1. PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Universitas Kristen Petra

Teks penuh

(1)

1

Universitas Kristen Petra

1 . PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi yang ada, dunia periklanan telah memiliki sejarah perkembangan yang cukup berkembang pesat.

Saat ini, dunia periklanan telah berkembang dengan luar biasa. Media -media untuk kegiatan periklanan pun sudah sangat bervariasi. Mulai dari media -media cetak maupun media -media elektronik.

Periklanan adalah salah satu alat penting yang digunakan oleh perusahaan untuk melancarkan komunikasi persuasive terhadap pembeli dan masyarakat yang ditargetkan. (Kotler 269).

Sekarang ini, periklanan telah menjadi bagian dari kehidupan manusia.

Manusia cenderung tidak dapat lepas dari kegiatan periklanan ini. Semua media cenderung dapat digunakan untuk kegiatan beriklan. Hal ini dapat dilihat dari munculnya iklan-iklan di media elektronik seperti televisi dan radio, spanduk- spanduk, baliho-baliho di sepanjang jalan, bahkan alat tulis kantor seperti kalender, bolpoin, agenda dan lain sebagainya yang tentu saja tidak lepas dari sasaran media iklan.

Perkembangan teknologi yang pesat lah yang menjadikan dunia periklanan ini berkembang pesat. Teknologi-teknologi baru dan juga media -media untuk beriklan bermunculan secara luar biasa. Permintaan masyarakat akan suatu kegiatan periklanan juga dirasakan semakin meningkat. Saat ini, dapat dikatakan hampir seluruh elemen kegiatan bisnis membutuhkan suatu kegiatan periklanan.

Hal inilah yang menjadikan dunia periklanan menjadi suatu elemen kegiatan bisnis yang cukup menguntungkan untuk dimasuki. Perkembanga n teknologi periklanan dan permintaan masyarakat yang tinggi akan aktivitas periklanan menyebabkan makin banyaknya bermunculan biro jasa periklanan.

Akibat semakin banyaknya bermunculan biro jasa periklanan tersebut, sehingga tingkat persaingan juga semakin ketat untuk memperoleh pelanggan and kepercayaan masyarakat.

(2)

Universitas Kristen Petra

2

Warna Indah Advertising merupakan salah satu biro jasa periklanan di jalan Embong Malang yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia periklanan.

Warna Indah Advertising berperan mempertemukan kepentingan masyarakat yang ingin beriklan dengan media. Lingkup kerja Warna Indah Advertising meliputi pembuatan jasa banner, brosur, spanduk, stiker, kartu nama, undangan, letter, stempel, acrylic , kuningan, pembuatan piala , gantungan kunci, papan nama, da n lain sebagainya.

Banyaknya biro jasa periklanan sejenis yang membuka usaha disepanjang jalan Embong Malang tersebut menyebabkan cukup banyak pesaing yang dihadapi oleh Warna Indah Advertising sehingga persaingan yang semakin ketat membuat masing-masing perusahaan bersaing untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Namun selama kurang lebih 20 tahun berkecimpung di dunia periklanan, Warna Indah Advertising selama ini hanya memiliki logo sebatas tulisan nama perusahaan dengan disertai gambar yang masih kurang jelas yang masih belum memiliki konsep yang jelas untuk mewakilkan identitas perusahaan.

Awalnya perusahaan ini didirikan hanya sebagai usaha sampingan saja, Bapak Setyo Cahyono Tio juga memiliki usaha lain yang menjadi lebih utama di jalan Gemblongan dengan nama Warna Indah juga sehingga logo untuk toko meubel dan biro jasa periklanan ini sama dan tidak memiliki konsep.

Dan disamping itu, selama ini Warna Indah Advertising masih belum memiliki sistem promosi yang cukup untuk menarik perhatian konsumen. Dengan banyaknya persaingan, suatu perusahaan harus melakukan suatu promosi, agar mampu bertahan menghadapi banyaknya pesaing-pesaing baik lama maupun pesaing-pesaing baru yang muncul. Salah satunya adalah perancangan promosi beserta logo perusahaan yang efektif dan komunikatif. Untuk bersaing dengan kompetitornya dalam memperebutkan konsumen dan pelanggan setia, promosi memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan.

Untuk itu perancangan komunikasi visual ini bertujuan untuk mempromosikan Warna Indah Advertising yang selama ini kurang dikenal oleh masyarakat secara umum dari lingkup target audience nya. Dengan itu diharapkan Warna Indah Advertising menjadi dapat lebih dikenal dan lebih dipercaya untuk

(3)

Universitas Kristen Petra

3

dapat meningkatkan minat target audience, khususnya di bida ng jasa untuk memenuhi kebutuhan periklanan.

