Top PDF Nilai Nilai Pancasila pada Masa Kerajaan

Nilai Nilai Pancasila pada Masa Kerajaan

Nilai Nilai Pancasila pada Masa Kerajaan

Sejarah lahirnya Pancasila pada tanggal 1 agustus 1945 tidak dapat dibantah, dimana Ir. Soekarno yang diakui sebagai tokoh nasional yang menggali Pancasila. Nilai-nilai essensial yang terkandung dalam Pancasila yaitu: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan serta Keadilan, dalam kenyataannya secara objektif telah dimiliki oleh Bangsa Indonesia sejak zaman dahulu kala sebelum mendirikan Negara. Proses terbentuknya Negara dan bangsa Indonesia melalui suatu proses sejarah yang cukup panjang yaitu sejak zaman batu kemudian timbulnya kerajaan-kerajaan pada abad ke IV yaitu kerajaan Kutai di Kalimantan. Kemudian dasar-dasar kebangsaan Indonesia telah mulai nampak pada abad ke VII, yaitu ketika timbulnya kerajaan Sriwijaya di bawah Syailendra di Palembang. Kemudian muncul kerajaan Mataram Kuno di jawa Tengah dan kerajaan Singasari di Jawa Timur. Kemudian kerajaan Majapahit di Jawa Timur serta kerajaan- kerajaan lainnya.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

nilai nilai pancasila dan praktik kehidupan

nilai nilai pancasila dan praktik kehidupan

Pada Masa Rekayasa, nilai-nilai Pancasila direduksi pada masa pemerintaha Soeharto. Pancasila. Pancasila dijadikan sebagai asas tunggal untuk setiap organisasi masyarakat dan partai politik. TAP MPR tentang Penataran Pancasila yang dikeluarkam pada tahun 1978 dikampanyekan secara nasional keseluruh elemen pemerintahan dan pendidikan. Pancasila hanya dijadikan sebagai objek hafalan dan hasil dari penataran yang dilakukan selama 10 tahun itu tidak memiliki hasil yang jelas.

3 Baca lebih lajut

Hilangnya nilai   nilai pancasila dalam

Hilangnya nilai nilai pancasila dalam

Selama kurang lebih 400 tahun negara kita dijajah oleh lima bangsa yang berbeda, dimulai dengan Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda dan yang terakhir adalah Jepang. Pada awalnya Indonesia bukanlah bangsa yang bersatu. Indonesia masih terpecah belah dan bentuk kerajaan. Masing-masing kerajaan masih mempertahankan kedaulatan masing-masing. Tak heran jika pada saat itu kerjasama antara satu kerajaan dengan pihak penjajah masih sering terlihat. Bahkan para penjajah berebut hati dari para penguasa kerajaan dengan cara memberikan tambahan amunisi dan persenjataan dan janji akan ikut membantu untuk memperluas wilayah kerajaan. Peperangan antar kerajaan pun seringkali melibatkan dua bangsa penjajah yang berbeda. Bak sebuah boneka yang dikendalikan, para pemimpin kerajaan saling serang dengan tujuan menunjukkan kerajaan siapa yang terbaik.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

[2] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1   Peristiwa Dalam Kehidupan

[2] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 Peristiwa Dalam Kehidupan

KOMPETENSI DASAR PPKn  Memahami nilai-nilai kesejarahan kerajaan-kerajaan pada masa Hindu, Budha, dan Islam melalui bacaan atau pengamatan Bahasa Indonesia  Mendengarkan penggunaan [r]

36 Baca lebih lajut

Contoh Makalah Nilai Nilai Pancasila

Contoh Makalah Nilai Nilai Pancasila

Jadi, secara historis bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam setap sila Pancasila sebelum dirumuskan dan disahkan menjadi dasar negara Indonesia secara objektf historis telah dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri. Oleh karena berdasarkan nilai-nilai yang sudah ada, agar tercipta dan tercermin nilai-nilai Pancasila dalam generasi muda masa kini, perlu dilakukan berbagai cara agar mampu menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setap diri generasi muda masing-masing. Sehingga, generasi muda sekarang menjadi teladan bagi generasi-generasi berikutnya.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

