Top PDF IMPLEMENTASI MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN AKTIFITAS PERMAINAN BOLAVOLI UNTUK MENINGKATKAN WAKTU AKTIF BELAJAR.

IMPLEMENTASI MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN AKTIFITAS PERMAINAN BOLAVOLI UNTUK MENINGKATKAN WAKTU AKTIF BELAJAR.

IMPLEMENTASI MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN AKTIFITAS PERMAINAN BOLAVOLI UNTUK MENINGKATKAN WAKTU AKTIF BELAJAR.

kemampuan berfikir adalah ketika anak bertanya kepada guru apabila ada suatu materi atau gerakan yang kurang dimengerti anak, proses ini merupakan salah satu wujud respon berfikir, terutama dalam konteks pemahaman anak terhadap konsep- konsep yang dipelajarinya. Contoh respon dalam kemampuan mengingat, ketika guru melakukan contoh sebuah gerakan setelah itu memberikan tugas gerak kepada anak, lalu anak melaksanakan tugas-tugas gerak tersebut. Proses ini merupakan proses melatih sejauh mana daya ingat anak terhadap tugas gerak. Contoh respon yang menggunakan kemampuan memecahkan masalah, misalnya ketika anak mendapatkan sebuah kesulitan dalam melakukan tugas gerak, anak akan berfikir bagaimana cara melaksanakan tugas gerak tersebut yang menurutnya susah menjadi mudah, dengan begitu kemampuan berfikir anak bisa digunakan. Ada beberapa contoh respon lain dalam ruang lingkup anak sebayanya ialah ketika anak melakukan diskusi dengan temannya terhadap tugas gerak yang diberikan, anak bekerjasama memecahkan masalah dalam melakukan tugas gerak, sehingga terjadinya sebuah proses komunikasi antar anak yang berjalan dengan baik. Penjelasan tersebut adalah merupakan suatu proses belajar, melihat dan memahami setiap gerakan lainya pun itu termasuk kedalam proses belajar. Sehingga pembelajaran penjasorkes bukan hanya melatih gerak anak saja, tetapi untuk meningkatkan kemampuan dan intelektual anak.
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN WAKTU AKTIF BELAJAR SISWA : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Leuwimanggu Cianjur.

MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN WAKTU AKTIF BELAJAR SISWA : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Leuwimanggu Cianjur.

Berdasarkan penjelasan latar belakang tersebut, penulis ingin mencoba melakukan sebuah penelitian dengan maksud ingin mengelola waktu aktif belajar siswa sekolah dasar sehingga pada saat pembelajaran tidak ada lagi siswa yang tidak mengikuti pembelajaran, ataupun hanya main-main di lapangan saja. Karena jika tidak segera diatasi, permasalahan seperti ini akan berdampak pada kinerja guru di sekolah dan juga akan berdampak pada aspek kebugaran jasmani siswa. Strategi yang akan dipakai oleh peneliti yaitu melalui modifikasi alat bantu mengajar, diharapkan dengan modifikasi ini, siswa dapat termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir, dan juga bisa membantu sekolah dalam mengatasi kurangnya media pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Maka dari itulah peneliti mengambil jud ul penelitian “Modifikasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Waktu Aktif Belajar Siswa”, dimana penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan di ujikan di kelas V SDN Leuwimanggu, Cianjur.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

S PJKR 0900558 Abstract

S PJKR 0900558 Abstract

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “IMPLEMENTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN DAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK MENINGKATKAN JWAB (JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR) DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELAS XI SMA N 23 BANDUNG”. Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan studi tingkat sarjana Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Kesehatan Olahraga Universitas Pendidikan Indonesia.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

S PJKR 0801460 Title

S PJKR 0801460 Title

MODIFIKASI PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN KASTI UNTUK MENINGKATKAN WAKTU AKTIF BELAJAR SISWA Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Sirnasari Kabupaten Tasikmalaya Oleh NITA NUR[r]

3 Baca lebih lajut

S PJKR 0907295 Abstract

S PJKR 0907295 Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh minimnya pengetahuan guru tentang metode dan kurangnya kreativitas dalam penyampaian materi pembelajaran Penjas. Oleh karena itu masalah penelitian yang akan dipecahkan adalah apakah dengan menerapkan modifikasi permainan bolabasket dapat meningkatkan jumlah waktu aktif belajar gerak siswa. Sesuai dengan latar belakang dan masalah penelitian tersebut maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan diterapkannya modifikasi permainan bolabasket dapat meningkatkan jumlah waktu aktif belajar dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Dari tujuan diatas penulis menginginkan kemajuan dibidang pendidikan jasmani dan juga peningkatan taraf kebugaran siswa. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain One-shot case study. Sampel pada penelitian ini menggunakan pendekatan nonprobability sampling dan teknik purposive sampling dan pesertanya adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 23 Bandung yang tergabung dalam ekstrakulikuler permainan bolabasket sebanyak 27 siswa, terdiri dari putra 14 orang dan putri 13 orang. Instrument penelitian untuk jumlah waktu aktif belajar gerak siswa menggunakan duration recording. Hasil analisis data menggunakan teknik calculating percentage of total time, kesimpulan yang didapat yaitu ada peningkatan mengenai jumlah waktu aktif belajar gerak siswa sebesar 12.06%.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

