Top PDF Laporan Akhir Buku Teks Bahasa Jawa

Laporan Akhir Buku Teks Bahasa Jawa

Laporan Akhir Buku Teks Bahasa Jawa

Pada saat ini tersebar banyak buku teks pelajaran untuk siswa yang diperjual belikan, akan tetapi masih banyak buku teks yang masih tidak memenuhi syaran dari berbagai aspek kelayakan yang sudah ditentukan. Untuk itu dilakukan penelitian untuk mengetahui kualitas buku teks yang digunakan oleh peserta didik apakah sudah layak atau belum.

12 Baca lebih lajut

teks eksposisi bahasa Jawa

teks eksposisi bahasa Jawa

kanggo nuntun alur gendhing. Khusus ing pola mipil, bonang barung kuwi bisa kanggo nuntun Instrumen liyane. Bonang Barung ora bisa dadi lagu penuntun, nanging kolaborasi karo bonang penerus gawe pola lagu lan ing aksen-aksen penting bonang gawe sekaran kang biasane ana ing akhir kalimat lagu. Yen kendhang iku salah sijining piranti gamelan Jawa sing ditabuh nganggo kombinasi antara tlapakan karo driji, dadi ora nganggo tabuh. Ing musik modhern, piranti iki digolongake piranti perkusi. Kendhang diselehake ing wadhah panyangga saka kayu sing wujude memper huruf Y. Kendhang ing musik gamelan fungsine kanggo mimpin lan ngarahake musik. Kendhang nduweni jinis lan ukuran kang werna-werna. Ukurane kendhang antarane 20 cm nganti 45 cm. Kendhang bentuke kaya drum lan dimainake kanthi cara ditabuh. Masing-masing 4 kelompok iku nduweni fungsi dhewe-dhewe kanggo nggawe swara sing harmonis.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Analisis kelayakan buku teks bahasa jawa kurikulum 2013 tingkat smp 2.  Halaman Depan

Analisis kelayakan buku teks bahasa jawa kurikulum 2013 tingkat smp 2. Halaman Depan

Panaliten punika kalebet panaliten kualitatif kanthi sumber data utama inggih punika buku teks Basa Jawa Kelas VII “Marsudi Basa lan Sastra Jawa”. wonten ing salebeting panaliten punika ngginakaken teknik analisis isi . Teknik panaliten data ngginakaken teknik analisis interaktif, inggih punika ngempalaken data , reduksi data , penyajian data , verifikasi , lan mundhut dudutan. Data kelayakan isi lan bahasa dipunanalisis kanthi instrumen ingkang dipunsusun adhedasar teori-teori ingkang jumbuh, informasi utawi panaliten saking saperangan sumber. Uji validitas data ngginakaken triangulasi paneliti lan teori. Wonten triangulasi paneliti nderekaken 2 paneliti sanes, inggih punika Yessi Estifalia (YE) lan Dwi Ratna (DR). Kelayakan isi dibiji saking jumbuhipun materi, keakuratan materi, lan wosipun materi piwucalan. Kelayakan bahasa dibiji saking jumbuhipun basa kaliyan tingkat perkembangan peserta didik, komunikatif , sarta keruntutan lan kesatuan gagasan .
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN BUKU TEKS NOVEL-NOVEL JAWA MODERN PERIODE PASCAKEMERDEKAAN BERBASIS PENDIDIKAN BUDI PEKERTI (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI UNIVERSITAS SE-JAWA TENGAH).

PENGEMBANGAN BUKU TEKS NOVEL-NOVEL JAWA MODERN PERIODE PASCAKEMERDEKAAN BERBASIS PENDIDIKAN BUDI PEKERTI (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI UNIVERSITAS SE-JAWA TENGAH).

