Penguasaan Kosa Kata

Top PDF Penguasaan Kosa Kata:

JURNAL PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA ADAPTIF TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA ANAK TUNAGRAHITA RING

JURNAL PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA ADAPTIF TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA ANAK TUNAGRAHITA RING

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One group pre test- post test design, yang mana sekelompok subjek dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu, dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukura nawal (pre test )dan pengukuan akhir (post test) . Populasinya adalah seluruh anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Harmony Surakarta yang berjumlah 4 siswa. Sampel dalam penelitian ini tidak digunakan karena jumlah populasinya kecil, sehingga semua siswa dijadikan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes objektif berbentuk benar tidak untuk mengukur penguasaan kosa kata.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI MELALUI METODE LAGU   Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di TK Bina Putra Sanggrahan Tahun Ajaran 2010/2011.

PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI MELALUI METODE LAGU Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di TK Bina Putra Sanggrahan Tahun Ajaran 2010/2011.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Inggris, yaitu sebelum tindakan 46%, siklus I pertemuan pertama 55%, pertemuan kedua 100%. Siklus II pertemuan pertama 95%, dan pertemuan kedua 95%. Siklus III pertemuan pertama 86%, pertemuan kedua 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode lagu (song) dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

12 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS TERJEMAH ARAB SUNDA TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB.

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS TERJEMAH ARAB SUNDA TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB.

Penelitian ini berawal dari masalah masih rendahnya penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa. Permasalahan ini menurut interpretasi penulis dapat diminimalisir dengan memaksimalkan aspek penggunaan bahasa dalam lingkungan pembelajaran. Karena itu penulis melakukan pengembangan bahan ajar bernama Bahan Ajar Interaktif Berbasis Terjemah Arab Sunda kemudian menguji efektifitasnya terhadap penguasaan kosa kata bahasa Arab.

57 Baca lebih lajut

PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA PADA MATERI FOOD AND DRINK SISWA KELAS IV MI PSM MERAK BLARU KEDIRI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD.

PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA PADA MATERI FOOD AND DRINK SISWA KELAS IV MI PSM MERAK BLARU KEDIRI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD.

orang-orang yang berbeda latar belakang budaya dan kenegaraan, bahasa Inggris menjadi pilihan utama yang sering dipakai dalam melakukan komunikasi. Adanya pemahaman bahasa Inggris sebagai Bahasa asing mengharuskan siswa untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam proses pembelajarannya. Agar komunikasi yang dilakukan bisa menjadi jelas dan mudah dipahami, siswa harus menguasai empat aspek kemampuan berbahasa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat aspek tersebut tidak dapat tercapai tanpa penguasaan kosa kata yang memadai. Semakin banyak kosa kata yang dikuasai seseorang maka akan semakin baik pula komunikasi yang dilakukannya. Salah satu aspek penting yang harus dikuasai siswa dalam penguasaan kosa kata adalah keterampilan menulis. Selain dapat mengucapkan setiap kosa kata dengan pengucapan yang benar, siswa juga dituntut untuk dapat menuliskan setiap kosa kata dengan ejaan yang tepat.
Baca lebih lanjut

96 Baca lebih lajut

PENGGUNAAN MEDIA WAYANG JAWA DENGAN TOKOH PUNAKAWAN DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INDONESIA ANAK USIA DINI.

PENGGUNAAN MEDIA WAYANG JAWA DENGAN TOKOH PUNAKAWAN DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INDONESIA ANAK USIA DINI.

