pemadam kebakaran

Top PDF pemadam kebakaran:

Studi Deskriptif Mengenai Coping Strategy pada Petugas Pemadam Kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPK-PB) DKI Jakarta di Jakarta Pusat.

Studi Deskriptif Mengenai Coping Strategy pada Petugas Pemadam Kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPK-PB) DKI Jakarta di Jakarta Pusat.

Petugas pemadam kebakaran di DPK-PB DKI Jakarta di Jakarta Pusat yang sebagian besar berada pada rentang usia 21-41 tahun berada dalam tahap pekembangan dewasa awal (usia 18-19 atau awal 20-an sampai akhir 30-an mendekati 40 tahun) dimana mereka memainkan peran baru dengan memulai kehidupan rumah tangga, memiliki anak, menjadi orangtua, dan pencari nafkah bagi keluarga (Santrock, 1999). Situasi pekerjaan yang beresiko tinggi terhadap luka, cacat, bahkan kematian dalam tugas tersebut memunculkan perasaan takut dalam benak pemadam bahwa mereka tidak dapat lagi bekerja secara optimal maupun tidak dapat menafkahi keluarganya. Hal ini dihayati oleh petugas pemadam kebakaran di DPK-PB DKI Jakarta di Jakarta Pusat sebagai peristiwa yang menekan dan stressful.
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

Peranti Pemadam Kebakaran Automatik Kenderaan.

Peranti Pemadam Kebakaran Automatik Kenderaan.

Rajah 2.1 memaparkan nasihat yang diberikan oleh ketua cawangan operasi bomba Malaysia supaya pemilik kenderaan menyimpan pemadam kebakaran di dalam kenderaan masing-masing, beliau juga mengingatkan kepada semua pengguna kenderaan supaya bertenang sekiranya berlaku kecemasan, kerana dalam keadaan kecemasan mangsa yang terlibat akan berada dalam keadaan cemas dan sukar untuk bertindak memadamkan kebakaran. Faktor ini dapat dilihat melalui laporan akhbar mengenai kes kebakaran yang berlaku di Malaysia. Hasil dari sisatan dan temuramah yang dibuat keatas mangsa yang terselamat yang melalui pengalaman ngeri dan mencemaskan tersebut, kesimpulan yang boleh dibuat tindakan awal mampu menyelamatkan nyawa dan harta benda. Kesimpulan tersebut menjadi faktor utama projek pemadam kebakaran automatik kenderaan dibuat.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

Analisa Beban Kerja Petugas Pemadam Kebakaran dengan Metode Nasa-Tlx (Studi Kasus di Dinas Kebakaran Kota Semarang) - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

Analisa Beban Kerja Petugas Pemadam Kebakaran dengan Metode Nasa-Tlx (Studi Kasus di Dinas Kebakaran Kota Semarang) - Diponegoro University | Institutional Repository (UNDIP-IR)

Hasil pengukuran dengan metode NASA TLX diuji secara statistik. Dari hasil uji statistik juga dapat dilihat bahwa beban kerja pada masing-masing deskripsi pekerjaan tidak berbeda signifikan pengaruhnya terhadap beban kerja secara keseluruhan. Agar beban kerja petugas pemadam kebakaran dapat menjadi optimal maka ada beberapa perbaikan pada sistem kerja petugas pemadam kebakaran yang bisa diperbaiki.

1 Baca lebih lajut

Gambaran Risiko Pekerjaan Petugas Pemadam Kebakaran di Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran (DP2K) Kota Medan

Gambaran Risiko Pekerjaan Petugas Pemadam Kebakaran di Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran (DP2K) Kota Medan

Berdasarkan keterangan dari pihak DP2K Kota Medan, ada 3 jenis pelatihan yang diberikan kepada setiap petugas pemadam kebakaran, yaitu diklat peningkatan kapasitas & kapabilitas dalam penanggulangan kebakaran, penyelamatan di darat, penyelamatan di air, pertolongan pertama gawat darurat, dan pengamanan lokasi kebakaran. Diklat pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan & bencana banjir untuk meningkatkan kapasitas petugas dalam sistem navigasi & pemetaan, jungle life survival, water life survival, dan penanggulangan kebakaran hutan. Diklat disiplin dan kesemaptaan untuk meningkatkan kompetensi petugas melalui senam kesegaran jasmani, pelatihan baris berbaris, pelatihan dinamika kelompok, dan keterampilan komando. Serta pelatihan fisik dan mental yang diadakan setiap minggu dengan mendatangkan instruktur dari BRIMOB dan sanggar senam.
Baca lebih lanjut

