Perbudakan di Yunani Kuno

Top PDF Perbudakan di Yunani Kuno:

PERADABAN YUNANI KUNO DIBIDANG EKONOMI

PERADABAN YUNANI KUNO DIBIDANG EKONOMI

Pada masa Yunani Kuno sudah ada teori dan pemikiran tentang uang, bunga, jasa tenaga kerja manusia dari perbudakan dan perdagangan. Bukti tentang itu dapat dilihat dari buku Respublika yang ditulis Plato (427-347 SM) sekitar 400 tahun sebelum Masehi. (Deliarnov, 2003: 12). Karena dia yang melahirkan pemikiran paling awal tentang perekonomian, maka pemikirannya tentang praktek ekonomi banyak dipelajarai orang. Hanya sayang, walau Plato ada membahas masalah-masalah ekonomi, tetapi pembahasan itu tidak dilakukan secara khusus, melainkan sejalan dengan pemikiran tentang bentuk suatu masyarakat sempurna, atau sebuah utopia.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

37544048 Arsitektur Yunani Kuno dan

37544048 Arsitektur Yunani Kuno dan

Setelah periode awal berlalu, maka munculah periode Hellenic ( 800-323 SM ). Pada periode ini pemerintah Yunani belum terpusat, dimana masih terdiri dari Negara-negara kota yang berdiri sendiri. Bahkan sering terjadi peperangan diantara mereka. Phillip Macedon merupakan pelopor peperangan dan pengusiran kaum Persia dari Aegean dan menolong Yunani keluar dari perbudakan. Pertempuran Chefoneiah pada 338 SM merupakan awal jaman baru bagi Yunani, saat itu masyarakat tumbuh dengan sendirinya, independent serta kota-kota besar ditingkatkan sebagai unit otonomi, yang mandiri. Akibatnya ide dan gagasan dari pemerintah sering kali tidak didengar bahkan ditentang. Inilah situasi yang terjadi pada periode Hellenic.
Baca lebih lanjut

42 Baca lebih lajut

SEJARAH PERADABAN YUNANI KUNO dan

SEJARAH PERADABAN YUNANI KUNO dan

Sistem pemerintahan di Athena diatur oleh seorang negarawan yang bernama Solon (594 SM). Aturan yang dibuat oleh Solon merupakan pengganti undang-undang buatan Draconia yang ditentang oleh orang-orang golongan bawah dengan alasan merasa dirugikan. Untuk menghindari pertumpahan darah, Solon mengatur perubahan undang- undang yang telah ada dengan cara menghapus sistem perbudakan, memberi lahan garapan baru kepada budak

12 Baca lebih lajut

Diplomasi di Era Yunani Kuno

Diplomasi di Era Yunani Kuno

Setelah sebelumnya penulis menjabarkan sedikit tentang sejarah serta perkembangan diplomasi pada era Mesopotamia, kali ini penulis akan membahas bab selanjutnya mengenai sejarah dan perkembangan diplomasi pada era Yunani. Berbeda dengan era Mesopotamia yang pada era tersebut kegiatan-kegiatan diplomatik dilakukan pihak-pihak kerajaan, pada era Yunani ini kegiatan-kegiatan diplomatik melibatkan para dewa dari bangsa di Yunani yaitu, dewa dari bangsa Olympia, Hermes, serta juga melibatkan dewa Zeus yang bertindak sebagai raja para dewa Yunani (Roy, 1995). Dalam mitologi Yunani, terdapat orang yang bertugas sebagai utusan atau pembawa berita, pembawa berita ini biasa disebut dengan heralds. Heralds dalam sejarah diplomasi era Yunani dianggap sebagai orang kepercayaan yang berasal dari ras suci yaitu ras Hermes (Karavites, 1987).
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