Untuk mendukung hal tersebut maka butuh perancangan komunikasi visual dalam hal ini dengan perancangan media -media promosi yang sesuai beserta logo untuk memperkenalkan Warna Indah Advertising kepada masyarakat khususnya di kota Surabaya.

1.2. Rumusan Masalah

Bagaimana merancang media promosi beserta logo perusahaan yang efektif dan komunikatif agar Warna Indah Advertising lebih dikenal, dipercaya dan dapat meningkatkan minat target audience untuk menggunakan jasa Warna Indah Advertising khususnya di kota Surabaya?

1.3. Batasan Masalah

a. Obyek yang diteliti adalah Warna Indah Advertising.

b. Perancangan komunikasi visual ini difokuskan pada perancangan promosi beserta logo perusahaan yang efektif dan komunikatif dengan materi – materi pendukung promosi yang sesuai.

c. Perancangan promosi Warna Indah Advertising memiliki target audience :

• Demografis :

Jenis Kelamin : Pria dan Wanita Pekerjaan : pengusaha

Segmen ekonomi : menengah – menengah ke atas

• Geografis : Surabaya, Jawa Timur

• Psikografis :

- modern dan sibuk sehingga membutuhkan sesuatu yang cepat mudah dan praktis.

- membutuhkan pertolongan orang lain untuk menjalankan usahanya.

(4)

Universitas Kristen Petra

4

• Behavioural :

- memiliki ketertarikan atau bekerja dalam bidang yang berhubungan dengan periklanan.

- Lebih mengutamakan kualitas.

d. Waktu pelaksanaan dimulai dari bulan Januari 2010 – April 2010.

1.4. Tujuan Penelitian 1.4.1 Tujuan Praktis

Merancang media promosi beserta logo perusahaan yang efektif dan komunikatif sehingga Warna Indah Advertising dapat lebih dikenal, dipercaya dan dapat meningkatkan minat target audience untuk menggunakan jasa Warna Indah Advertising khususnya di kota Surabaya.

1.4.2 Tujuan Teoritis

Tujuan teoritis dari perancangan ini adalah untuk pengembangan keilmuan Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra Surabaya khususnya tentang perancangan promosi yang efektif dan komunikatif.

1.5. Manfaat Penelitian

1.5.1 Bagi Warna Indah Advertising

• Perancangan ini bertujuan untuk memberi solusi Warna Indah Advertising untuk mengatasi permasalahan perusahaan.

• Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan suatu media pendukung promosi beserta logo perusahaan yang efektif dan komunikatif dalam menyampaikan pesan yang dilakukan oleh pihak Warna Indah Advertising kepada target audience. Agar Warna Indah Advertising menjadi dapat lebih dikenal, dipercaya dan dapat meningkatkan minat target audience.

(5)

Universitas Kristen Petra

5

• Diharapkan perancangan ini dapat membantu perusahaan mencapai posisi yang terbaik dibandingkan dengan kompetitornya di masa yang akan datang.dengan sistematis dan terencana.

1.5.2 Bagi Target Audience

• Untuk memperkenalkan kepada target audience bahwa Warna Indah Advertising memberikan jasa periklanan yang memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau serta layanan yang memuaskan dibandingkan para kompetitornya.

• Untuk dapat memudahkan para konsumen mengetahui dan mengenal Warna Indah Advertising.

• Memberitahukan bahwa Warna Indah Advertising adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang biro jasa periklanan.

1.5.3 Bagi Penulis

• Dapat menerapkan metode penelitian yang telah dipelajari selama perkuliahan.

• Untuk dapat lebih mengerti dan memahami bagaimana membuat promotion tools dan logo yang sesuai dengan target audience yang dituju.

• Memperoleh pengetahuan untuk perancangan media promosi khususnya di bidang jasa untuk memenuhi kebutuhan periklanan.

1.6. Definisi Operasional

• Perancangan yakni proses, cara, perbuatan, merancang sesuatu.

• Media adalah alat yang digunakan untuk suatu tujuan.