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Acuan dalam penelitian ini mengadopsi dari Borg & Gall dengan tahapan sebagai berikut: (1) tahap pendahuluan (tahap eksplorasi dan analisis kebutuhan); (2) tahap pengembangan model (expert judgement, uji terbatas, dan uji lebih luas); (3) tahap pengujian keefektifan (buku teks). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu empat universitas yang menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa meliputi (1) Universitas Sebelas Maret; (2) Universitas Muhammadiyah Purworejo; (3) Universitas PGRI Semarang; dan (4) Universitas Veteran Bantara Sukoharjo.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Identifikasi buku teks Bahasa Imdonesia

Identifikasi buku teks Bahasa Imdonesia

2. Pengorganisasian materi; dalam buku teks kurikulum 2013 materi tersusun tidak sistematik, karena terjadi pemenggalan materi dalam setiap aspek. Misalnya seperti pada materi ‘teks laporan hasil observasi’. Materi yang sama dikulas ulang secara terus menerus hingga akhir semester meskipun dalam aspek yang berbeda-beda namun hal ini terbukti membuat siswa jenuh, sebab siswa merasa sudah mempelajari materi tersebut namun masih harus terus berkutat dengan teks yang sama.

1 Baca lebih lajut

LAPORAN AKHIR   Kompresi File Teks

LAPORAN AKHIR Kompresi File Teks

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Kebutuhan akan aspek perangkat keras dan perangkat lunak dengan persyaratan utama bahwa keduanya harus mendukung pemrograman 32 bit. Dipakai sistem operasi Windows Xp dan kompiler Borland C++ 5.02. Hasil selanjutnya telah diperoleh source code dalam bahasa C++ untuk algoritma kompresi dan dekompresi LIFO. Terbentuk program aplikasi untuk kompresi dan dekompresi dengan algoritma LIFO dan diperoleh informasi tentang unjuk kerja algoritma kompresi LIFO. Secara umum unjuk kerja algoritma LIFO jauh lebih rendah dibanding dengan algoritma lossless lain yang tergabung dalam pustaka. Hal ini dikarenakan Algoritma kompresi LIFO pada prinsipnya dibangun berdasarkan iterasi pengolahan per karakter dari file sumber berdasarkan suatu persamaan matematis dimana menghasilkan penggandaan bilangan terus menerus, sehingga berakibat dalam rata-rata 200 langkah saja sudah terjadi overflow . Telah terbentuk program aplikasi yang secara otomatis dapat melakukan kompresi-dekompresi dan verifikasi dengan memanfaatkan pustaka lossless. Algoritma terbaik yang ada dalam pustaka untuk kompresi file teks adalah sebagai berikut: untuk file email (plain text) menggunakan algoritma Adaptive Arithmatic Coding order -1 atau 2., file html menggunakan algoritma Adaptive Arithmatic Coding order -3, untuk file xml menggunakan algoritma LZSS 16/8, untuk file php atau asp menggunakan LZSS 12/4.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia SMK

Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia SMK

Teori pertama, buku teks tersebut sangat sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada pada kurikulum yang diterapkan KTSP 2006. Semua bahasan yang terdapat dalam buku teks mengacu pada kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Teori kedua, buku teks menyediakan bahasa yang komunikatif, artinya mudah dipahami dan maksudnya dapat dimengerti. Jika terdapat kata asing di dalamnya, maka pada akhir evaluasi terdapat glosarium sebagai kamus penerjemah kata asing tersebut. Teori ketiga, buku teks ini memiliki kaitan dengan mata pelajaran lain. Hal ini dibuktikan pada tiap tema yang berbeda dalam buku menghadirkan wacana sesuai dengan temanya. Teori keempat, buku ini menarik untuk dibaca, dari segi isi, gambar, wacana, dan evaluasi yang ada membuat pembaca merasa senang dan mau membacanya. Teori kelima, gambar yang ada dalam buku teks membuat pembaca atau siswa termotivasi untuk mewujudkan cita-citanya karena gambar yang disajikan sesuai dengan prospek jurusan yang mereka ambil. Teori keenam, buku teks yang penulis analisis menghargai perbedaan individu dari segi kemampuan, minat, bakat, dan agama. Meskipun gambar yang disajikan sedikit menyolok kalangan yang ekonominya diatas rata-rata, tetapi jika dilihat dari segi positifnya hal tersebut dilakukan untuk memotivasi siwa yang membacanya. Teori ketujuh, wacana yang terdapat dalam buku teks mengandung nilai-nilai tersirat yang dapat diterapkan siswa untuk tetap menjaga norma yang berlaku di lingkungan masyarakat.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

RPP K-5 T-9 ST-2 P-2

RPP K-5 T-9 ST-2 P-2

Kompetensi Dasar dan Indikator Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar : 3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, keseimbangan ekosistem, serta alam [r]

9 Baca lebih lajut

Sayama Malabar LAPORAN AKHIR HIBAH BERSAING Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas IX di Provinsi Gorontalo

Sayama Malabar LAPORAN AKHIR HIBAH BERSAING Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas IX di Provinsi Gorontalo

Hasil penelitian menunjukkan: (1) kualitas buku teks Bahasa Indonesia SMP kelas IX yang selama ini digunakan di Provinsi Gorontalo tingkat kualitasnya sedang. Hal ini disebabkan oleh komponen-komponen dalam kedua buku teks yang digunakan belum sepenuhnya sesuai dengan kriteria yang dikemukakan oleh Grene and Patty, (2) ada tiga bagian yang harus diperhatikan dalam mendesain buku teks yang praktis dan berkualitas, yaitu: 1) bagian awal buku teks terdiri atas: (a) halaman cover, (b) halaman judul, (c) daftar isi, (d) daftar lain; 2) Bagian isi/penyajian buku teks terdiri atas: (a) disusun berdasarkan kompetensi (KI/3 dan KD serta KI/4 dan KD), (b) menetapkan tema utama dan sub-sub tema untuk setiap kompetensi, (c) deskripsi materi pembelajaran, (d) petunjuk pembelajaran, (e) proses pembelajaran, (f) kegiatan-kegiatan siswa, (g) tugas-tugas, (h) penilaian yang sesuai dengan kurikulum bahasa Indonesia SMP 2013 kelas IX, dan (i) pengayaan serta remedi; dan 3) Bagian akhir buku teks terdiri atas: (a) lampiran, (b) glosarium (jika ada), (c) daftar Pustaka, (d) indeks.
Baca lebih lanjut

162 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN BUKU BERBAHASA JAWA BERGAMBAR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SEKOLAH DASAR

PENGEMBANGAN BUKU BERBAHASA JAWA BERGAMBAR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SEKOLAH DASAR

(2) Mereka sudah mulai mematuhi tata aturan bahasa dan struktur bahasa. (3) Pada masa ini juga terjadi peningkatan perbendaharaan kata yang signifikan. (4) Mereka juga sudah mulai memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Usia anak-anak Indonesia saat masuk sekolah dasar rata-rata adalah 6 tahun dan selesai pada usia 12 tahun. Menurut Desmita (2010:35), tahapan perkembangan anak SD berada dalam 2 masa perkembangan yaitu masa kanak- kanak tengah (6-9 tahun), dan masa kanak-kanak akhir (10-12 tahun). Anak-anak usia SD memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak-anak yang usianya lebih muda. Anak masa SD lebih senang bermain, bergerak, bekerja dalam kelompok, dan senang mengembangkan pembelajaran. Oleh karena itu, guru hendaknya mengembangkan pembelajaran yang mengandung unsur permainan, mengusahakan siswa berpindah, bekerja dalam kelompok, serta memberikan kesempatan kepada siswa terlibat langsung dalam pembelajaran agar mereka memiliki kemampuan untuk membangun komunikasi dengan orang disekitarnya.
Baca lebih lanjut

147 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA INGGRIS YA

PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA INGGRIS YA

pendekatan semacam itu tidak akan menjamin persiapan yang memadai untuk sukses berkomunikasi, penggunaan bahasa yang berhubungan dengan karier , atau interaksi sehari-hari dalam bahasa . Sebuah contoh ekstrim adalah metode tata bahasa - terjemahan , yang mengajarkan siswa untuk menganalisis tata bahasa dan menerjemahkan (biasanya tertulis ) dari satu bahasa ke bahasa lain . Metode ini membatasi bahasa belajar sangat sempit, berbagai kemampuan yang tidak mempersiapkan siswa untuk menggunakan bahasa dalam kehidupan sehari-hari.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