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia anak kelompok B TK Ihsaniyah 2 kota Tegal. Permasalahan yang ditemukan adalah beberapa anak kelompok B belum dapat menyebutkan kosa kata umum dan khusus seperti kata benda dan kata sifat. Pada saat bercerita (berbagi pengalaman) anak masih belum dapat membedakan kata yang termasuk ke dalam kata benda, kata sifat dan kata kerja. Lokasi TK Ihsaniyah 2 kota Tegal yang terletak dekat dengan pantai, sehingga bahasa yang sering digunakan sehari-hari oleh anak adalah bahasa Tegalan sehingga membuat kosa kata khususnya bahasa Indonesia anak rendah. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran kurang bervariasi dan media yang digunakan guru kurang kreatif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Indonesia anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimanakah kondisi objektif penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia anak di TK Ihsaniyah 2? (2) Bagaimana penggunaan media Wayang Jawa untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia anak TK Ihsaniyah 2? (3) Bagaimanakah peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia anak TK Ihsaniyah 2 setelah penggunaan media Wayang Jawa? Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang meningkatnya penguasaan kosa kata bahasa Indonesia anak Taman Kanak-kanak melalui penggunaan media Wayang Jawa tokoh Punakawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan datan yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini anak kelompok B TK Ihsaniyah 2 kota Tegal yang berjumlah 12 orang anak. Kemampuan kosa kata bahasa Indonesia anak setelah dilakukan tindakan menunjukkan adanya peningkatan yang cukup tinggi, terlihat pada kemampuan yang berhasil dijawab oleh anak dengan baik. Hasil nilai yang diperoleh anak pada siklus 2, yang mendapat nilai baik sebanyak 73,5%, nilai cukup 26,5% dan nilai kurang 0 atau tidak ada. Rekomendasi bagi guru dalam penggunaan media Wayang Jawa tokoh Punakawan, guru harus mengetahui langkah-langkah dalam penggunaan media Wayang Jawa tokoh Punakawan dan harus kreatif dalam membuat suatu media Wayang Jawa tokoh Punakawan sesuai dengan tema pembelajaran.
Baca lebih lanjut

54 Baca lebih lajut

PENGARUH PENGGUNAAN PROGRAM PEMBELAJARAN KOMPUTER TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA SUNDA ANAK USIA DINI.

PENGARUH PENGGUNAAN PROGRAM PEMBELAJARAN KOMPUTER TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA SUNDA ANAK USIA DINI.

Penelitian ini di latarbelakangi oleh suatu permasalahan dimana kurangnya penguasaan kosa kata Bahasa Sunda anak kelompok B di TK Kartika X-I. Permasalahan tersebut menuntut perlunya sebuah media yang dapat memotivasi dan mengembangkan kemampuan penguasaan kosa kata Bahasa Sunda Anak Usia Dini. Salah satu alternativ yaitu melalui program pembelajaran komputer (software). Software Bahasa Sunda ini merupakan salah satu media yang di rancang untuk dapat membantu anak dalam penguasaan kosa kata dasar Bahasa Sunda Anak Usia Dini melalui game. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, yaitu (1) Bagaimana kondisi objektif pada kelompok kontrol dan eksperimen penguasaan kosa kata warna, bilangan dan benda Bahasa Sunda sebelum menggunakan program pembelajaran komputer Bahasa Sunda (2) Bagaimana penguasaan kosa kata kata warna, bilangan dan benda Bahasa Sunda sesudah diterapkannya program pembelajaran komputer Bahasa Sunda pada kelompok eksperimen. (3) Apakah terdapat pengaruh atau peningkatkan setelah menggunakan program pembelajaran komputer Bahasa Sunda untuk meningkatkan kosa kata warna, bilangan dan benda Bahasa Sunda pada anak kelompok eksperimen. Adapun tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atau peningkatkan setelah menggunakan program pembelajaran komputer kosa kata warna, bilangan dan benda. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, subjek penelitiannya yaitu anak kelompok B1(eksperimen) dan anak kelompok B2 (kontrol) di TK Kartika X-1 Bandung. Kelompok yang di beri treatment program pembelajaran komputer adalah kelompok B1 (eksperimen) sedangkan kelompok B2 (kontrol) menggunakan metode konvesional. Adapaun data yang akan diperoleh merupakan hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Peneliti melakuan pretest dan posttest terhadap kedua kelompok dan akan dibandingkan peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Sunda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh program pembelajaran Bahasa Sunda terhadap penguasaan Kosa Kata Bahasa Sunda pada kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen mendapatkan rata-rata sebesar 77,4% sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 61,40%.
Baca lebih lanjut

55 Baca lebih lajut

EFEKTIFITAS PERMAINAN BELAJAR BINGO DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR   Efektifitas Permainan Belajar Bingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Ganten, Kecamatan Kerjo, Kabupa

EFEKTIFITAS PERMAINAN BELAJAR BINGO DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Efektifitas Permainan Belajar Bingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Ganten, Kecamatan Kerjo, Kabupa

Tabel 2.1 Persamaan dan Perbedaan Variabel Penelitian …………………………12 Tabel 3.1 Daftar Dewan Guru SD Negeri 02 Ganten ……………………………..15 Tabel 3.2 Alokasi Waktu Penelitian ………………………………………………16 Tabel 4.1 Daftar Nilai Awal Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Kelas III

