Top PDF Laporan Praktikum Mikrobiologi dasar Pertanian

Laporan Praktikum Mikrobiologi dasar Pertanian

Laporan Praktikum Mikrobiologi dasar Pertanian

Hal yang paling penting dalam melakukan praktikum ini adalah menjaga kesterilan alat dan bahan serta media agar yang telah dibuat. Hal ini bertujuan agar media tersebut tidak terkontaminasi dengan faktor luar yang dapat mengakibatkan terganggunya perkembangan dan pertumbuhan mikroorganisme yang berada di dalam tanah. Faktor-faktor luar itu meliputi faktor dari abiotik (temperatur, kelembaban, nilai perubahan osmotik, cahaya matahari, dan penghancuran secara mekanik), faktor-faktor kimia (antiseptik dan desinfektan di sekitar area praktikum) dan faktor biotik (kerja sama antar mikroorganisme). Salah satu upaya untuk menjaga kesterilan objek praktikum, kita harus melakukan penuangan media agar ke cawan petri di dekat lampu bunsen yang menyala. Maksud daripada pelakuan ini adalah agar kesterilan objek terjaga oleh panas dari bunsen yang menyala karena aktivitas mikroorganisme selalu dipengaruhi oleh lingkungan.
Show more

11 Read more

Laporan Praktikum mikrobiologi Tentang I

Laporan Praktikum mikrobiologi Tentang I

Suatu prinsip dasar dari pewarnaan ini adalah adanya ikatan ion antara komponen selular dari bakteri dengan senyawa aktif dari pewarna yang disebut kromogen. Terjadi ikatan ion karena adanya muatan listrik baik pada komponen seluler maupun pada pewarna. Berdasarkan adanya muatan ini maka dapat dibedakan pewarnaan asam dan pewarnaan basa. Pewarna asam dapat tejadi karena bila senyawa pewarna bermuatan negatif Pewarnaan basa bisa terjadi biasenyawa pewarna bersifat positif (Girindra, 1993).

23 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI 2 STERILI

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI 2 STERILI

Sterilisasi merupakan suatu usaha untuk membebaskan alat-alat dan bahan-bahan dari segala macam bentuk kehidupan, terutama mikroba, sehingga dalam sterilisasi nanti alat-alat tidak terkontaminasi dengan pihak luar. Oleh karena itu, bagi seorang pemula di bidang mikrobiologi sangat perlu mengenal teknik sterilisasi karena merupakan dasar-dasar kerja dalam laboratorium mikrobiologi. Steril merupakan syarat mutlak keberhasilan kerja dalam lab mikrobiologi. Dalam melakukan sterilisasi, diperlukan teknik-teknik agar sterilisasi dapat dilakukan secara sempurna, dalam arti tidak ada mikroorganisme lain yang mengkontaminasi media.
Show more

13 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI PENGENALA (3)

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI PENGENALA (3)

Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari mikroba. Mikrobiologi adalah salah satu cabang ilmu dari biologi, dan memerlukan ilmu pendukung kimia, fisika dan biokimia. Mikrobiologi sering disebut ilmu praktek dari biokimia. Dalam mikrobiologi dasar diberikan pengertian dasar tentang sejarah penemuan mikroba, macam-macam mikroba di alam, struktur sel mikroba dan fungsinya, metabolisme mikroba secara umum, pertumbuhan mikroba dan faktor lingkungan, mikrobiologi terapan di bidang lingkungan dan pertanian. Mikrobiologi lanjut telah berkembang menjadi bermacam - macam ilmu yaitu virologi, bakteriologi, mikologi, mikrobiologi pangan, mikrobiologi tanah, mikrobiologi industri, dan sebagainya yang mempelajari mikroba spesifik secara lebih rinci atau menurut kemanfaatannya.
Show more

17 Read more

laporan praktikum mikrobiologi penyiapan. docx

laporan praktikum mikrobiologi penyiapan. docx

Ketepatan komposisi medium tergantung pada kebutuhan spesies yang akan dikultivasi karena kebutuhan nutrisi sangat bervariasi. Pengetahuan tentang habitat normal mikroorganisme sering berguna untuk menentukan medium yang cocok karena kebutuhan tergantung lingkungan alaminya. Meskipun persyaratan medium untuk menumbuhkan mikroorganisme sangat beragam, namun sebagai organisme hidup mempunyai kebutuhan dasar yang sama yaitu memerlukan sumber karbon, energi, air, nitrogen, fosfat, dan mineral. Medium yang digunakan dalam Mikrobiologi sangat beraneka macam. Medium dapat dibuat secara alami maupun membeli sudah dalam bentuk kemasan jadi. Pembuatan medium menggunakan bahan-bahan alami selain lebih murah juga dapat untuk mengantisipasi jika tidak ada stok dari pabrik. Medium dapat dibedakan berdasarkan komposisi kimia, konsistensi, dan fungsinya. Berdasarkan komposisi kimiawi komponen penyusun medium, maka medium dibedakan menjadi 2 kategori yaitu medium kompleks (complex) dan sintetik (defined). Medium dapat dibedakan menjadi 3 berdasarkan konsistensinya yaitu medium cair, semipadat, dan padat. Medium menurut kegunaannya dibedakan menjadi 3 bagian yaitu selektif, diferensial, dan pengayaan (Rakhmawati 2012).
Show more