95 Baca lebih lajut

Faktor-faktor Bahaya Pekerjaan pada Petugas Pemadam Kebakaran di Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran (DP2K) Kota Medan Tahun 2017 Chapter III VI

Faktor-faktor Bahaya Pekerjaan pada Petugas Pemadam Kebakaran di Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran (DP2K) Kota Medan Tahun 2017 Chapter III VI

pernah ,kadang kita buta medan. kami pun petugas pemadam kebakaran juga sering masuk ke daerah TKP asapnya masih tebal.. kalo misalnya didalam ruangan kalo terjebak asap juga bisa dengan merayap. pas kita merayap tangan kita tadi lapisi dengan kain, kadang kita ngalamin batuk sesak nafas, mata merah dahak warna hitam, . bahan-bahan kimia bahan yang beracun pernah juga ni pengalamaan gudang peluru terbakar di brimob, pernah juga terbakar di usu kalo gak salah laboratorium kimian nya disitu juga ada formalin sempat terbakar pedih mata kita, trus juga pernah yang aku padamin itu pabrik karet, itu masih jauh beberapa kilometer dari sana udah ngerasain panasnya karna udah terbakar,kadang kami menemukan korban jiwa juga “. Berdasarkan pernyataan informan di atas dapat dilihat bahwa Sesampai di lokasi kebakaran, petugas langsung menggelar selang, memasang nozzle dan menyambungkannya ke mesin pompa pada fire truck dengan berkoordinasi dengan supir pemadam yang bertugas sebagai operator pompa untuk pengaliran dan pengaturan tekanan air. Kemudian petugas melakukan pemadaman sesuai instruksi dari komandan regu / wakil komandan regu mengenai strategi penyiraman yang akan dilakukan. setelah melakukan pemadaman seluruh petugas mengembalikan perlengkapan ke armadanya masing-masing dan kemudian kembali ke kantor DP2K UPT Wilayah I, setelah sampai di kantor armada yang sudah digunakan untuk penyiraman diisi air kembali dan merapikan peralatan/perlengkapannya.
Baca lebih lanjut

41 Baca lebih lajut

Studi Deskriptif Mengenai Motivasi Prososial pada Anggota Pemadam Kebakaran di Kota Cimahi.

Studi Deskriptif Mengenai Motivasi Prososial pada Anggota Pemadam Kebakaran di Kota Cimahi.

orang (50%) menyatakan bahwa mereka kurang puas dengan gaji yang mereka peroleh. Tiga orang menyatakan (30%) semakin sulitnya menyelesaikan pekerjaan karena bertambahnya tugas dan peralatan yang kurang memadai. Sisanya sebanyak 2 orang (20%) menyatakan ada pekerjaan lain yang lebih aman seperti menjadi petugas keamanan. Namun demikian, kesepuluh anggota Damkar kota Cimahi menyatakan bahwa semua alasan itu tidak menjadikan mereka melalaikan tugas atau bahkan mengundurkan diri. Hal ini dikarenakan pekerjaan sebagai pemadam kebakaran memiliki imbalan dalam bentuk lain yaitu kepuasan dari tindakan menolong orang lain yang kesulitan. Pekerjaan sebagai pemadam kebakaran juga dihayati sebagai pekerjaan mulia karena mereka mempertaruhkan keselamatan pribadi demi keselamatan orang lain. Dengan demikian, sampai saat ini anggota Damkar masih tetap bertahan dan menjalankan pekerjaannya sebagai seorang pemadam kebakaran di tempatnya bekerja.
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL PADA PETUGAS PEMADAM KEBAKARAN  Implementasi Karakter Religius Dan Peduli Sosial Pada Petugas Pemadam Kebakaran(Studi Kasus Pada Anggota Petugas Pemadam Kebakaran Bpbd Kota Surakarta).

IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL PADA PETUGAS PEMADAM KEBAKARAN Implementasi Karakter Religius Dan Peduli Sosial Pada Petugas Pemadam Kebakaran(Studi Kasus Pada Anggota Petugas Pemadam Kebakaran Bpbd Kota Surakarta).

