Top PDF Pengolahan Dan Kewirausahaan Bahan Nabat

Pengolahan Dan Kewirausahaan Bahan Nabat

Pengolahan Dan Kewirausahaan Bahan Nabat

3. Teknik Pengolahan Makanan Khas Daerah Untuk mengolah suatu makanan, diperlukan teknik-teknik tertentu agar dihasilkan suatu produk makanan seperti yang diharapkan yang bercitarasa baik. Adapun teknik-teknik proses pengolahan untuk membuat makanan khas daerah di antaranya :

11 Baca lebih lajut

Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas XI. Bab 4. Pengolahan Dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani Menjadi Makanan Khas Daerah   Database www.dadangjsn.com

Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas XI. Bab 4. Pengolahan Dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani Menjadi Makanan Khas Daerah Database www.dadangjsn.com

Keripik sanjai merupakan salah satu produk makanan khas daerah Sumatra Barat yang banyak digemari konsumen. Rasanya gurih, renyah, dan harga terjangkau menjadi alasan mengapa produk ini digemari oleh banyak orang. Bahan baku singkong sangat mudah didapat, dan pengolahannya pun tidak memerlukan banyak investasi peralatan. Pemilihan bahan baku dan bahan kemasan yang baik, akan meningkatkan daya simpan (keawetan) dari produk ini.

40 Baca lebih lajut

PKM Kewirausahaan   PENGOLAHAN NUGGET TA

PKM Kewirausahaan PENGOLAHAN NUGGET TA

Berdasarkan bagan di atas, alur produksi “Nugget Tahu Isi Biji Durian” dimulai dari mempersiapkan bahan (biji durian dan tahu) yang dapat di peroleh melalui pedagang atau di pasar. Kemudian biji durian tersebut harus melalui berbagai pengolahan hingga bisa menjadi bahan baku pembuatan nugget tahu. Pembuatan dengan cara merebus biji durian hingga lunak kemudian dipotong dadu dan dicampurkan beserta bahan lainnya kedalam loyang. Setelah itu, dilakukan pengukusan, penggorengan dan pengemasan produk.
Baca lebih lanjut

25 Baca lebih lajut

PKM Kewirausahaan Pengolahan Bayam Menja

PKM Kewirausahaan Pengolahan Bayam Menja

Langkah kerja pembuatan, yaitu: alat dan bahan disiapkan terlebih dahulu, Sayuran bayam direbus selama 7 menit kemudian angkat. Bayam yang sudah diangkat lalu diblender hingga halus. Gula, susu kental manis, agar- agar, air es dan bayam yang sudah diblender dimixer selama 3-5 menit untuk dicampurkan menjadi satu. Semua bahan yang sudah dimixer menjadi satu adonan disimpan didalam lemari es dengan suhu 0-4 0 c. Pemeraman merubah kemampuan pengocokan adonan menjadi sebaik tekstur es krim akhir. Pemeraman mebuat lemak dari protein susu menjadi kristal dan bahan penstabil menyerap air bebas sebagai air hidrasi . Pembekuan adonan dengan lemak tak berkristal akan cenderung menghasilkan suatu pengocokan yang tidak terkontrol dalam freezer. Protein susu dan penstabil protein membutuhkan beberapa jam untuk menyerap air sebagai hidrasi. Adonan membutuhkan waktu untuk diperam 24 jam. Bila diperam hanya 2-4 jam, hasilnya tidak nyata.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Contoh Proposal Kewirausahaan Pengolahan Mie Berbahan Baku Daging Ikan

Contoh Proposal Kewirausahaan Pengolahan Mie Berbahan Baku Daging Ikan

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membuat produk mie yang memiliki nilai gizi tinggi, memberikan pilihan yang tepat bagi masyarakat tentang produk makanan yang berkualitas dan sehat (health food) melalui perbedaan kandungan nutrisi, penampilan, aroma, warna dan tekstur antara mie yang dibuat dengan menambahkan daging ikan sebagai salah satu bahan pembuatnya dan mie yang dibuat tanpa tambahan daging ikan serta mengetahui persepsi masyarakat tentang citarasa, kandungan nutrisi mie dan peluang pengembangan produk mie yang dibuat dengan tambahan daging ikan.

