Top PDF ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Pada tesis saya umumnya ada 2 keuntungan dari etika untuk seorang eksekutif. Pertama adalah yang berhubungan dengan karyawan; dengan menjadi pengaktualisasi diri yang patut, seorang eksekutif menunjukkan komitmennya menjadi yang utama. Secara serasi dia dapat mengatur karyawan-karyawannya sehingga mereka juga dapat menghidupkan potensi mereka dengan baik dan penuh. Dan itu akan meningkatkan produktivitas & produk atau mutu pelayanan. Kedua adlaah moralitas perseorangan : dikembangkan secara penuh, manajer yang mengaktualisasikan diri pada umumnya adalahseorang yang lebih bahagia daripada mereka yang pertumbuhan pribadinya terhambat. Secara singkat keuntungan dalam etika (ROIE) adalah sebuah investasi yang cerdik bagi perkembangan pribadi & perusahaan.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial P

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial P

Berbicara mengenai etika bisnis dan tanggung jawab sosial seolah-olah kedua hal tersebut merupakan hal yang terpisah. Keduanya mempromosikan cara yang berbeda dalam melakukan bisnis yang mengintegrasikan pertimbangan bisnis, etika, dan masyarakat. Apabila suatu perusahaan seperti organisasi tersebut bertujuan untuk memperkaya kehidupan para pemegang saham, maka yang perlu dipertanyakan adalah tanggung jawab sosial. Apabila suatu perusahaan melakukan semua hal yang perusahaan ini tidak, maka hal tersebut layak ditawarkan kepada pemegang saham untuk berpikir melakukan hal tersebut (Freeman et al, 2006:4). Suatu perusahaan dalam melakukan tanggung jawab sosialnya dengan membentuk program Corporate Social Responsibility atau CSR. Konsep CSR ini dapat diartikan sebagai suatu perusahaan yang melakukan pekerjaan baik. Terdapat implikasi bahwa perusahaan perlu melakukan perbuatan baik karena struktur yang mendasari bisnis tidak baik atau moral netral. Hal ini merupakan ide yang gagal dalam mengenali bisnis peran sentral global dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran ratusan juta orang. Hal tersebut dapat menyebabkan perusahaan untuk bertindak dengan itikad buruk dan terlibat dalam hal-hal dimana mereka memiliki sedikit keahlian (Freeman et al, 2006:5). Adanya konsep CSR ini tidak hanya meningkatkan keuntungan, melainkan merupakan masalah pemberian uang praktis bagi pelanggan atau komunitas. Dalam hal ini, perusahaan dapat membuat pelanggan, pemasok, masyarakat, karyawan, dan pemodal lebih baik.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

etika bisnis dan tanggung jawab sosial p (1)

etika bisnis dan tanggung jawab sosial p (1)

Karyawan suatu perusahaan sebaiknya mempraktikan etika bisnis yang melibatkan sekelompok prinsip berikut ini ketika menjalankan bisnis. Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial, yang merupakan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana keputusan bisnisnya dapat memengaruhi masyarakat. Istilah tanggung jawab sosial kadang kala digunakan untuk menjelaskan tanggung jawab perusahaan terhadap komunitas dan lingkungannya. Tetapi istilah tersebut juga adapat digunakan secara lebih luas untuk memasukkan tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan, karyawan, pemegang saham, dan kreditornya. Meskipun keputusan bisnis yang dibuat oleh perusahaan dimaksudkan untuk meningkatkan nilainya, tetapi keputusan tersebut tidak boleh melanggar etika dan tanggung jawab sosialnya. (Madura,2011)
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Tanggung Jawab Sosial dan Etika Bisnis

Tanggung Jawab Sosial dan Etika Bisnis

Hari demi hari perkembangan masyarakat Indonesia semakin kompleks. bidang garapan dan intervensi pekerjaan sosial juga semakin luas. Globalisasi dan industrialisasi telah membuka kesempatan bagi pekerja sosial untuk terlibat dalam bidang yang relative baru. Dan tidaklah banyak terjadi konflik kepentingan antara kepentingan masyarakat umum dan kepentingan perusahaan. Benturan kepentingan tersebut banyak terjadi baik terhadap perusahaan besar, menengah ataupun perusahaan kecil. Bentrokan kepentingan ini sering terjadi terutama dalam hal ditimbulkannya polusi oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Polusi ini dapat berupa polusi udara, polusi air limbah, polusi suara dan bahkan polusi mental kejiwaan. Sehingga dengan latar belakang itulah membuktikan bahwa tanggung jawab sosial suatu bisnis, menjadi suatu topik yang cukup menonjol. Perusahaan dituntut unuk lebih banyak memperhatikan aspek-aspek sosial dan menerapkan etika bisnis secara jujur.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL P (2)

