Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Tulis dan Aksesoris Handphone)

Anggota Kelompok (XII TGB 1):

1.

Achmad Ardi K.

2.

Addin Ramadhani S. A.

3.

Andreas Van Valadi

4.

Athok Urrahman

5.

Catur Prasetiyo W.

SMK Negeri 1 Mojokerto

TEKNIK GAMBAR BANGUNAN

Tahun Pelajaran 2017/2018

Jl. Kedungsari Kec. Magersari Telp.Fax. (0321)381959

(2)

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang senantiasa telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita semua dalam keadaan sehat wal’afiat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Kami juga panjatkan kehadirat Allah SWT, karena hanya dengan keridhoan-Nya Laporan Kerajinan dari Bahan Limbah (Wadah Alat Tulis dan Aksesoris Handphone) ini dapat terselesaikan.

Kami menyadari bahwa keterbatasan pengetahuan dan pemahaman kami tentang kerajinan dari bahan limbah, menjadikan keterbatasan kami pula untuk memberikan

penjabaran yang lebih dalam tentang laporan ini. Oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan laporan ini.

(3)

SMK Negeri 1 Mojokerto 2017/2018 II

Daftar Isi

Kata Pengantar ... I

Daftar Isi ... II

Bab I Pendahuluan ... 1

1.1

Latar Belakang ... 1

1.2

Rumusan Masalah... 1

1.3

Tujuan ... 1

Bab II Pembahasan ... 2

2.1

Pengertian Kerajinan dari Bahan Limbah ... 2

2.2

Bahan dan Alat ... 3

2.3

Teknik Pembuatan ... 3

2.4

Nilai Estetika dan Ergonomis ... 4

2.5

Kelebihan dan Kekurangan ... 4

Bab III Penutup ... 6

3.1 Kata Penutup ... 6

3.2 Kesimpulan ... 6

3.3 Dokumentasi ... 7

(4)

Bab I Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Kerajinan merupakan budaya tradisional yang kini menjadi komoditi Negara untuk meningkatkan devisa. Limbah adalah buangan atau sisa yang dihasilkan dari suatu proses atau kegiatan dari industri maupun domestik (rumah tangga).

Sebagai warga negara yang baik kita dituntut untuk mengembangkan produk-produk kerajinan agar lebih bermutu dan bermanfaat. Melalui kerajinan kita diharapkan mampu mengembangkan kreativitas agar produk kerajinan yang ada di sekitar kita lebih inovatif.

Di era globalisasi ini dengan semakin berkembangnya zaman, maka limbah domestik kardus semakin banyak. Kami menggunakan bahan kardus karena mudah dibentuk dan dipotong. Laporan kerajinan dari bahan limbah ini dilatarbelakangi oleh serangkaian kegiatan yang harus dilakukan setelah melakukan praktik membuat kerajinan dari bahan limbah kardus.

1.2 Rumusan Masalah

Dari uraian di atas maka rumusan masalahnya yaitu:

1. Pengertian kerajinan dari bahan limbah (kardus)

2. Teknik pembuatan kerajinan dari bahan limbah (kardus)

3. Alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan

4. Nilai estetika dan ergonomis dari kerajinan bahan limbah (kardus)

1.3 Tujuan

Dari rumusan masalah di atas, tujuan kami yaitu:

1. Mengetahui berbagai macam kerajinan dari bahan limbah terutama limbah domestik (rumah tangga) dari kardus

2. Membuat kerajinan dari bahan limbah (kardus)

3. Merencanakan atau mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kerajinan dari bahan limbah (kardus)

(5)

SMK Negeri 1 Mojokerto 2017/2018 Halaman 2

Bab II Pembahasan

2.1 Pengertian Kerajinan dari Bahan Limbah

Limbah merupakan suatu barang (benda) sisa dari sebuah kegiatan produksi yang tidak bermanfaat/bernilai ekonomi lagi. Kerajinan tangan dari bahan limbah adalah bentuk pemanfaatan, penghematan, dan gerakan untuk menjaga lingkungan. Banyak orang yang sering membuang barang-barang bekas ke tempat sampah, padahal sebagian masih dapat dimanfaatkan. Barang-barang ini sebenarnya layak untuk orang lain, oleh sebab itu kita harus jeli memanfaatkan barang tersebut. Pemanfaatan barang bekas perlu dilakukan karena selain untuk menghemat,kita juga telah turut menjaga lingkungan.

