63)

Dalam teks agak panjang, biasanya terdapat 150-200 kata. Teks di susun dari gagasan utama dan gagasan pendukung. Setiap paragraf memiliki satu gagasan utama yang merupakan inti dari pesan yang akan disampaikan. Beberapa gagasan utama paragraf dapat dijadikan dasar untuk menemukan pokok pikiran dari suatu teks. Oleh sebab itu, sebelum mencari pokok pikiran dari suatu teks, temukan dahulu gagasan utama setiap paragraf.

Presentasikan di depan kelas, gagasan utama dan informasi penting dalam setiap paragraf. Sebelum presentasi, tuliskan terlebih dahulu gagasan utama dan informasi penting pada tiap paragraf di peta konsep yang disediakan di bawah ini!

Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam

Berdasarkan gagasan utama dan informasi penting yang kamu temukan, buatlah sebuah ringkasan singkat tentang bacaan “Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam”.

Ringkasan bacaan “Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam”

...

...

...

...

(64)

Ayo Mencoba

Perhatikan artikel di bawah. Mintalah temanmu membacakan artikel tersebut untukmu! Catatlah kata kunci dan informasi penting yang kamu dapatkan dari artikel yang dibacakan oleh temanmu tersebut. Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian.

KOMPAS.com - Banjir yang melanda Mojokerto, Senin (27/3/2017), menyebabkan lumpuhnya kegiatan aktivitas belajar-mengajar di Kecamatan Mojoanyar.

Di Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, siswa SMP Negeri 2 Mojoanyar diliburkan karena banjir setinggi 80 sentimeter masuk hingga dalam ruang kelas dan guru. Banjir ini merupakan genangan paling tinggi dibandingkan banjir sebelumnya.

"Ini sudah dua kali dalam dua tahun terakhir banjir yang paling tinggi. Banjir ini kiriman dari luberan kali di depan yang sudah tidak dapat menampung lagi karena hujan terus-terusan sejak Minggu sore," kata Ngateman, penjaga SMP Negeri 2 Mojoanyar, Senin.

Selain di SMP Negeri 2, aktivitas belajar-mengajar juga diliburkan di SD Negeri Gebangmalang 1, SD Negeri Gebangmalang 2 dan SMK Negeri 1 Mojoanyar.

Banjir di Mojokerto disebabkan hujan deras selama dua hari berturut-turut hingga Minggu (26/3/2017) malam.

Bandingkan kata kunci dan informasi penting yang kamu temukan dengan kata kunci dan informasi penting yang ditemukan oleh temanmu.

Ayo Berlatih

Pernahkah kamu bertanya mengapa di negara kita hanya ada musim hujan dan kemarau? Mengapa tidak seperti

negara-negara di belahan Bumi utara atau selatan, yang memiliki empat

(65)

Di bawah ini akan disajikan informasi tentang musim yang terjadi di berbagai belahan dunia. Latihlah keterampilan menyimakmu dengan mengikuti langkah-langkah kegiatan di bawah ini!

1. Mintalah teman sebangkumu untuk membacakan teks bacaan yang berjudul “Ada Dua, Ada Empat”.

2. Catatlah gagasan utama yang kamu dapatkan dari tiap paragraf bacaan yang dibacakan tersebut.

3. Bacalah kembali dalam hati bacaan yang berjudul “Ada Dua, Ada Empat” dan garis bawahi gagasan utama yang kamu temukan di tiap paragraf. 4. Cocokkan gagasan utama yang kamu dapatkan dari bacaan yang dibacakan

oleh temanmu dengan gagasan utama yang kamu dapatkan ketika membaca bacaan dalam hati. Apakah ada persamaan? Apakah kamu menemukan perbedaan?

5. Lakukan kegiatan ini secara bergantian dengan temanmu.

Ada Dua, Ada Empat

Mungkin kamu pernah bertanya-yanya di dalam hati, mengapa di Indonesia hanya ada musim hujan dan musim kemarau? Tidak seperti negara-negara subtropis yang memiliki empat musim. Keempat musim di negara-negara subtropis tersebut adalah musim dingin, semi, gugur, dan musim panas. Pada musim dingin, tanah diselimuti salju seputih kapas. Pada musim semi, bunga-bunga bermekaran dengan indahnya. Saat musim gugur, daun-daun berwarna cokelat keemasan kemudian berguguran dari batangnya. Ada pula musim panas, saat jangka waktu siang hari berlangsung sangat lama dari malam hari, bahkan dapat berlangsung hanya selama 4-5 jam saja. Perbedaan musim di negara tropis terjadi karena ketika mengorbit, poros Bumi dalam keadaan miring. Pada bulan Desember, saat poros di belahan Bumi utara mengalami kemiringan terjauh dari Matahari sehingga sedikit mendapatkan sinar matahari. Akibatnya, terjadilah apa yang kita kenal sebagai musim dingin. Di sisi belahan Bumi selatan, pada waktu bersamaan, terjadi musim panas.

