Top PDF LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DASAR. doc

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DASAR. doc

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DASAR. doc

Didalam pekerjaan mikrobiologi seringkali kita tidak terlepas dari alat-alat yang berada di laboratorium. Peralatan yang digunakan pada laboratorium mikrobiologi hampir sama dengan peralatan-peralatan yang umumnya digunakan di laboratorium kimia, yaitu berupa alat-alat gelas antara lain : tabung reaksi, cawan petri, pipet ukur, dan pipet volumetrik, labu ukur, labu erlenmeyer, gelas piala, pH meter, gelas arloji, termometer, botol tetes, pembakar spirtus, kaki tiga dengan kawat asbes, dan rak tabung reaksi.(Anonym, 2012).

23 Read more

Laporan Praktikum Analisis Mikrobiologi dasar

Laporan Praktikum Analisis Mikrobiologi dasar

Lazimnya antibiotik dibuat secara mikrobiologi, yaitu fungi dibiakan dalam tangki-tangki besar bersama zat-zat gizi khusus.Oksigen atau udara steril disalurkan kedalam cairan pembiakan.Antibiotik semisintetik yaitu apabila pada persemaian (kultur substrat) ditumbuhi zat-zat pelopor tertentu, maka zat ini diinkoforassi kedalam antibiotik dasarnya. Antibiotik sintesis tidak dibuat dengan jalan biosintesis tersebut misalnya kloramfenikol.Mekanisme kerja antibitok tidak aktif terhadap kebanyakan virus kecil, mungkin karena virus tidak memiliki proses metabolism sesungguhnya, melainkan tergantung seluruhnya dari proses tuan rumah. 4
Show more

11 Read more

Laporan Praktikum mikrobiologi Tentang I

Laporan Praktikum mikrobiologi Tentang I

Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi. Beberapa kelompok bakteri dikenal sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok lainnya dapat memberikan manfaat dibidang pangan, pengobatan, dan industri. Struktur sel bakteri relatif sederhana: tanpa nukleus/inti sel, kerangka sel, dan organel-organel lain seperti mitokondria dan kloroplas. Hal inilah yang menjadi dasar perbedaan antara sel prokariot dengan sel eukariot yang lebih kompleks (Buchanan, 2003).
Show more

10 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM DAN MIKROBIOLOGI INDUSTRI

LAPORAN PRAKTIKUM DAN MIKROBIOLOGI INDUSTRI

Mutu mikrobiologis dari suatu bahan makanan dapat ditentukan oleh jumlah dan jenis mikroorganisme yang terdapat dalam bahan pangan. Mutu mikrobiologis ini akan menentukan ketahanan simpan dari produksi tersebut ditinjau dari kerusakan oleh mikroorganisme, dan keamanan produk dari mikroorganisme ditentukan oleh jumlah spesies patogenik yang terdapat serta proses pengawetan apa yang akan diterapkan pada bahan pangan tersebut. Jadi kemampuan untuk mengukur secara tepat jumlah mikroorganisme yang umum terdapat dalam bahan pangan dan jumlah mikroorganisme spesifik yang berada dalam produk pangan merupakan dasar yang penting bagi mikrobiologi pangan (Buckle dkk, 1985).
Show more

15 Read more

Laporan Praktikum mikrobiologi Tentang I

Laporan Praktikum mikrobiologi Tentang I

Prinsip dasar dari pewarnaan ini adalah adanya ikatan ion antara komponen selular dari bakteri dengan senyawa aktif dari pewarna yang disebut kromogen. Terjadi ikatan ion karena adanya muatan listrik baik pada komponen seluler maupun pada pewarna. Pewarna asam ini disebut pewrna negatif. Contoh pewarna asam misalnya : tinta cina, larutan Nigrosin, asam pikrat, eosin dan lain- lain.

