audit operasional

Top PDF audit operasional:

Internal Audit Audit Operasional dan Aud (2)

Internal Audit Audit Operasional dan Aud (2)

Konsep audit operasional meliputi audit ekonomi, efisiensi dan efektifitas pada dasarnya merupakan perluasan dari audit konvensional (conventional audit) yang biasanya disebut sebagai special audit . Audit operasional pada umumnya dipahami sebagai penyelesaian atas masalah efisiensi dan afektifitas, karena pengujian terhadap efektifitas

3 Baca lebih lajut

Peranan Audit Operasional dalam Menunjang Efektivitas Kegiatan Penjualan pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Peranan Audit Operasional dalam Menunjang Efektivitas Kegiatan Penjualan pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh auditor internal yang bekerja di PT.Telekomunikasi Indonesia yang berjumlah 30 orang. Data diolah dengan menggunakan pengolahan analisis deskriprif, pengestimasian model regresi sederhana, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 19.0 for Windows.Hasil analisis menunjukkan audit Operasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas kegiatan penjualan sebesar 45% dan sisanya 55% dipengaruhi oleh faktor lain. Peranan audit operasional dalam menunjang efektivitas kegiatan penjualan pada PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk termasuk ke dalam kategori “ Cukup Memadai ”.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENINGKA

PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENINGKA

Tujuan dari audit operasional itu sendiri adalah untuk memberikan penilaian terhadap efisiensi dan efektivitas serta keekonomisan dari suatu bagian operasional perusahaan yang merupakan akibat yang diharapkan dari sistem pengendalian intern yang baik. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Delta Internusa Kota Palopo, dengan populasi dan sampel sebanyak 21 orang. Variabel indenpenden dalam penelitian ini adalah peranan audit operasional. Untuk variabel dependen dalam penelitian ini adalah efektivitas penjualan. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada seluruh karyawan PT. Delta Internusa Kota Palopo. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah analisi deskriftif dan analisi statistik.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENGARUH AUDIT OPERASIONAL DAN EFEKTIVIT

PENGARUH AUDIT OPERASIONAL DAN EFEKTIVIT

Dengan adanya pengendalian intern manajemen perusahaan dapat melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan fungsi dan tugas masing-masing karyawannya, agar tetap fokus dalam pekerjaaan sehingga mencapai kinerja yang diinginkan. Dengan terbentuknya pelaksanaan audit operasional yang efektif dan efektivitas audit internal yang memadai, maka akan membuahkan hasil dan kinerja yang baik sekaligus berkualitas dari pekerjaan yang dilaksanakan.

15 Baca lebih lajut

Pengaruh Audit Operasional dan Proses Penjualan terhadap Laba Operasional : Studi Kasus pada PT Sanbe Farma.

Pengaruh Audit Operasional dan Proses Penjualan terhadap Laba Operasional : Studi Kasus pada PT Sanbe Farma.

Analisis aktivitas dan operasi di dalam organisasi dilakukan dengan audit operasional yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan area-area yang mengandung kelemahan untuk kemudian adanya perbaikan yang sifatnya kontinyu. Proses audit operasional lebih diarahkan untuk peningkatan yang positif dan konstruktif dari kegiatan dan aktifitas operasi, pelaksanaan yang terbaik di semua kegiatan operasional, dan penerapan yang efektif dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. (http://safuan.blogdetik.com/2011/10/19/konsep- audit-operasional/)
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

BAB I Peranan audit operasional dalam me

BAB I Peranan audit operasional dalam me

Dari data kualitas pembiayaan pada Bank Victoria Syariah diatas, dapat dilihat terdapat peningkatan jumlah pembiayaan yang disalurkan dari triwulan I sampai dengan triwulan IV pada tahun 2013, namun juga terdapat peningkatan dan penurunan kolektibitas pembiayaan. Sehingga peran audit intern untuk melaksanakan audit operasional dalam kegiatan pembiayaan sangat diperlukan guna menjaga kolektibilitas pembiayaan bank dengan baik.

7 Baca lebih lajut

PELAKSANAAN AUDIT OPERASIONAL  EVALUASI KEPATUHAN PELAKSANAAN AUDIT OPERASIONAL BAWASDA KABUPATEN SLEMAN.

PELAKSANAAN AUDIT OPERASIONAL EVALUASI KEPATUHAN PELAKSANAAN AUDIT OPERASIONAL BAWASDA KABUPATEN SLEMAN.

