Dasar manajemen dan bisnis kelompok

Teks penuh

(1)

NAMA KELOMPOK :

1. Heryo Rizaldi

(11161106)

2. Aulia Dika Jayanti

(11160903)

3. Raju Mandraguna

(11160520)

4. Siti Hamidah

(11161082)

5. Rizky Rinaldy

(11160821)

6. Rendy Welli Candra (11160519)

DASAR

MANAJ

EMEN &

(2)

Pengertian Manajemen secara umum

Manajemen adalah skill atau kemampuan dalam mempengaruhi orang lain agar mau melakukan sesuatu untuk kita. Manajemen memiliki kaitan yang sangat erat dengan leader atau pemimpin. Sebab pemimpin yang sebenanrnya adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk menjadikan orang lain lebih dihargai, sehinnga orang lain akan melakukan segala keinginan sang leader.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen menurut para ahli adalah definisi yang dikemukakan oleh orang-orang ahli dalam ilmu manajemen sebagai landasan bagi kita untuk memahami seperti apa kandungan dari ilmu tersebut.

 Mary Parker Follet, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

 Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses

perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Elemen Dasar Manajemen

Manajemen beroperasi melalui bermacam fungsi, biasanya digolongkan pada perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan/motivasi dan pengaturan.

Perencanaan : memutuskan apa yang harus terjadi di masa depan (hari ini, minggu depan, buland epan, tahun depan, setelah lima tahun, dsb.) dan membuat rencana untuk dilaksanakan.

Pengorganisasian: membuat penggunaan maksimal dari sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana dengan baik.

Leading/Kepemimpinan dan motivasi: memakai kemampuan di area ini untuk membuat yang lain mengambil peran dengan efektif dalam mencapai suatu rencana.

Pengendalian: monitoring -- memantau kemajuan rencana, yang mungkin membutuhkan perubahan tergantung apa yang terjadi.

(3)

1. Top management atau manajemen tingkat atas yang sering disebut dengan executive officer atau top manager. Bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (chief executive officer) dan CFO (chief financial officer) 2. Middle management atau manajemen tingkat menengah bertugas sebagai

penghubung antara manajemen puncak dan manajemen lini pertama, misalnya kepala bagian atau kepala departemen.

3. Lower management atau manejemen lini pertama (first-line management) adalah manajemen yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional perusahaan. Manajemen ini dikenal pula dengan istilah manajemen operasional (supervisor, kepala seksi, dan mandor).

Menurut Griffin dalam bukunya Business, 8th edition, manajer harus memiliki lima macam keterampilan, yaitu keterampilan konsepsional, keterampilan kemanusiaan, keterampilan teknis, keterampilan manajemen waktu, dan keterampilan membuat keputusan.

Fungsi-Fungsi Manajemen (Management Functions)

Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen pertama kali

diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang,

mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi empat, yaitu:

1. Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan

perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.

2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian

mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi

(4)

yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas-tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.

3. Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan

perencanaan manajerial dan usaha

Sampai saat ini, masih belum ada consensus baik di antara praktisi maupun di antara teoritis mengenai apa yang menjadi fungsi-fungsi manajemen, sering pula disebut unsur-unsur manajemen.

Pentingnya manajemen dalam organisasi

Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki tujuan dan target yang sama, untuk bekerja mencapai suatu tujuan mereka secara bersama-sama. Sedangkan manajemen adalah kegiatan pokok dengan adanya pengendalian dan perencanaan untuk mencapai target tertentu. Manajemen ada banyak jenisnya, seperti manajemen waktu, manajemen bisnis dan lain sebagainya.

Jadi jika keduanya digabungkan manajemen organisasi adalah suatu kegiatan pokok yang dilakukan dengan proses perencanaan dan pengendalian oleh beberapa atau sekumpulan orang demi mencapai tujuan dan target tertentu.

Manajemen organisasi memiliki banyak fungsi diantaranya, perencanaan yang digunakan untuk menentukan langkah apa yang harus diambil seperti menetapkan sasaran kegiatan organisasi, bagaimana target tersebut terpenuhi, strategi apa yang harus dipakai dan mengembangkan kegiatan-kegiatan tersebut.

Pengorganisasian dengan cara membagi tugas kepada seluruh anggota agar terkoordinir dengan baik sesuai target kegiatan. Memimpin adalah fungsi manajemen organisasi yang utama dimana sebuah organisasi dan pelaksanaan kegiatan akan berjalan lancar jika pemimpinnya mempunyai sikap yang bijaksana dan dapat memotivasi anggota-anggotanya.

Dan yang terakhir adalah pengendalian, dimana proses ini mengukur tingkat kinerja dalam struktur organisasi tersebut, mengevalusi kegiatan yang telah selesai dilaksanakan dan membandingkan antara hasil dan rencana awal yang telah dibuat.

(5)

Manajemen sumber daya organisasi sangat diperlukan untuk melakukan perencanaan berhubungan dengan tingkat sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam suatu kegaiatan. Dan manajemen keuangan, dalam setiap organisasi diperlukan pengelolaan terhadap keuangan yang meliputi perencaan anggaran dan memastikan kegiatan yang akan dilakukan tidak melebihi perencanaan anggaran yang telah ditentukan.

Jadi jika disimpulkan hubungan antara manajemen dengan organisasi adalah suatu proses dan kegiatan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan dari target yang telah ditentukan dan untuk mencapai target tersebut dibutuhkan adanya suatu

pengorganisasian dan suatu tata kerja untuk mengatur jalannya organisasi dengan baik agar mendapatkan tujuan yang maksimal.

Peran penting manajemen di organisasi, jika sebuah organisasi tidak ada manajemen maka organisasi itu tidak berjalan dengan baik. dengan adanya

manajemen di organisasi tersebut semua pasti bisa terkendali,Organisasi biasanya melakukan kegiatan - kegiatan positif , dalam melakukan kegiatan seringkali harus ada musyawarah dalam organisasi,didalam organisasi tentu ada Pemimpin organisasi dan anggotanya,dalam musyawarah seringkali harus mengambil keputusan – keputusan yang tepat agar semua berjalan dengan baik.itulah manajemen di organisasi,

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...