Top PDF Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku Pada PT. Hilon Sumatera Medan

Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku Pada PT. Hilon Sumatera Medan

Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku Pada PT. Hilon Sumatera Medan

PERNYATAAN Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi yang berjudul Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku Pada PT. Hilon Sumatera Medan aalah benar hasil karya saya sendiri dan judul belum pernah dimuat, dipublikasikan atau diteliti oleh mahasiswa lain dalam konteks penulisan skripsi program S-1 Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Semua sumber data dan informasi yang diperoleh telah dinyatakan dengan jelas, benar, dan apa adanya. Apabila dikemudian hari pernyataan ini tidak benar, saya bersedia menerima sanksi yang ditetapkan oleh Universitas Sumatera Utara.
Baca lebih lanjut

76 Baca lebih lajut

ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ATAS FUNGSI PEMBELIAN BAHAN BAKU PADA PT JAPFA COMFEED INDONESIA

ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ATAS FUNGSI PEMBELIAN BAHAN BAKU PADA PT JAPFA COMFEED INDONESIA

Pada era globalisasi saat ini perusahaan dituntut untuk bisa bersaing dengan perusahaan lain. Perusahaan harus mampu menghasilkan produk dengan lancar serta mempunyai kualitas yang sama atau lebih unggul agar mampu bersaing dengan perusahaan lain. Bagi sebagian besar perusahaan, agar dapat menghasilkan produk diperlukan salah satu faktor penting yaitu adanya transaksi pembelian bahan baku. Transaksi pembelian bahan baku merupakan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh bahan baku yang kemudian diproses menjadi produk jadi perusahaan. Bahan baku merupakan faktor terpenting dalam kelancaran kegiatan produksi. Kegiatan produksi akan terhambat apabila perusahaan kekurangan bahan baku. Oleh karena itu diperlukan adanya kegiatan pembelian bahan baku. Untuk mendukung kegiatan pembelian bahan baku agar efektif dan efisien perlu memperhatikan penerapan sistem informasinya. Sistem informasi akuntansi yang digunakan harus sesuai dengan kondisi perusahaan sendiri (Linawati, 2011).
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Tinjauan Atas Sistem Informasi Akuntansi Pada Transaksi Pembelian Bahan Baku Pada PT. Bumi Bersama

Tinjauan Atas Sistem Informasi Akuntansi Pada Transaksi Pembelian Bahan Baku Pada PT. Bumi Bersama

4.2.1 Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian bahan baku di PT.Bumi Bersama Menurut Azhar Susanto (2013:132) dalam bukunya yang berjudul Sistem Informasi Akuntansi bahwa dalam sistem informasi akuntansi manual atau berbasis komputer , dokumen digunakan sebagai alat untuk mencatat terjadinya suatu peristiwa atau transaksi pembelian. Pada PT.Bumi Bersama terdiri dari beberapa prosedur, dokumen yang tekait kegiatan pembelian dan fungsi terkait sebagai penggerak kegiatan pembelian bahan baku di perusahaan, yang mana dokumen tersebut dibuat didalam pokok prosedur yang berlaku. Transaksi pada pembelian bahan baku yang didapat oleh PT.Bumi Bersama berasal dari pemasok/supplier dalam negeri atau disebut juga transaksi lokal.
Baca lebih lanjut

72 Baca lebih lajut

Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku untuk Proyek

Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku untuk Proyek

Seiring dengan perkembangan teknologi, setiap bidang usaha termasuk juga perusahaan yang mengerjakan suatu proyek pembangunan membutuhkan sistem informasi yang dapat menunjang perusahaan dalam setiap kegiatan operasionalnya. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis, mengidentifikasi kebutuhan informasi, memperbaiki dan merancang sistem informasi akuntansi pembelian bahan baku konstruksi yang dibutuhkan oleh pihak manajemen untuk membantu dalam pengambilan keputusan serta mengatasi masalah dalam sistem yang berjalan pada perusahaan kontraktor. Penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data dan informasi, analisis atas sistem yang berjalan, analisis terhadap temuan penelitian, identifikasi kebutuhan informasi, dan identifikasi persyaratan sistem, serta perancangan terstruktur meliputi pembuatan object oriented analysis and design (OOAD) dan unified modelling language (UML). Hasil yang dicapai berupa perbaikan sistem yang berjalan dalam bentuk perancangan aplikasi yang menginformasikan penomoran dokumen, pengarsipan dokumen, dan laporan yang dihasilkan. Sistem informasi akuntansi pembelian bahan baku pada perusahaan konstruksi ini dapat menghasilkan laporan yang dibutuhkan perusahaan secara cepat, lengkap dan akurat yang dapat digunakan pihak manajemen dalam proses pengambilan keputusan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku dan Pengendalian Intern Pembelian Bahan Baku terhadap Efektivitas Persediaan Bahan Baku pada Pt.ipha Laboratories

Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku dan Pengendalian Intern Pembelian Bahan Baku terhadap Efektivitas Persediaan Bahan Baku pada Pt.ipha Laboratories

Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku dan Pengendalian Intern Pembelian Bahan Baku menjadi bagian penting dalam suatu industri manufaktur agar tercapai efektivitas persediaan bahan baku yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sistem informasi akuntansi pembelian bahan baku dan pengendalian intern pembelian bahan baku secara parsial terhadap efektivitas persediaan bahan baku. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jumlah responden 30 karyawan. Data penelitian merupakan data primer yang diambil melalui kuesioner berskala likert, dimana tingkat validitas dan reliabilitiasnya telah diuji terlebih dahulu. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem infomasi pembelian berpengaruh sebesar 34,6 % dan Pengendalian Intern berpengaruh sebesar 46,8% terhadap efetivitas persediaan bahan baku dan sisanya berasal dari faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Persediaan Bahan Baku pada PT Sumber Bahagia Metalindo

Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Persediaan Bahan Baku pada PT Sumber Bahagia Metalindo

Tujuan penelitian ialah untuk mengevaluasi, mengetahui serta menganalisis apakah proses bisnis dalam sistem informasi akuntansi pembelian dan persediaan bahan baku yang diterapkan dalam perusahaan telah sesuai dengan yang diharapkan; mengetahui apakah sistem informasi akuntansi pembelian dan persediaan bahan baku telah terintegrasi dengan baik; dan memberikan rekomendasi dan saran untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan pada sistem agar aset dalam perusahaan dapat terlindungi dengan baik. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan, metode penelitian lapangan: wawancara, observasi, checklist, dan studi dokumentasi (review documentation) lalu metode analisis data. Audit menggunakan metode audit around the computer. Hasil yang dicapai berupa analisis data yang disajikan dalam bentuk temuan masalah, dampak serta rekomendasi sebagai tindakan perbaikan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa dari hasil penelitian ini PT. Sumber Bahagia Metalindo memiliki pengendalian sistem informasi yang memadai tapi terdapat beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki guna meningkatkan proses pengendalian ke arah yang lebih baik lagi.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT SUMBER BAHAGIA METALINDO

EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT SUMBER BAHAGIA METALINDO

Keywords: information system evaluation, purchasing, inventory, raw materials ABSTRAK Tujuan penelitian ialah untuk mengevaluasi, mengetahui serta menganalisis apakah proses bisnis dalam sistem informasi akuntansi pembelian dan persediaan bahan baku yang diterapkan dalam perusahaan telah sesuai dengan yang diharapkan; mengetahui apakah sistem informasi akuntansi pembelian dan persediaan bahan baku telah terintegrasi dengan baik; dan memberikan rekomendasi dan saran untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan pada sistem agar aset dalam perusahaan dapat terlindungi dengan baik. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan, metode penelitian lapangan: wawancara, observasi, checklist, dan studi dokumentasi (review documentation) lalu metode analisis data. Audit menggunakan metode audit around the computer. Hasil yang dicapai berupa analisis data yang disajikan dalam bentuk temuan masalah, dampak serta rekomendasi sebagai tindakan perbaikan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa dari hasil penelitian ini PT. Sumber Bahagia Metalindo memiliki pengendalian sistem informasi yang memadai tapi terdapat beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki guna meningkatkan proses pengendalian ke arah yang lebih baik lagi.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku dalam Meningkatkan Pengendalian Internal pada PT Solas Langgeng Sejahtera.

Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku dalam Meningkatkan Pengendalian Internal pada PT Solas Langgeng Sejahtera.

In the business world, information would become an important part to build a business. The progress of a company can not be separated from the information system implemented by the company. Accounting information system is considered significant by the authors as a means to enhance a company's internal controls related to purchasing activities of raw materials. Related to the above, the authors would like to try to identify the research variables, namely the application of accounting information systems purchases of raw materials which will affect the internal controls the company, namely PT Solas Langgeng Sejahtera. Accounting information system related with purchasing of raw materials include division of functions, authorization, documents and records, physical control of assets and records as well as independent checks on performance. In conducting the research, the author applies the analytical descriptive research method and data collection in the form of interviews, observation and literature study. The results showed the application of accounting information system purchases of raw materials improve internal controls in PT Solas Langgeng Sejahtera.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU TUNAI PADA PT SUMATERA PRIMA FIBREBOARD INDRALAYA - POLSRI REPOSITORY

ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU TUNAI PADA PT SUMATERA PRIMA FIBREBOARD INDRALAYA - POLSRI REPOSITORY