Tempat penelitian ini adalah kantor BPBD pemadam kebakaran kota Surakarta dan tempat aktivitas anggota pemadam kebakaran dalam menjalan tugas. Waktu penelitian dilakukan selama kurang lebih empat bulan mulai September hingga Desember 2015. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif, karena berusaha untuk mendiskripsikan suatu fenomena di lingkungan sosial masyarakat berdasarkan asumsi dan peristiwa yang terjadi. Menurut Sukmadinata (2009:53-60), penelitian kualitatif ditujukan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan orang secara individual maupun kelompok. Subjek penelitian ini adalah kepala BPBD Surakarta, kepala seksi pemadam kebakaran kota Surakarta, dan anggota petugas pemadam kebakaran BPBD kota Surakarta. Objek penelitian adalah implimentasi karakter religius dan peduli sosial pada petugas pemadam kebakaran BPBD kota Surakarta.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

SISTEM PEMADAM KEBAKARAN BERBASIS ANDROID  Sistem Pemadam Kebakaran Berbasis Android.

SISTEM PEMADAM KEBAKARAN BERBASIS ANDROID Sistem Pemadam Kebakaran Berbasis Android.

modem TP-Link lalu isi username dan password kemudian masuk tampilan modem TP-Link dan pilihlah menu Advenced Setup. Selanjutnya matikan firewall agar akses port forwarding diperbolehkan. Kemudian pilih menu NAT dan memilih Virtual Circuit dimana muncul Virtual Server di bawahnya. Isilah form untuk port forwarding kemudian informasi yang dimasukan muncul di bawahnya. Dengan ini port fowarding selesai dan alamat local IP yang telah di masukan akan langsung terakses ketika public IP modem diakses pada perangkat lain. Karena alamat public IP selalu berganti maka perlu mendaftar ke DDNS terlebih dahulu pada website http://www.no-ip.com. Setelah selsesai mendaftar DDNS kemudian bukalah halaman modem TP-Link dan pilih Access Management lalu pilih DDNS dan isi form yang ada di bawahnya sesuai dengan saat mendaftar di website www.no-ip.com. Setelah Port Forwading berhasil dilakukan peneliti dapat mulai merancang alat pemadam kebakaran.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

DINAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA MATARAM

DINAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA MATARAM

Penyusunan Laporan ini merupakan upaya kami untuk menginformasikan pertanggungjawaban kinerja yang telah dilakukan organisasi perangkat daerah selama Tahun 2017, sebagai konsistensi kami terhadap komitmen untuk menciptakan transparansi yang merupakan pilar terwujudnya tata pemerintahan yang baik. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2017 memuat informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan kebijakan program dan kegiatan, serta pencapaian sasaran dalam mewujudkan tujuan, Misi dan Visi Pemerintah Dinas Pemadam Kebakaran Kota Mataram yaitu : “TERWUJUDNYA KETENTRAMAN, KENYAMANAN MASYARAKAT
Baca lebih lanjut

53 Baca lebih lajut

KEGAGALAN INSTANSI PEMADAM KEBAKARAN DAL

KEGAGALAN INSTANSI PEMADAM KEBAKARAN DAL

Apa akbita dari asap yang ada pada kota/perkampungan, akan menyebabkan gangguan pernafasan bagi manusia (sudah merasakan) bahkan (mungkin) binatang dan mahluk lain, luar biasa kerugian dari adanya asap tahun 2015 ini yang mewabah tersebutb, diantaranya yang disampaikan Wakil ketua Umum Bidang Ekonomi dan Kerja sama Internasional, Kadin Provinsi Riau, Viator Butar Butar mengatakan kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan telah mengakibatkan Riau rugi secara ekonomi sebesar Rp 10 triliun lebih (REPUBLIKA.CO.ID, 2015).

11 Baca lebih lajut

Faktor-faktor Bahaya Pekerjaan pada Petugas Pemadam Kebakaran di Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran (DP2K) Kota Medan Tahun 2017

Faktor-faktor Bahaya Pekerjaan pada Petugas Pemadam Kebakaran di Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran (DP2K) Kota Medan Tahun 2017

Andriyan A., Anityasari M., Wessiani, N.A., 2011. Perhitungan Nilai Kompensasi atas Risiko Kerja Pemadam Kebakaran Dinas Kebakaran Kota Surabaya Melalui Pendekatan Manajemen Risiko. Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Surabaya.