10 Baca lebih lajut

Bahan Ajar Kewirausahaan

Bahan Ajar Kewirausahaan

Bahan baku yang digunakan sedapat mungkin mudah diolah, karena bahan baku yang sulit diolah biasanya memiliki konsekuensi terhadap biaya produksi dan pada akhirnya juga akan berpengaruh pada harga jual produk. Apabila bahan baku dapat diolah dengan mudah, kemungkinan besar biaya produksi akan lebih ringan ketimbang pengolahan bahan baku tersebut dilakukan dengan peralatan yang sulit dicari atau harganya mahal atau harus diolah di tempat/perusahaan lain. Sebagai contoh, apabila perusahaan menggunakan bahan baku tepung beras, maka lebih baik perusahaan membeli bahan yang telah berbentuk tepung beras daripada membeli beras yang kemudian diolah sendiri menjadi tepung beras. Jika dengan pertimbangan tingkat kebutuhan bahan yang cukup besar dalam sekali proses produksi serta kontinyuitas proses produksi, perusahaan dapat mengadakan mesin pengolahan (mesin penepungan, misalnya). Tentunya dalam hal ini diperlukan biaya investasi untuk pengadaannya, namun sebelumnya perlu dipertimbangkan apakah mengolah sendiri bahan baku lebih menguntungkan dibandingkan dengan pengolahan diserahkan kepada tempat/perusahaan lain.
Baca lebih lanjut

191 Baca lebih lajut

Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas XI. Bab 4. Pengolahan dan Wirausaha Pengawetan Bahan Nabati dan Hewani   Database www.dadangjsn.com

Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas XI. Bab 4. Pengolahan dan Wirausaha Pengawetan Bahan Nabati dan Hewani Database www.dadangjsn.com

Hewan seperti serangga, parasit dan tikus juga dapat menyebabkan keru- sakan pada bahan makanan. Serangga terutama dapat merusak buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan umbi-umbian. Yang menjadi masalah bukan hanya jumlah bahan pangan yang dimakan oleh serangga tersebut, tetapi serangga tersebut akan melukai permukaan bahan pangan sehingga dapat menyebabkan kontaminasi oleh bakteri, khamir, dan kapang. Parasit yang banyak ditemukan misalnya di dalam daging babi adalah cacing pita (Trichinella spiralis). Cacing pita tersebut masuk ke dalam tubuh babi melalui sisa-sisa makanan yang mereka makan. Daging babi yang tidak dimasak dapat menjadi sumber kontaminasi bagi manusia. Cacing-cacing dalam bahan pangan mungkin dapat dimatikan dengan pembekuan. Tikus merupakan persoalan yang pent- ing di Indonesia, khususnya merupakan ancaman yang berbahaya baik terha- dap hasil biji-bijian sebelum dipanen maupun terhadap bahan yang disimpan di dalam gudang. Tikus bukan hanya merugikan karena makan bahan, tetapi juga karena kotorannya, rambutnya atau air kencingnya dapat merupakan media yang baik untuk pertumbuhan bakteri dan dapat menimbulkan bau yang tidak enak.
Baca lebih lanjut

43 Baca lebih lajut

PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PENGOLAHAN)

PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PENGOLAHAN)

18. Kue mochi adalah kue basah yang terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan bahan lainnya. Salah satu kue yang sangat khas dari kota Bogor ini tentunya banyak disukai oleh semua orang. Kue ini juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh jika anda berkunjung kekota Bogor dan Sukabumi. Kue mochi memiliki berbagai macam jenis warna.

15 Baca lebih lajut

Bab 4 Pengolahan Dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani Menjadi Makanan Khas Daerah

Bab 4 Pengolahan Dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani Menjadi Makanan Khas Daerah

Bahan pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang penting. Seiring dengan pertumbuhan penduduk, industri pangan pun makin meningkat. Tidak heran jika industri pangan, terutama industri berskala kecil makin bermunculan untuk memenuhi permintaan tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan industri pangan, kita harus mengetahui tentang bahan pangan tersebut. Umumnya, bahan pangan berasal dari dua sumber, yaitu bahan pangan nabati dan bahan pangan hewani. Bahan pangan nabati adalah bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti: sayur- sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, dan serealia. Bahan pangan hewani adalah bahan makanan yang berasal dari hewan, seperti: telur ,ayam, daging, ikan, dan susu.
Baca lebih lanjut

40 Baca lebih lajut

Bab 8 Pengolahan dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani Menjadi Produk Kosmetik

Bab 8 Pengolahan dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani Menjadi Produk Kosmetik