Sejarah Konstitusi Yunani Kuno   Modern

Sejarah Konstitusi Yunani Kuno Modern

Pengaitan yang bersifat analogis antara organisasi negara dan organisme manusia tersebut, menurut W.L. Newman, memang merupakan pusat perhatian (center of inquity) dalam pemikiran politik di kalangan para filosof Yunani kuno. Dalam bukunya The Laws (Nomoi), Plato menyebutkan bahwa “Our whole state is an imitation of the best and noblest life”. Socrates dalam bukunya Panathenaicus ataupun dalam Areopagiticus menyebut bahwa “the politeia is the ‘soul of the polis’ with power over it like that of the mind over the body”. Keduanya sama-sama menunjuk kepada pengertian konstitusi. Demikian pula Aristoteles dalam bukunya Politics mengaitkan pengertian kita tentang konstitusi dalam frase “in a sense the life of the city” 3
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Sejarah Seni Rupa Yunani Kuno

Sejarah Seni Rupa Yunani Kuno

Pada tahun 300-an SM, yang disebut periode Hllenistik, ada banyak jenis arsitektur baru. Kuil mulai kurang diperhatikan. Orang Yunani lebih banyak membangun teater di seluruh dunia Yunani. Selain itu, perencanaan kota juga menjadi lebih matang, jalanan dirancang terlebih dahulu untuk dibuat lurus, berbeda dengan dulu ketika jalanan dibuat tanpa perencanaan dan dibuat begitu saja sesuai dengan lokasi.

7 Baca lebih lajut

Sebuah Tinjauan Dari Masa Yunani Kuno sa

Sebuah Tinjauan Dari Masa Yunani Kuno sa

Konsep pengertian atau pemahaman (understanding) juga bisa diterapkan untuk memahami realitas sosial. Inilah yang kiranya menjadi argumen utama Wilhelm Dilthey, seorang filsuf ilmu-ilmu sosial yang hidup pada abad ke-19. Di dalam proses memahami realitas sosial, setiap bentuk tindakan dan ekspresi seseorang selalu mencerminkan apa yang dihayatinya di dalam kehidupan. Inilah yang disebut Dilthey sebagai pengalaman hidup (life experience). Pengalaman hidup tersebut dapat dipahami melalui proses rekonstruksi ulang yang dilakukan peneliti melalui penelitiannya. Maka dari itu menurut saya, searah dengan penelitian Dilthey, ilmu-ilmu sosial tidak dapat menggunakan metode ilmu-ilmu alam, karena tujuan ilmu-ilmu alam bukanlah memami pengalaman hidup, melainkan mengkalkulasi, mengeksploitasi, dan memprediksi fenomena alamiah. Konsep pengertian sendiri memang sudah tertanam di dalam tradisi hermeneutika sejak lama. Di dalam tradisinya hermeneutika berfokus pada upaya untuk memahami teks-teks kuno, terutama teks kitab suci. Konsep hermeneutika Gadamer juga berakar pada tradisi tafsir teks-teks kitab suci ini.
Baca lebih lanjut

65 Baca lebih lajut

Perkembangan ilmu pada masa yunani kuno

Perkembangan ilmu pada masa yunani kuno

Filsafat Yunani yang rasional itu boleh dikatakan berakhir setelah Aristoteles menuangkan pemikirannya. Akan tetapi sifat rasional itu masih digunakan selama berabad-abad sesudahnya, sampai sebelum filsafat benar-benar memasuki dan tenggelam pada abad pertengahan. Namun jelas, setelah periode Socrates, Plato dan Aristoteles mutu filsafat semakin merosot. Kemunduran filsafat itu sejalan dengan kemunduran politik pada waktu itu, yaitu sejalan dengan terpecahnya kerajaan Macedonia menjadi pecahan-pecahan kecil imperium besar yang dibangun oleh Alexander the Great kemudian Alexander meninggal dunia.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