Laporan akhir ini dibuat untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan studi pada Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang. Laporan akhir ini berjudul ”Analisis Sistem Pengendalian Intern Atas Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku Tunai pada PT. Sumatera Prima Fibreboard Indralaya”. Perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Ogan Ilir kurang lebih 28 km di sebelah selatan kota Palembang ini merupakan perusahaan manufaktur yang mengelolah bahan baku karet menjadi barang setengah jadi untuk diekspor keluar negeri. Data penulis peroleh dengan melakukan wawancara, dan pengamatan. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil selama melakukan penyusunan, penulis menemukan adanya kelemahan- kelemahan dalam penerapan sistem pengendalian intern atas pembelian bahan baku tunai perusahaan, yaitu : Adanya perangkapan tugas yang dilakukan oleh fungsi gudang dengan melakukan dua fungsi sekaligus yaitu fungsi penerimaan dan fungsi penyimpanan, adanya sistem otorisasi yang tidak berjalan dengan baik, Untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut, penulis memberikan saran-saran yang mungkin berguna bagi perusahaan, dimana sebaiknya dilakukan pemisahan fungsi antara bagian penerimaan dan bagian penyimpanan dengan cara menambah karyawan baru yang kompeten atau merangkapkan salah satu fungsi dengan fungsi lain yang tidak bisa menimbulkan kecurangan atau manipulasi data bagi perusahaan. Dalam sistem otorisasi sebaiknya perusahaan melakukan pengotorisasian dokumen berdasarkan fungsi dan tanggungjawab yang berwenang, agar keandalan data akuntansi dapat terjamin.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PT GRIFONE MILRIA INDONESIA - Binus e-Thesis

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PT GRIFONE MILRIA INDONESIA - Binus e-Thesis

PT.GRIFONE MILRIA INDONESIA merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pakaian jadi, yang memproduksi dan melakukan penjualan baik secara konsinyasi maupun terputus pada toko-toko atau counter-counter. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah menganalisa Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Persediaan Bahan Baku yang ada dan mengidentifikasi kelemahan untuk kemudian dirancang sebuah sistem baru yang mampu meminimalisasi kelemahan tersebut.

16 Baca lebih lajut

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT. MJPF FARMA INDONESIA - Binus e-Thesis

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT. MJPF FARMA INDONESIA - Binus e-Thesis

Tujuan dari penulisan skripsi adalah untuk menganalisis sistem pembelian dan persediaan bahan baku yang berjalan serta mengidentifikasi kebutuhan dan merancang sistem baru sehingga dapat memperbaiki kelemahan yang ditemukan pada PT. MJPF Farma Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan untuk membangun perancangan sistem informasi ini adalah dengan metode analisis, metode perancangan berorientasi objek dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang ingin dicapai adalah agar menghasilkan suatu perancangan sistem informasi akuntansi pembelian dan persediaan bahan baku yang diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menghadapi permasalahan sistem yang sedang berjalan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sistem informasi pembelian dan persediaan bahan baku yang baru membantu dan mempercepat proses pengambilan keputusan oleh pihak manajemen karena laporan yang dihasilkan lebih tepat waktu dan akurat. Dan dengan penggunaan sistem informasi pembelian dan persediaan bahan baku ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi perusahaan selama ini.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU PADA USAHA KONVEKSI FRAGILE DIN&CO.

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU PADA USAHA KONVEKSI FRAGILE DIN&CO.

1. Analisis Sistem yang Ada Dalam tahap ini, analis sistem membantu pemakai informasi dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan oleh pemakai untuk melaksanakan pekerjaannya. Kegagalan analis sistem dalam mengidentifikasi jenis informasi yang diperlukan oleh pemakai informasi akan mengakibatkan desain sistem yang tidak bermanfaat bagi pemakai informasi. Oleh karena itu, tahap analisis sistem merupakan tahap yang paling menentukan dalam keseluruhan tahap pengembangan sistem informasi.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU SECARA KREDIT PADA PT. PROMETAMA SARANA GRAHA TANGERANG

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU SECARA KREDIT PADA PT. PROMETAMA SARANA GRAHA TANGERANG

Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana pengumpulan data dengan observasi langsung dan melakukan tanya jawab kepada bagian marketing dan accoun- ting mengenai kegiatan yang berhubungan dengan sistem pembelian bahan baku secara kredit ke Prometama Group yang bergerak dibidang manufaktur dan kontraktor bahan ba- ngunan berbasis metal, terutama untuk interior dan dekoratif. serta memproduksi produk lain seperti rangka gypsum untuk plafon dan partisi, rangka atap, spandek, dan kusen pintu metal. Pengamatan langsung tersebut untuk mendapatkan fakta data dan kasus sistem informasi akuntansi pembelian bahan baku secara kredit pada pt. prometama sarana graha tangerang. Metode pengembangan software menggunakan model SDLC air terjun (Water- fall), di mana analisis kebutuhan software yang di gunakan adalah aplikasi Netbeans IDE 8.1, Xampp, PhpMyAdmin, dan database MySql.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PROSEDUR PENCATATAN PERSEDIAAN ATAS PEMBELIAN BAHAN BAKU PADA PT TIRTAMAS LESTARI PASURUAN

