Top PDF PERAN PKK DI MASYARAKAT dalam sistem

PERAN PKK DI MASYARAKAT dalam sistem

PERAN PKK DI MASYARAKAT dalam sistem

merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang menyediakan kebutuhan seluruh anggotanya, seperti pendidikan dan budi pekerti, kasih sayang, ekonomi, kesehatan, dan sebagainya, sebagaimana dalam delapan fungsi keluarga. Artinya keluarga merupakan fundamental bagi pembangunan manusia, sekaligus barometer kesejahteraan masyarakat pada umumnya.Dari ke-10 Program Pokok PKK ini dapat tergambar bagaimana peran para pengurus dan kader PKK dalam berbagai upaya pemberdayaan keluarga yang dilaksanakan secara praktis dan dapat langsung dirasakan oleh keluarga dan masyarakat sekitarnya dengan cara bersinergi dengan kegiatan,program dan kebijakan pemerintah daerah maupun pusat.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Peran Masyarakat dalam Sistem Politik di

Peran Masyarakat dalam Sistem Politik di

Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan Rahmat, Karunia, serta Taufik dan Hidayah-Nya makalah “Peran Masyarakat dalam Sistem Politik di Indonesia” ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu, teriring Shalawat serta salam kami haturkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat beliau, berkat beliau kita bisa terbawa ke alam yang penuh dengan ilmu dan hikmah. Semoga kebaikan semuanya dibalas oleh Allah SWT.

30 Baca lebih lajut

PERAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KEL

PERAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KEL

Berdasarkan hasil penelitian dapat penulis ketahui bahwa peran PKK sebagai fasilitator untuk masyarakat dalam penghubung dan penggerak belum optimal karena dapat dilihat saja tidak adanya sekretariat PKK di beberapa Kecamatan maupun Kelurahan dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam berorganisasi. Ini disebabkan karena ada berbagai macam alasan seperti tidak adanya waktu masyarakat untuk ikut melaksanakan kegiatan PKK, tidak adanya imbalan dana dalam setiap kegiatan PKK yang merupakan tidak ada untungnya buat mereka, dan tidak adanya transportasi untuk menuju lokasi pelaksanaan kegiatan PKK. Kurangnya penyuluhan dan sosialisasi tentang pentingnya peran PKK di dalam keluarga juga kurang optimal, inilah sebab mengapa mereka belum paham akan pentingnya kegiatan berorganisasi khususnya untuk pelaksanaan 10 Program Pokok PKK yang merupakan program yang tidak lepas dari program pemerintah Kota Bontang.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Optimalisasi Peran PKK Sebagai Mitra Pe

Optimalisasi Peran PKK Sebagai Mitra Pe

Artinya peran yang diharapkan dari adanya organisasi PKK adalah sebuah gerakan membangun dan antisipatif. Namun, dengan adanya temuan bahwa Kota Malang gagal membebaskan diri dari gizi buruk. Saat ini sebanyak 15 balita mengalami gizi buruk. "Asupan gizi rendah, sebagian besar dari keluarga miskin," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Supranoto (tempo.com: 2013) . Hal ini mengindikasikan bahwa selain peran instansi- instansi pemerintah terkait belum maksimal, juga mengindikasikan peran PKK masih belum optimal dalam menjalankan perannya sebagai pemberdaya masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Prof. Dr. I Gde Parimartha, M.A. maka dapat dilihat bahwa ada beberapa faktor yang menghambat organisasi PKK untuk berperan optimal. Dalam hal ini penulis membaginya menjaadi faktor internal dan faktor eksternal organisasi:
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