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL P (2)

Dalam definisi tersebut kotler dan Lee memberikan penekanan pada kata discretionary, dalam arti bahwa kegiatan CSR semata-mata merupakan komitmen perusahaan secara sukarela untuk turut meningkatkan kesejahteraan komunitas dan bukan akttivitas bisnis yang diwajibkan oleh hukum dan perundang-undangan seperti kewajiban untuk membayar pajak atau juga memberikan nuansa bahwa perusahaan yang melakukan aktivitas CSR harus menaati hukum dalam pelaksanaan bisnisnya, artinya sangatlah tidak tepat bila kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan yang tidak baik dalam memperlakukan karyawan atau melakukan berbagai kecurangan baik dalam membuat laporan keuangan maupun merusak lingkungan hidup.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial C

Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial C

Etika bisnis adalah suatu kode etik perilaku pengusaha berdasarkan nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan tuntutan dan pedoman berperilaku dalam menjalankan kegiatan perusahaan atau berusaha.Etika bisnis sangat penting untuk mempertahankan loyalitas stakeholder dalam membuat keputusan-keputusan perusahaan dan dalam memecahkan persoalan perusahaan. Sistem bisnis beroperasi dalam suatu lingkungan dimana perilaku etis, tanggungjawab social, peraturan pemerintah dan perundangan saling berkaitan satu sama lain. Stakeholder Etika dalam bisnis diantaranya sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL P

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL P

Dalam kontrak sosial untuk setiap jenis organisasi, pemerintah adalah pihak penting. Dibawah dukungan pemerintah, perusahaan-perusahaan dapat memiliki izin untuk menjalankan bisnis, demikian pula dengan hak-hak paten, merek dagang, dan sebagainya. Selain itu, organisasi-organisasi diteharapkan dapat menyadari adanya kebutuhan akan keteraturan dan bukan kekacauan dan untuk menerima sejumlah intervensi pemerintah dalam berbagai urusan organisasi. Mereka diharapkan bekerja dengan panduan-panduan untuk organisasi bertata kelola seperti Equal Employment Oppurtunity Commission dan Office of Federal Compliance Programs.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial P (3)

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial P (3)

Sikap Obstruktif → Pendekatan terhadap tanggung jawab sosial yang melibatkan tindakan seminimal mungkin dan mungkin melibatkan usaha – usaha menolak atau menutupi pelanggaran yang dilakukan Sikap Defensif → Pendekatan tanggung jawab sosial yang ditandai dengan

6 Baca lebih lajut

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL P (4)

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL P (4)

Skandal keuangan yang berasal dari pelaksanaan fungsi secara tidak etis telah menimbulkan berbagai kerugian bagi para investor. Pelanggaran etika dalam bidang keuangan dapat terjadi misalnya melalui praktik windaw dressing terhadap laporan keuangan perusahan yang akan mengajukan pinjaman ke bank. Melalui praktik ini seolah-olah perusahaan memiliki rasio-rasio keuangan yang sehat sehingga layak untuk mendapat kucuran kredit. Padahal sebenarnya kondisi keuangan perusahaan tidak sesehat seperti yang dilaporkan dalam laporan keuangan yang telah dipercantik. Contoh lain pelanggaran etika keuangan misalnya melalui penggelembungan nilai agunan perusahaan, sehingga perusahaan dapat memperoleh kredit melebihi nilai agunan kredit yang sesungguhnya.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

MODUL PERKULIAHAN Pengantar Bisnis Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

MODUL PERKULIAHAN Pengantar Bisnis Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Kata ‘etika’ berasal dari kata Yunani ethos yang mengandung arti yang cukup luas yaitu, tempat yang biasa ditinggali, kandang, padang rumput, kebiasaan, adat, akhlak, watak, perasaan, sikap dan cara berpikir. Bentuk jamak ethos adalah ta etha yang berarti adat kebiasan. Arti jamak inilah yang digunakan Aristoteles (384-322 SM). Dari asal katanya bisa dikatakan etika sebagai ilmu yang yang mempelajari tentang apa yang biasa dilakukan. Pendeknya, etika adalah ilmu yang secara khusus menyoroti perilaku manusia dari segi moral, bukan dari fisik, etnis dan sebagainya
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Etika Bisnis Islam Tanggung Jawab Sosial

Etika Bisnis Islam Tanggung Jawab Sosial

Potret Tanggung Jawab Sosial Bisnis di Indonesia Dalam Bidang Lingkungan  Beberapa kegiatan tanggung jawab sosial bisnis yang ada hanya dilakukan sesaat dan tidak berkelanjutan sehi[r]

11 Baca lebih lajut

Etika Bisnis and Tanggung Jawab Sosial

Etika Bisnis and Tanggung Jawab Sosial

(4) Lindungi hak perorangan. Akhir dari semua keputusan setiap etika sangat bergantung pada individu. Melindungi seseorang dengan kekuatan prinsip morl dan nilainya merupakan jaminan terbaik untuk menghindari untuk menghindari penyimpangan etika.

