Top PDF PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP SITUATIONAL INTEREST.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP SITUATIONAL INTEREST.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP SITUATIONAL INTEREST.

Harapan yang tertuang dalam kurikulum 2013 adalah pengajaran dilakukan dengan pendekatan yang bersifat scientific. Hal ini bertujuan agar pembelajaran dapat mengembangkan keseluruhan domain pendidikan sehingga pembelajaran akan terasa meaningful bagi siswa. Pembelajaran pendidikan jasmani tidak hanya berfokus pada penguasaan keterampilan saja, akan tetapi pembelajaran harus mampu mengembangkan faktor lain dari diri siswa. Bruce Joyce dan Marsha Weil (1996:42) “… scientific method can be taught and has positive effects on the acquisition of information, concepts, and attitudes ”. Jika guru tidak melakukan inovasi dalam pengajaran, maka pembelajaran akan terasa tidak meaningful dan tidak mampu menjadi alat untuk mengembangkan domain pembelajaran lain. Hal ini bisa menyebabkan hasil belajar siswa tidak dapat diraih dengan optimal. Craig A. Buschner (1994:5) mengemukakan bahwa “…a majority of children lack the necessary competence in movement to feel good about participating in tradition al physical education classes”
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP SITUATIONAL INTEREST - repository UPI T POR 1200902 Title

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP SITUATIONAL INTEREST - repository UPI T POR 1200902 Title

Hilda Ilmawati, 2014 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP SITUATIONAL INTEREST Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu [r]

3 Baca lebih lajut

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SITUATIONAL INTEREST TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLABASKET - repository UPI T POR 1303257 Title

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SITUATIONAL INTEREST TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLABASKET - repository UPI T POR 1303257 Title

Dengan ini saya menyatakan bahwa tesis yang berjudul “ PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SITUATIONAL INTEREST TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLABASKET ” ini beserta seluruh isinya adalah benar - benar karya saya sendiri. Saya tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika ilmu yang berlaku dalam masyarakat keilmuan. Atas pernyataan tersebut, saya siap menanggung risiko/sangsi apabila di kemudian hari ditemukan adanya pelanggaran etika keilmuan atau ada klaim dari pihak lain terhadap keaslian karya saya ini.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

T POR 1200902 Abstract

T POR 1200902 Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran ( inquiry dan direct instruction ) dan materi pembelajaran terhadap situational interest . Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 1 Batujaya yang diambil secara random cluster sampling yang berjumlah 4 kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah experimental designs factorial 2 x 2 . Penelitian dilakukan selama 16 pertemuan (4 pertemuan setiap kelas). Situational interest siswa diukur menggunakan situational interest scale dari Chen et al (2001) yang telah diuji dan memiliki validitas dan reliabilitas. Data perolehan situational interest diolah menggunakan SPSS 18 for Windows menggunakan teknik ANOVA interaksi dua faktor. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai 1). model pembelajaran tidak memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap situational interest . 2). Materi pembelajaran memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap situational interest siswa. 3). tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan materi pembelajaran terhadap situational interest siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa materi pembelajaran lebih mampu menimbulkan minat belajar siswa daripada model pembelajaran, namun demikian materi permainan yang diajarkan dengan menggunakan model inquiry merupakan pembelajaran pendidikan jasmani yang paling diminati siswa. Perlu ada penelitian lebih lanjut tentang model campuran antara materi pembelajaran dan model pembelajaran.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

T POR 1303257 Abstract

T POR 1303257 Abstract

Tujuan penelitian ini dalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran dan situational interest terhadap hasil belajar permainan bolabasket. Metode penelitian yang digunakan Quasi eksperimental dengan design counterbalanced design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Cisarua Bandung dan sampel penelitian berjumlah 76 siswa. Situational interest siswa diukur menggunakan Situational interest Scale dari Ang Chen dkk (2001) sedangkan hasil belajar permainan bola basket diukur menggunakan Games Performance Assesment Instrument (GPAI). Seluruh data diolah menggunakan SPSS 18 for windows menggunakan Analysis of Covariant (ANCOVA). Hasil pengolahan data menunjukan bahwa 1) model pembelajaran (TGfU dan Konvensional) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar permainan bolabasket. 2) situational interest tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar permainan bolabasket. 3) model pembelajaran (TGfU dan Konvensional) dan situational interest secara simultan tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar permainan bilabasket. Berdasarkan hasil pengolahan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran merupakan variabel yang dapat mempengaruhi hasil belajar permainan bolabasket.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