Produk kosmetik diperlukan tidak hanya oleh kaum wanita tetapi juga oleh kaum pria sejak lahir sampai akhir hayat. Produk kosmetik dapat digunakan setiap hari maupun secara insidental atau berkala dan dipakai di seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Tidak semua bahan kosmetika cocok untuk setiap kondisi kulit. Jika terjadi ketidakcocokan, akan timbul iritasi pada kulit. Oleh karena itu, perhatikan kandungan bahan kimia yang tercantum di kemasan tiap-tiap produk. Penggolongan menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI berdasarkan kegunaan dan lokalisasi pemakaian pada tubuh, kosmetika digolongkan menjadi 13 golongan. 1. Preparat untuk bayi; minyak bayi, bedak bayi, dan
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

pengertian Bahan Pangan Hewani dan Nabat

pengertian Bahan Pangan Hewani dan Nabat

mempunyai tekstur lunak, kadar air (KA) tinggi, adanya komponen zat-zat dan enzim yang masih aktif. Hal tersebut di indikasikan oleh adanya perubahan-perubahan fisiologis secara spontan yang disertai perubahan fisik, kimia dan mikrobiologi maka dari itu, perlu diketahui cara-cara penanganan untuk mempertahankan mutunya melalui proses pengolahan lebih lanjut. Penanganan dan pemilihan bahan pangan terkait dengan sortasi dan pengkelasan mutu (grading),

14 Baca lebih lajut

Bahan Galian Industri

Bahan Galian Industri

Penambangan intan yang dipisahkan dari mineral lain dilakukan dngan konsep konsentrasi berdasarkan atas gaya berar seperti meja goyang (shaking table), dan alat-alat jig. Pemurnian felsfar mempergunakan proses gaya berat dan juga flotasi untuk menghasilkan feldspar bermutu tinggi. Pemurnian fosfat dilakukan dengan cara flotasi, sedangkan barit serbuk yang merupakan hasil pengolahan tailing pertambangan emas di pulau wetar diolah dengan cyclone, classifier dan pengering (dryer).

5 Baca lebih lajut

229 KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MEMANFAATKAN BAHAN MURAH MENJADI PRODUK BERNILAI JUAL

229 KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MEMANFAATKAN BAHAN MURAH MENJADI PRODUK BERNILAI JUAL

Dalam melakukan tindakan ekonomi (tindakan memenuhi kebutuhan) manusia selalu dihadapkan pada permasalahan ekonomi yaitu terbatasnya alat pemuas kebutuhan. Disinilah saatnya manusia dituntut untuk kreatif dalam melakukan pilihan mana yang terbaik dan mana yang paling menguntungkan sesuai kemampuan sumber daya yang dimilikinya. Kewirausahaan sebagai faktor produksi yang menentukan dalam proses suatu produksi sangat dituntut untuk memiliki sifat kreatif. Seorang wirausaha dituntut memiliki kemampuan menggunakan sumber daya ekonomi seperti keuangan (modal), bahan mentah dan tenaga kerja untuk membangun perusahaannya. Wirausaha juga di tuntut memiliki sikap tanggap terhadap peIuang usaha yang menguntungkan, bekerja keras dengan semangat tinggi, berani mengambil resiko. tidak takut gagal serta bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan. Ternyata telah banyak pengusaha yang behasil sukses karena mereka memiliki sikap kreatif wirausaha tersebut. Kemampuan kreatif dan inovatif tersebut secara riil tercermin dalam kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (startup), kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative), kemampuan untuk mencari peluang (opportunity), keberanian untuk menanggung risiko (risk bearing) dan kemampuan untuk mengembangkan ide. Kemauan dan kemampuan – kemampuan tersebut diperlukan terutama untuk :
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

SOAL UAS PRAKARYA SMT 1 BUDIDAYA

SOAL UAS PRAKARYA SMT 1 BUDIDAYA

Beberapa hal yang harus diperhatikan Dalam riset bahan baku pengolahan makanan khas daerah diantaranya, kecuali... Bahan baku pengolahan harus selalu tersedia b.[r]

4 Baca lebih lajut

EFKTIVITAS PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN FISIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA

EFKTIVITAS PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN FISIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Pengolahan bahan pustaka penting dilakukan untuk memudahkan temu kembali informasi dan memperlancar pada kegiatan pelayanan. Apabila hal ini tidak diperhatikan, maka akibatnya salah satu tujuan perpustakaan tidak tercapai dan bahan pustaka tersebut akan sulit ditemukan oleh para pengguna perpustakaan karena tidak ada alat bantu penelusuran untuk dimanfaatkan. Pengolahan bahan pustaka yang dilakukan haruslah sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk memungkinkan tujuan perpustakaan tercapai secara optimal. Tujuan tersebut akan dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya, apabila : 1) Terjalin hubungan kerjasama yang harmonis antara perpustakaan dengan pemustaka. 2) Diketahui tujuan instruksional dari mata kuliah yang diasuh oleh dosen yang bersangkutan. 3) Diketahui secara pasti strategi mengajar kebutuhan perkuliahan dan penelitian para dosen dan mahasiswa. Pengolahan bahan pustaka merupakan salah satu kegiatan di perpustakaan yang bertujuan untuk melakukan pengaturan bahan pustaka yang tersedia agar dapat disimpan di tempatnya menurut susunan tertentu serta mudah ditemukan dan digunakan oleh pengguna perpustakaan. Kegiatan pengolahan bahan pustaka dikenal juga dengan istilah organisasi informasi, karena menyangkut pengaturan berbagai jenis informasi yang merupakan kegiatan pokok untuk mengatur koleksi yang ada agar siap pakai dan berdayaguna secara optimal.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Bahan-ajar-kewirausahaan-smk-kelas-x

Bahan-ajar-kewirausahaan-smk-kelas-x

KARAKTERISTIK WIRAUSAHA : Kerja keras dan kerja cerdas Disiplin dan percaya diri Berwatak baik dan luhur Mandiri dan realistis Berpikiran prestatif dan tidak mau menjadi orang yang bia[r]

25 Baca lebih lajut

Bahan Ajar Kewirausahaan Smk Kelas x

Bahan Ajar Kewirausahaan Smk Kelas x

KARAKTERISTIK WIRAUSAHA : Kerja keras dan kerja cerdas Disiplin dan percaya diri Berwatak baik dan luhur Mandiri dan realistis Berpikiran prestatif dan tidak mau menjadi orang yang bia[r]

26 Baca lebih lajut

PENERAPAN SOFTWARE SLIMS PADA PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA BUKU DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ADHI UNGGUL BHIRAWA (STIE - AUB) SURAKARTA.

PENERAPAN SOFTWARE SLIMS PADA PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA BUKU DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ADHI UNGGUL BHIRAWA (STIE - AUB) SURAKARTA.

Arus informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat, menjadikan perpustakaan sebagai salah satu tempat untuk menghimpun dan menyebar luaskan informasi tersebut kepada pengguna. Ilmu Pengetahuan semakin berkembang hal tersebut membuat informasi telah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia menciptakan karyanya dalam bentuk bahan pustaka. “Bahan pustaka adalah salah satu koleksi perpustakaan yang berupa k arya

4 Baca lebih lajut

pengertian Bahan Pangan Hewani dan Nabat

pengertian Bahan Pangan Hewani dan Nabat

sifat bahan pangan nabati. Bahan pangan Hewani adalah semua bahan pangan yang berupa atau dari hewan atau produk-produk yang diolah dengan menggunakan bahan dasar asal hewan. Kedua golongan bahan pangan tersebut sangat berbeda sifatnya, baik sifat fisik, sifat kimiawi maupun sifat biologiknya. Perbedaan sifat yang mencolok antara kedua bahan pangan tersebut

13 Baca lebih lajut

Laporan Praktek Kerja Profesi Farmasi Industri di PT. Universal Pharmaceutical Industries Medan

Laporan Praktek Kerja Profesi Farmasi Industri di PT. Universal Pharmaceutical Industries Medan

Grey Area merupakan area produksi dimana proses produksi berlangsung. Pada area ini kebebasan telah dikurangi, yaitu barang atau karyawan tidak bebas memasuki area ini. Dilakukan penanganan khusus terhadap udara, rancang bangun dan konstruksi ruangan, seperti lantai dan langit-langit tidak boleh bercelah dan tahan terhadap bahan kimia, dinding harus terbuat dari beton dan dicat dengan cat yang tahan dicuci, serta pintu dan peralatan lainnya tidak boleh terbuat dari kayu. Sebelum memasuki grey area, karyawan harus terlebih dahulu mencuci tangan dan kaki serta menggunakan pakaian khusus dan bersih. Contoh area ini yaitu ruang penimbangan bahan baku, ruang pengolahan sirup, ruang pengemasan primer sirup, ruang pengolahan tablet, ruang pencetakan tablet, ruang pengemasan primer tablet, dan ruang In Process Control (IPC).
Baca lebih lanjut

64 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...