14 Baca lebih lajut

PENGARUH PENGUASAAN KOSA KATA DAN PEMAHAMAN KALIMAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI

PENGARUH PENGUASAAN KOSA KATA DAN PEMAHAMAN KALIMAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI

Dari uraian yang dikemukakan di atas menunjukkan bahwa masalah kurangnya penguasaan bahasa Indonesia disebabkan oleh sikap apriori bagi siswa terhadap bahasa Indonesia; mereka cenderung konservatif, statis, dan kurang men- dalaminya tetapi sudah mampu meng- gunakannya dalam komunikasi sehari-hari. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap penguasaan kosa kata, pemahaman kalimat, dan keterampilan menulis narasi. Kemungkinan-kemungkinan tadi yang akan digunakan oleh penulis untuk menjadi variabel yang dapat dibuktikan lewat analisis ilmiah. Analisis tersebut memberi gambaran kepada kita tentang ada atau tidaknya pengaruh di antara masalah- masalah yang diuraikan di atas.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB  DENGAN PENGGUNAAN  Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Penggunaan Media Gambar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII A Kulliyatul Mu’allimin Al-I

PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENGGUNAAN Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Penggunaan Media Gambar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII A Kulliyatul Mu’allimin Al-I

Media gambar adalah suatu gambar yang berkaitan dengan materi pelajaran yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dari guru kepada siswa. Keberhasilan suatu proses pembelajaran tidak terlepas dari peran media di dalamnya, sebab alat atau media pendidikan merupakan suatu bagian integral dari proses pendidikan di sekolah. Di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam, proses penguasaan kosa kata bahasa Arab masih kurang efektif serta belum dapat memanfaatkan media pembelajaran secara baik dan masih menggunakan cara-cara konvensional sehingga minat belajar siswa dalam bahasa Arab menjadi berkurang. Hal ini menuntut guru untuk lebih kreatif dengan menggunakan metode yang dapat menarik peserta didik.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Pengaruh Auditori Verbal Therapy Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pendengaran

Pengaruh Auditori Verbal Therapy Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pendengaran

Mempertimbangkan karakteristik pada anak-anak tunarungu dan hambatannya dalam penguasaan kosa kata sebagai alat berkomunikasi, maka mengacu pada beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Istiqomah (2010), Dornan dkk (2009), Aribowo (2008), dan Miseri (2004), bahwa Auditory- Verbal Therapy(AVT) dipandang cukup efektif. AVT adalah terapi untuk anak tuli dan sulit mendengar agar anak-anak dapat tumbuh dalam lingkungan belajar yang teratur, memungkinkan mereka untuk menjadi mandiri, berpartisipasi, dan memberikan kontribusi warga dalam masyarakat. AVT mengajarkan anak untuk mengembangkan keterampilan self monitoring. Anak belajar untuk mendengarkan suaranya sendiri serta orang lain selama percakapan alami sehingga meningkatkan kualitas suara alam. Orangtua dalam program AVT tidak perlu belajar bahasa isyarat, karena AVT menggunakan dan mendorong peng- gunaan maksimum dari pendengaran, dan menekankan mendengarkan daripada me- nonton. AVT menggunakan pendekatan tim untuk terapi yang memungkinkan untuk lingkungan pendidikan yang lebih lengkap.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Penguasaan Kosa Kata Dan Kemampuan Memba (1)

Penguasaan Kosa Kata Dan Kemampuan Memba (1)

Penelitian ini mengambil populasi siswa kelas 1 SMUK 5 BPK PENABUR, Jakarta. Sampel yang dipergunakan berjumlah 36 siswa yang diambil secara acak sederhana. Instrumen penelitian untuk penguasaan kosa kata berupa tes obyektif berjumlah 25 butir soal pilihan ganda dengan 5 butir pilihan, sedangkan untuk kemampuan membaca berupa tes obyektif berjumlah 15 soal pilihan ganda dengan 5 pilihan. Penelitian dilaksanakan pada akhir cawu 3 tahun ajaran 2000/2001 , mengambil tempat di kelas 1 SMUK 5 BPK PENABUR Jakarta.

7 Baca lebih lajut

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSA KATA DAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE MEMBACA DIALOGIS MELALUI MEDIA GAMBAR.