sejarah peradaban yunani kuno docx

sejarah peradaban yunani kuno docx

Ada dua sastra yang dikenal sebagai peninggalan Yunani Kuno yaitu Iliad dan Odyseia karya Homerus. Illiad ditulis Homer sekitar abad ke-8 atau ke-9 SM. Isinya berupa puisi kepahlawanan yang mengadopsi heksameter, yaitu bentuk puisi yang belakangan dikenal dengan sajak kepahlawanan. Bentuk ini sangat jarang ditremukan pada penyair Inggris. Subjek puisi tersebut adalah kampanye militer yang hebat dan seorang manusia.dalam ke-24 buku Iliad diceritakan kisah sepuluh tahun pengepungan bangsa Yunani terhadap bangsa Troya, yang diikuti dengan penculikan puteri Helena dari Sparta dilarikan oleh pangeran Paris dari Troya. Secara lebih terperinci, isinya menjelaskan pertengkaran yang terjadi di markas tentara Yunani antara raja Agamemnon, saudara Menelaus,dan seorang pahlawan Yunani bernama Achiles, berkaitan dengan direbutnya seorang budak wanita tahanan oleh Agamemnon. karena sebab inilah Achiles dan rekan-rekannya menarik diri dari peperangan dan membuat Yunani kalah dalam salah satu serangan ke Troya. Achiles mengalah dan mengirim rekannya Patroclus untuk menyelamatkan bangsa Yunani yang sedang kerepotan. Patroclus terbunuh oleh salah satu pangeran Troya bernama Hektor, maka Achiles turun ke medan pertempurang dengan murkanya. Hektor pun terbunuh olehnya dan mayatnya ditarik dengan kuda mengelilingi bagian luar tembok kota. Pada akhir ceritanya, Achilles akhirnya bersedia mengembalikan mayat Hektor kepada ayahnya, Priam.
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

TINJAUAN SENI RUPA YUNANI KUNO

TINJAUAN SENI RUPA YUNANI KUNO

Yunani [Order/ pesanan] Secara ilmu bangunan Yang masa lampau Greeks mengembang;kan tiga gaya secara ilmu bangunan utama, atau [order/ pesanan], yang [itu] menentukan corak yang utama suatu bagian muka gedung kuil. Yang Doric adalah [order/ pesanan] paling sederhana dan yang paling tua. Yang bersifat ion dan [order/ pesanan] Corinthian menambahkan suatu dasar kepada kolom dan mengembang;kan suatu

25 Baca lebih lajut

BAB I SEJARAH MARITIM YUNANI KUNO

BAB I SEJARAH MARITIM YUNANI KUNO

Awal kemunduran Athena ditandai dengan terjadinya perselisihan antara polis Corinthus dan Corcyca. Athena bersama Liga Delia membantu Corcyca, sedangkan Corinthus membantu Liga Peloponnessos. Kedua kekuatan polis di Yunani saling bersaing dan terjadilah perang Peloponnessos (431-404 SM). Perjanjian damai yang dilakukan antara Athena dan Sparta tahun 421 tidak berarti bagi keduanya dan hanya bisa bertahan selama 1 tahun. Persekutuan Sparta dengan Persia berhasil menurunkan mental pasukan Athena, dan berhasil mengubah kejayaan Athena menjadi kehancuran terutama setelah kekalahan perang di Aegosopotami tahun 405 SM. Setahun kemudian dilakukan perjanjian damai, Athena sebagai pihak yang kalah diharuskan merobohkan benteng panjang dan menjadi bagian dari koloni Sparta.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Perkembangan Hukum Internasional