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PROSEDUR PENCATATAN PERSEDIAAN ATAS PEMBELIAN BAHAN BAKU PADA PT TIRTAMAS LESTARI PASURUAN

Pengaturan pembukuan atas persediaan bahan baku yang ada pada PT. Tirtamas Lestari dilakukan menurut perpetual inventory method, dimana setiap penerimaan dan pengeluaran bahan baku dicatat oleh bagian gudang didalam kartu persediaan. Dari hasil analisis terhadap prosedur penerimaan bahan baku ditemukan adanya perangkapan jabatan dan fungsi terhadap penerimaan bahan baku yang dilakukan oleh supervisor dan bagian administrasi, sehingga peneliti membuat rancangan dalam penyusunan prosedur penerimaan bahan baku dengan memisahkan fungsi antara fungsi gudang dan penerimaan. Dibawah ini adalah uraian penjelasan prosedur penerimaan bahan baku yang diperoleh dari perusahaan dan yang diusulkan peneliti guna membantu membenahi masalah prosedur penerimaan bahan baku yang terdapat dalam perusahaan.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Peranan SIstem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku Dalam Menunjang Kelancaran Proses Produksi (Studi Kasus Pada PT "X").

Peranan SIstem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku Dalam Menunjang Kelancaran Proses Produksi (Studi Kasus Pada PT "X").

Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah deskripsi analitis, yang bertujuan untuk menggambarkan, memaparkan dan melaporkan suatu keadaan, fakta, peristiwa dan gejala yang ada pada waktu penelitian dilakukan dengan jalan mengumpulkan, mengedarkan dan menganalisis data yang diperoleh pada lokasi penelitian yang selanjutnya membuat kesimpulan dan rekomendasi, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi dan hasil statistik t hitung. Dimana t hitung lebih besar dari t table ( 3,256 > 2,018 ) maka H0 ditolak dalam arti H1 diterima dan tingkat signifikansi sebesar 0,002 untuk nilai t-nya ( 0,002 < 0,05 ) sehingga hipotesis yang dikemukakan oleh penulis dapat diterima. Artinya Peranan Sistem Informasi Akuntansi pada perusahaan tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kelancaran proses produksi.
Baca lebih lanjut

48 Baca lebih lajut

EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU PADA PT. DAN LIRIS.

EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU PADA PT. DAN LIRIS.

The purpose of this final project is to investigate the efficiency of raw material purchase fabric made by PT. Dan Liris for a production process. Purchase of raw materials is primary for production process to determine the quality of the products produced by the company, which is used to meet the customer satisfaction and increase the sales capacity.

16 Baca lebih lajut

Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku dan Pengeluaran Kas pada PT. Karya Deli Steelindo Medan

Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku dan Pengeluaran Kas pada PT. Karya Deli Steelindo Medan

Perusahaan yang mernbeli bahan bakunya dari perusahaan lain memerlukan perencanaan dan pengawasan terhadap proses pernbelian bahan baku agar tidak terjadi kecurangan dalam perusahaan.. P[r]

89 Baca lebih lajut

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA VOLCANO BLOCK.

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA VOLCANO BLOCK.

Dalam oraganisasi harus dipisahkan tiga fungsi pokok berikut ini: fungsi operasi, fungsi penyimpanan, dan fungsi akuntansi. Tidak ada satu pun transaksi yang dilaksanakan dari awal sampai akhir hanya oleh satu orang atau fungsi saja. Hal ini dimaksudkan agar selalu terjadi pengecekan intern dalam pelaksanaan suatu transaksi, sehingga kekayaan perusahaan terjamin keamanannya dan data akuntansi terjamin ketelitian dan keandalannya.

38 Baca lebih lajut

BAB IV PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU

BAB IV PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU

A. Pembelian bahan baku yang diperlukan perusahaan dipusatkan melalui staff pembelian. Pada dasarnya setiap pembalian bahan baku dengan nilai lebih dari Rp 1.000.000 harus didasarkan kepada permintaan pembelian dari bagian yang memerlukan barang dengan diketahui oleh manajer bagian yang bersangkutan dan mendapat persetujuan dari Manajer SDM-Logistik atau dalam hal Manajer SDM-Logistik berhalangan dapat diwakili oleh pejabat yang ditunjuk.

94 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...