23 Read more

laporan praktikum mikrobiologi penyiapan. docx

laporan praktikum mikrobiologi penyiapan. docx

Bakteri yang mempunyai nama latin bacterium merupakan kelompok mikroorganisme yang kebanyakan bersel satu atau uniseluler. Bateri berukuran mikrometer (µm) setara dengan 1/1000 mm atau 10-3 mm. Bakteri yang paling umum dipelajari dalam praktikum mikrobiologi dasar berukuran 0,5-1,0 x 2,0-5,0 µm (Pelczar 1986). Bakteri yang dibiakan dalam suatu media perlu dilakukan screening bakteri untuk mendapatkan koloni-koloni mikroba yang masih dalam populasi campuran sebagai tahap awal dalam proses kultivasi dan pencirian kultural dari mikroorganisme. Mikroorganisme akan memperlihatkan pertumbuhan yang berbeda pada media yang berbeda, perbedaan ini dinamakan karakteristik kultural yang menjadi dasar untuk memisahkan mikroorganisme ke dalam berbagai kelompok taksonomi.
Show more

8 Read more

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DAS

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DAS

Pada praktikum ini digunakan air kelapa sebagai bahan dasar pembuatan nata karena dalam air kelapa terdapat berbagai nutrisi yang bisa dimanfaatkan bakteri untuk tumbuh dan melakukan met[r]

16 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI 2 STERILI

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI 2 STERILI

Sterilisasi merupakan suatu usaha untuk membebaskan alat-alat dan bahan-bahan dari segala macam bentuk kehidupan, terutama mikroba, sehingga dalam sterilisasi nanti alat-alat tidak terkontaminasi dengan pihak luar. Oleh karena itu, bagi seorang pemula di bidang mikrobiologi sangat perlu mengenal teknik sterilisasi karena merupakan dasar-dasar kerja dalam laboratorium mikrobiologi. Steril merupakan syarat mutlak keberhasilan kerja dalam lab mikrobiologi. Dalam melakukan sterilisasi, diperlukan teknik-teknik agar sterilisasi dapat dilakukan secara sempurna, dalam arti tidak ada mikroorganisme lain yang mengkontaminasi media.
Show more

13 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI PENGENALA (3)

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI PENGENALA (3)

Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari mikroba. Mikrobiologi adalah salah satu cabang ilmu dari biologi, dan memerlukan ilmu pendukung kimia, fisika dan biokimia. Mikrobiologi sering disebut ilmu praktek dari biokimia. Dalam mikrobiologi dasar diberikan pengertian dasar tentang sejarah penemuan mikroba, macam-macam mikroba di alam, struktur sel mikroba dan fungsinya, metabolisme mikroba secara umum, pertumbuhan mikroba dan faktor lingkungan, mikrobiologi terapan di bidang lingkungan dan pertanian. Mikrobiologi lanjut telah berkembang menjadi bermacam - macam ilmu yaitu virologi, bakteriologi, mikologi, mikrobiologi pangan, mikrobiologi tanah, mikrobiologi industri, dan sebagainya yang mempelajari mikroba spesifik secara lebih rinci atau menurut kemanfaatannya.
Show more

17 Read more

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Iso

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Iso

Di alam populasi mikroba tidak terpisah sendiri menurut jenisnya, tetapi terdiri dari campuran berbagai macam sel. Di dalam laboratorium populasi bakteri ini dapat diisolasi menjadi kultur murni yang terdiri dari satu jenis yang dapat dipelajari morfologi, sifat dan kemampuan biokimiawinya. Di dalam bidang ilmu mikrobiologi, untuk dapat menelaah bakteri khususnya dalam skala laboratorium, maka terlebih dahulu kita harus dapat menumbuhkan mereka dalam suatu biakan yang mana di dalamnya hanya terdapat baktri yang kita butuhkan tersebut tanpa adanya kontaminasi dari mikroba lain. Biakan yang semacam ini biasanya dikenal dengan istilah biakan murni. Untuk melakukan hal ini, haruslah di mengerti jenis- jenis nutrien yang disyaratkan bakteri dan juga macam ligkungan fisik yang menyediakan kondisi optimum bagi pertumbuhan bakteri tersebut.
Show more