PENGANTAR Kekacauan dan Keteraturan Sosial Atas Keberagaman Beragama

PENGANTAR Kekacauan dan Keteraturan Sosial Atas Keberagaman Beragama

masyarakat, baik yang bersifat fisik dan nonfisik seperti diskusi pembagian jadwal siskamling atau kerja bakti membersikan lingkungan; kegiatan pendidikan lingkungan dan kebudayaan bagi masyarakat guna mewujudkan masyarakat beradab dan kritis; pelatihan keterampilan kepada masyarakat guna mewujudkan kemandirian masyarakat; kegiatan arisan atau tabungan masyarakat. Kegiatan yang telah disebutkan di atas, hanyalah beberapa contoh dan tentunya kegiatan di integrated community space ini masih banyak lagi yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Sebab masyarakat merupakan aktor yang kreatif dari realitas sosialnya. Yang jelas, dengan adanya ruang rutinitas alternatif ini dapat meningkatkan interaksi masyarakat yang sifatnya kekeluargaan dan komunikatif. Dari proses interaksi sosial yang terintegrasi dalam sistem kehidupan sosial di masyarakat ini tentu dapat meningkatkan rasa solidaritas antar masyarakat walaupun berbeda-beda, baik secara suku, golongan maupun agama. Sehingga lingkungan masyarakat yang heterogen ini tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang sifatnya keberagaman.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

BAB VII RENCANA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR - DOCRPIJM c41f1541ad BAB VII7. BAB VII Rencana Pembangunan Infrastruktur ok

BAB VII RENCANA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR - DOCRPIJM c41f1541ad BAB VII7. BAB VII Rencana Pembangunan Infrastruktur ok

Drainase yang dimaksud disini adalah drainase perkotaan yang didefinisikan sebagai drainase di wilayah kota yang berfungsi untuk mengelola dan mengendalikan air permukaan sehingga tidak mengganggu dan/atau merugikan masyarakat. Dalam upaya pengelolaan sistem drainase di banyak kota di Indonesia pada umumnya masih bersifat parsial, sehingga tidak menyelesaikan permasalahan banjir dan genangan secara tuntas. Pengelolaan drainase perkotaan harus dilaksanakan secara menyeluruh, mengacu kepada SIDLACOM dimulai dari tahap Survey, Investigation (investigasi), Design (perencanaan), Operation (Operasi) dan Maintanance (Pemeliharaan), serta ditunjang dengan peningkatan kelembagaan, pembiayaan serta partisipasi masyarakat.
Baca lebih lanjut

94 Baca lebih lajut

laporan ppm pemberdayaan masyarakat dalam penerapan sim pkk berbasis komunitas di kecamatan imogiri

laporan ppm pemberdayaan masyarakat dalam penerapan sim pkk berbasis komunitas di kecamatan imogiri

Sampai dengan saat ini, pelaksanaan SIM PKK belum sepenuhnya menerapkan data dari tingkat Dasa Wisma ke Desa berlanjut ke Kecamatan dan ke Kota/Kabupaten dalam satu provinsi dengan menggunakan SIM terpadu berbasis komputer. Artinya pelaksanaan SIM PKK masih pada tahap rintisan, dengan melakukan isian data pada format SIM PKK dan Sistem Informasi Posyandu yang dapat diunduh pada laman SIM PKK Provinsi DIY. SIM PKK dalam hal ini merupakan data yang terintegrasi dalam laman yang diunggah oleh PKK Pemerintah Provinsi DIY. Dalam laman tersebut sudah tersedia format isian SIM PKK dan Sistem Informasi Posyandu, serta opsi untuk mengunggah input data per Kabupaten/Kota di Provinsi DIY. Format SIM PKK berisi lembar isian yang terdiri dari 26 lampiran yang dapat mengungkap semua data dari masyarakat mulai dari tingkat dasa wisma. Data tersebut meliputi data lengkap keluarga, keikutsertaan dalam program Keluarga Berencana, Posyandu, asuransi kesehatan, tingkat kemampuan ekonomi sosial masyarakat, dan lain-lain data lengkap tentang kondisi warga mulai dari level satuan keluarga. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pada masa yang akan datang diharapkan pelaksanaan SIM PKK berbasis komputer akan dapat diimplementasikan.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

PERAN TIM PENGGERAK PKK DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi di Desa Tunggur, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan)

PERAN TIM PENGGERAK PKK DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi di Desa Tunggur, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan)

Research on women usually aims to the individual female object who occupies formal position, for example a village chief, a head of district, and so on. So far the discussion about groups of women who are active in organizations, such as “PKK” (program at village level to educate women on various aspects of family welfare), “Jama’ah Yasin” ( a community of women to educate them in religious affairs, for example organizing Islam preaching ), “Arisan” club ( a regular social gathering whose members contribute to and take turns at winning an aggregate sum of money), etc have not been touched. The Motivator Team of “PKK” in village has a significant role in people empowerment. The main duty to carry out is empowering the potency of village women that they are able to be independent and useful for their families and society.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