S PJKR 0801460 Abstract

S PJKR 0801460 Abstract

Modifikasi Pembelajaran Aktivitas Permainan Kasti Untuk Meningkatkan Waktu Aktif Belajar Siswa ( Studi Penelitian Tindakan Kelas Di Sdn Sirnasari Kabupaten Tasikmalaya) Pembimbing I Drs. Mudjihartono, M. Pd. Pembimbing II Jajat Darajat KN, S,Pd., M.Kes.,AIFO.

2 Baca lebih lajut

S PJKR 0801460 Bibliography

S PJKR 0801460 Bibliography

Nita Nurhayati, 2015 Modifikasi Pembelajaran Aktivitas Permainan Kasti Untuk Meningkatkan Waktu Aktif Belajar Siswa Studi Penelitian Tindakan Kelas Di Sdn Sirnasari Kabupaten Tasikmal[r]

2 Baca lebih lajut

S PJKR 0900558 Bibliography

S PJKR 0900558 Bibliography

60 M Arief Al Fikri, 2016 IMPLEMENTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN DAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK MENINGKATKAN JWABJUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET Universi[r]

2 Baca lebih lajut

S SDP 0904089 Abstract

S SDP 0904089 Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan waktu aktif belajar melalui aktivitas permainan bola besar yang dimodifikasi dalam pembelajaran penjas di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar MI Cibodas Bandung Barat Jawa Barat, selama empat kali pertemuan. Berdasarkan pengamatan peneliti pada kelas V MI Cibodas, jumlah siswa yang aktif dalam pembelajaran yaitu sekitar 62.03%. Sedangkan hampir 40% dari jumlah siswa kurang aktif dalam mengikuti aktivitas pembelajaran, disebabkan karena kurangnya inovasi pembelajaran, sehingga semuanya bermuara pada waktu aktif belajar siswa menjadi kurang optimal. Gejala ini menjadi permasalahan yang dipandang peneliti perlu segera diatasi. Upaya pemecahan masalah dilakukan dengan metode PTK (PenelitianTindakan Kelas) dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan ( planning ) yang meliputi kegiatan analisis faktor penyebab dan penetapan aksi, (2) pelaksanaan tindakan ( acting ), (3) pengumpulan data ( observing ), dan (4) refleksi yang berupa analisis efektivitas tindakan. Serangkaian kegiatan ini merupakan satu siklus. Peneliti merumuskan tindakan dengan aktivitas permainan bola besar yang dimodifikasi, modifikasi yang dimaksudkan yaitu cara bermain, peraturan, dan peralatan permainan yang di sesuaikan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Group Time Sampling . Hasil dari siklus 1 tindakan 1 didapat kenaikan sebesar 72.22%. Siklus 1 tindakan 2 yaitu 79.62%. Selanjutnya siklus 2 tindakan 1 yaitu 73.61%, dan siklus 2 tindakan 2 yaitu 87.50%. Berdasarkan analisis data selama siklus I dan 2, dapat disimpulkan bahwa: melalui aktivitas permainan bola besar yang dimodifikasi dalam pembelajaran penjas di sekolah dasar, dapat meningkatkan Jumlah waktu aktif belajar.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

PENGARUH PENGGUNAAN BOLA MODIFIKASI TERHADAP JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI.

PENGARUH PENGGUNAAN BOLA MODIFIKASI TERHADAP JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI.

Pembelajaran permainan bola voli menjadi kurang menarik dan kurang dinamis disebabkan penggunaan bola standar yang terbatas dan kurang ramah terhadap peserta didik, dampaknya jumlah waktu aktif belajar siswa menjadi rendah. Masalah utama penelitian ini adalah sampai sejauhmana penggunaan bola modifikasi dapat meningkatkan jumlah waktu aktif belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bola modifikasi terhadap jumlah waktu aktif belajar dalam pembelajaran permainan bola voli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimendengan desain Pretest-Posttest Control Group Design, populasi siswa kelas delapan SMPNegeri 1 Bandung, sampel sebanyak 60siswa dibagi dalam dua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive.Hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Samples T Test diperoleh nilai t hitung (39,882) > t tabel (2,002). Simpulannya penggunaan bola modifikasi
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

MODIFIKASI PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN KASTI UNTUK MENINGKATKAN WAKTU AKTIF BELAJAR SISWA : Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Sirnasari Kabupaten Tasikmalaya.