31 Read more

Laporan Praktikum Mikrobiologi dasar Pertanian

Laporan Praktikum Mikrobiologi dasar Pertanian

Hal yang paling penting dalam melakukan praktikum ini adalah menjaga kesterilan alat dan bahan serta media agar yang telah dibuat. Hal ini bertujuan agar media tersebut tidak terkontaminasi dengan faktor luar yang dapat mengakibatkan terganggunya perkembangan dan pertumbuhan mikroorganisme yang berada di dalam tanah. Faktor-faktor luar itu meliputi faktor dari abiotik (temperatur, kelembaban, nilai perubahan osmotik, cahaya matahari, dan penghancuran secara mekanik), faktor-faktor kimia (antiseptik dan desinfektan di sekitar area praktikum) dan faktor biotik (kerja sama antar mikroorganisme). Salah satu upaya untuk menjaga kesterilan objek praktikum, kita harus melakukan penuangan media agar ke cawan petri di dekat lampu bunsen yang menyala. Maksud daripada pelakuan ini adalah agar kesterilan objek terjaga oleh panas dari bunsen yang menyala karena aktivitas mikroorganisme selalu dipengaruhi oleh lingkungan.
Show more

11 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI STERILISA. doc

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI STERILISA. doc

Sterilisasi dalam mikrobiologi berarti membebaskan tiap benda atau substansi dari semua kehidupan dalam bentuk apapun. Untuk tujuan mikrobiologi dalam usaha mendapatkan keadaan steril, mikroorganisme dapat dimatikan setempat (in situ) oleh panas (kalor), gas-gas seperti formaldehid, etilenoksida atau betapriolakton oleh bermacam-macam larutan kimia; oleh sinar lembayung ultra atau sinar gamma. Mikroorganisme juga dapat disingkirkan secara mekanik oleh sentrifugasi kecepatan tinggi atau oleh filtrasi (Irianto 2006: 75).

4 Read more

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Pro

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Pro

Pada praktikum fermentasi ini yang dilakukan pertama adalah pembuatan nata. Dikupas buah pepaya, kemudian diblender sampel buah pepaya yang telah dipisahkan dari kulitnya tersebut. Dibuat sari buah pepaya dengan cara memeras buah pepaya untuk mengambil sarinya sebanyak 600 mL, dimasukkan ke dalam gelas kimia, dipanaskan hingga mendidih. Ditambahkan asam asetat, K 2 HPO 4 , MgSO 4 , gula pasir

25 Read more

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Pen

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Pen

karena alat-alat di Laboratorium Mikrobiologi Farmasi memegang peranan penting dalam mengamati mikroorganisme. Oleh karena itu, praktikan perlu mengetahui dan memahami alat-alat yang akan digunakan dalam praktikum mulai dari bagian-bagian alat tersebut, cara pemakaian, kegunaan, prinsip kerja serta cara mensterilkan alat tersebut sehingga kedepannya diharapkan memperlancar proses praktikum atau pengamatan.

37 Read more

laporan praktikum mikrobiologi pengenala. docx

laporan praktikum mikrobiologi pengenala. docx

Mikrobiologi ialah telaah mengenai organisme hidup yang berukuran mikroskopis. Dunia mikroorganisme terdiri dari lima kelompok organisme : bakteri, protozoa, virus, serta algae dan cendawan mikroskopis. Beberapa mikroorganisme menyebabkan penyakit dan yang lain terlibat dalam kegiatan manusia sehari-hari misalnya pembuatan anggur, keju, yoghurt, produksi penisilin, serta proses-proses perlakuan yang berkaitan dengan pembuangan limbah (pelczar 2005).