PENERAPAN NILAI NILAI PANCASILA DALAM KE

PENERAPAN NILAI NILAI PANCASILA DALAM KE

Era reformasi yang sudah berjalan sejak 1988, membawa angin segar demokrasi dimana negara Indonesia mengawali tonggak sejarah baru yang terus bergulir ke dalam babak baru ke sebuah masa yang penuh kebebasan dalam menganut dan mengungkapkan suatu pandangan politik, namun sayang seribu sayang kebebasan itu berdampak pada penurunan pamor Pancasila, sehingga menjadikan sebuah alasan penulis untuk menyampaikan keprihatinananya terhadap merebaknya pandangan politik sektarian ditengah kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Lebih dari itu Pancasila dianggap tidak menjawab apa yang menjadi relevansinya terhadap tantangan ke depan, termasuk untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI NILAI NILAI PANCASILA DALAM (1)

IMPLEMENTASI NILAI NILAI PANCASILA DALAM (1)

Nilai kejuangan ini tidak hanya diperlukan pada saat-saat kritis bagi bangsa atau masyarakat, melainkan merupakan keharusan sepanjang masa. Sebab korelasi nilai kejuangan ialah sikap hidup penuh tanggung jawab dan bermoral. Dalam masa pembangunan bangsa yang lebih lanjut (advanced), moral dan etika umum atau sosial adalah fondasi yang tidak-bisa-tidak. Bangsa-bangsa yang maju memiliki ciri moral atau etika sosial yang tegar (tough), sedangkan negara-negara terkebelakang, sebagaimana diamati oleh Gunnar Myrdal (seorang pemenang hadiah Nobel dalam ilmu sosial- ekonomi), kebanyakan mempunyai ciri moral yang lunak (soft).
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

MAKALAH PENDIDIKAN PANCASILA NILAI NILAI

MAKALAH PENDIDIKAN PANCASILA NILAI NILAI

Komunisme adalah paham yang mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi dan golongan, paham komunis juga menyatakan semua hal dan sesuatu yang ada di suatu negara dikuasai secara mutlak oleh negara tersebutPenganut faham ini berasal dari Manifest der Kommunistischen yang ditulis oleh Karl Marx dan Friedrich Engels, sebuah manifes politik yang pertama kali diterbitkan pada 21 Februari 1848 teori mengenai komunis sebuah analisis pendekatan kepada perjuangan kelas (sejarah dan masa kini) dan ekonomi kesejahteraan yang kemudian pernah menjadi salah satu gerakan yang paling berpengaruh dalam dunia politik.Negara yang masih menganut komunisme adalah Tiongkok, Vietnam, Korea Utara, Kuba dan Laos.
Baca lebih lanjut

45 Baca lebih lajut

Nilai Nilai Pancasila Dalam Pembangunan

Nilai Nilai Pancasila Dalam Pembangunan

Sebagai dasar filsafat negara dan pandangan hidup bangsa, Pancasila didesain sebagai rujukan bagi para penyelenggara negara dan segenap warga negara dalam melaksanakan aktivitas kehidupannya dalam berbagai bidang dan aspeknya. Namun realitas menunjukkan pemaknaan nilai-nilai Pancasila semakin jauh dimiliki oleh setiap warga negara, Pancasila semakin marjinal dalam kehidupan kebangsaan dewasa ini. Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila merupakan arena yang terbuka terhadap pemaknaan politik. Pemaknaan terhadap Pancasila terus berkembang dan berubah sesuai dengan konteks historis pada suatu masa tertentu, bahkan Pancasila diinterpretasi dan dimanipulasi sesuai dengan kepentingan penguasa. Akibatnya Pancasila tidak dapat terhindar dari berbagai macam gugatan, sinisme, serta pelecehan terhadap kredibilitasnya sebagai dasar negara ataupun sebagai pandangan hidup bangsa. Dan kini, untuk tidak mengatakan hilang sama sekali, istilah dan makna Pancasila semakin asing di telinga warga negara muda Indonesia. Artinya perlu ada pelembagaan dan pembudayaan kembali Pancasila di kalangan warga negara muda, sebab merekalah yang akan melanjutkan proses pembangunan bangsa ini ke depan.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

NILAI NILAI PANCASILA DALAM UUD 1945

NILAI NILAI PANCASILA DALAM UUD 1945

 Presiden dan/atau Wakil Presiden dapat diberhentikan dalam masa jabatannya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat atas usul Dewan Perwakilan Rakyat, baik apabila terbukti telah melakukan pelanggaran hukum berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat lainnya, atau perbuatan tercela maupun apabila terbukti tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden.