Sementara itu, di bagian ’tengah’ poros Bumi, yaitu bagian yang dekat dengan garis ekuator, poros tidak terlalu mengalami kemiringan. Banyaknya sinar Matahari cenderung stabil sepanjang tahun. Pada bagian Bumi ini, arah dan kecepatan anginlah yang berperan memengaruhi musim.

(66)

Gagasan utama yang aku dapatkan dari bacaan yang dibacakan oleh temanku:

...

...

...

Gagasan utama yang aku dapatkan setelah membaca bacaan dalam hati:

...

...

...

Berdasarkan teks bacaan “Ada Dua, Ada Empat“, jelaskan penyebab terjadinya perbedaan musin di Bumi!

...

...

...

...

...

Ayo Renungkan

• Apa saja yang telah kamu pahami pada kegiatan hari ini? Sebutkan. • Kegiatan apa yang paling kamu sukai?

• Tuliskan rencanamu agar kamu dapat lebih memahami semua kegiatan yang telah kamu ikuti!

Kerja Sama dengan Orang Tua

(67)

Ayo Mengamati

Pada siang hari, suhu udara panas. Akibatnya, kaca jendela memuai. Namun, pada malam hari, suhu menurun. Perubahan suhu membuat kaca jendela menyusut. Karena itulah, ukuran bingkai lebih besar daripada ukuran kaca. Ada cukup ruang tersedia saat kaca memuai sehingga kaca tidak pecah. Saat musim kemarau, malam hari tampak cerah. Cobalah pergi keluar teras rumahmu saat bulan purnama. Pandangilah Bulan.

• Bagaimana bentuk Bulan?

___________________________________________________________________ • Apakah Bulan bergerak?

___________________________________________________________________ • Apakah Bulan memiliki cahaya sendiri?

___________________________________________________________________ • Apakah Bulan berputar?

___________________________________________________________________ • Apa yang dikelilingi Bulan?

___________________________________________________________________

(68)

Apa yang dapat kamu simpulkan dari gerak Bulan?

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

Fakta Sains

Bulan berotasi pada porosnya. Bulan berevolusi mengelilingi Bumi. Bulan selalu bersama Bumi sehingga disebut sebagai satelit Bumi. Bulan bersama Bumi mengelilingi Matahari. Bulan tidak memiliki cahaya sendiri. Cahaya Bulan berasal dari pantulan Matahari.

Apakah bentuk Bulan akan selalu sama setiap hari?

(69)

Ayo Mencoba

1. Bentuklah kelompok kerja yang terdiri atas empat anak.

2. Bersama dengan kelompokmu, kamu lakukan percobaan untuk menguji kenampakan bulan purnama.

3. Sebelum melakukan percobaan, bacalah terlebih dahulu tata tertib sebelum melakukan percobaan.

4. Persiapkan bahan dan alat percobaan dengan lengkap dan ikuti petunjuk pelaksanaan percobaan.

Tata Tertib Saat Melakukan Percobaan

Pakaian Lab

• Saat melakukan percobaan dengan bahan kimia, kenakan baju lab, sarung tangan, masker dan

sebagainya agar tidak terkena baju atau kulit.

• Saat menggunakan peralatan yang panas kenakan sarung tangan tebal supaya tidak terbakar.

Api

• Saat mengangkat benda panas, demi keamanan, gunakan pinset, penjepit atau sarung tangan.

• Tutup material tertentu dengan sempurna dan jangan sampai terkena panas.

• Setelah menjauhkan benda yang mudah terbakar, baru boleh melakukan percobaan menggunakan api.

Cegah Kecelakaan

• Sebelum melakukan percobaan, pelajari terlebih dahulu cara memadamkan api.

• Beri tanda semua alat dan zat yang berbahaya.

• Dalam situasi darurat, sebaiknya jangan terburu-buru, selalu ketahui aturan keselamatan dengan baik.

Listrik

• Jangan menyentuh peralatan listrik dengan tangan basah.

• Jangan menumpuk beberapa colokan ke satu stop kontak.

Figur

gambar sampul buklet.
gambar sampul buklet. View in document p.8
Gambar sampul
Gambar sampul. View in document p.22
gambar berikut.
gambar berikut. . View in document p.50
gambar jari.
gambar jari. View in document p.51
gambar kaki meja.
gambar kaki meja. . View in document p.72
gambar (visual)
gambar (visual). View in document p.108
gambar visual yang sesuai dengan informasi yang disampaikan.
gambar visual yang sesuai dengan informasi yang disampaikan. View in document p.116
Gambar ilustrasi cerita
Gambar ilustrasi cerita . View in document p.143

Referensi

Memperbarui...