8 Read more

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DAS

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DAS

Pada praktikum ini digunakan air kelapa sebagai bahan dasar pembuatan nata karena dalam air kelapa terdapat berbagai nutrisi yang bisa dimanfaatkan bakteri untuk tumbuh dan melakukan met[r]

16 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM DAN MIKROBIOLOGI INDUSTRI

LAPORAN PRAKTIKUM DAN MIKROBIOLOGI INDUSTRI

Pemanfaatan mikroorganisme dalam bidang teknologi semakin banyak digunakan misalnya dalam menghasilkan berbagai produk seperti bahan pangan, industri, pertanian, obat-obatan, dan lain sebagainya. Pemilihan mikroorganisme yang tepat untuk suatu tujuan tertentu dan pemanfaatan mikroorganisme secara maksimal perlu didukung oleh suatu metode isolasi dan identifikasi yang baik.

15 Read more

Laporan Praktikum mikrobiologi Tentang I

Laporan Praktikum mikrobiologi Tentang I

Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi. Beberapa kelompok bakteri dikenal sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok lainnya dapat memberikan manfaat dibidang pangan, pengobatan, dan industri. Struktur sel bakteri relatif sederhana: tanpa nukleus/inti sel, kerangka sel, dan organel-organel lain seperti mitokondria dan kloroplas. Hal inilah yang menjadi dasar perbedaan antara sel prokariot dengan sel eukariot yang lebih kompleks (Buchanan, 2003).
Show more

10 Read more

BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI PERTANIAN

BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI PERTANIAN

Yang dimaksud dengan faktor tumbuh adalah komponen seluler esensial yang tidak dapat disintesis sendiri oleh suatu organisme dari sumber dasar karbon dan nitrogennya. Komponen sel yang dimaksud dapat berupa asam-asam amino atau vitamin. Bagi banyakheterotrof, kebutuhannya akan faktor tumbuh sudah dapat dipenuhi oleh ekstrak daging atau kaldu nutrien. Namun bagi patogen- patogen yang rewel (fastidious), diperlukan medium yang lebih rumit seperti agar darah untuk penyediaan faktor tumbuh yang diperlukan/

32 Read more

Laporan Praktikum Analisis Mikrobiologi dasar

Laporan Praktikum Analisis Mikrobiologi dasar

Dari hasil praktikum yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ekstrak metanol daun sirih hutan efektif menghambat bakteri Pseudomonas aeruginosa dengan konsentrasi 0,1% dengan rata-rata zona hambatan yang terbentuk adalah 29 mm dan pada metode KLT-bioautografi ekstrak metanol daun sirih hutan pada eluen n-Heksan : etil asetat pada perbandingan 2 : 1 efektif menghambat bakteri dengan nilai Rf pada bakteri uji Salmonella thyposa adalah 0,218 dan pada bakteri uji Pseudomonas aeruginosa 0,327.

11 Read more

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Pro

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Pro

Pada praktikum fermentasi ini yang dilakukan pertama adalah pembuatan nata. Dikupas buah pepaya, kemudian diblender sampel buah pepaya yang telah dipisahkan dari kulitnya tersebut. Dibuat sari buah pepaya dengan cara memeras buah pepaya untuk mengambil sarinya sebanyak 600 mL, dimasukkan ke dalam gelas kimia, dipanaskan hingga mendidih. Ditambahkan asam asetat, K 2 HPO 4 , MgSO 4 , gula pasir

25 Read more

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Pen

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Pen

Tersedia teknik untuk menentukan ukuran, bentuk, dan struktur sel- sel individu, juga bagaimana sel-sel itu dikelompokkan. Ada prosedur untuk menumbuhkan (membiakkan) mikroorganisme di laboratorium. Beberapa diantaranya memerlukan keadaan yang sangat khusus. Banyak kemajuan telah dicapai dalam peralatan untuk laboratorium mikrobiologi semenjak awal 1900-an. Instrumen masa kini misalnya dapat mengidentifikasi secara amat terperinci komposisi kimiawi suatu sel mikroba, demikian pula senyawa-senyawa kimia yang dihasilkan oleh suatu sel (Michael, 2008).
Show more

37 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DASAR. doc

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DASAR. doc

Didalam pekerjaan mikrobiologi seringkali kita tidak terlepas dari alat-alat yang berada di laboratorium. Peralatan yang digunakan pada laboratorium mikrobiologi hampir sama dengan peralatan-peralatan yang umumnya digunakan di laboratorium kimia, yaitu berupa alat-alat gelas antara lain : tabung reaksi, cawan petri, pipet ukur, dan pipet volumetrik, labu ukur, labu erlenmeyer, gelas piala, pH meter, gelas arloji, termometer, botol tetes, pembakar spirtus, kaki tiga dengan kawat asbes, dan rak tabung reaksi.(Anonym, 2012).