Limbah domestik adalah suatu limbah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga. Salah satu limbah domestik yaitu limbah kardus atau sisa kardus yang merupakan wadah atau bungkus, boks, dan kemasan makanan, minuman, atau produk lainnya. Kardus merupakan bahan yang mudah dibentuk, dipotong, dan dilipat. Pemanfaatan kardus dalam kerajinan dari bahan limbah sangat beragam, terutama kerajinan “Wadah Alat Tulis dan Aksesoris Handphone ini yang merupakan kerajinan dari bahan limbah yang berbahan dasar kardus. Selain mudah dibentuk, kardus mempunyai sifat ringan dan lembut, sehingga dapat digunakan dengan nyaman.

Kerajinan Wadah Alat Tulis dan Aksesoris Handphone merupakan kerajinan bahan limbah yang dibuat tidak hanya sekedar hiasan saja, tapi untuk menaruh alat-alat tulis seperti pensil, penghapus, penggaris, spidol, stipo, jangka, rapido, dll serta aksesoris handphone seperti Handphone, Charger Handphone, Chasing Handphone, Earphone, Flashdisk, Memory Card, Kabel USB, dll. Kerajinan ini merupakan kerajinan yang tak berbeda dari kerajinan dari kardus lainnya, yang membuat kerajinan kami berbeda sedikit yaitu dengan adanya lapisan dari kertas sukun yang berwarna biru dan kuning. Meskipun lapisan luarnya terbuat dari kertas sukun, kerajinan ini tetap mempunyai nilai estetika yang cukup tinggi.

Manfaat dari kerajinan yang kami buat tidak hanya sekedar sebagai benda pakai dan hiasan, tetapi untuk menjadikan ruangan terasa lebih lengkap, nyaman, dan serasi. Bahan dasar kardus menjadikan kerajinan ini mudah dibawa kemana-mana dan ringan. Tak hanya itu sebenarnya masih ada banyak manfaat lain yang mungkin tergantung bagaimanaselera kita terhadap kerajinan-kerajinan yang ada.

Kami membuat kerajinan ini atas dasar mudahnya bahan kardus itu didapat dan menurut kami kerajinan dari kardus itu sangat menarik sehingga kerajinan Wadah Alat Tulis dan Aksesoris Handphone ini kami buat.

(6)

2.2 Bahan dan Alat

Dari alat dan bahan yang kami sediakan di atas, teknik pembuatan dari kerajinan kami yaitu:

Teknik Memotong dan Teknik Menempel

Adapun langkah-langkah pembuatan kerajinan kami yaitu:

1. Persiapkan alat dan bahan

2. Dari kardus yang telah disediakan, buat garis dengan bolpoin dan penggaris supaya lurus untuk memberikan tanda pada kardus yang nantinya akan kita potong.

3. Potong kardus sesuai dengan tanda yang telah diberikan tadi.

(7)

SMK Negeri 1 Mojokerto 2017/2018 Halaman 4 5. Gabungkan potongan kardus yang telah dipotong dan dilapisi dengan kertas sukun tadi menggunakan lem tembak dan straples supaya lebih kuat sesuai dengan bentuk wadah alat tulis.

6. Pada pojok-pojok atau sudut lapisi dengan kertas sukun lagi, supaya lebih halus dan tidak terasa kasar.

7. Setelah dilapisi kertas sukun pada pojok atau sudut, tambahkan motif hias bunga dengan kertas sukun pada tampilan depan wadah supaya lebih menarik.

