otak anak

Top PDF otak anak:

Perancangan Desain Buku untuk Melatih Kemampuan Otak Anak.

Perancangan Desain Buku untuk Melatih Kemampuan Otak Anak.

Saran penulis adalah hendaknya masyarakat Indonesia, khususnya para orang tua untuk peduli akan perkembangan otak anaknya sejak usia dini. Ditengah majunya perkembangan jaman yang serba instan, dan kesibukkan orang tua, orang tua harus tetap memantau dan memaksimalkan perkembangan otak anak secara benar. Dengan tidak memaksakan pada anaknya yang masih dalam tahap proses berkembang untuk belajar melainkan diberi pengertian akan perlunya belajar dan memberikan pendidikan yang sesuai untuk anaknya.

18 Baca lebih lajut

View of MENGOPTIMALKAN OTAK ANAK SEJAK USIA DINI

View of MENGOPTIMALKAN OTAK ANAK SEJAK USIA DINI

Akan tetapi, penelitian baru ini juga memberikan harapan. Para ilmuwan menemukan bahwa otak anak selama tahun-tahun pertama itu sedemikian mudah dibentuk sehingga bila seorang anak sangat muda terkena stroke atau cedera yang merusak satu belahan otaknya, ia masih dapat tumbuh menjadi orang dewasa yang berfungsi penuh. Apalagi, kini makin jelas bahwa program prasekolah yang terencana dengan baik dapat membantu banyak anak mengatasi kekurangan parah akibat lingkungan keluarga. Dengan terapi yang tepat, kata para peneliti, gangguan yang parah, misalnya disleksia, masih dapat diatasi. Bagi anak-anak tertentu, masalah bawaan mungkin menimbulkan resiko yang lebih besar dari pada anak lain, tetapi hal itu tidak boleh dijadikan alasan untuk mengabaikan pengaruh lingkungan dalam membentuk ulang ota k anak. “Kita mungkin tidak dapat berbuat banyak untuk mengubah apa yang terjadi sebelum bayi dilahirkan, tetapi kita dapat mengubah apa yang terjadi sesudah ia lahir,” kata ahli neurologi pediatric Dr. Harry Chugani dari Wayne State University, Detroit.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

BAGIAN I : OTAK ANAK

BAGIAN I : OTAK ANAK

2. Biarkan bayi (anak) anda bereksperimen. Banyak orangtua khawatir secara berlebihan kalau-kalau bayi-bayi penjelajah bumi mereka menelan tanah, serangga, dan sebagainya. tidak usah terlalu khawatir. Seperti juga semua benda yang ada, bayi anda juga harus bereksplorasi untuk mempertangguh dan memperkuat sistem kekebalan dan untuk mempelajari yang ”baik” dan ”buruk”. Jika bayi tidak dibiarkan bereksperimen, dia tidak akan pernah belajar dan kekebalan tubuhnya akan tetap lemah. Di samping itu, tubuh memiliki sistem cadangan yang hebat. Seandainya zat-zat berbahaya lolos melalui bibir, gigi, lidan dan kumpulan air liur yang melindungi dari serangan, kerongkongan dan otot-otot perut telah menunggu dengan penuh hasrat untuk mengusir si peyususp.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

pentingnya stimulasi dini bagi tumbuh kembang otak anak

pentingnya stimulasi dini bagi tumbuh kembang otak anak

Air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi karena mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan bayi.Asam lemak ARA dan DHA yang berfungsi dalam pembentukan membran sel saraf kebutuhannya dapat terpenuhi dari pemberian ASI yang optimal. Selain itu, dari hasil penelitian terbaru didapatkan bahwa zat sialic acid yang banyak terdapat di lapisan otak bagian luar juga terkandung dalam ASI. Sialic acid ini berfungsi untuk membantu meningkatkan kemampuan memori dan proses belajar anak.