• Promosi merupakan sala h satu kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa dengan tujuan menjual produk atau jasa tersebut. (Kamus Besar Bahasa Indonesia 250)

(6)

Universitas Kristen Petra

6

• Logo merupakan huruf atau lambang yang mengandung suatu makna, terdiri dari satu atau lebih elemen atau bagian sebagai lambang atau nama perusahaan atau suatu produk. (Leksikon Komunikasi 57)

Periklanan (Advertising) merupakan salah satu alat penting yang digunakan oleh perusahaan untuk melancarkan komunikasi persuasive terhadap pembeli dan masyarakat yang ditargetkan. (Kottler 269)

• Perancangan media promosi beserta logo perusahaan yang efektif dan komunikatif bertujuan untuk mengangkat citra perusahaan yang selama inii kurang dikenal oleh masyarakat menjadi lebih dikenal dan menarik minat target audience serta memperkenalkan bahwa Warna Indah Advertising memberikan jasa periklanan yang memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau serta layanan yang memuaskan dibandingkan para kompetitornya khususnya di kota Surabaya.

1.7. Metodologi Perancangan 1.7.1 Metode Pengumpulan Data

Merupakan data -data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian perorangan, kelompok, dan organisasi (Ruslan 29).

Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer meliputi metode observasi, dan metode wawancara.

Sedangkan data sekunder meliputi metode kepustakaan.

1.7.1.1 Data Primer

Data Primer (primary data ) adalah data yang secara khusus dikumpulkan untuk kebutuhan riset yang sedang dijalankan. (Amirullah 89)

a. Metode Observasi

Metode observasi adalah metode pengumpulan data dimana peneliti mencatat informasi sebagaimana yang mereka saksikan selama penelitian. Peristiwa-peristiwa yang berlangsung dapat disaksikan dengan melihat, mendengarkan, merasakan, yang kemudian dicatat dengan seobyektif mungkin. (Gulo 116)

(7)

Universitas Kristen Petra

7

Metode Observasi ini dilakukan berdasarkan pengamatan, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Metode ini merupakan teknik pengumpulan data dimana penyelidik mengadakan pengamatan secara langsung (tanpa alat) terhadap gejala subyek yang diselidiki, baik pengamatan itu dilakukan dalam situasi sebenarnya maupun dalam situasi buatan yang khusus diadakan.

Observasi dilakukan dengan datang langsung ke lokasi untuk melakukan survey kepada pihak Warna Indah Advertising untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.

b. Metode Wawancara

Metode ini merupakan salah satu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara bertanya langsung kepada responden. (Wasito 31). Wawancara dalam metode penelitian kualitatif bersifat terbuka, tidak formal, dan mengandalkan pendekatan pribadi pada narasumber atau informan. Sehingga dengan metode ini narasumber akan merasa lebih aman dan nyaman selama memberikan informasi. Sebagai narasumber adalah beberapa ahli yang paham mengenai bidang yang diteliti dan kaitannya dalam kebudayaan. Disamping itu, narasumber lain yang juga diperlukan yaitu anggota ataupun tokoh dari lingkungan masyarakat yang diteliti. Keterlibatan dan pengalaman narasumber terhadap aktivitas yang diteliti memberikan informasi dan data penting bagi perancangan karya.

Data diperoleh langsung dari sumbernya, wawancara dilakukan bertujuan untuk mengetahui karakteristik Warna Indah Advertising.

Wawancara dilakukan langsung kepada pihak owner untuk mendapatkan data lengkap mengenai Warna Indah Advertising secara keseluruhan. Data -data tersebut dapat berupa sejarah berdirinya, perkembangan perusahaan selama ini, promosi apa yang pernah dilakukan, dan lain-lain. Dari hasil wawancara ini digunakan sebagai tolak ukur ata u panduan untuk merancang media promosi beserta logo Warna Indah Advertising Surabaya.

(8)

Universitas Kristen Petra

8 1.7.1.2 Data Sekunder

Analisa data dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan : a. Metode Kepustakaan

Menghimpun, memeriksa, mencatat dokumen-dokumen yang menjadi sumber data penelitian (Rhenald Kasali 33).

Metode kepustakaan mengambil data-data yang telah ada yang antara lain berasal dari buku-buku di perpustakaan, data-data dari internet, majalah serta surat kabar misalnya tentang periklanan, promosi, dan lain sebagainya.

1.7.2 Metode Analisis Data

Metode Analisis merupakan bagian dari pengolahan data yang diperlukan untuk memperoleh kesimpulan yang kemudian dilanjutkan dengan menentukan konsep perancangan. Hasil analisis data di satu pihak menjadi dasar penolakan atau penerimaan hipotesis dan di lain pihak harus siap untuk dibahas dan diintrepetasikan lebih lanjut dalam konteks pemecahan permasalahan (Azwar 37).