13 Baca lebih lajut

HIKMAH PERKEMBANGAN BANGSA dan INDONESIA

HIKMAH PERKEMBANGAN BANGSA dan INDONESIA

Sriwijaya merupakan kerajaan besar di wilayah Sumatra yang memiliki kekuasaan mulai dari Sunda, Semenanjung Malaya dan kepulauan di sekitarnya sampai Sri langka. Sriwijaya di kenal sebagai kerajaan maritim yang kuat pada masa itu. Di sekitar keluarga raja di bentuk administrasi pusat yang terdiri dari hakim raja yang menjalankan kekuasaan raja untuk mengadili yang di sebut Dandanayaka. Pada masa ini telah di mulai adanya pembagian kekuasaan berupa Parddatun yang di perintah oleh seorang datu yang bukan seorang anggota keluarga raja. Hal ini telah mencerminkan adanya otonomi daerah. Kerajaan Sriwijaya merupakan Negara Indonesia pertama yang berdasarkan kesatuan yang di dalamnya ditemui nilai nilai material Pancasila meliputi nilai Ketuhanan, nilai kemasyarakatan, persatuan, keadilan yang terjalin satu sama lain dengan nilai internasionalisme yang terjalin dalam bentuk hubungan dagang dengan negeri negeri di seberang lautan.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENERAPAN NILAI NILAI PANCASILA yang pdf

PENERAPAN NILAI NILAI PANCASILA yang pdf

Kesimpulan  Pancasila merupakan dasar dari segala aspek dalam Negara Indonesia  Penerapan nilai-nilai Pancasila telah berlangsung dari zaman dahulu kala zaman kerajaan-kerajaan di In[r]

25 Baca lebih lajut

Kumpulan soal dan jawaban materi pancasi

Kumpulan soal dan jawaban materi pancasi

25. Upaya dalam mempertahankan Pancasila bukan berawal dari diri kita sendiri. Apakah sudah menerapkannya dikehidupan sehari-hari. Upaya tersebut dimulai dari kita sendiri yang melakukan dan menjalankan kehidupan sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi negara. Sehingga dapat memberi contoh kepada orang lain bagaimana mengimplementasi Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta tujuan negara dapat terwujud.

7 Baca lebih lajut

ANALISIS NILAI NILAI PANCASILA DAN WAWAS

ANALISIS NILAI NILAI PANCASILA DAN WAWAS

Wawasan nusantara adalah sikap dan cara pandang warga negara Indonesia yang didasarkan pada UUD 1945 dan Pancasila. Dalam menjalankan wawasan nusantara, diutamakan untuk memenuhi kesatuan wilayah dan menghargai perbedaan yang ada untuk mencapai tujuan nasional. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak daerah bahkan pulau yang masih belum berpenghuni. Banyaknya suku bangsa dan kebudayaan yang berbeda membuat negara Indonesia kaya dengan beragam asetnya. Perbedaan ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang luas dan memiliki banyak keragaman.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

INTERNALISASI NILAI NILAI PANCASILA SEBA

INTERNALISASI NILAI NILAI PANCASILA SEBA

Fokus pendidikan harus menitikberatkan pada pentingnya moral. Moral yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila harus dijadikan fondasi yang ditanamkan secara sengaja pada generasi muda. Peserta didik harus diajarkan untuk memiliki nilai-nilai positif dalam dirinya sendiri meliputi jujur, rasa malu, toleransi, memiliki harga diri, kemandirian, menghargai, kebersahajaan, disiplin, dan sebagainya. Tak kalah penting mereka dididik untuk menghargai sistem nilai, bukan materi atau harta. Pelajaran tentang moral pada umumnya dimuat dalam pelajaran Agama dan Kewarganegaraan. Alangkah baiknya apabila nilai moral yang diajarkan dapat diserap pada seluruh mata pelajaran dan kehidupan.
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