7 Baca lebih lajut

CARA PRAKTIS MENGEMBANGKAN OTAK ANAK

CARA PRAKTIS MENGEMBANGKAN OTAK ANAK

satu saja yang dikembangkan, maka belahan otak yang jarang dirangsang akan mengalami hambatan-hambatan dalam menjalankan fungsinya. Anak menjadi miskin kreativitas bila anak lebih banyak dirangsang menggunakan belahan otak kirinya. Sebaliknya, jika fungsi belahan otak kanannya yang lebih kerap digunakan, anak tidak akan mampu berpikir logis, linier, dan teratur yang juga sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi yang terbaik adalah pendidikan yang mengoptimalkan kedua belahan otak tersebut secara seimbang.

35 Baca lebih lajut

PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU ANAK ATTENTION DEFFICIT AND HYPERACTIVITY (ADHD) PENELITIAN QUASY-EXPERIMENTAL DI SEKOLAH ANAK BERMASALAH (SAB) HARAPAN AISYIYAH MOJOKERTO

PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU ANAK ATTENTION DEFFICIT AND HYPERACTIVITY (ADHD) PENELITIAN QUASY-EXPERIMENTAL DI SEKOLAH ANAK BERMASALAH (SAB) HARAPAN AISYIYAH MOJOKERTO

Perilaku pada anak ADHD dalam hal ini meliputi perhatian (atensi), aktivitas, dan impulsivitas mengalami gangguan dalam pengendaliannya. Gerakan- gerakan dalam senam otak yang berprinsip pada gerakan cross the midline berpengaruh terhadap pengendalian perilaku dan emosi anak ADHD. Perubahan perilaku yang paling tampak selama proses penelitian adalah anak ADHD makin hari makin mau diajak senam otak, bahkan mengajak untuk melakukan senam otak dengan gerakan yang benar dan dapat mengingat gerakan senam otak dengan benar.di kelas, anak ADHD lebih mau memperhatikan gurunya dan mau mengerjakan tugas sesuai dengan instruksi gurunya, mereka juga tidak terlalu banyak beranjak dari tempatnya dan dapat duduk dnegan tenang pada saat pelajaran berlangsung. Hal tersebut terjadi karena gerakan pada senam otak merangsang arus informasi dalam otak dan system saraf membebaskan kemampuan belajar dari dalam dan berfungsi sangat efesien (Tri, 2001). Dengan melakukan gerakan senam otak, neurotransmitter dalam otak mengatur keseimbangan emosi sehingga dapat terkontrol produksinya. Dengan gerakan tersbeut pula, kemampuan otak anak-anak ADHD juga dapat diperbaiki dalam hal kerusakan otak, sulit konsentrasi, dan depresi.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

APLIKASI AJAR MENTAL ARITMATIK

APLIKASI AJAR MENTAL ARITMATIK

2. Meningkatkan Kreativitas Anak Salah satu pemicu kreativitas anak adalah sering digunakannya otak kanan. Dalam menghitung menggunakan mental, seorang anak harus mampu membayangkan sempoa seperti bagaimana, terus harus mampu menggerakkan manik- manik dalam bayangannya, dan harus mampu membayangkan angka berapa yang muncul di akhir bayangannya. Sebuah cara yang menarik sekaligus menantang. Dengan sering berlatih mental, anak menjadi terbiasa menggunakan otak kanannya. Semakin terbiasa menggunakan daya khayalnya semakin pintar cara berfikirnya jadi otak anak akan semakin berkrmbang. 3. Meningkatkan konsentrasi Belajar
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

ARLA SANTIKA SISHADI 22010111120010 LAP.KTI BAB 1

ARLA SANTIKA SISHADI 22010111120010 LAP.KTI BAB 1

Sindrom Down memiliki manifestasi klinis berupa retardasi mental, karakteristik fisik yang khas, dan keterlambatan perkembangan. Perkembangan otak anak sindrom Down mengalami keterlambatan karena terjadinya overekspresi gen, yang berpengaruh pada fungsi dan struktur otak penderita sindrom Down. 8 Sehingga menyebabkan pertumbuhan lingkar kepala melambat pada awal masa anak-anak, tidak jarang didapatkan mikrosefali pada anak sindrom Down. 9