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSA KATA DAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE MEMBACA DIALOGIS MELALUI MEDIA GAMBAR.

Lingkungan memang seringkali memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perkembangan potensi anak, baik kognitif, sosial, emosi, bahkan perkembangan moral. Kontribusi adalah sumbangan yang ada atau timbul dari sesuatu (manusia dan benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan dan perbuatan seseorang.(Balai Pustaka,1984:664). Kontribusi sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yaitu contribution, yang artinya sumbangan atau iuran/ daya dukung. (W.J.S. Poerwadarminta,1993: 154). Jadi, seberapa besar kontribusi lingkungan terhadap perkembangan moral anak tentu akan ditentukan pula oleh seberapa besar usaha lingkungan yang dilakukan oleh berbagai pihak.
Baca lebih lanjut

88 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSA KATA DAN

HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSA KATA DAN

Penguasaan kosakata bukan hanya sekedar mengerti arti secara harfiah tetapi juga arti secara pragmatik, sesuai dengan konteks kalimatnya. Berbicara tentang makna kata, Gorys Keraf (1986: 25) menyatakan bahwa makna kata dapat diartikan sebagai hubungan antara bentuk dengan hal atau barang yang diwakilinya, sedangkan menurut Henry Guntur Tarigan (1993: 60) membagi makna kata menjadi makna khusus dan makna umum. Makna kata dalam suatu kalimat akan mengalami perubahan. Menurut Leo Indra Ardiana dkk. (2002: 36) perubahan makna dapat terjadi karena: (1) faktor kebahasaan, yang berkaitan dengan proses morfologis dan sintaksia dan (2) faktor nonkebahasaan berkaitan dengan waktu, tempat, dan sosial.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA DALAM  PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENGGUNAAN   Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Penggunaan Media Gambar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII A Kulliyatul Mu’allimin Al-

PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENGGUNAAN Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Penggunaan Media Gambar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII A Kulliyatul Mu’allimin Al-

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi yang berjudul: Peningkatan Penguasaan Kosa Kata dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Penggunaan Media Gambar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII A Kulliyatul Mu’allimin Al -Islamiyyah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tegalsari

19 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS KELAS SATU BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA.

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS KELAS SATU BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA.

Data dikumpulkan melalui teknik survey, dokumentasi, kuesioner, teknik wawancara dan uji coba terbatas pada hasil pengembangan draft. Survey dengan teknik wawancara dilakukan untuk memperoleh pendapat-pendapat dari para nara sumber mengenai permasalahan yang dihadapi oleh para guru bahasa Inggris di Kabupaten Bandung Barat saat ini terutama dalam bahan ajar bahasa inggris SD kelas satu sehingga diketahui bagaimana situasi dan kondisi pembelajaran yang saat ini terjadi di lapangan, teknik dokumentasi untuk memperoleh sumber- sumber literatur yang akan mendukung kajian terhadap teori yang akan dipergunakan serta untuk memperoleh deskripsi materi pengembangan bahan ajar berbasis lingkungan secara rasional dan tersrtuktur serta memiliki nilai validitas yang tinggi. Teknik kuesioner dipergunakan untuk memperoleh penilaian dan masukan dari para ahli terhadap desain bahan ajar yang dirancang oleh peneliti. Sedangkan uji coba terbatas pada hasil pengembangan produk yang telah dilakukan validasi oleh para ahli dan revisi sebelumnya dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi apakah bahan ajar yang dikembangkan tersebut lebih efektif dan efisien dalam meningkakan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dibandingkan bahan ajar yang lain.
Baca lebih lanjut

56 Baca lebih lajut

ANALISIS KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSA KATA BARU PADA ANAK POS PAUD MUTIARA SEMARANG MELALUI METODE GLENN DOMAN ipi6985

ANALISIS KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSA KATA BARU PADA ANAK POS PAUD MUTIARA SEMARANG MELALUI METODE GLENN DOMAN ipi6985