Selain untuk menilai efisiensi dan efektivitas, audit operasional juga merupakan suatu audit yang bertujuan untuk menilai keekonomisan suatu operasi objek audit serta kepatuhan terhadap peraturan perundang- undangan yang berlaku seperti yang dirumuskan oleh Supriyono dan Haryono Yusup (1990) sebagai berikut:

21 Baca lebih lajut

BAB 10Internal audit audit operasional dan audit keuangan pemerintah

BAB 10Internal audit audit operasional dan audit keuangan pemerintah

auditoperasional. Penulisan laporan seringkali memakan banyak waktu agar temuan-temuan dan rekomendasi disampaikan secara jelas. Tindak lanjut merupakan hal yang biasa dalam audit operasional di saat rekomendasi-rekomendasi disampaikan kepada manajemen, yang tujuannya adalah untuk memastikan apakah perubahan-perubahan yang direkomendasikan telah dilakukan dan jika tidak apakah alasannya.

4 Baca lebih lajut

Internal Audit Audit Operasional dan Aud (1)

Internal Audit Audit Operasional dan Aud (1)

Perbedaan utama antara perencanaan audit operasional dan audit keuangan adalah keragaman yang diciptakan oleh luasnya audit operasional, yang sering membuatnya sulit untuk mengambil keputusan dalam tujuan khusus. Auditor memilih tujuan berdasarkan kriteria yang dikembangkan dalam penugasan, yang bergantung pada kondisi yang ada. Misalnya, tujuan audit operasional atas efektivitas pengendalian internal untuk kas kecil akan sangat berbeda dengan audit operasional untuk efisiensi penelitian dan pengembangan, namun tujuan yang beragam dalam audit operasional bisa saja merupakan bagian dari audit operasional yang sama.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJAN

PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJAN

Fungsi (bagian) penjualan harus terus survive agar tetap menjaga perusahaan untuk terus bersaing di pasaran. Karena sebegitu pentingnya fungsi penjualan perusahaan dituntut untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam kegiatannya. Salah satu cara untuk mengukur efisiensi dan efektivitas pada fungsi penjualan adalah dengan mengadakan pemeriksaan operasional dan pemeriksaan kinerja. Pemeriksaan pada fungsi penjualan, khususnya pada sistem penjualan, sangat penting dan harus dilakukan. Hal tersebut dengan harapan untuk mengontrol dan melihat prosedur yang dijalankan apakah sudah baik. Karena fungsi penjualan merupakan jantung penghasilan pada perusahaan. Bila prosedur didalam sistem penjualan perusahaan kurang baik maka hasil dari penjualanpun kurang maksimal. Hasil pemeriksaan operasional pada fungsi penjualan adalah untuk memperoleh informasi mengenai masalah-masalah yang dihadapi. Kemudian dilaporkan kepada manajemen. Berdasarkan kondisi tersebut dapat membuktikan bahwa audit operasional pada fungsi penjualan memiliki peranan yang penting terkait dengan usaha perusahaan melakukan efisiensi aktivitas penjualan yang dilakukan. Pada sisi yang lain audit penjualan tersebut dilakukan agar kebijakan yang akan ditetapkan dapat memaksimalkan kegiatan penjualan yang dilakukan oleh perusahaan.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PERANAN AUDIT OPERASIONAL TERHADAP PELAK (1)

PERANAN AUDIT OPERASIONAL TERHADAP PELAK (1)

4. Audit operasional memiliki peranan terhadap implementasi strategi dilihat dari nilai R 2 sebesar .456. angka ini menyatakan bahwa audit operasional berperan dalam menunjang pelaksanaan implementasi strategi sebesar 45,6%.

3 Baca lebih lajut

Pengaruh Audit Operasional Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan.

Pengaruh Audit Operasional Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan.

Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang paling penting dan sangat menentukan dalam mewujudkan tujuan perusahaan. Salah satu cara untuk memiliki sumber daya manusia yang handal yaitu meningkatkan kinerja karyawan dengan melakukan audit operasional. Audit operasional perlu diterapkan dalam perusahaan agar kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan operasional bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh audit operasional terhadap efektivitas kinerja karyawan di PT. Multi Garmen Jaya. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di PT. Multi Garmen Jaya, sedangkan sampelnya adalah auditor yng bekerja di PT. Multi Garmen Jaya sebanyak 30 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit operasional memiliki pengaruh sebesar 13,8% terhadap efektivitas kinerja karyawan di PT. Multi Garmen Jaya.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

Audit operasional fungsi produksi : studi kasus di Virgin Cake dan Bakery Ungaran.

Audit operasional fungsi produksi : studi kasus di Virgin Cake dan Bakery Ungaran.