ANALISIS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA UNTU

ANALISIS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA UNTU

Abst rak: Buku t eks pel aj aran hendaknya m am pu m enyaj i ka n bahan aj ar dal am bahasa Indonesi a yang bai k dan benar. Hal i ni sej al an dengan Perat uran Pem eri nt ah Nom or 19 Tahun 2005 t ent ang St andar Nasi onal Pendi di kan bahw a buku t eks pel aj aran t erm asuk ke dal am sarana pendi di kan yang perl u di at ur st andar m ut unya, seb agai m ana j uga st andar m ut u pendi di kan l ai nnya, yai t u st andar i si , st andar proses, st andar kom pet ensi l ul usan, st andar pendi di kan dan kependidikan, st andar sarana dan prasarana, st andar pengel ol aan, st andar pem bi ayaan, dan st andar peni l ai an pendidi kan. Pasal 43 perat uran i ni m enyebut kan bahw a kepem i l i kan buku t eks pel aj aran harus m encapai rasi o 1:1, at au sat u buku t eks pel aj aran di perunt ukkan bagi seorang si sw a. Buku t eks pel aj aran yang di gunakan di sekol ah -sekol ah harus m em i l i ki kebenaran i si , penyaj i an yan g si st em at i s, penggunaan bahasa dan ket erbacaan yang bai k, dan grafi ka yang fungsi onal .
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Penggunaan buku teks Bahasa Inggeris KSS

Penggunaan buku teks Bahasa Inggeris KSS

Pada tahun 2011 Kurikulum Standard Sekolah Rendah Pendidikan Khas (KSSRPK) Tahap 1 telah dilaksanakan di seluruh Sekolah Kebangsaan Pendidikan Khas (SKPK) dan Program Pendidikan Khas Integrasi (PPKI) (KPM 2011) . Sehubungan dengan itu, Bahagian Pembangunan Kurikulum (BPK) dan Bahagian Buku Teks (BBT) Kementerian Pelajaran Malaysia (KPM) telah merancang pelbagai program untuk membantu golongan keperluan khas seiring dengan pelaksanaan KSSRPK tersebut. Penerbitan Buku Teks dan Buku Aktiviti Pendidikan Khas untuk kegunaan seluruh SKPK dan PPKI membuktikan komitmen dan usaha KPM dalam membangunkan pendidikan untuk murid berkeperluan khas. Buku teks murid bermasalah pendengaran yang diterbitkan melibatkan empat mata pelajaran iaitu Bahasa Malaysia (BM) , Bahasa Inggeris (BI), Pendidikan Islam (PI) dan satu mata pelajaran tambahan iaitu Bahasa Isyarat Komunikasi (BIK). Buku teks BM dan BI Masalah Pendengaran diterbitkan hasil daripada proses moderasi buku teks arus perdana dengan mengikuti dan memenuhi standard kandungan dalam Dokumen Standard Mata Pelajaran KSSRPK (BBT KPM 2011). Buku teks bagi murid tahap satu diterbitkan bersama dengan buku aktiviti di mana setiap unit dalam buku teks mempunyai latihan dan aktiviti yang sepadan dalam buku aktiviti. Dengan terbitnya buku teks dan buku aktiviti masalah pendengaran ini, maka buku ini telah diwajibkan penggunaannya semasa PdP murid bermasalah pendengaran mulai tahun 2012.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

KUALITAS BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA JEPA

KUALITAS BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA JEPA

Kata buku teks berasal dari kata serapan bahasa Inggris ‘ textbook ’ atau ‘ coursebook ’. Dalam bahasa Indonesia kedua kata serapan itu disebut dengan buku teks pelajaran. Menurut AbdelWahab (2013:55) buku teks memiliki peranan penting dalam proses belajar mengajar dan merupakan perantara utama yang menyampaikan pengetahuan kepada para pemelajar. Buku teks yang baik disusun dengan maksud dan tujuan instruksional yang dilengkapi dengan sarana pengajaran yang mendukung dan mudah dipahami oleh para pemakainya sehingga dapat menunjang program pengajaran. Buku tersebut digunakan untuk memberikan pelajaran oleh orang yang berperan sebagai guru kepada siswa. Guru menggunakan buku teks sebagai salah satu penentu metode atau teknik pengajaran yang akan digunakan, dan siswa menggunakan buku teks sebagai bahan referensi/rujukan untuk belajar.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

LAPORAN PEMULANGAN BUKU TEKS SESI OKTOBE

LAPORAN PEMULANGAN BUKU TEKS SESI OKTOBE

Kuantiti buku gagal dipulangkan kepada BOSS tahun 2015 62 Sangat kurang memuaskan 3 e.. Bilangan murid Cemerlang+Memuaskan+Awasan 2 25.0% GURU KELAS: NONI BINTI MOHAMAD..[r]

3 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Keakuratan Materi Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum 2013.