3 Baca lebih lajut

LPSE Kota Depok RUP Damkar 2012

LPSE Kota Depok RUP Damkar 2012

24 Pengadaan perlengkapan teknik pemadam kebakaran Kota Depok Rp 64.000.000,00 25 Pengadaan jaket tahan panas juru padam dan operator mobil Kota Depok Rp 72.500.000,00 26 Pengadaan perlengkapan keselamatan kerja pemadam kebakaran Kota Depok Rp 26.700.000,00 27 Pengadaan perlengkapan keselamatan petugas penyelamat (Rescue) Kota Depok Rp 88.642.000,00

2 Baca lebih lajut

Sejarah dan Pengertian Hydrant (1)

Sejarah dan Pengertian Hydrant (1)

Nozzle pemadam kebakaran merupakan sebuah komponen atau perangkat yang memiliki peran besar dalam upaya memadamkan api kebakaran. Pada ujung selang petugas pemadam, dipasang nozzle yang berfungsi sebagai pengarah air bertekanan yang berasal dari instalasi jaringan pipa, maupun yang berasal dari tangki penampungan air di dalam mobil petugas pemadam kebakaran. Pada dasarnya, terdapat beragam macam nozzle dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Jenis nozzle kebakaran yang dipilih hendaknya disesuaikan dengan jenis api kebakaran yang timbul serta tingkat kebutuhan pada lokasi kebakaran. Namun, semua jenis nozzle kebakaran tersebut umumnya memiliki kemampuan beroperasi yang sama, yaitu dengan menggunakan sebuah katup penutup atau Shut-Off Valve yang berfungsi sebagai pengontrol air.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN - PENILAIAN RISIKO BAHAYA KEBAKARAN PADA GEDUNG BERTINGKAT (Studi di MI Terpadu Ibnu Sina Kecamatan Kembang dan MA Hasyim Asy’ari Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara) - Repository Universitas Muhammadiyah Semarang

BAB I PENDAHULUAN - PENILAIAN RISIKO BAHAYA KEBAKARAN PADA GEDUNG BERTINGKAT (Studi di MI Terpadu Ibnu Sina Kecamatan Kembang dan MA Hasyim Asy’ari Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara) - Repository Universitas Muhammadiyah Semarang

Pada tahun 2014, kebakaran yang terjadi di Jepara sebanyak 83 kasus dengan kerugian mencapai Rp 6 miliar. Sedangkan pada 2015 kerugian pada tahun 2015 meningkat hingga Rp 19 miliar dengan kasus kejadian sebanyak 101 kasus. Sejak Januari hingga September 2016 ini, angka kasus kebakaran di Kabupaten Jepara mencapai 42 kasus yang ditangani pemadam kebakaran setempat. Dari banyaknya kasus tersebut ternyata banyak yang terjadi akibat kelalaian manusia (Human error). Kebakaran terakhir pada 5 September 2016 lalu di Sekacer Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo yang menimpa salah satu oven mebel yang menghanguskan kayu-kayu yang menyebabkan kerugian hingga Rp 50 juta (14) .
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

NURMALITA WINDHA 21020112130072 BAB VI

NURMALITA WINDHA 21020112130072 BAB VI

Sistem Pemadam Kebakaran yang digunakan pada bangunan yaitu Fire Alarm System dan Portable Fire Extinguisher System sebagai alat pencegahan aktif kebakaran, sedangkan untuk alat pencegahan pasif kebakaran menggunakan tangga darurat yang dilengkapi dengan pintu darurat tahan api.

9 Baca lebih lajut

Sistem Proteksi Kebakaran Sebagai upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Di Pusdiklat Migas Cepu ARI SUPRAYITNO

Sistem Proteksi Kebakaran Sebagai upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Di Pusdiklat Migas Cepu ARI SUPRAYITNO

Kejadian-kejadian di atas semakin mempertebal keyakinan kita bagaimana api yang telah berkombinasi dengan oksigen dan bahan bakar dalam komposisi yang tepat akan menyebabkan bencana yang dahsyat. Kebakaran dalam hal ini yang menimpa industri minyak dan gas tidak hanya menimbulkan kerugian secara material tetapi juga secara immaterial. Pada kejadian Plumpang saja Pertamina tercatat kehilangan 1500 kilo liter minyaknya. Pun begitu dengan peristiwa di Cilacap, Pertamina terpaksa mengeluarkan 400.000 barel cadangan minyaknya untuk diinjeksi ke kilang minyak Pertamina di Cilacap.
Baca lebih lanjut

87 Baca lebih lajut

Show all 1776 documents...

Related subjects