Perkembangan Hukum Internasional

Dalam kebudayaaan India kuno terdapat kaidah dan lembaga hukum yang mengatur hubungan antara kasta, suku bangsa dan raja-raja. Menurut Bannerjce, adat kebiasaan yang mengatur hubungan antar raja, yang disebut Desa Dharma. Gautama Sutera dan undang- undang Manu memuat tentang hukum kerajaan. Hukum yang mengatur hubungan antar raja- raja pada masa itu tidak dapat dikatakan sebagai hukum internasional, karena belum ada pemisahan yang tegas dengan agama, soal-soal kemasyarakatan, dan negara. Namun tulisan- tulisan pada waktu itu sudah ada menunjukkan ketentuan-ketentuan yang mengatur hubungan antara raja atau kerajaan, seperti ketentuan yang mengatur kedudukan utusan raja dan hak istimewa utusan raja, perjanjian dengan kerajaan lain, serta ketentuan perang dan cara berperang.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

BAB II filsafat yunani kuno rizal

BAB II filsafat yunani kuno rizal

Dengan adanya ketiga faktor tersebut, kedudukan mitos digeser oleh logos ( akal ), sehingga setelah pergeseran tersebut filsafat lahir. Periode Yunani kuno ini lazim disebut periode filsafat alam. Dikatakan demikian, karena periode ini ditandai dengan munculnya para ahli pikir alam, dimana arah dan perhatian pemikirannya kepada apa yang diamati sekitarnya, mereka membuat pertanyaan-pertanyaan tentang gejala alam yang bersifat filsafati ( berdasarkan akal pikir ) dan tidak berdasarkan pada mitos.

8 Baca lebih lajut

HEGEMONI FILSAFAT YUNANI kuno docx

HEGEMONI FILSAFAT YUNANI kuno docx

Dengan adanya kontak pemikiran filsafat Yunani, umat Islam terinsfirasi dan terobsesi dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Dalam spectrum sejarah perkembangan pemikiran, umat Islam mengalami kemajuan yang signifikan ketika pada masa Umayyah dan puncaknya pada fase Abbasiyah. Dalam konteks sejarah tersebut, dapat dilihat dari pakar-pakar Muslim di berbagai lapangan pengetahuan, seperti AI-Kindi (801-837), Al-Farabi (W.950), dan Ibn Maskawaih (W.1030) yang menggeluti lapangan filsafat; Ibn Sina (980-1037) dan Ibn Bajah (1160-1138) ahli di bidang kedokteran, Jabir ibn Hayyan (720-815) dan Al- Khawarizmi (780-850) yang masing-masing merupakan ahli kimia dan matematika, serta Al-Thabari (839-922) ahli dalam bidang sejarah dan hukum. Dalam perspektif historis, jelas bahwa bangunan pengetahuan Islam pada saat itu dibangun atas kerjasama dengan Yunani.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Sejarah dan Cabang dan Filsafat

Sejarah dan Cabang dan Filsafat

Ontologi merupakan salah satu di antara lapangan penyelidikan kefilsafatan yang paling kuno. Jadi ontologi adalah the theory of being qua being (teori tentang keberadaan sebagai keberadaan). Sedangkan Noeng Muhadjir dalam bukunya Filsafat ilmu mengatakan, ontology membahas tentang yang ada,yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu. Ontologi membahas tentang yang ada yang universal, menampilkan pemikiran semesta universal. Ontologi berusaha mencari inti yang termuat dalam setiap kenyataan, menurut istilah, ontologi ialah ilmu yang membahas tentang hakikat yang ada, yang merupakan ultimate reality baik yang berbentuk jasmani/konkret maupun rohani/abstrak.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

MAKALAH PERADABAN YUNANI KUNO dan

MAKALAH PERADABAN YUNANI KUNO dan

Sistem kepercayaan bangsa Yunani Kuno adalah politeisme. Mereka percaya pada kekuasaan para dewa, menyembah para dewa yang digambarkan sebagai manusia biasa tetapi lebih sempurna. Dewa tertinggi yaitu Zeus, dipercaya tinggal dipuncak Gunung Olimpus. Zeus dianggap dewa langit dan bumi serta bapak semua manusia. Permaisurinya bernama Hera yang merupakan dewi perkawinan.