T POR 1303257 Bibliography

T POR 1303257 Bibliography

74 Destiana Ayu Ningrum, 2016 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SITUATIONAL INTEREST TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLABASKET Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu[r]

3 Baca lebih lajut

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DI SEKOLAH DASAR.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DI SEKOLAH DASAR.

baik pada siswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) daripada siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran biasa (konvensional). Hal tersebut berdasarkan hasil signifikansi yang diperoleh menunjukkan hasil yang berbeda, yang ditujukan dari hasil rata-rata kedua kelas yang berbeda menggunakan analisis uji-t setelah sebelumnya data hasil tes akhir tersebut berdistribusi normal dan memiliki variansi homogenitas yang sama. Artinya, hal ini menandakan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas V-A di SDN Serang 2.
Baca lebih lanjut

49 Baca lebih lajut

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI DASAR SISWA KELAS XI SMK SANDHY PUTRA 2 MEDAN.

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI DASAR SISWA KELAS XI SMK SANDHY PUTRA 2 MEDAN.

Hasil belajar dapat diperoleh oleh guru dari perbuatan, nilai-nilai, dan pengertian-pengertian, sikap-sikap, apersepsi, dan keterampian yang diperoleh dari siswa dalam pembelajaran yang dilakukan di kelas.Yang harus diingat, hasil belajar adalah perubahan perilaku secara keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusiaan saja. Artinya hasil pembelajaran yang dikategorikan oleh pakar pendidikan sebagaimana tersebut diatas tidak dapat dilihat secara fragmentaris atau terpisah, melainkan komprehensif (Suprijono, 2010:7). Perubahan perilaku akibat kegiatan belajar mengakibatkan siswa memiliki penguasaan terhadap materi pengajaran yang disampaikan dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pengajaran. Perubahan perilaku akibat kegiatan belajar dapat diketahui dari hasil belajar siswa.
Baca lebih lanjut

52 Baca lebih lajut

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN MENGURANGIKECEMASAN MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN MENGURANGIKECEMASAN MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan pengurangan tingkat kecemasan matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent pre-test and post control group design. Populasinya, yaitu seluruh siswa SMP kelas VII di salah satu SMP Negeri di Bandung. Adapun sampelnya terdiri dari 37 siswa kelas ARIAS dan 35 siswa kelas konvensional. Masalah yang diteliti yaitu peningkatan kemampuan pemahaman, pengurangan kecemasan matematis serta asosiatif antara kemampuan pemahaman dan kecemasan matematis. Analisis kuantitatif menggunakan independent sample t-test, Mann-Whitney test, Chi Kuadrat, sedangkan analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman yang memperoleh model pembelajaran ARIAS lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kecemasan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ARIAS lebih menurun daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, tetapi tidak terdapat asosiasi yang signifikan antara kemampuan pemahaman dan kecemasan matematis.
Baca lebih lanjut

45 Baca lebih lajut

TAPPDF.COM  PDF DOWNLOAD PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ...  JURNAL UNIMED 3 PB

TAPPDF.COM PDF DOWNLOAD PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ... JURNAL UNIMED 3 PB