Untuk menganalisa data-data yang ada, digunakan metode kualitatif, serta metode SWOT analisis (Strength, Weakness, Opportunities, and Threath).

a. Analisa Kualitatif

Untuk menganalisa digunakan metode kualitatif karena menggunakan data berupa hasil wawancara pada klien dan pemilik perusahaaan untuk memperoleh data atau informasi yang akurat.

Metode ini merupakan metode pengumpulan data yang bersifat deskriptif, data yang diperoleh dari hasil wawancara disajikan dalam bentuk kalimat. Analisa masalah dilakukan terus -menerus, sejak awal sampai akhir penelitian. (Dr.Lexy J.Meleong,MA.)

Yang digunakan sebagai alat penelitian dalam pendekatan kualitatif adalah peneliti sendiri, peneliti sebagai alat penelitian utama. Peneliti mengadakan pengamatan dan wawancara langsung secara tidak terstruktur (tanpa menggunakan alat) kepada responden, sehingga peneliti dapat memahami makna interaksi antar manusia, membaca

(9)

Universitas Kristen Petra

9

gerak muka atau perbuatan responden secara langsung. Metode ini dapat digunakan untuk mengetahui seberapa banyak pengetahuan masyarakat akan keberadaan Warna Indah Advertising.

b. SWOT Analisis (Strength, Weakness, Opportunities, and Threath) SWOT mengidentifikasi empat faktor dalam dua kategori, yaitu Kekuatan (Strength ) dan kelemahan (Weakness) merupakan faktor internal perusahaan, sedangkan peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat) adalah faktor eksternal perusahaan.

Berdasarkan hasil analisis, dapat ditarik kesimpulan tentang suatu perusahaan atau organisasi. Dengan Strength , kekuatan atau hal-hal yang menjadi kelebihan dari suatu perusahaan dapat diketahui. Dengan Weakness, kita dapat mengetahui kelemahan suatu perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Opportunity merupakan kesempatan atau peluang sebuah perusahaan dapat menguasai pasar.

Sedangkan Threat merupakan ancaman yang datangnya dari kompetitor perusahaan itu sendiri.

Dari analisis tersebut diharapka n dapat ditarik suatu kesimpulan yang digunakan untuk menarik pemecahan masalah. Selanjutnya hasil pemecahan masalah itu dijadikan dasar acuan dalam setiap pengambilan keputusan perancangan promosi dan strategi pemasaran Warna Indah Advertising.

1.7.3 Metode Konsep Desain

Metode yang dilakukan dengan meninjau tujuan, strategi dan kriteria perancangan dalam bentuk desain.

1.8. Konsep Perancangan

Perancangan Tugas Akhir ini memiliki konsep merancang media promosi beserta logo yang efektif dan komunikatif agar Warna Indah Advertising yang selama ini kurang dikenal oleh masyarakat secara umum dari lingkup target

(10)

Universitas Kristen Petra

10

audience nya menjadi dapat lebih dikenal, dipercaya dan dapat meningkatkan minat target audience.

Perancangan promosi ini disertai pembuatan logo. Sesuai dengan khalayak sasaran dari Warna Indah Advertising, maka perancangan komunikasi akan didesain dengan nuansa simpel dan modern sesuai dengan image dari Warna Indah Advertising itu sendiri. Dengan begitu perancangan komunikasi visualnya benar-benar mencerminkan identitas Warna Indah Advertising. Selain itu perancangan ini dibuat agar dapat membentuk citra Warna Indah Advertising di mata target audience bahwa Warna Indah Advertising ini memberikan jasa periklanan yang memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau serta layanan yang memuaskan dibandingkan para kompetitornya.

(11)

Universitas Kristen Petra

11 1.9. Skematika Perancangan

Gambar 1.1. Skematika perancangan

IDENTIFIKASI

KONSEP PERANCANGAN

Perencanaan Kreatif Perencanaan Media

RUMUSAN MASALAH

BATASAN MASALAH

TUJUAN PERANCANGAN

MANFAAT PERANCANGAN

METODE PERANCANGAN

Tujuan Media Tujuan Kreatif

PROGRAM PERANCANGAN

EVALUASI/SELEKSI ALTERNATIF DESAIN

FINAL ART WORK

DISTRIBUSI

LATAR BELAKANG

Figur

Gambar 1.1. Skematika perancangan

Gambar 1.1.

Skematika perancangan p.11

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :