Hasil Pengamatan Ringkasan Data Nilai Organoleptik

Top PDF Hasil Pengamatan Ringkasan Data Nilai Organoleptik:

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Data hasil penelitian pengaruh penambahan garam terhadap nilai organoleptik

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Data hasil penelitian pengaruh penambahan garam terhadap nilai organoleptik

44 abuan kornea agak keruh, insang agak kusam tanpa lendir, lapisan lendir mulai agak keruh, warna agak putih, kurang transparan, sayatan daging sedikit kurang cemerlang, spesifik jenis, di sepanjang tulang belakang masih berwarna agak putih, dinding perut utuh, bau netral tekstur agak padat agak elastis. Sedangkan untuk lama pemasaran 48 jam (B2) dan 72 jam (B3) mutu organoleptik tidak dapat memenuhi syarat (SNI, 2006c) ikan segar karena hanya memiliki nilai organoleptik 6 dan 3. Adapun karakteristik organoleptik yang diamati adalah kenampakan bola mata agak cekung, pupil berubah keabu-abuan, kornea agak keruh, insang merah agak kusam, lapisan lendir mulai keruh dan kurang transparan, sayatan daging mulai pudar, berwarna merah pucat, dinding perut lunak bau amoniak kuat, dan tekstur agak lunak. Hal ini karena garam dan es curai yang ada dalam coolbox telah melebur sehingga karakteristik organoleptik ikan tidak lagi dapat bertahan.
Show more

18 Read more

PENGARUH DATA METEOROLOGI TERHADAP NILAI KOORDINAT HASIL PENGAMATAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS)

PENGARUH DATA METEOROLOGI TERHADAP NILAI KOORDINAT HASIL PENGAMATAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS)

Satelit Global Positioning System (GPS) beredar mengelilingi bumi pada ketinggian sekitar 20.200 km (Abidin, 1995). GPS tidak terlepas dari bias dan kesalahan, salah satu sumber bias dan kesalahan dalam GPS adalah medium perambatan sinyal satelit yaitu lapisan ionosfer dan troposfer (Fahrurrazi, 2011) dalam Darnila, 2014) dan troposfer memiliki indeks bias yang berbeda-beda sehingga akan terjadi peristiwa refraksi. Perbedaan indeks bias pada lapisan troposfer disebabkan oleh perbedaan meteorologi (suhu, tekanan dan kelembapan) yang berbeda di setiap tempat. Refraksi troposfer ini dapat menyebabkan perubahan arah dan kecepatan dari sinyal satelit. Hal tersebut berefek pada hasil ukuran jarak dari satelit ke receiver di permukaan bumi (Abidin, 2001). Peristiwa refraksi troposfer ini berpengaruh terhadap nilai koordinat yang dihasilkan dari dua titik atau lebih dari pengamatan GPS. Peristiwa refraksi troposfer (bias troposfer) ini dapat di reduksi dengan melakukan penerapan pengamatan double difference, akan tetapi dari pengamatan double difference itu masih menyisakan bias yang kecil dan
Show more

9 Read more

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Data lembar observasi diambil dari dua pengamatan yaitu data pengamatan

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Data lembar observasi diambil dari dua pengamatan yaitu data pengamatan

Tes yang diberikan terdiri atas dua jenis yakni tes performan berupa praktik membaca teknik teks percakapan dan tes tulis berisi 5 pertanyaan uraian. Tes ini untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca teknik teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat. Soal dan skor soal termuat dalam lampiran. Titik tekan penilaian pada nilai praktik. Dari hasil tes yang dilakukan oleh peneliti, didapat hasil belajar sebaga iberikut :

24 Read more

Penerapan Uji F, Uji Quade dan Uji Friedman Terhadap Pengamatan Hasil Uji Organoleptik

Penerapan Uji F, Uji Quade dan Uji Friedman Terhadap Pengamatan Hasil Uji Organoleptik

Hasil analisis uji parametrik yang dibandingkan adddl berasal dari data transfonnasi yang i~~emenuhi asuinsi. Tabel 1, Tabel 2 dan Tabel 3 nlenyajikan nilai-p pengad1 perla[r]

51 Read more

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN. 4.1 Deskripsi data hasil pengamatan. data yang diperoleh melalui kuesioner.

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN. 4.1 Deskripsi data hasil pengamatan. data yang diperoleh melalui kuesioner.

4.1.1 Nilai skor rata-rata menurut variabel yang diteliti Nilai skor rata-rata dihitung menurut variabel yang diteliti untuk mengetahui perbedaan skor diantara jenis kelamin, tempat tinggal, dan lama menonton. Dari penelitian yang dilakuka, tidak tampak perbedaan yang signifikan dari hasil skor yang didapat. Berikut disajikan data tersebut :

14 Read more

Waktu Transit, Nilai Organoleptik, dan Nilai Keasaman (pH):  Hasil Tangkapan Purse Seine

Waktu Transit, Nilai Organoleptik, dan Nilai Keasaman (pH): Hasil Tangkapan Purse Seine

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara fasilitas penanganan, cara penanganan, dan waktu transit dengan kualitas ikan pada alat tangkap purse seine. pengukuran pH dan nilai organoleptik lima jenis ikan yang dominan tertangkap di atas kapal, di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebelum dilelang, dan di TPI sesaat setelah dilelang. Pengamatan juga dilakukan terhadap kondisi fasilitas dan cara penanganan di atas kapal dan di TPI dan durasi waktu sejak ikan ditangkap sampai selesai dilelang. Hubungan fasilitas penanganan, cara penanganan, dan waktu transit dengan kualitas ikan ditentukan menggunakan analisis uji t, regresi linear sederhana, dan regresi linear berganda. Lima Jenis ikan yang dominan tertangkap adalah cakalang (Katsuwonus pelamis), kembung lelaki (Rastrelliger kanagurta), kembung perempuan (Rastrelliger brachysoma), tembang (Sardinella), dan layang (Decapterus ruselli). Berdasarkan hasil analisis fasilitas penanganan di atas kapal dan di TPI, cara penanganan di TPI, dan waktu transit tidak berbeda (p>0,05). Hubungan nilai pH dengan organoleptik ikan diprediksi berdasarkan persamaan Y = 0,3978x + 2,7662; R2 = 0,9977, jika nilai organoleptik (X) = 0 maka nilai pH (Y) = 2,7662. Fasilitas penanganan di atas kapal (X1), cara penanganan di atas kapal (X3), dan waktu transit (X5) menentukan kualitas (organoleptik) sebesar 17,1% dengan persamaan regresi Y = 7,293 - 0,1461X1 + 0,0193 X3 + 0,1265X5 ;R2 = 0,171, sedangkan kualitas (pH) ditentukan hanya sebesar 4,4% oleh fasilitas penanganan di atas kapal (X1), cara penanganan di atas kapal (X3), dan waktu transit (X5) dengan persamaan Y = 5,697 - 0,0761 X1 + 0,1233X3 + 0,0125X5 ; R2 = 0,044, sedangkan 95,6% dipengaruhi variabel lain..
Show more

13 Read more

V HASIL DAN PEMBAHASAN. pengamatan tersebut diberikan nilai skor berdasarkan kelompok hari moulting. Nilai

V HASIL DAN PEMBAHASAN. pengamatan tersebut diberikan nilai skor berdasarkan kelompok hari moulting. Nilai

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan moulting kepiting bakau tertinggi diperoleh pada perlakuan A (kepadatan 4 ekor) dengan rata-rata skoring 0,75, sedangkan kecepatan moulting paling lambat pada perlakuan K (kepadatan 1 ekor) dengan rata-rata skor 0,00. Hasil analisis statistik data kecepatan moulting kepiting bakau diketahui bahwa tidak terjadi perbedaan kecepatan moulting kepiting bakau sebagai akibat perlakuan kepadatan yang berbeda. Hal ini diduga karena pengaruh media pemeliharaan selama penelitian dilakukan di tempat yang sama, sehingga kualitas air yang didapatkan masing- masing perlakuan menjadi sama. Pada saat terjadi proses pergantian kulit (moulting), kepiting memproduksi hormon moulting (ecdysteroid) dengan jumlah yang banyak untuk melepaskan cangkang lamanya. Secara tidak langsung hormon tersebut juga akan lepas di perairan tambak dan mempengaruhi kepiting lain untuk memproduksi hormon moulting juga (Thomton et al., 2006). Dengan demikian terjadinya proses moulting pada kepiting bakau tersebut hampir bersamaan dengan perbedaan waktu beberapa hari (Widaningroem dan Isnansetyo, 1998). Selain itu kepadatan dalam pemeliharaan kepiting juga berpengaruh terhadap terjadinya proses moulting, hal ini disebabkan jika kepadatan terlalu tinggi maka dapat menimbulkan stress karena adanya kompetisi ruang gerak kepiting, sehingga pergantian kulit kepiting menjadi lebih cepat (Saha et al., 2000).
Show more

19 Read more

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Tabel 4.1 Ringkasan Hasil Penghitungan Nilai Rata-rata dan Simpangan Baku Seluruh Data Penelitian

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Tabel 4.1 Ringkasan Hasil Penghitungan Nilai Rata-rata dan Simpangan Baku Seluruh Data Penelitian

Bakat merupakan potensi yang dimiliki setiap individu atau siswa, sehingga hal ini menentukan cepat lambatnya siswa dalam menerima setiap tugas gerak yang diberikan. Seperti yang diungkapkan Munandar (1987:17) bakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih agar dapat terwujud. Dari penjelasan tersebut maka dapat diartikan bagi siswa yang memiliki bakat tinggi maka akan cepat menguasai suatu keterampilan dibandingkan dengan siswa yang kurang berbakat. Dari unsur- unsur yang dijelaskan diatas diduga saling berkaitan satu sama lain dan akan mempengaruhi terhadap hasil penelitian.
Show more

17 Read more

RINGKASAN EKSEKUTIF. Pengamatan Iklim Investasi di Indonesia selama Tahun 2005

RINGKASAN EKSEKUTIF. Pengamatan Iklim Investasi di Indonesia selama Tahun 2005

Sejak awal pertengahan tahun 2005 LPEM-FEUI setiap semester melakukan pengamatan iklim usaha. Tujuan dari studi ini adalah untuk menghasilkan seperangkat indikator yang secara cepat dapat digunakan oleh pembuat kebijakan untuk merubah, menyesuaikan ataupun merancang kebijakan baru sesuai dengan perkembangan terbaru di lapangan. Untuk dapat mempunyai nilai guna yang tinggi, seperangkat indikator tersebut sebaiknya mempunyai sifat- sifat: mudah dimengerti, mudah diukur secara berkala, mencakup lima area prioritas yaitu perpajakan, kepabeanan, infrastruktur, regulasi tenaga kerja dan kebijakan investasi. Data mentah studi ini diperoleh dari wawancara terhadap 500 perusahaan manufaktur yang dipilih secara acak di lima aglomerasi industri di Indonesia – Medan, Jabotabek, Semarang, Surabaya dan Makassar.
Show more

5 Read more

-NILAI ORGANOLEPTIK KEFIR HASIL FORTIFIKASI UBI UNGU PADA PROSES FERMENTASI SUSU SELAMA PENYIMPANAN.

-NILAI ORGANOLEPTIK KEFIR HASIL FORTIFIKASI UBI UNGU PADA PROSES FERMENTASI SUSU SELAMA PENYIMPANAN.

Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar E-mail: wulanyanthi@gmail.com RINGKASAN Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak dan Mikrobiologi Fakultas Peternakan Universitas Udayana selama tiga bulan dari Tanggal 21 Februari sampai dengan 22 Mei 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi respon panelis terhadap kefir yang difortifikasi tepung ubi ungu dengan konsentrasi 4% serta menentukan waktu simpan terbaik melalui respon panelis dari segi warna, aroma, kekentalan, citarasa, dan penerimaan keseluruhan.
Show more

31 Read more

NILAI ORGANOLEPTIK KEFIR HASIL FORTIFIKASI UBI UNGU PADA PROSES FERMENTASI SUSU SELAMA PENYIMPANAN

NILAI ORGANOLEPTIK KEFIR HASIL FORTIFIKASI UBI UNGU PADA PROSES FERMENTASI SUSU SELAMA PENYIMPANAN

Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Denpasar E-mail: wulanyanthi@gmail.com RINGKASAN Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak dan Mikrobiologi Fakultas Peternakan Universitas Udayana selama tiga bulan dari Tanggal 21 Februari sampai dengan 22 Mei 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi respon panelis terhadap kefir yang difortifikasi tepung ubi ungu dengan konsentrasi 4% serta menentukan waktu simpan terbaik melalui respon panelis dari segi warna, aroma, kekentalan, citarasa, dan penerimaan keseluruhan.
Show more

19 Read more

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. pembahasannya. Data penelitian terdiri dari : 1. Data pengamatan keterampilan stategi inkuiri

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. pembahasannya. Data penelitian terdiri dari : 1. Data pengamatan keterampilan stategi inkuiri

Data tabel di atas ternyata menunjukkan bahwa keterampilan strategi inkuiri siswa masih rendah karena hal ini didapat dari nilai hasil keterampilan bertanya 13,3 % dan menanggapi pertanyaan 6,7 %. Hal ini disebabkan karena kurang terbiasa dan cenderung bekerja secara sendiri-sendiri.

25 Read more

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. performen yang berupa tes lisan dan data lembar pengamatan (observasi). Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. performen yang berupa tes lisan dan data lembar pengamatan (observasi). Data

Topik 72,03% Tinggi 11 Persentase aspek expresi 71,42% Tinggi Berdasarkan tabel diatas diperoleh nilai rata-rata tes siswa adalah 74 dan ketuntasan belajar mencapai 83,33% dengan 35 siswa dari 42 siswa sudah tuntas belajar. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan metode langsung dalam pembelajaran Bahasa Arab kompetensi berbicara pada siklus II ini mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I. Secara klasikal nilai yang dicapai siswa sudah tuntas dan tingkat keberhasilannyapun dikategorikan tinggi atau baik. Karena siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebesar 83,33% lebih besar dari persentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar 75%.
Show more

24 Read more

Lampiran I Data Pengamatan 1.1 Data Hasil Pengamatan Bahan Baku

Lampiran I Data Pengamatan 1.1 Data Hasil Pengamatan Bahan Baku

Gambar Pencampuran Perekat dan Gambar Bahan Baku Yang Telah Bahan Baku Dicampurkan Perekat.. 58[r]

17 Read more

LAMPIRAN A DATA HASIL PENGAMATAN

LAMPIRAN A DATA HASIL PENGAMATAN

Kompos Pelet dengan Menggunakan Aktivator (Sridek), Kadar Perekat 0%.. UAk-0529.[r]

20 Read more

LAMPIRAN A DATA HASIL PENGAMATAN PENELITIAN

LAMPIRAN A DATA HASIL PENGAMATAN PENELITIAN

Kadar Abu yang diperbolehkan untuk serbuk simplisia daun mengkudu adalah tidak.. lebih dari 12% (DepKes RI.[r]

15 Read more

Pembahasan Data Hasil Pengamatan Suhu Pa

Pembahasan Data Hasil Pengamatan Suhu Pa

Pembahasan Data Hasil Pengamatan Suhu Pada Termometer Bola Kering (Dry) dan Evaporasi Data yang di dapat dari hasil pengamatan selama 7 hari menunjukan untuk suhu tertinggi mencapai yang[r]

1 Read more

LAMPIRAN Lampiran 1 Data Hasil Pengamatan

LAMPIRAN Lampiran 1 Data Hasil Pengamatan

Hasil pengujian kadar air dari penelitian ini berupa data mentah yang di uji dilabotarium Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP)... Kadar Abu.[r]

19 Read more

Lampiran 1: Data Mentah Pengamatan Sebelum Dianalisis. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan, diperoleh data sebagai berikut:

Lampiran 1: Data Mentah Pengamatan Sebelum Dianalisis. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan, diperoleh data sebagai berikut:

Gambar 6: Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Tomat Pengaruh Media dan Pupuk (tanaman tomat umur 45 hari setelah tanam) yang Mulai Tumbuh Bunga.. Gambar 7: Pertumbuhan dan Perkembangan[r]

27 Read more

LAPORAN HASIL PENGAMATAN PENGAMATAN BERB

LAPORAN HASIL PENGAMATAN PENGAMATAN BERB

Sel Epitel memiliki adalah sel hidup karena memiliki Inti sel dan Sel dalam tubuh kita iitu berbeda bentuk karena mempunyai fungsi,struktural,hereditas, dan reproduksi yang berbeda pada[r]

6 Read more

Show all 10000 documents...