Peranan Sistem Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Pada PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan

Teks penuh

(1)

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Saat ini kita tidak mengalami perkembangan teknologi yang cukup mengagumkan, pengaruhnyapun tidak begitu besar dalam berbagai segi kehidupan, baik secara individual maupun institusional pada level organisasi atau institusi perkembangan teknologi informasi tidak hanya berpengaruh pada bidang komunikasi namun juga pada segi pembuatan keputusan melalui otomasi dan kecepatan dalam pengolahan data yang dapat menunjang efektifitas, pruduktivitas dan efesiensi organisasi terutama organisasi yang bersifat bisnis.

Hal ini mempengaruhi perusahaan, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil yang semakin kompetitip dan saling berlomba dalam mengekspansi market sehingga dapat meningkatkan profitabilitas melalui grafis yang terus meningkat, walaupun krisis ekonomi masih melanda Negara kita.Bagi pihak manajemen perusahaan, hal ini merupakan tanggung jawab yang besar, dimana pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen secara tepat dan terarah dapat menunjang tercapainya tujuan perusahaan.

(2)

diperlukan sistem akuntansi sebagai suatu cara untuk memperoleh informasi yang dipercaya dan sah, sehingga manajemen tidak ragu-ragu dalam membuat perencanaan dalam periode yang akan dating.

Berdasarkan uraian tersebut, peranan ekonomi sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan. Atas dasar inilah penulis memilih judul “Peranan Sistem Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Pada PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan sebelumnya, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Apakah Sistem Akuntansi berperan dalam memberikan informasi Akuntansi bagi manajemen dalam pengambilan keputusan pada PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN ?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian yang dapat diperoleh setelah melakukan penelitian adalah : 1. Untuk mengetahui sejauh mana peranan sistem akuntansi dalam

pengambilan keputusan pada PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan 2. Untuk mengetahui langkah-langkah yang sudah diambil perusahaan dalam

menanggulangi masalah yang timbul dalam pengambilan keputusan

3. Untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaian pendidikan pada Program Diploma III di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Sumatera Utara.

(3)

1. Bagi Peneliti untuk menambah wawasan dan ilmu dalam menyikapi permasalahan pada perusahaan dalam pengambilan keputusan yang sebenarnya. Dan penulis mendapatkan pengalaman dan pembelajaran penting yang erat kaitannya dengan dunia usaha. Sehingga penulis mengetahui lebih jelas dan memahami keadaan di lapangan atau sistem kerja di dalam perusahaan.

2. Bagi Perusahaan, dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk memperbaiki peranan sistem akuntansi dalam pengambilan keputusan di masa yang akan datang.

3. Bagi Peneliti lain, dapat dipakai sebagai perbandingan informasi dalam menambah wawasan bagi rekan-rekan yang melakukan penelitian. Dan juga memberi pandangan dan gambaran jelas kepada rekan-rekan mengenai Peranan sistem akuntansi dalam pengambilan keputusan di satu perusahaan. Sehingga bisa menjadi acuan bagi rekan-rekan untuk meneliti pada perusahaan dengan tema dan pembahasan yang sama dengan penulis.

D. Rencana Penulisan

1. Jadwal Survey/Observasi

(4)

Tabel I.I.

Jadwal Survey/Observasi dan Tugas Akhir

KEGIATAN

juni-15 Juli 2015

I II III IV I II III IV

1 Pengesahan Tugas Akhir

2 Pengajuan Judul

3 Permohonan Izin Riset

4 Penunujukan Dosen Pembimbing

5 Pengumpulan Data

6 Penyusunan Tugas Akhir

7 Bimbingan Tugas Akhir

8 Penyelesaian Tugas Akhir

2. Rencana Isi

Penulis akan menguraikan rencana isi untuk mempermudah menganalisa setiap masalah. Tugas akhir yang penulis kerjakan, dapat dilihat dalam sistematika penulisan berikut ini :

BAB I PENDAHULUAN

(5)

BAB II PT PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN

Pada Bab II, penulis akan menguraikan tentang sejarah ringkas perusahaan, struktur organisasi perusahaan, job description, jaringanusaha, kinerja usaha terkini, dan rencana usaha.

BAB III PERANAN SISTEM AKUNTANSI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN

Pada Bab III, penulis akan menguraikan tentang sistem akuntansi yang diterapkan perusahaan,tipe-tipe keputusan,proses pengambilan keputusan,peranan sistem akuntansi dalam pengambilan keputusan oleh manajemen dan penggunaan sistem akuntansi dalam pengambilan keputusan oleh manajemen.

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

Figur

Tabel I.I.

Tabel I.I.

p.4

Referensi

Memperbarui...