12 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI AKUAKULTU pdf

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI AKUAKULTU pdf

Bahan antimikroba yang diamati dalam praktikum ini adalah , larutan antibiotik penicline 25 ppm dan 50 ppm, larutan ekstrak daun meniran 3 ppt dan 30 ppt, larutan formalin 0.4% dan 4%, serta larutan kloramfenikol 25 ppm dan 50 ppm. Keempat bahan tersebut mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap viabilitas bakteri. Pengamatan hasil praktikum menunjukkan bahwa bahan-bahan tersebut memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Hal ini ditunjukkan dengan adanya zona bening pada cawan petri biakan bakteri tersebut. Namun terjadi kesalahan prosedur yang menyebabkan zona bening tidak muncul pada beberapa perlakuan larutan antimikroba. Kesalahan yang terjadi di antaranya adalah kesalahan penyebaran inokulasi bakteri pada media di dalam cawan petri serta kertas saring yang terlalu lama dikeringanginkan sehingga larutan antimikroba menguap habis. Oleh karena itu, antar zat antimikroba tidak dapat dibandingkan efektivitasnya.
Show more

116 Read more

Laporan Praktikum Analisis Mikrobiologi docx

Laporan Praktikum Analisis Mikrobiologi docx

Bahan yang digunakan dalam praktikum ini adalah aquadest steril, biakan bakeri, fenol 5%, kapas, medium nutrien broth (NB) (Becton, Dickinson, and Company/No.Reg:234000), sampel portex,soklin,supersolldanwipol. Alat yang digunakan dalam praktikum ini adalah autoklaf, botol pengencer, inkubator, lampu spiritus, ose bulat, rak tabung, spoit 1mL,5 mL, 10 mL dan tabung reaksi. Sampel Praktikum

13 Read more

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI STR

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI STR

Pada praktikum Mikrobiologi dengan materi sterilisasi, metode yang kami terapkan ialah pemanasan basah dengan uap bertekanan menggunakan alat autoklaf. Untuk mensterilkan kurang lebih 10 Cawan Petri, 20 Tabung Reaksi, 1 Erlemenyer dan 2 Botol Kaca kami memanaskan alat tersebut dengan suhu 121 o C,

3 Read more

Laporan Praktikum Mikrobiologi Pangan Uj

Laporan Praktikum Mikrobiologi Pangan Uj

Uji fisiologi biasanya identik dengan uji biokimia. Uji fisiologis bakteri dilakukan untuk mengidentifikasi bakteri berdasarkan aktivitas selnya. Bakteri yang dapat menghidrolisis pati mempunyai aktivitas amilolitik, yaitu menghasilkan enzim amilase yang dapat mengubah pati menjadi molekul-molekul gula sederhana (monosakarida) untuk kebutuhan metabolisme sel. Aktivitas tersebut ditandai dengan adanya zona bening di sekeliling koloni pada uji hidrolisis pati. Uji biokimia yang biasanya dipakai dalam kegiatan identifikasi bakteri atau mikroorganisme yang antara lain uji katalase, koagulase, dan lain- lain. Pengujian biokimia merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia mikrobiologi. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan praktikum “Uji Fisiologi dan Biokimia Bakteri”.
Show more

12 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM DAN MIKROBIOLOGI air

LAPORAN PRAKTIKUM DAN MIKROBIOLOGI air

Pada praktikum kali ini, melakukan pemeriksaan air.Pemeriksaan air dilakukan untuk mengetahui apakah air tersebut layak digunakan sebagai air minum atau digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pemeriksaan air ini menggunakan metode MPN. Metode perhitungan MPN menggunakan media cair di dalam tabung reaksiyang berisi tabung durham, dimana perhitungan dilakukan berdasarkan jumlah tabung yang positif yaitu yang ditumbuhi oleh jasad renik setelah inkubasi pada suhu dan waktu tertentu. Pengamatan tabung yang positif dapat dilihat dengan mengamati terbentuknya gas di dalam tabung durham yang diletakkan pada posisi terbalik, yaitu untuk jasad renik pembentuk gas, sehingga tabung durham tersebut naik keatas. Pemeriksaan air ditunjukkan dengan adanya bakeri indikator (coliform dan fecal coliform) dengan menggunakan tiga tahapan pengujian yaitu uji dugaan, uji penetapan, dan uji pelengkap. Sampel sebanyak 10 ml dimasukkan ke dalam media konsentrasi ganda karena diduga akan ada lebih banyak bakteri sehingga diperlukan lebih banyak nutrisi yang diperlukan untuk menumbuhkannya.
Show more

9 Read more

Show all 10000 documents...