5 Baca lebih lajut

A. Anatomi dan Fisiologi Otak Manusia - KESEHATAN OTAK MODAL DASAR HASILKAN SDM HANDAL

A. Anatomi dan Fisiologi Otak Manusia - KESEHATAN OTAK MODAL DASAR HASILKAN SDM HANDAL

sebuah dusta atau kebohongan. Orang hanya tahu kalau dusta itu muncul dari sebuah ucapan, tapi tidak mengetahui kalau itu ada hubungannya dengan bagian tertentu dalam otak manusia. Setelah melakukan beberapa penelitian, akhirnya para ilmuwan menemukan sebuah kesimpulan bahwa, otak bagian depan yang terletak pada ubun-ubun itulah yang paling bertanggung jawab terhadap terjadinya dusta. Kesimpulan dalam penelitian ini, sebenarnya tergolong sangat terlambat jika dibandingkan dengan apa yang sudah diisyaratkan oleh Allah SWT dalam firman- Nya Alqur‟anul Karim. Ba gian otak tersebut disebutkan dalam Alquran disebut dengan nama „ Nashiyah ‟ atau ubun-ubun.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

MAKALAH A AUTIS

MAKALAH A AUTIS

Autis merupakan suatu gangguan perkembangan yang kompleks yang berhubungan dengan komunikasi, interaksi sosial dan aktivitas imajinasi. Gejalanya tampak pada sebelum usia tiga tahun. Bahkan apabila autis infantil gejalanya sudah ada sejak bayi. Autis juga merupakan suatu konsekuensi dalam kehidupan mental dari kesulitan perkembangan otak yang kompleks yang mempengaruhi banyak fungsi- fungsi: persepsi (perceiving), intending, imajinasi (imagining) dan perasaan (feeling). Autis jugs dapat dinyatakan sebagai suatu kegagalan dalam penalaran sistematis (systematic reasoning). Dalam suatu analisis ‘microsociological’ tentang logika pemikiran mereka dan interaksi dengan yang lain (Durig, 1996; dalam Trevarthen, 1998), orang autis memiliki kekurangan pada ‘cretive induction’ atau membuat penalaran induksi yaitu penalaran yang bergerak dari premis-premis khusus (minor) menuju kesimpulan umum, sementara deduksi, yaitu bergerak pada kesimpulan khusus dari premis-premis (khusus) dan abduksi yaitu peletakan premis-premis umum pada kesimpulan khusus, kuat. (Trevarthen, 1998).
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

ANAK AUTIS

ANAK AUTIS

Kata autism berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari dua kata yaitu „aut‟ yang berarti „diri sendiri‟ dan „ism‟ yang secara tidak langsung menyatakan orientasi atau arah atau keadaan ( state ). Sehingga autism sendiri dapat didefinisikan sebagai kondisi seseorang yang luar biasa asik dengan dirinya sendiri ( Reber, 1985 dalam trevarthen dkk,1998 ). Pengertian ini menunjuk pada bagaimana anakanak autis gagal bertindak dengan minat pada orang lain , tetapi kehilangan beberapa penonjolan perilaku mereka. Ini , tidak membantu orang lain untuk memahami seperti apa dunia mereka.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PENGARUH KEGIATAN SENAM OTAK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-IHSAN TA 2016/2017.

PENGARUH KEGIATAN SENAM OTAK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-IHSAN TA 2016/2017.

Anak usia dini merupakan anak yang memiliki masa keemasan bagi perkembangan fisik dan mental anak tersebut. Pada masa ini, anak sangat sensitive menerima segala pengaruh yang di berikan oleh lingkungan. Anak pada usia ini dapat di analogikan dengan sepotong karet busa yang menyerap air sepenuhnya dengan tidak memperdulikan apakah air tersebut kotor atau bersih. Oleh sebab itu, masa kanak-kanak adalah masa yang sangat berpengaruh bagi perkembangan anak di masa depan. Kesuksesan anak dalam melalui masa ini menjadi pondasi bagi kesuksesan anak tersebut di masa depan.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

otak dan perilaku manusia dan

otak dan perilaku manusia dan

Bagian terpenting dari otak yang perlu dipahami ketika mengkajinya adalah neuron dan glia. Neuron merupakan bagian otak yang berperan terhadap kemampuan belajar dan berfungsinya mental individu. Neuron merupakan tempat emosi, intelegensi, dan afeksi individu. Segala aktifitas mental yang dilakukan oleh individu, seperti merekam, mengingat, berpikir, persepsi, problem solving, dan aktifitas mental lainnya, sangat ditentukan oleh berfungsi tidaknya neuron ini (terjadi tidaknya hubungan antar neuron yang mengantarkan neurotransmitter). Diperkirakan jumlah neuron adalah sebanyak 5 juta sel neuron. Jumlah tersebut tidak akan bertambah bahkan akan berkurang seiring bertambahnya usia individu. Jika terjadi kerusakan sel-sel neuron, maka tidak dapat diperbarui karena sifatnya yang degeneratif atau irreversibel.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

BAB II TINJAUAN PUSTAKA - Implementasi Sistem Pelayanan Anak Autis Dalam Mencapai Kemandirian di Yayasan Ananda Karsa Mandiri (YAKARI) Medan

BAB II TINJAUAN PUSTAKA - Implementasi Sistem Pelayanan Anak Autis Dalam Mencapai Kemandirian di Yayasan Ananda Karsa Mandiri (YAKARI) Medan

Sistem pelayanan yang diberikan kepada anak berupa individual program dimana anak diterapi dengan teknik online, yaitu satu anak yang berkebutuhan khusus diterapi oleh satu orang terapis. Proses terapi bisa berupa terapi dengan metode Lovas atau ABA, metode TEACCH (Treatment and Education of Autistic and Communication Handicapped Children), terapi okupasi, terapi PECS (Picture Exchange Communication System), terapi wicara, terapi diet makanan ataupun terapi medikamentosa.

27 Baca lebih lajut

OTAK KANAN DAN OTAK KIRI

OTAK KANAN DAN OTAK KIRI

Salah satu solusi untuk mengaktifasi otak kanan adalah dengan belajar music klasik. Pada saat belajar musik klasik, kita harus membaca not balok, dan ini berarti dia harus menghitung (karena tiap not balok ada harga ketukannya). Pada waktu memainkan musik, kita harus mengetahui dinamik dari lagu. Sebagai contoh, kita harus dapat memainkan lagu dengan “Piano” (lembut) atau “Forte” (keras) secara silih berganti. Dia harus bisa memainkan lagu dengan jelas apabila ada tanda “Crescendo” (dari halus makin keras) atau “Decrescendo” (dari keras ke halus). Ada juga teknik bermain secara “Legato” (menyatukan not menjadi suatu kesatuan) atau “Staccato” (memainkan not dengan terpatah patah). Hal ini tentunya membutuhkan dan mengaktifasi konsentrasi di otak kanan, karena harus dirasakan (feel), bukannya di pikir (think).
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

PENGARUH DIFFERENTIAL REINFORCEMENT OF ALTERNATIVE BEHAVIOR (DRA) TERHADAP PERILAKU AGRESI ANAK AUTIS KELAS I DI SLB NEGERI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 - UNS Institutional Repository

PENGARUH DIFFERENTIAL REINFORCEMENT OF ALTERNATIVE BEHAVIOR (DRA) TERHADAP PERILAKU AGRESI ANAK AUTIS KELAS I DI SLB NEGERI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 - UNS Institutional Repository

2013). Manifestasi dari reaksi impulsif dapat berupa reaksi fisik dengan melukai seseorang melalui memukul, menggigit, menendang dan mendorong. Perilaku agresi pada umumnya merupakan tindakan sadar, namun berbeda halnya pada beberapa anak autis yang sebenarnya mengetahui perilaku agresi mampu membahayakan orang lain akan tetapi anak autis melakukan perilaku agresi tersebut bukan atas keinginan mereka melainkan respon spontan yang terjadi berulang-ulang ketika kesenangannya terganggu (Izzaty, 2017). Jenis-jenis perilaku agresi yang yang mungkin dilakukan oleh anak autis yaitu agresi fisik aktif langsung, agresi fisik aktif tidak langsung, agresi fisik pasif langsung, agresi fisik pasif tidak langsung, agresi verbal aktif langsung, agresi verbal aktif tidak langsung, agresi verbal pasif langsung dan agresi verbal pasif tidak langsung (Saputri, 2017). Anak autis biasanya melakukan jenis agresi fisik aktif langsung berupa menendang, memukul atau melempar dengan merusak benda yang ada di sekitarnya (Yuwono, 2012). Pada penelitian yang dilakukan oleh Maggyvin dan Sinuraya (2017) menjelaskan bahwa “perilaku agresi dikarakterisasi dengan perlakuan yang dapat mencelakakan baik dirinya sendiri dan orang lain baik secara verbal maupun fisik (seperti mengigit, memukul, mencelakai diri sendiri).”
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