PENDAHULUAN Keakuratan Materi Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum 2013.

teks di atas bertolak belakang dengan ketentuan baru, yakni adanya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 tahun 2005 tentang pentingnya buku teks pelajaran bagi peserta didik. Sehubungan dengan peranan buku teks yang sangat penting guna meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah. Oleh karena itu, buku teks pelajaran sebagai sumber informasi bagi peserta didik haruslah memiliki kualitas yang baik, yang memenuhi kriteria standar tertentu.

5 Baca lebih lajut

DR408 Telaah Buku Teks Bahasa dan Sastra Sunda.doc

DR408 Telaah Buku Teks Bahasa dan Sastra Sunda.doc

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memiliki pengetahuan dan kemampuan, serta sikap yang positif terhadap mata kuliah Telaah Buku Ajar Bahasa dan Sastra Sunda sebagai bekal di masyarakat dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar keterampilan berbahasa Sunda SMP/SMA/K.

21 Baca lebih lajut

T BING 1302672 Abstract

T BING 1302672 Abstract

Pentingnya buku teks telah dalam proses pembelajaran telah menjadi perhatian besar diantara berbagai pihak, termasuk pemerintah dan pihak swasta. Penelitian ini meneliti dua buku teks bahasa Inggris yang ditulis untuk kurikulum 2013. Penelitian ini khususnya bertujuan untuk meneliti isi dari dua buku teks bahasa Inggris untuk kelas XI SMA, yang ditulis untuk kurikulum 2013, yaitu buku teks bahasa inggris resmi yang diterbitkan oleh pemerintah dan buku teks bahasa inggris komersial yang diterbitkan oleh swasta, memenuhi kriteria penilaian buku teks berdasarkan para ahli. Penelitian ini juga bertujuan untuk meneliti perbedaan yang ditemukan diantara kedua buku teks bahasa Inggris tersebut. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif. Penelitian ini berbasis pada kriteria penilaian buku teks yang dikemukakan oleh Cunningsworth (1995), Harmer (2007b), and BSNP. Hasil dari penilitian menunjukan bahwa kedua buku teks ini memenuhi kriteria buku teks EFL yang baik dalam hal tujuan, urutan, isi dari grammar, topic, kejelasan instruksi, juga keawetan dan penampilan. Namun, beberapa kelemahan juga ditemukan pada kedua buku ini dalam hal pendekatan dan teknik dalam menyajikan informasi baru, kurangnya materi vocabulary, dan tidak adanya proses recycling ada revision. Lebih lanjut, penelitian ini juga menemukan beberapa perbedaan diantar kedua buku teks ini dalam hal penyajian skill, pertimbangan praktis, dan pemilihan topic. Hasil dari penelitian ini mengacu pada sebuah kesimpulan bahwa pada umumnya kedua buku teks Bahasa Inggris ini memenuhi kriteria dari buku teks EFL yang baik serta mereka juga relevan dengan kurikulum 2013. Oleh karena itu, kedua buku ini direkomendasikan untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran namun beberapa usaha harus dilakukan untuk mengkompensasi kelemahan yang ditemukan.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Pengaruh Self-Control Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa yang Menggunakan Buku Teks Bahasa Inggris di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara

Pengaruh Self-Control Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa yang Menggunakan Buku Teks Bahasa Inggris di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara

62 NO PERNYATAAN SS S N TS STS 1 Sebagian buku teks bahasa Indonesia adalah terjemahan, sehingga saya mempelajari secara langsung materi kuliah dari buku teks bahasa Inggr[r]

26 Baca lebih lajut

LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA.

LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA.

Adapun ekstrakurikuler yang terdapat di SDN Gedongkiwo yaitu : Pramuka untuk kelas III, IV, V dan VI hari Senin pukul 13.00. Bahasa Inggris dan tari yang masing-masing kelas telah dijadwalkan sendiri-sendiri. SDN Gedongkiwo pernah memenangkan banyak perlombaan, piala kejuaraan ditata dengan rapi di almari sebelah pintu masuk ruang kepala sekolah.

131 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...