130157 AKJ 2007 07 13 Sarasehan PAUD

130157 AKJ 2007 07 13 Sarasehan PAUD

Hal tersebut disampaikan Hj. Dyah Suminar (ketua Tim Penggerak PKK Kota yogyakarta ) /pagi tadi dalam acara sarasehan PAUD menentukan kualitas generasi mendatang”peran aktif orang tua dan masyarakat dalam pelaksanaan paud”//tampak hadir dalam kesempatan tersebut KI Sutikno ( Sie Pendidikan Forum PAUD Kota Yogyakarta ) /Indria Laksmi gamayanti(dokter psikologis klinis anak ) //

1 Baca lebih lajut

POLA KOMUNIKASI PEREMPUAN DALAM MENGKONSTRUKSI IDENTITAS GENDER PADA GERAKAN PKK (Studi Kasus Tentang Produksi dan Penerimaan Pesan dalam Mengkonstruksi Identitas Gender dan Pemberdayaan Perempuan pada Gerakan PKK di Kelurahan Kenep dan Kelurahan Jetis, K

POLA KOMUNIKASI PEREMPUAN DALAM MENGKONSTRUKSI IDENTITAS GENDER PADA GERAKAN PKK (Studi Kasus Tentang Produksi dan Penerimaan Pesan dalam Mengkonstruksi Identitas Gender dan Pemberdayaan Perempuan pada Gerakan PKK di Kelurahan Kenep dan Kelurahan Jetis, K

Berkenaan dengan fenomena yang terjadi di PKK, perempuan ketika memahami posisi, fungsi, dan peran sosialnya di masyarakat, ini berpengaruh terhadap bagaimana mereka mengembangkan identitas gender yang dimiliki. Dalam pemahaman ini, apakah perempuan memposisikan diri mereka subjek (I) ataukah sebagai objek (Me) dirasa sangat menentukan sudut pandang para perempuan dalam memahami serta membentuk identitas gender yang ada. Konteks ini juga mengarah pada adanya interaksi yang dilakukan antarperempuan, dimana Gerakan PKK secara tidak langsung muncul sebagai sebuah wadah komunikasi terutama bagi perempuan. Adanya konsep gender socialization sangat memungkinkan para perempuan ini meyakini sekaligus terikat dengan nilai dan norma yang dibangun di dalam masyarakat melalui PKK. Dengan demikian, PKK boleh jadi muncul sebagai gerakan yang turut melahirkan wacana tentang gender, dalam mengkonstruksi posisi perempuan untuk diharuskan menjadi sosok yang ideal sesuai dengan apa yang diamini oleh masyarakat.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

D PLS 0907638 Chapter1

D PLS 0907638 Chapter1

Sebagaimana disebutkan dalam Pedoman Pengelolaan UP2K-PKK bahwa Poksus antara lain mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap kelancaran pengelolaan UP2K yang dilaksanakan oleh Poklak serta melaksanakan pembinaan kepada poklak-poklak yang ada di bawahnya. Para Kader yang tergabung dalam Kelompok Khusus (Poksus) mempunyai tanggung jawab yang cukup besar dan berat dalam upaya memajukan dan mengembangkan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh Kelompok Pelaksana (Poklak). Mereka dibebani tanggung jawab dalam membantu kelancaran kegiatan usaha yang dilakukan oleh Poklak sejak dari awal perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan. Permasalahan lain yang cukup sulit adalah karena sasaran dari program ini adalah keluarga-keluarga yang berpenghasilan rendah atau biasa disebut dengan istilah Pra KS (Pra Keluarga Sejahtera) yang biasanya juga diikuti dengan tingkat pendidikan yang rendah. Hal ini membutuhkan teknik dan cara tersendiri agar sasaran tersebut dapat memahami program-program yang disampaikan oleh Poksus.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Peran Vegetasi Dalam Ekosistem

Peran Vegetasi Dalam Ekosistem

Kawasan pesisir dan laut merupakan sebuah ekosistem yang terpadu dan saling berkolerasi secara timbal balik (Siregar dan Purwaka, 2002). Masing-masing elmen dalam ekosistem memiliki peran dan fungsi yang saling mendukung. Kerusakan salah satu komponen ekosistem dari salah satunya (daratan dan lautan) secara langsung berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem keseluruhan. Hutan mangrove merupakan elemen yang paling banyak berperan dalam menyeimbangkan kualitas lingkungan dan menetralisir bahan-bahan pencemar.

3 Baca lebih lajut

Peran Sistem Akuntansi mpdf

Peran Sistem Akuntansi mpdf

Fungsi utama sistem akuntansi adalah memproses data transaksi perusahaan secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan sistem maka akan mempermudah dan mempercepat dalam menghasilkan laporan. Saat ini masih banyak perusahaan yang memiliki omset yang tinggi tetapi belum menggunakan sistem dalam menjalankan bisnisnya.

1 Baca lebih lajut

PENETAPAN KINERJA TAHUN 2015 : Pemerintah Kabupaten Ngawi PK  KAB.NGAWI 2015

PENETAPAN KINERJA TAHUN 2015 : Pemerintah Kabupaten Ngawi PK KAB.NGAWI 2015

Pemeliharaan pasca program pemberdayaan masyarakat 45 % Rata-rata jumlah kelompok binaan PKK 100 % PKK aktif 100 % Posyandu aktif 100 % 23Meningkatnya kualitas dan kuantitas jalan[r]

22 Baca lebih lajut

Peran Vegetasi Dalam Ekosistem | Karya Tulis Ilmiah

Peran Vegetasi Dalam Ekosistem | Karya Tulis Ilmiah

Kawasan pesisir dan laut merupakan sebuah ekosistem yang terpadu dan saling berkolerasi secara timbal balik (Siregar dan Purwaka, 2002). Masing- masing elmen dalam ekosistem memiliki peran dan fungsi yang saling mendukung. Kerusakan salah satu komponen ekosistem dari salah satunya (daratan dan lautan) secara langsung berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem keseluruhan. Hutan mangrove merupakan elemen yang paling banyak berperan dalam menyeimbangkan kualitas lingkungan dan menetralisir bahan- bahan pencemar.

7 Baca lebih lajut

English Introduction: This article aims to explain three centers

English Introduction: This article aims to explain three centers

Lingkungan pendidikan yang dapat memberi kontribusi bagi perkembangan anak ada tiga. Pertama, lingkungan keluarga sebagai penanggung jawab utama terpeliharanya fitrah anak. Kedua, lingkungan sekolah untuk mengembang-kan segala bakat dan potensi manusia sesuai fitrahnya sehingga manusia terhindar dari penyimpangan- penyim-pangan. Ketiga, lingkungan masyarakat sebagai wahana interaksisosial bagi terbentuk-nya nilai-nilai keagamaan dan kemasyara- katan. Dalam hal ini masyarakat berhak untuk mengisolasi, memboikot atau menerapkan pola pendidikan lainnya terhadap individu yang melakukan penyim-pangan sehingga ia kembali pada keimanan, bertaubat dan menyesali perbuatannya (An Nahlawi, 1996).
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

abstrak enzim transglutaminase

abstrak enzim transglutaminase

PERAN ENZIM TRANSGLUTAMINASE DALAM PEMBUATAN ROTI ICHDA CHAYATI Staf Pengajar Tata Boga Jurusan PKK FT UNY Abstrak.[r]

1 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN I.1 Latar Belakang Masalah - Peran Visualisasi dalam Pembelajaran

BAB I PENDAHULUAN I.1 Latar Belakang Masalah - Peran Visualisasi dalam Pembelajaran

Unsur-Unsur Elements Langkah pertama dalam mendesain sebuah tampilan visual adalah dengan mengumpulkan atau membuat ilustrasi gambar dan desain teks yang akan digunakan.. Unsur-unsur[r]

17 Baca lebih lajut

PENTINGNYA UPAYA PROMOTIF bambang kemenkes

PENTINGNYA UPAYA PROMOTIF bambang kemenkes

Bambang Sulistomo, 20 Desember 2013  Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam meme[r]

60 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...