HEGEMONI AMERIKA.doc 34KB Jun 13 2011 06:28:02 AM

Teks penuh

(1)

HEGEMONI AMERIKA

PASCA TERTANGKAPNYA SADDAM

Tertangkapnya Saddam Husein sempat menjadi berita yang menggegerkan untuk beberapa waktu. Semula berita itu diwarnai dengan sapuan kesan yang bersifat heroik yang seolah-olah menggambarkan kalau kemengan pasukan penjajah AS di bumi Irak sudah dekat.

Akan tetapi, beberapa hari kemudian berita penangkapan Saddam berbelok pada masalah siapa sesungguhnya yang mengkhianati Saddam, dan siapa yang akan menadapat hadiah dari AS atas jasa pengkhianatan itu. Termasuk siapa yang

membocorkan posisinya dan siapa yang membiusnya sehingga saat didatangi serdadu AS Saddam Husein dalam kondisi yang tidak siap tempur dan kusut, lantas

diperlakukan seperti binatang oleh serdadu AS.

Beberapa hari kemudian berita tentang Saddam berubah pada rekayasa atau upaya-upaya untuk menghukum Saddam. Apakah Saddam akan diadili oleh

pengadilan internasional yang tidak mengenal hukuman mati dan mungkin justru akan membuka borok dan kesalahan AS di masa silam. Sebab senjata pemusnah massal berupa senjata kimia yang dimiliki Irak pada saat menyerang secara sepihak ke Iran kabarnya dipasok dari AS sendiri. Ataukah Saddam akan diadili di dalam negeri oleh lawan-lawan politiknya yang pernah diperlakukan kejam dan ditindas oleh Saddam, dengan demikian ada kemungkinan Saddam akan dijatuhi hukuman mati?

Mana kira-kira yang dianggap menguntungkan AS dan pasukan penjajah lain yang masih bercokol di bumi Irak agaknya yang akan dipilih untuk mengadili Saddam Husein.

Selang beberapa waktu, berita penangkapan Saddam kemudian melemah, yang justru menguat adalah makin keroposnya legitimasi penyerangan, pembunuhan-pembunuhan dan penjajahan secara sepihak oleh AS ke Irak. Sebab sampai hari ini apa yang disebut sebagai senjata pemusnah massal, yang dijadikan alat legitimasi penyerangan dan pembunuhan-pembunuhan yang dilakukan serdadu AS di Irak ternyata belum juga ditemukan.

Sebenarnya kalau para serdadu AS itu ingin menemukan senjata pemusnah massal di Timur Tengah gampang saja. Mereka hanya perlu pergi dan menyerang Israel, pasti di Israel mereka akan menemukan timbunan senjata pemusnah massal, termasuk timbunan lebih dari seratus peluru kendali berkepala nuklir di gurun Negev atau di tempat lain di Israel.

Masalahnya, kenapa Amerika Serikat tidak menyerang Israel, melucuti Israel dari senjata pemusnah massal yang mengancam kedamaian dan kemanusiaan di Timur Tengah?

Kenapa AS justru menyerang Irak yang telah dilemahkan oleh embargo yang telah menyebabkan jutaan anak-anak dan perempuan Irak yang tak berdosa menderita dan meninggal secara mengenaskan?

Sebenarnya seluruh dunia sekarang ini sedang menunggu keadilan AS untuk memaksa Israel mematuhi berbagai Resolusi PBB dan memaksa Israel menyerahkan dan memusnahkan senjata pemusnah massal yang dimiliki Israel itu.

(2)

Masalahnya, diperkirakan penangkapan Saddam Husein dapat memperkuat hegemoni Amerika Serikat di Timur Tengah dan seluruh dunia. Sebab tertangkapnya orang kuat Irak itu seperti mengesahkan bahwa tindakan invasi Amerika Serikat ke sebuah negara berdaulat dapat dibenarkan, dan penjajahan terhadap bangsa lain boleh dilakukan lagi pada abad ke-21 ini.

Apakah penjajahan baru lewat kekuatan militer ini memang dibenarkan oleh peradaban dunia di abas ke-21 ini? Jelas tidak.

Sebab penjajahan-penjahan baru ini hanya akan memproduksi dan

mereproduksi ketidakadilan, penghisapan, dan penghancuran alternatif pilihan hidup manusia. Penjahan-penjajahan baru ini juga hanya akan memproduksi dan

mereproduksi perlawanan dan penolakan di seluruh penjuru dunia. Ini yang

menyebabkan jika penjajahan-penjajahan baru ini terus dipaksakan maka yang terjadi adalah makin gaduhnya dunia dengan perang, pertempuran, pertarungan dan berbagai alternatif perlawanan minimum atau perlawanan maksimum (misalnya dengan

menggunakan metode teror) terhadap penjajah yang jelas semua itu hanya akan menimbulkan korban jiwa manusia.

Oleh karena itu alternatif-alternatif menyelamatkan dunia perlu terus dicari.Masalahnya lagi, dapatkah dunia diselamatkan dari keganasan Amerika Serikat? Caranya? Dapatkah dunia diselamatkan dari keganasan teror?

CaranyaDapatkah dunia diselamatkan dari penjajahan baru? Caranya? (Bahan dan tulisan: tof)

Sumber:

Suara Muhammadiyah Edisi 2 2004

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...