Setiap manusia diharapkan mampu menguasai keempat kemampuan berbahasa secara urut, mulai dari menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di dalam sebuah artikel disebutkan bahwa membaca merupakan salah satu fungsi tertinggi otak manusia dari semua makhluk hidup di dunia. Membaca juga merupakan fungsi yang paling penting dalam hidup. Hampir semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Anak-anak dapat membaca sebuah kata ketika usia mereka satu tahun, sebuah kalimat ketika berusia dua tahun, dan sebuah buku ketika berusia tiga tahun dan mereka menyukainya. (http://dranak.blogspot.com/2006/06/mengajar-bayi-anda-membaca-metode.html). Tahun 1961, satu tim ahli dunia yang terdiri atas, dokter, spesialis membaca, ahli bedah otak dan psikolog mengadakan penelitian "Bagaimana otak anak-anak berkembang?". Penelitian tersebut mendapati bahwa ternyata anak yang mengalami cidera otak-pun dapat membaca dengan baik pada usia tiga tahun atau bahkan lebih muda lagi. Jadi dapat disimpulkan kalau ada sesuatu yang salah pada apa yang sedang terjadi pada anak-anak sehat jika di usia ini mereka belum bisa membaca dengan lancar.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

STUDI KORELATIF PENGARUH PENGUASAAN KOSA (1)

STUDI KORELATIF PENGARUH PENGUASAAN KOSA (1)

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam era yang semakin mengglobal ini, tak dapat dipungkiri bahwa kemampuan dalam membaca bahasa inggris sangat penting dalam ilmu pendidikan. Namun demikian tidak sedikit siswa yang prestasi membaca bahasa inggris yang belum memadai. pada umumnya membaca materi atau majalah bahasa inggris kurang disenangi pelajar, lebih-lebih, kalau topiknya tidak menarik minat pelajar, hal ini terlihat pada saat pelajar mengerjakan ulangan bahasa inggris, mereka cenderung mengerjakan soal- soal yang lain terlebih dahulu ketimbang soal-soal mengenai bahasa inggris, sebab ada banyak pelajar yang tidak memiliki penguasaan kosa kata bahasa inggris yang cukup untuk memahami isi wacana tersebut.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris melalui Metode Demonstrasi

Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris melalui Metode Demonstrasi

Penulis mendeskripsikan hasil kerja mahasiswa berdasarkan prestasi penguasaan kosa kata dengan menggunakan metode demonstrasi. Seberapa jauh mahasiswa dapat menangkap makna dari tes penguasaan kosa kata yang diberikan sehingga dapat dilihat kemampuan mahasiswa dalam penguasaan kosakata yang telah diikuti dengan menggunakan metode demonstrasi. Para mahasiswa dapat menyatakan memahami jika mahasiswa dapat memilih dengan benar jenis kosa kata atau arti kosakata tersebut sesuai dengan konteksnya. Dalam hal ini penulis dapat mengevaluasi peningkatan kosa kata menggunakan materi prosedur melalui metode demonstrasi. Diskusi pencapaian kosakata mahasiswa sebelum melakukan eksperimen dengan menerapkan metode demonstrasi untuk semester empat mahasiswa Prodi Bahasa Inggris STKIP PGR Nganjuk pada tahun akademik 2016/2017.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Students` perception on vocabulary weekly tests in the first grade of SMP Joannes Bosco Yogyakarta.

Students` perception on vocabulary weekly tests in the first grade of SMP Joannes Bosco Yogyakarta.

Para siswa setuju bahwa implementasi tes kosa kata secara mingguan tidak hanya meningkatkan penguasaan kosa kata mereka tetapi juga membantu mereka untuk lebih memahai materi bahasa Inggris. Namun demikian para siswa menyarankan agar para guru memperhitungkan jumlah soal dan waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal tes. Para guru sebaiknya juga tidak mengulangi materi yang telah diberikan supaya para siswa tidak bosan.

Baca lebih lajut

22. ARTIKEL PENELITIAN kinship

22. ARTIKEL PENELITIAN kinship

(2) Berdasarkan analisis dari data yang ada dapat diketahui bahwa Bahasa Jawa yang digunakan untuk berkomunikasi antara para warga kerabat dari trah HB VII adalah bahasa Jawa Ngoko, bahasa Jawa Madya, dan bahasa Jawa Krama Inggil yang semuanya beretnis Jawa. Bahasa Jawa Ngoko yang digunakan pada warga kerabat trah HB VII adalah bahasa Jawa Ngoko lugu dan Ngoko alus. Ngoko lugu kosa kata yang digunakan semua kosa kata Ngoko, sedangkan Ngoko alus ada kosa kata tertentu yakni kosa kata kata ganti dan kosa kata kerja digunakan kosa kata Krama Inggil;
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...