Belajar merupakan suatu proses yang terjadi pada diri seseorang akibat usaha yang dilakukannya sehingga memperoleh perubahan pengetahuan, keterampilan, pengalaman baru sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri siswa yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hasil belajar merupakan suatu puncak proses belajar (Dimyati & Mudjiono, 2009). Sains yang sering dikenal dengan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) didefinisikan sebagai pengetahuan yang diperoleh melalui pengumpulan data dengan eksperimen, pengamatan, dan dedukasi untuk menghasilkan suatu penjelasan tentang sebuah gejala yang dapat dipercaya (Trianto, 2014). Proses pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah (Hardini & Puspita, 2012). Salah satu cabang mata pelajaran IPA adalah fisika. Fisika merupakan objek mata pelajaran yang menarik dan lebih banyak memerlukan pemahaman daripada penghapalan, namun kenyataannya fisika sering dipandang sebagai suatu ilmu yang abstrak oleh siswa dengan teori dan soal-soal yang sulit. Fisika sering dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit dan kurang menarik. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan diperoleh bahwa: (1) siswa menganggap fisika merupakan pelajaran yang sulit dan kurang menarik; (2) Siswa kurang siap dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga memicu rendahnya hasil belajar siswa dalam mempelajari pelajaran fisika; (3) Guru tidak menerapkan model pembelajaran yang bervariasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa; (4) Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran fisika yang masih belum mencapai KKM; (5) Siswa mengalami kesulitan dalam materi hukum Newton, suhu dan kalor, dan Optik. Hal ini diperkuat dengan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMA Negeri 20 Medan bahwa 87% siswa menyatakan bahwa mata pelajaran fisika sulit dan
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,  Penerapan Model Pembelajaran Arias (Assurance,Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction) Dengan Media Flash Movie Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Organisasi Kehidupan Pada Siswa

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, Penerapan Model Pembelajaran Arias (Assurance,Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction) Dengan Media Flash Movie Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Organisasi Kehidupan Pada Siswa

siswa kelas VIIC SMPN 2 Colomadu Karanganyar dengan penerapan model pembelajaran ARIAS dengan media Flash movie .......................................................................................... 64 5. Diagram Prosentase Aspek Afektif Siswa Kelas VIIC SMPN 2

14 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN SHAKING STICK DALAM MENINGKATKAN SITUATIONAL INTEREST SISWA PADA MATERI BOLA BASKET | Sobarna | Jurnal Penelitian Pendidikan 8242 16543 1 SM

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN SHAKING STICK DALAM MENINGKATKAN SITUATIONAL INTEREST SISWA PADA MATERI BOLA BASKET | Sobarna | Jurnal Penelitian Pendidikan 8242 16543 1 SM

The purpose of this research is to know the implementation of shaking stick game learning media in improving student’s student interest on basketball. The research method used is Intact-Group Comparison (post-test group), meaning that in this research there is a control group. The population in this study were students of SMA Negeri 2 Padalarang with sampling technique using cluster random sampling. The instrument in this research is questionnaire neighbor situational interest of the student in basketball material. Based on the results obtained that the media learning shaking stick game can increase the student’s interest in basketball material compared with conventional media. Then from the calculation results with independent test samples t test on differences in shaking stick game implementation and conventional known that the value of F= 0.037 with the signiicance of 0.848 sig value > 0.05 then Ho accepted. So, in conclusion, there is a difference between the implementation of situational interest students with shaking stick media and conventional game.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

BAB 1 PENDAHULUAN  Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assestment, dan Satisfaction) pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo.

BAB 1 PENDAHULUAN Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assestment, dan Satisfaction) pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo.

contoh dan akhirnya siswa ditugasi untuk membuat paragraf atau wacana deskripsi baik secara langsung atau dengan jalan melanjutkan tulisan yang telah ada. Kesimpulan tersebut diperkuat dengan adanya fakta bahwa media atau sumber belajar yang variatif tidak dimunculkan oleh guru. Sumber belajar diluar guru yang dapat dimanfaatkan siswa yaitu buku teks dan modul bahasa Indonesia,bahkan buku teks tidak pernah dipakai oleh guru pada saat menyampaikan materi, guru hanya mengacu pada modul bahasa Indonesia yang isinya kurang lengkap dibandingkan dengan buku teks.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Pengaruh penerapan model pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, saticfaction (ARIAS) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana di Kelas VIII Semester I SMPN 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016-2017 - Di

Pengaruh penerapan model pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, saticfaction (ARIAS) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana di Kelas VIII Semester I SMPN 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016-2017 - Di

Puji syukur Penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT karena rahmat, taufik dan hidayah- Nya sehingga dapat diselesaikan skripsi yang berjudul “ Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interrest, Assessment, Saticfaction (ARIAS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana di Kelas VIII Semester I SMPN 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016- 2017” s esuai dengan yang diharapkan.