Perencanaan audit yang cermat sangat penting baik bagi efektivitas maupun efisiensi audit operasional. Landasan utama dari perencanaan audit adalah pengembangan program audit, yang harus dibuat sesuai dengan keadaan auditee yang ditemui pada tahap studi pendahuluan audit. Seperti dalam audit laporan keuangan, program audit berisi seperangkat prosedur yang dirancang untuk memperoleh bukti yang berkaitan dengan satu atau lebih tujuan. Bukti yang diperiksa biasanya didasarkan pada sampel data. Jadi, dalam perencanaan audit harus dipertimbangkan penggunaan teknik-teknik sampling statistik. Perencanaan audit juga mencakup pemilihan tim audit dan penjadwalan pekerjaan.
Baca lebih lanjut

118 Baca lebih lajut

Audit Operasional Atas Manajemen Sumber

Audit Operasional Atas Manajemen Sumber

Penulis menyimpulkan bahwa audit operasional yang terjadi di perusahaan sudah sesuai dengan prosedur yang ada, tetapi pencapaian audit operasional atas manajemen sumber daya manusia pada CV.Wijaya Kesuma Sarena belum tercapai dengan maksimal, dikarenakan perusahaan masih belum menerapkan yang direkomendasikan oleh auditor untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia di CV. Wijaya Kesuma Sarena.

21 Baca lebih lajut

ANALISIS PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL TER

ANALISIS PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL TER

Berdasarkan yang dikemukakan oleh Agoes (2009:1) pendekatan audit yang biasa dilakukan dalam suatu management audit adalah menilai efisiensi, efektivitas, dan keekonomisan dari setiap fungsi yang terdapat dalam perusahaan. Misalnya: fungsi penjualan dan pemasaran, fungsi produksi, fungsi pergudangan dan distribusi, fungsi sumber daya manusia, fungsi akuntansi, serta fungsi keuangan. Jadi, audit operasional memang dilakukan untuk menganalisa efisiensi, efektivitas, dan keekonomisan fungsi-fungsi penting dalam perusahaan, termasuk fungsi penjualan. Maka peranan audit operasional ini dalam efektivitas penjualan memang cukup penting. Oleh karena itu berdasarkan kutipan di atas, audit operasional berperan dalam efektivitas penjualan, karena hasil dari laporan audit itu dapat menjadi evaluasi untuk manajemen.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

PERANAN AUDIT OPERASIONAL TERHADAP PELAK

PERANAN AUDIT OPERASIONAL TERHADAP PELAK

Puji Syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan tuntunan, bimbingan dan inspirasi, serta kekuatan kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi ini yang berjudul “ Peranan Audit Operasional Terhadap Pelaksanaan Implementasi Strategi Pada PT. Pindad (Persero) ” .

12 Baca lebih lajut

AUDIT OPERASIONAL DAN AUDITOR OPERASIONA

AUDIT OPERASIONAL DAN AUDITOR OPERASIONA

Sebagian besar kesatuan yang menjalani audit operasional tidak bersifat unik; terdapat banyak kesatuan yang sama didalam keseluruhan organisasi atau diluarnya sehingga data kinerja dari kesatuan yang dapat diperbandingkan merupakan sumber yang baik untuk mengembangkan kriteria. Untuk kasatuan internal yang dapat diperbandingkan, data biasanya sudah tersedia. Data juga tersedia pada kelompok industri dan lembaga pemerintah yang berwenang.

5 Baca lebih lajut

PERANAN AUDIT OPERASIONAL TERHADAP PELAK

PERANAN AUDIT OPERASIONAL TERHADAP PELAK

1) Perusahaan, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi mengenai pentingnya kegiatan audit operasional sebagai sarana untuk mengevaluasi pelaksanaan aktivitas manajemen dalam mengimplementasikan strategi perusahaan.

7 Baca lebih lajut

Peranan audit operasional dalam menunjan

Peranan audit operasional dalam menunjan

internal dan audit operasional saling bergantian. Akan tetapi, tidaklah tepat untuk menyimpulkan bahwa semua audit operasional dilakukan oleh auditor intern atau bahwa auditor intern hanya melakukan audit operasional. Banyak bagian audit intern melaksanakan audit operasional dan juga audit keuangan. Sering hal itu dilakukan secara bersamaan. Manfaat yang diperoleh jika auditor intern melakukan audit operasionala adalah bahwa mereka mencurahkan seluruh waktunya ke perusahaan yang mereka audit. Oleh karenanya mereka mendapatkan banyak pemahaman mengenai perusahaan dan kegiatan usahanya, yang mana sangat penting bagi audit operasional yang efektif.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

AUDIT INTERNAL AUDIT OPERASIONAL DAN AUD (2)

AUDIT INTERNAL AUDIT OPERASIONAL DAN AUD (2)

Audit keuangan menekankan pada ketepatan pencatatan informasi historis, sedangkan audit operasional menekankan pada efektivitas dan efisiensi. Audit keuangan berorientasi pada masa lampau, sementara audit operasional berfokus pada peningkatan kinerja masa depan.

7 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...