26 Baca lebih lajut

ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL (1)

ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL (1)

Etka Bisnis merupakan penerapan etika secara umum terhadap perlaku bisnis. Secara lebih khusus lagi makna etika bisnis menunjukkan perilaku etis maupun tidak etis yang dilakukan manajer dan karyawan dari suatu organisasi perusahaan. (Griffin and Ebert, 1999: 82). Sedangkan Epstein (1989: 584-585) menyatakan etika bisnis menunjukkan refleksi moral yang dilakukan oleh pelaku bisnis secara perorangan maupun secara kelembagaan (organisasi) untuk menilai suatu isu, di mana penilaian ini merupakan pilihan terhadap nilai yang berkembang dalam suatu masyarakat. Melalui pilihan nilai tersebut, individu atau organisasi akan memberikan penilaian apakah sesuatu yang dilakukan itu benar atau salah, adil atau tidak adil serta memiliki kegunaan (utilitas) atau tidak. Menurut Post et.al., (2002: 104) setidaknya terdapat tujuh alasan yang mendorong perusahaan untuk menjalankan bisnisnya secara etis, yaitu:
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

MAKALAH ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB

MAKALAH ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB

Keterlibatan bisnis dalam dimensi sosial (Social Involved Entrepreneurship /SIE) memiliki keterikatan dan kesamaan tujuan dengan masyarakat. Keterlibatan dapat ditunjukkan dengan kerjasama yang aktif dalam menyelesaikan masalah dalam masyarakat. Perbedaannya dengan SRE adalah bahwa SIE memiliki dasar keterlibatan yang dalam. SIE memiliki tinjauan umum bahwa bisnis bukan semata-mata hanya tanggung jawab sosial, tetapi lebih dalam dari itu, salah satunya yaitu persamaan rasa ingin membangun masyarakat lebih baik lagi.

15 Baca lebih lajut

BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Elkington (1998) dalam bukunya Canibals With Forks : The Triple Bottom Line In 21st Centure Bussiness, mengelompokkan perusahaan yang peduli dan tidak peduli terhadap CSR berdasarkan analogi serangga : Perusahan kategori pertama laksana “ulat” , yang memiliki model bisnis rakus dan tidak peduli pada lingkungan sekelilingnya. Kategori kedua adalah perusahaan yang mirip “belalang” yaitu model bisnis yang juga ekploitatif dan degeneratif. Kategori kedua, ini mungkin saja sudah mulai mempraktekkan CSR tetapi tidak dilakukan dengan sepenuh hati. Kategori ketiga adalah “kupu-kupu”. Korporasi seperti ini punya komitmen kuat menjalankan CSR. Bagi perusahaan ini CSR adalah investasi, bukan basa-basi. Kategori terakhir adalah “lebah” perusahaan seperti ini punya sifat regeneratif atau menumbuhkan. Perusahaan ideal ini menerapkan etika bisnis dan menjalankan good CSR.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Etika Tanggung Jawab Sosial Suatu Bisnis

Etika Tanggung Jawab Sosial Suatu Bisnis

Prinsip-prinsip Etika bisnis pada dasarnya adalah mematuhi Hukum, terkadang kita salah mempersepsikan hukum dan etika terlihat identik. Memang benar bahwa hukum tertentu menuntut perilaku yang sama seperti yang oleh dituntut standar moral kita. walaupun demikian, hukum dan moral tidak selalu sama. Beberapa hukum tidak punya hubungn dengan moralitas, bahkan hukum kadang melanggar standar moral sehingga bertentangan dengan moralitas, seperti memperlakukan budak sebagai properti dalam hukum perbudakan diperbolehkan. Ini kenyataan bahwa etika tidak begitu saja mengikuti hukum. Tapi bukan pula etika tidak mempunyai keterkaitan dengan hukum. Standar Moral kadang dimasukan ke dalam hukum ketika kebanyakan dari kita merasa bahwa standar moral mestinya ditegakkan dengan kekuatan sistem hukum, sebaliknya hukum dikritik dan dihapuskan ketika dengan nyata melanggar standar moral.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Etika dan Tanggung Jawab Sosial (2)

Etika dan Tanggung Jawab Sosial (2)