23 Read more

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Iso

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Iso

Mikrobiologi ialah telaah mengenai organisme hidup yang berukuran mikroskopis. Dunia mikroorganisme terdiri dari lima kelompok organisme : bakteri, protozoa, virus, serta algae dan cendawan mikroskopis. Dalam bidang mikrobiologi kita mempelajari banyak segi mengenai jasad-jasad renik ini (juga dinamakan microbe atau protista): dimana adanya, cirri-cirinya, kekerabatan antara sesamanya seperti juga dengan kelompok organisme lainnya, pengendaliannya, dan peranannya dalam kesehatan serta kesejahteraan kita. Mikroorganisme sangat erat kaitannya dengan kehidupan, beberapa diantaranya bermanfaat dan yang lain merugikan. Banyak diantaranya menjadi penghuni dalam tubuh manusia. Beberapa mikroorganisme menyebabkan penyakit dan yang lain terlibat dalam kegiatan manusia sehari-hari seperti misalnya pembuatan anggur, keju, yogurt, produksi penisilin, serta proses-proses perlakuan yang berkaitan dengan pembuangan limbah (Pelczar, 1986).
Show more

31 Read more

Penuntun Praktikum Mikrobiologi Dasar

Penuntun Praktikum Mikrobiologi Dasar

Selama bekerja di dalam laboratorium, ada beberapa peralatan yang hampir selalu digunakan. Salah satunya adalah peralatan yang terbuat dari kaca. Penggunaan peralatan ini penting artinya untuk diketahui karena dalam setiap laboratorium, termasuk pemeriksaan mikrobiologi, peralatan tersebut hampir sellalu digunakan. Bahan kaca dipakai karena sifatnya yang cenderung tahan, transparan, tahan panas, serta mudah disesuaikan.

16 Read more

laporan praktikum mikrobiologi pengenala. docx

laporan praktikum mikrobiologi pengenala. docx

Mikrobiologi berkaitan dengan organisme yang berukuran mikro yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Mikroskop adalah instrumen yang paling banyak digunakan dan paling bermanfaat di laboratorium mikroskopi. Dengan alat ini diperoleh perbesaran sehingga memungkinkan untuk melihat organisme dan struktur yang tak tampak dengan mata telanjang. Mikroskop memungkinkan perbesaran dalam kisaran luas dari seratus kali sampai ratusan ribu kali. Kedua kategori mikroskop yang ada ialah mikroskop cahaya (atau optis) dan mikroskop electron. Keduanya berbeda dalam prinsip yang mendasari perbesaran. Mikroskop cahaya yang kesemuanya menggunakan sistem lensa optis, mencakup mikroskop medan-terang, medan-gelap, fluoresensi, dan kontras-fase. Mikroskop electron menggunakan berkas electron sebagai pengganti gelombang cahaya untuk memperoleh bayangan yang diperbesar (pelczar 2005).
Show more

12 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DAN VIROL

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DAN VIROL

Pemeriksaan air secara kuantitatif maupun kualitatif dapat digunakan sebagai pengukuran derajat pencemaran selain itu pemeriksaan ini juga dapat menunjukkan level bahan organik yang terlarut dalam air. Pemeriksaan derajat pencemaran air secara mikrobiologi umumnya ditunjukan dengan kehadiran bakteri indikator seperti koliform dan fecal koliform (Kawuri, dkk., 2007). Koliform dicirikan sebagai kelompok bakteri berbentuk batang, gram negatif, tidak membentuk spora, aerobik fakultatif dan mampu memfermentasikan laktosa dengan menghasilkan gas dan asam dalam waktu 48 jam pada suhu 35 0 C. Bakteri
Show more

7 Read more

Laporan Praktikum Mikrobiologi Pangan Uj

Laporan Praktikum Mikrobiologi Pangan Uj

Uji fisiologi biasanya identik dengan uji biokimia. Uji fisiologis bakteri dilakukan untuk mengidentifikasi bakteri berdasarkan aktivitas selnya. Bakteri yang dapat menghidrolisis pati mempunyai aktivitas amilolitik, yaitu menghasilkan enzim amilase yang dapat mengubah pati menjadi molekul-molekul gula sederhana (monosakarida) untuk kebutuhan metabolisme sel. Aktivitas tersebut ditandai dengan adanya zona bening di sekeliling koloni pada uji hidrolisis pati. Uji biokimia yang biasanya dipakai dalam kegiatan identifikasi bakteri atau mikroorganisme yang antara lain uji katalase, koagulase, dan lain- lain. Pengujian biokimia merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia mikrobiologi. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan praktikum “Uji Fisiologi dan Biokimia Bakteri”.
Show more

12 Read more

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI STR

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI STR

Sterilisasi adalah cara untuk mendapatkan suatu kondisi bebas mikroba atau setiap proses yang dilakukan baik secara fisika, kimia, dan mekanik untuk membunuh semua bentuk kehidupan terutama mikroorganisme. Dalam bidang mikrobiologi baik dalam pengerjaan penelitian atau praktikum, keadaan steril merupakan syarat utama berhasil atau tidaknya pekerjaan kita di laboratorium.(Hermanto, 2012)

3 Read more

Show all 10000 documents...