20 Baca lebih lajut

Kedokteran Yunani Kuno dan Epidemiologi

Kedokteran Yunani Kuno dan Epidemiologi

Pandangan Hippocrates tentang kausa penyakit dipengaruhi oleh filsafat Empat Elemen dan Humoralisme Yunani kuno. Sebagai contoh, Hippocrates menegaskan peran penting iklim, sifat-sifat udara, angin, kualitas udara dan air, bagi kesehatan. Sebuah kutipan dari buku itu menyebutkan, ―Whoever wishes to investigate medicine properly should proceed thus: in the first place to consider the seasons of the year, and what effects each of them produces. Then the winds,the hot and the cold, especially such as are common to all countries, and then such as are peculiar to each locality…‖ Artinya, siapapun yang ingin mempelajari ilmu kedokteran dengan benar hendaknya melakukan langkah-langkah sebagai berikut: pertama- tama pertimbangkan musim sepanjang tahun dan efek yang dihasilkannya. Lalu angin, yang panas maupun dingin, terutama yang dialami oleh semua negara, lalu yang dialami secara khusus oleh daerah setempat (Rocket, 1999; Bannis & Assocatiates, 2001; Grammaticos dan Diamantis, 2003; Saracci, 2010).
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

Spasial ruang terbuka publik pesisir

Spasial ruang terbuka publik pesisir

Arsitektur Yunani Kuno terkenal karena kuil-kuilnya, banyak diantaranya yang ditemukan di seluruh wilayah tersebut, kebanyakan berupa reruntuhan tetapi banyak yang pada dasarnya utuh. Jenis bangunan penting kedua yang bertahan sepanjang dunia Helenik adalah teater ruang terbuka, dengan tarikh tertua sekitar tahun 350 SM. Bentuk-bentuk arsitektural lainnya yang dapat menjadi bukti adalah gerbang prosesional (propylaea), alun-alun publik (agora) yang dikelilingi deretan pilar bertingkat (stoa), gedung dewan kota (bouleuterion), monumen publik, makam monumental (mausoleum), dan stadium.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

FILSAT YUNANI KUNO dan perkemb

FILSAT YUNANI KUNO dan perkemb

Pada zaman Yunani kuno, kurikulum masih sangat primitif dan belum ada sekolah formal sehingga kurikulumnya pun tidak tertulis. Pada masa nenek moyang bangsa kita, proses pendidikan berjalan secara informal, yaitu para orang tua memberikan pengalaman pada anak-anaknya, seperti cara-cara memburu binatang, menangkap ikan, bertani dan sebagainya.

21 Baca lebih lajut

Kumpulan Sejarah Seni Rupa Barat (1)

Kumpulan Sejarah Seni Rupa Barat (1)

Yunani Kuno adalah peradaban dalam sejarah Yunani yang dimulai dari periode Yunani Arkais pada abad ke-8 sampai ke-6 SM, hingga berahirnya Zaman Kuno dan dimulainya Abad Pertengahan Awal.Peradaban ini mencapai puncaknya pada periode Yunani Klasik, Periode Hellenistik bermula pada 323 SM, ditandai dengan berakhirnya penaklukan Aleksander Agung, dan diakhiri dengan penaklukan Yunani oleh Republik Romawi pada 146 SM. Meskipun demikian berdirinya kekuasaan Romawi tidak memutuskan kesinambungan sistem sosial kemasyarakatan dan budaya Yunani, yang tetap tidak berubah hingga bangkitnya agama Kristen, yang menandai runtuhnya kemerdekaan politik Yunani.Bangsa Yunani percaya kepada adanya dewa-dewi yang bertubuh seperti manusia, tetapi lebih indah, lebih besar, dan tak dapat mati. Para dewa-dewi mempunyai sifat-sifat seperti manusia biasa, seperti sifat-sifat yang baik maupun yang buruk.
Baca lebih lanjut

56 Baca lebih lajut

Show all 8940 documents...