8. Kerajinan Wadah Alat Tulis dan Aksesoris Handphone pun selesai dan dapat digunakan.

2.4 Nilai Estetika dan Ergonomis

2.4.1 Nilai Estetika

Bentuknya tidak monoton yang hanya kotak atau sekedar bentuk biasa, tetapi ada bentuk miring, tekstur halus, motif hiasan bunga, dan perpaduan dua warna biru dan kuning yang tidak terlalu benyak warna, hanya cukup dua warna itu saja membuat kerajinan kami lebih indah. Nilai estetika yang lain juga ditonjolkan pada lapisan kerajinan kami yeng mana tidak hanya perpaduan dua warna biru dan kuning saja, tetapi tampilannya mengkilap dan halus.

2.4.2 Nilai Ergonomis

A. Keamanan: Kuat untuk menahan berbagai alat tulis dan aksesoris handphone karena kardus yang kami sambungkan tidak sekedar diberi lem saja, melainkan di beri straples.

B. Kenyamanan: Tekstur halus membuat nyaman dipegang, tetapi tidak licin.

C. Keluwesan: Beratnya ringan karena bahan dasarnya terbuat dari kardus dengan lapisan luar kertas sukun yang tak terlalu tebal.

2.5 Kelebihan dan Kekurangan

2.5.1 Kelebihan:

1. Bentuknya efektif dan efisien (tidak terlalu lebar dan tinggi)

(8)

3. Ukuran tempat menyimpan cukup luas untuk menyimpan dan menaruh alat tulis serta aksesoris handphone

4. Tampilan tidak terlalu monoton dan berlebihan

5. Beratnya ringan sehingga mudah dipindah

2.5.2 Kekurangan:

1. Tidak tahan air (sobek dan hancur saat terkena air)

(9)

SMK Negeri 1 Mojokerto 2017/2018 Halaman 6

Bab III Penutup

3.1 Kata Penutup

Demikian tugas ini kami buat sebagai persyaratan memenuhi standar penilaian, bahwa kami telah menyelesaikan tugas kewirausahaan yang telah ditentukan oleh guru pembimbing. Dalam penyelesaian tugas akhir ini kami mendapat banyak pengetahuan seputar kerajinan dari bahan limbah. Maka dari itu kemi mengucapkan banyak terima kasih kepada guru pembimbing, semua bapak/ibu guru, serta teman-teman yang telah memberi arahan, petunjuk, dan prosedur serta saran dan kritik baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam penyelesaian tugas ini, mungkin masih banyak

kekurangan dari laporan ini, entah itu penulisan yang kurang sistematis, atau masalah yang lainnya, tolong dimaklumi karena kami masih belajar dasar-dasar penulisan laporan dan pengalaman kami dalam menulis laporan masih baru beberapa tahun. Jadi, saran dan kritik atas laporan kerajinan ini sangat kami butuhkan untuk membangun kembali dan memperbaiki apa yang kurang.

3.2 Kesimpulan

1. Kerajinan dari bahan limbah adalah kerajinan yang didapat dari barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

2. Kerajinan bahan limbah domestik adalah kerajinan dari barang bekas yang berasal dari rumah tangga.

3. Bahan kerajinan dari limbah domestik yaitu plastik, botol plastik, kaleng, botol kaca, kardus, kain bekas, kertas bekas, dll.

4. Kerajinan Wadah Alat Tulis dan Aksesoris Handphonemerupakan kerajinan dari bahan limbah domestik dari kardus yang dibuat menggunakan teknik memotong dan teknik menempel, dengan tambahan lapisan kertas sukun dan motif bunga.

(10)

3.3 Dokumentasi

(11)

SMK Negeri 1 Mojokerto 2017/2018 Halaman 8

(12)

3.4 Referensi

101 Kreasi Unik Dari Kardus Bekas,

www.matadunia.net/2015/09/101-kreasi-unik-dari-kardus-bekas.html

Cara Membuat Rak Cantik dari Kardus Bekas,

www.orami.co.id/magazine/cara-membuat-rak-cantik-dari-kardus-bekas

71+ Kerajinan Tangan Dari Kardus Yang Bisa Dijual Dengan Harga Tinggi,

hidupsimpel.com/kerajinan-tangan-dari-kardus

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas Beserta Langkah-langkahnya,

ruangtanya.com/cara-membuat-kerajinan-tangan-dari-kardus

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...