Dalam dunia bisnis semua orang tidak mengharapkan memperoleh perlakuan tidak jujur dari sesamanya. Praktik manipulasi tidak akan terjadi jika di landasi dengan moral tinggi. Moral dan tingkat kejujuran rendah akan menghancurkan tata nilai etika bisnis itu sendiri. Masalahnya tidak ada hukuman yang tegas terhadap pelanggran etika tersebut ,karena nilai etika hanya ada dalam hati nurani seseorang. Etika mempunyai kendali intern dalam hati,berbeda dengan aturan hukum yang mempunyai unsur paksaan ekstern. Akan tetapi bagi orang-orang berkecimpung di dalam dunia bisnis yang di landasi oleh rasa keagamaan mendalam akan mengetahui bahwa perilaku jujur akan memberikan kepuasan tersendiri dalam kehidupanya baik dalam dunia nyata sekarang .
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Makalah Etika dan Tanggung Jawab Sosial

Makalah Etika dan Tanggung Jawab Sosial

Banyak perusahaan besar sekarang telah mempunyai kode etik perusahaan. Akan tetapi, kode-kode yang akan mempengaruhi pengambilan keputusan beretika tersbeut, harus diberitahukan ke dalam maupun ke luar organisasi. Dalam hal menyediakan peraturan umum, kode etik juga harus menyiapkan petunjuk khusus dan praktis. Pelatihan etika bertujuan untuk membuat karyawan sadar akan masalah etika, menjadikan etika sebagai faktor serius, dipercaya dalam keputusan organisasi, dan melatih karyawan akan suatu model praktis dari pengambilan keputusan yang etis. Faktor terpenting dalam mencipkatan iklim etika bisnis adalah contoh pribadi yang ditunjukkan oleh manajer perusahaan, keterlibatan manajemen dalam program etika perusahaan, sistem pelaporan yang mendorong pengaduan untuk melaporkan kemungkinan pelanggaran etika, dan hukuman yang adil tetapi konsisten terhadap para pelanggar.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Etika Dan Tanggung Jawab Sosial Dalam Bisnis Internasional

Etika Dan Tanggung Jawab Sosial Dalam Bisnis Internasional

Masyarakat umumnya mengadopsi hukum formal yang menunjukkan standar etika yang ada, contohnya tindakan mencuri, hukum telah memberikan hampir di semua negara bahwa tindakan mencuri itu illegal dan memberikan cara untuk menghukum mereka yang mencuri. Tetapi meskipun hukum berusaha untuk jelas dan tidak membingungkan, penerapan dan interpretasinya dapat jadi membingungkan secara etika. Contohnya kebanyakan orang akan setuju bahwa memaksakan karyawan bekerja melebihi jam tanpa kompensasi adalah tidak etis, maka dibuatlah hukum untuk mengatur standar kerja dan upah. Akan tetapi pada pelaksanaannya akan berbeda. Contohnya di Jepang, kebiasaan sering menganjurkan para pekerja junior untuk tidak meninggalkan kantor sampai mereka yang lebih senior pergi, sedangkan di Amerika Serikat bos biasanya pulang terakhir.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

PERENCANAAN BISNIS; ORGANISASI, LINGKUNGAN BISNIS, MANAJEMEN, DAN SUMBER DAYA MANUSIA ipi168169

PERENCANAAN BISNIS; ORGANISASI, LINGKUNGAN BISNIS, MANAJEMEN, DAN SUMBER DAYA MANUSIA ipi168169

Tanggung jawab sosial adalah suatu pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat. Tanggung jawab perusahan kepada pelanggan jauh lebih luas dari pada menyediakan barang dan jasa, diantaranya adalah tanggung jawab produksi, yaitu dengan menyakinkan menjaga keselamatan pelanggan. Label peringatan seharusnya ditempelkan pada produk untuk melindungi terhadap kecelakaan atau efek samping yang dapat timbul karena salah dalam penggunaan. Perusahaan juga menjamin agar karyawan tidak boleh melakukan strategi penjualan yang terlalu agresif atau advertensi yang menyesatkan. Cara perusahaan menjamin tanggung jawab sosial kepada pelanggan adalah dengan menciptakan kode etik yang memberikan petunjuk kepada pelanggan mengenai produk dan jasa yang diberikan. Mematuhi semua keluhan pelanggan serta mencari pemecahannya. Dan memberikan umpan balik kepada pelanggan atas produk dan jasa yang telah dibeli. Contoh kesuksesan Dell Computer, perusahaan ini menggunakan konfigurasi perangkat lunak maupun perangkat keras dalam membangun sistem komputernya, yang bertujuan untuk menjamin level kualitas produk yang tinggi dan karenanya sekaligus memenuhi tanggung jawabnya kepada pelanggan. Hasil dari praktek ini maka Dell selalu menerima peringkat tinggi dalam servis dan kepercayaan dari pelanggan.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...