Implementasi Nilai Nilai Pancasila Untuk

Implementasi Nilai Nilai Pancasila Untuk

Dalam sila ini, diakui bahwa negara RI menganut asas demokrasi yang bersumber kepada nilai-nilai kehidupan yang berakar dalam budaya bangsa Indonesia. Perwujudan demokrasi itu dipersepsi sebagai paham kedaulatan rakyat, yang bersumber nilai kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan. Penghargaan yang tinggi terhadap nilai musyawarah mencerminkan sikap pandangan hidup bahwa kemauan rakyat mencerminkan nilai kebenaran dan keabsahan yang tinggi. Di dalam sila ini terungkap nilai yang mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat yang harus didahulukan. Sila ini menghargai sikap etis berupa tanggung jawab yang harus ditunaikan, sebagai amanat seluruh rakyat. Tanggung jawab itu bukan hanya ditujukan kepada manusia, tetapi kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sila ini pun mengandung pengakuan atas nilai kebenaran dan keadilan dalam menegakan kehidupan yang bebas, adil dan sejahtera.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

Pengaruh Nilai nilai Pancasila dan Ajara

Pengaruh Nilai nilai Pancasila dan Ajara

Pada tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, Ir. Soekarno mengusulkan agar dasar Negara Indonesia merdeka diberi nama Pancasila. Dengan demikian dapatlah dimengerti, bahwa dasar Negara kita Pancasila bukanlah lahir pada tanggal 1 Juni 1945; dan kiranya lebih tepat dikatakan, bahwa tanggal 1 Juni 1945 adalah “hari lahir” istilah Pancasila sebagai nama Dasar Negara kita, yang kemudian diterima dan disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang merupakan penjelmaan atau wakil-wakil dari seluruh Bangsa Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945. Jadi telah cukup jelas, bahwa Pancasila yang dimaksud di sini adalah lima dasar Negara Indonesia sebagaimana yang tercantum didalam pembukaan UUD 1945 alinea ke empat, yang berbunyi sebagai berikut :
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

Nilai nilai pancasila dalam keperawatan (7)

Nilai nilai pancasila dalam keperawatan (7)

Puji dan syukur kita panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa karena atas karuniadan penyertaan-Nya, makalah yang berjudul “kajian Nilai-Nilai Pancasila” ini dapatterselesaikan meskipun masih terdapat kekurangan di dalamnya.Sebagai bangsa Indonesia, kita tentu mengetahui dasar negara kita yang terkenal akankesakralannya, yang terkenal dengan semboyannya “Bhinneka Tunggal Ika”. Di manasimbolnya merupakan lambang keagungan bangsa Indonesia yang terpancar dalam bentukBurung Garuda. Simbol di dadanya merupakan pengamalan hidup yang menjadikanIndonesia benar-benar khas ideologi dari bangsa Indonesia. Itulah lambang negara kita,pengamalan sekaligus ideologi kita, Pancasila.Di dalam Pancasila terkandung banyak nilai di mana dari keseluruhan nilai tersebutterkandung di dalam lima garis besar dalam kehidupan berbangsa negara.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

MAKALAH PENDIDIKAN PANCASILA Nilai Nilai

MAKALAH PENDIDIKAN PANCASILA Nilai Nilai

MAKALAH PENDIDIKAN PANCASILA “Nilai-Nilai Dasar Pancasila Digali dari Kepribadian Nenek Moyang Bangsa Indonesia” Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Pancasila yang di[r]

2 Baca lebih lajut

INTERNALISASI NILAI NILAI PANCASILA DALA

INTERNALISASI NILAI NILAI PANCASILA DALA

Puncaknya adalah ketika Bung Karno berpidato dihadapan peserta sidang Umum PBB ke-XV tanggal 30 September 1960 dalam pidatonya yang berjudul To Build The World a New. Dalam pidato yang mampu mengguncang seluruh hadirin di sidang PBB tersebut Bung Karno menjelaskan Pancasila sebagai salah satu alternatif untuk memecahkan kebuntuan antara dua kubu ideologi yang saling berhadapan sekaligus membuka cakrawala baru dalam memandang dan memperlakukan dunia.

10 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...