112989778.doc 1.92MB 2015-10-12 00:17:28

112989778.doc 1.92MB 2015-10-12 00:17:28

Seperti halnya dengan otak-otak pada umumnya yang banyak dijumpai, otak-otak bakar Pelangi mempunyai kelebihan dibanding otak-otak yang ada karena otak-otak ini miliki variasi rasa, warna dan bentuk yang beraneka ragam serta bahan bakunya yaitu ikan tenggiri memiliki khasiat-khasiat yang sangat bermanfaat untuk tubuh dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Peluang pasar otak-otak bakar ini sangat baik bagi mahasiswa dalam jasa penjualan karena otak-otak ini memiliki beberapa macam bentuk yang sedikit berbeda seperti otak-otak pada umumnya. Selain itu, otak-otak ini mempunyai kelebihan yang spesifik.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

8 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Air Susu Ibu (ASI) 2.1.1 Pengertian ASI

8 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Air Susu Ibu (ASI) 2.1.1 Pengertian ASI

Adanya faktor protektif dan nutrien yang sesuai dalam ASI menjamin status gizi bayi baik serta kesakitan dan kematian bayi. Karena beberapa penelitian epidemiologis menyatakan bahwa ASI melindungi bayi dan anak dari penyakit infeksi, misalnya diare, otitis media, dan infeksi saluran pernapasan akut bagian bawah. Manfaat ASI kecuali karena adanya zat antibodi, juga nutrien yang berasal dari ASI seperti, asam amino, dipeptid, heksose menyebabkan penyerapan natrium dan air lebih banyak, sehingga mengurangi frekuensi diare dan volume tinja. Bayi yang diberi ASI ternyata juga terlindung dari diare yang disebabkan makanan yang tercemar oleh bakteri.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Cara belajar membaca menggunakkan Flash Card untuk anak pra sekolah | Belajar Membaca Menulis Apa itu Flash Card

Cara belajar membaca menggunakkan Flash Card untuk anak pra sekolah | Belajar Membaca Menulis Apa itu Flash Card

Flash Card (sesuai) dengan namanya, sebaiknya diperlihatkan kepada bayi atau anak (usia 6 bulan – 7 tahun) secara cepat (i.e: flash). Menurut Dr. Shicida, memperlihatkan kartu-kartu edukasi secepat mungkin, secara tidak sadar akan diserap oleh otak kanan si kecil (sesuai dengan karakter otak kanan).

3 Baca lebih lajut

PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP KOORDINASI  ANTARA MATA DAN TANGAN ANAK-ANAK   Pengaruh Senam Otak Terhadap Koordinasi Antara Mata dan Tangan Anak-Anak TK Al-Firdaus Majalengka.

PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP KOORDINASI ANTARA MATA DAN TANGAN ANAK-ANAK Pengaruh Senam Otak Terhadap Koordinasi Antara Mata dan Tangan Anak-Anak TK Al-Firdaus Majalengka.

Gerakan kait relaks sebagai gerakan positif. Pada gerakan I menyilangkan tangan di depan dada akan mengatur kekacauan aliran energi sehingga melancarkan aliran energi dalam tubuh dan merelakkan jasmani dan rohani. Gerakan II menyentuhkan ujung jari kanan dan kiri di depan perut akan menyeimbangkan dan menghubungkan dua belahan otak. Dari kedua gerakan ini akan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi (Demuth, 2005).

14 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...