MODIFIKASI PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN KASTI UNTUK MENINGKATKAN WAKTU AKTIF BELAJAR SISWA : Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Sirnasari Kabupaten Tasikmalaya.

Bermula dari permasalahan hasil observasi lapangan, Dimana siswa-siswa mengalami waktu belajar yang minim karena ketakutan dalam bergerak hingga kurangnya percaya diri dalam melakukan permainan kasti. Peneliti menyadari bahwa tingkat ketakutan dan perkembangan motorik anak belum bisa memiliki daya keberanian yang tinggi untuk menghadapi alat-alat yang bersifat keras. Terlihat siswa tidak berani melempar bola pertama dengan keras karena alasan takut mengenai teman sebayanya. Selain itu ketika dalam memukul siswa terlihat berat dan kaku dalam melakukan pukulan. Pukulan yang seyogianya lepas dan kuat, terlihat siswa tidak lepas dan merasa ketakutakutan ketika menghadapi bola yang datang. Berangkat dari permasalahan di lapangan, peneliti memodifikasi permainan kasti ini dengan mengganti alat bantu permainan kasti yaitu pemukul dan bola. Pemukul bola yang berasal dari kayu, peneliti mengganti dengan plastik yang lunak serta bola yang berasal dari bola tenis penulis mencoba ganti dengan bola karet lunak.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

S PJKR 0900558 Table of content

S PJKR 0900558 Table of content

vi M Arief Al Fikri, 2016 IMPLEMENTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN DAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK MENINGKATKAN JWABJUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET Universit[r]

2 Baca lebih lajut

MODIFIKASI PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN BOLAVOLI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.

MODIFIKASI PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN BOLAVOLI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.

Pengertian pendidikan jasmani adalah bagian dari pendidikan nasional, artinya pendidikan jasmani tidak terfokus pada aspek motoriknya saja, tetapi juga terdapat aspek kognitif dan afektif. Pendidikan jasmani adalah pendidikan melalui aktifitas yang dijadikan sebagai media untuk mencapai perkembangan individu secara menyeluruh. Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan seseorang sebagai perorangan atau anggota-anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan jasmani untuk memperoleh pertumbuhan jasmani, kesehatan dan kesegaran jasmani, kemampuan keterampilan, kecerdasan dan perkembangan watak serta kepribadian yang harmonis dalam rangka pembentukan manusia Indonesia berkualitas berdasarkan Pancasila.
Baca lebih lanjut

33 Baca lebih lajut

S JKR 1205380 Bibliography

S JKR 1205380 Bibliography

Yuga Rahmatullah Lugaya, 2016 IMPLEMENTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN BOLABASKET UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA Universitas P[r]

2 Baca lebih lajut

S JKR 1205380 Abstract

S JKR 1205380 Abstract

Yuga Rahmatullah Lugaya NIM. 1205380. Skripsi : Implementasi Modifikasi Pembelajaran Aktivitas Permainan Bola Basket Untuk Meningkatkan Jumlah Waktu Aktif Belajar dan Hasil Belajar Siswa (PTK di SMPN 3 Lembang). Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing : Dr. Dian Budiana, M.Pd.

2 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN BOLABASKET UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA - repository UPI S JKR 1205380 Title

IMPLEMENTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN BOLABASKET UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA - repository UPI S JKR 1205380 Title

IMPLEMENTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN BOLABASKET UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PTK di SMPN 3 LEMBANG SKRIPSI Diajukan u[r]

3 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI AKTIVITAS PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN WAKTU AKTIF BELAJAR SISWA.

IMPLEMENTASI AKTIVITAS PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN WAKTU AKTIF BELAJAR SISWA.

Belajar suatu kegiatan yang dilakukan oleh setiap manusia yang di dalamnya terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi tahu, tidak mengerti menjadi mengerti, tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai hasil yang optimal. Karena belajar merupakan perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Dari hasil akibat belajar terlihat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Hal tersebut sesuai dengan uraian yang diungkapkan dalam buku Juliantine dkk. (2012: 39) menjelaskan bahwa:
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

S PJKR 0900558 Title

S PJKR 0900558 Title

IMPLEMENTASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN DAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK MENINGKATKAN JWABJUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X[r]

3 Baca lebih lajut

S PJKR 0907295 Title

S PJKR 0907295 Title

UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLABASKET DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SKRIPSI diajukan untuk memenuhi sebagian syar[r]

3 Baca lebih lajut

S PJKR 1203560 Chapter5

S PJKR 1203560 Chapter5

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai pembelajaran aktivitas permainan bulutangkis dengan menerapkan permainan eftokton di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Lembang, secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik dan dapat diterapkan dalam pembelajaran aktivitas permainan bulutangkis, sehingga meningkatkan jumlah waktu aktif belajar siswa dalam permainan bulutangkis.

1 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...