24 Baca lebih lajut

T POR 1303257 Chapter5

T POR 1303257 Chapter5

2. Situastional interest tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar permainan bolabasket dalam pendidikan jasmani. Nilai situational interest pada model pembelajaran Tactical games for understanding (TGfU) lebih besar dibandingkan pada model pembelajaran konvensional.

3 Baca lebih lajut

T POR 1303257 Chapter1

T POR 1303257 Chapter1

Banyak penelitian yang mengungkapkan mengenai bagaimana solusi untuk meningkatkan hasil belajar, salah satu solusinya dengan mengguakan model pembelajaran yang tepat. Hasil penelitian Hidi & Renninger (2006) mengungkapkan minat dianggap sebagai variabel motivasi yang dapat meningkatkan belajar dalam pendidikan jasmani. Diperkuat oleh Hayes (dalam Chen dkk., 2002, hlm 251) yang menjelaskan bahwa Minat dapat mempengaruhi penggunaan strategi pembelajaran yang spesifik dan bagaimana kita mengelola perhatian kita pada mata pelajaran. Shenetal (dalam Chen dkk., 2001, hlm. 385) juga mengungkapkan “ there has not been prolonged engagement within the PE context when st udying interest”, maksudnya adalah studi mengenai minat belum dilibatkan secara khusus dalam pendidikan jasmani. Sehingga dapat disimpulkan penelitian terdahulu hanya meneliti bagaimana pengaruh pemberian model pembelajaran terhadap hasil belajaran dan bagaimana pengaruh minat pterhadap hasil belejar. Minat yang diteliti belum terkategorikan apakah individual interest atau situational interest dan belum ada penelitian yang membahas bagaimana pengaruh pemberian model pembelajaran dan situational interest terhadap hasil belajar siswa di sekolah.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

T POR 1303257 Chapter3

T POR 1303257 Chapter3

Alasan mengambil metode quasi eksperimen dengan desain Qounterbalanced Design adalah peneliti ingin melihat sejauh mana model pembelajaran mempengaruhi Situational Interest dan hasil belajar permainan bolabasket siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 minggu dari bulan Agustus hingga September 2015 dengan rincian, 4 pertemuan yang dilaksanakan setiap 1 kali seminggu untuk memberikan perlakuan dan pengambilan nilai post-test langsung setelah diberikan perlakuan.

14 Baca lebih lajut

Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan getaran dan gelombang di SMPK St. Antonius Mataram - Widya Mandala Catholic University

Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan getaran dan gelombang di SMPK St. Antonius Mataram - Widya Mandala Catholic University

Proses pembelajaran fisika seringkali terhambat karena kurang didukung oleh perangkat pembelajaran yang lengkap; umumnya hanya ada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sama digunakan setiap tahun. Sebagai seorang guru, langkah awal yang harus dipersiapkan sebelum mengajar di kelas adalah mempersiapkan perangkat pembelajaran. Pada umumnya guru hanya mempersiapkan RPP dengan metode atau model pembelajaran yang monoton sehingga kebanyakan dari siswa merasa bosan dan kurang bersemangat saat pembelajaran berlangsung sehingga pada akhirnya hasil belajar siswa kurang memuaskan.
Baca lebih lanjut

109 Baca lebih lajut

02 Instrumen 2 Antropologi_Buku Siswa (Final) Layout

02 Instrumen 2 Antropologi_Buku Siswa (Final) Layout

Penyajian materi menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah model pembelajaran kedua berdasarkan kurikulum 2013 19.. Penyajikan materi menggunakan model pembelajaran penemuan mode[r]

11 Baca lebih lajut

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI: Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas VIII SMP Kartika XIX-2 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI: Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas VIII SMP Kartika XIX-2 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013.

Teknik pengolahan data pada penelitian ini dilakukan melalui perhitungan kuantitatif atau statistik. Perhitungan ini dilakukan untuk mengetahui silsilah rata- rata nilai pretes dan postes untuk masing-masing aspek yang dinilai sebagai indikator efektivitas perlakuan berupa penerapan model pembelajaran ARIAS dalam pembelajaran menulis puisi. Hasil perhitungan tentu lebih lanjut harus diinterpretasikan sehingga menghasilkan suatu kesimpulan yang komprehensif, benar, dan akurat.

36 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...