Top PDF laporan praktikum mikrobiologi pengenala (2)

laporan praktikum mikrobiologi pengenala (2)

laporan praktikum mikrobiologi pengenala (2)

menghasilkan asap yang membuat suatu alat menjadi terkontaminasi. Jarum ose berfungsi untuk mengambil atau memperbanyak mikroorganisme dengan cara menggores-gores. Timbangan analitik berfungsi untuk menimbang bahan, timbangan ini mempunyai tingkat ketelitian yang sangat tinggi, bahkan jika kita bernafas sangat mempengaruhi berat dari bahan yang ditimbangan. Selanjutnya autoclave berfungsi untuk menyimpan atau mensterilkan alat-alat praktikum, autoclave suhunya mencapai 121 o c. Selanjutnya yaitu saker water bath berfungsi

12 Read more

Laporan Praktikum Mikrobiologi Pengenala (1)

Laporan Praktikum Mikrobiologi Pengenala (1)

Alat merupakan salah satu pendukung dari pada keberhasilan suatu pekerjaan di laboratorium. Sehingga untuk memudahkan dan melancarkan berlangsungnya praktikum, pengetahuan mengenai penggunaan alat sangat diperlukan. Pada dasarnya setiap alat memiliki nama yang menunjukkan kegunaan alat, prinsip kerja atau proses yang berlangsung ketika alat digunakan. Beberapa kegunaan alat dapat dikenali berdasarkan namanya. Penamaan alat-alat yang berfungsi mengukur biasanya diakhiri dengan kata meter seperti thermometer, hygrometer dan spektrofotometer, dan lain-lain. Alat-alat pengukur yang disertai dengan informasi tertulis, biasanya diberi tambahan “graph” seperti thermograph, barograph (Moningka,2008)..
Show more

15 Read more

Laporan Praktikum Mikrobiologi Pengenala. pdf

Laporan Praktikum Mikrobiologi Pengenala. pdf

Mikrobiologi merupakan suatu istilah luas yang berarti studi tentang organisme hidup yang terlalu kecil untuk dapat dilihat dengan mata telanjang. Mikrobiologi mencakup studi tentang bakteri (bakteriologi), virus (virologi), khamir dan jamur (mikologi), protozoa (protozoologi), beberapa ganggang, dan beberapa bentuk kehidupan yang tidak sesuai untuk dimasukkan kedalam kelompok tersebut diatas. Bentuk kehidupan yang kecil seperti itu disebut mikroorganisme. Makhluk hidup yang kecil tersebut disebut juga dengan mikroorganisme, mikrobia, jasad renik atau protista. Mikroorganisme tersebut tidak dapat dilihat dengan mata telanjang kecuali dengan bantuan mikroskop (Volk, 1993).
Show more

27 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI PENGENALA (3)

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI PENGENALA (3)

Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari mikroba. Mikrobiologi adalah salah satu cabang ilmu dari biologi, dan memerlukan ilmu pendukung kimia, fisika dan biokimia. Mikrobiologi sering disebut ilmu praktek dari biokimia. Dalam mikrobiologi dasar diberikan pengertian dasar tentang sejarah penemuan mikroba, macam-macam mikroba di alam, struktur sel mikroba dan fungsinya, metabolisme mikroba secara umum, pertumbuhan mikroba dan faktor lingkungan, mikrobiologi terapan di bidang lingkungan dan pertanian. Mikrobiologi lanjut telah berkembang menjadi bermacam - macam ilmu yaitu virologi, bakteriologi, mikologi, mikrobiologi pangan, mikrobiologi tanah, mikrobiologi industri, dan sebagainya yang mempelajari mikroba spesifik secara lebih rinci atau menurut kemanfaatannya.
Show more

17 Read more

laporan praktikum mikrobiologi pengenala. docx

laporan praktikum mikrobiologi pengenala. docx

Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh, dapat diketahui yang termasuk alat-alat yang terbuat dari gelas yaitu tabung reaksi, cawan petri, gelas ukur, dan Erlenmeyer. Tabung reaksi biasanya digunakan untuk mereaksikan suatu zat, namun pada praktikum mikrobiologi tabung reaksi digunakan untuk uji-uji biokimiawi dan menumbuhkan mikroba. Cawan petri digunakan sebagai tempat pertumbuhan mikroba secara kuantitatif dan sebagai tempat pengujian sampel. Gelas ukur digunakan untuk mengukur volume suatu larutan. Erlenmeyer dapat digunakan untuk meracik dan menhomogenkan bahan. Adapun yang termasuk alat-alat sterilisasi yaitu autoclave, oven dan Bunsen. Autoclave digunakan untuk mensterilkan suatu benda dengan menggunakan uap, sedangkan untuk oven digunakan untuk mensterilkan alat-alat gelas yang tahan terhadap panas dan bunsen fungsinya untuk memanaskan dan mensterilkan alat-alat yang terbuat dari platina.
Show more

12 Read more

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Pro

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Pro

Pada praktikum fermentasi ini yang dilakukan pertama adalah pembuatan nata. Dikupas buah pepaya, kemudian diblender sampel buah pepaya yang telah dipisahkan dari kulitnya tersebut. Dibuat sari buah pepaya dengan cara memeras buah pepaya untuk mengambil sarinya sebanyak 600 mL, dimasukkan ke dalam gelas kimia, dipanaskan hingga mendidih. Ditambahkan asam asetat, K 2 HPO 4 , MgSO 4 , gula pasir

25 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM DAN MIKROBIOLOGI air

LAPORAN PRAKTIKUM DAN MIKROBIOLOGI air

Metode MPN (Most Probable Number) untuk uji kualitas air saat praktikum menggunakan coliform sebagai indikator. Kelompok Coliform mencakup bakteri yang aerobic dan anaerobic fakultatif, berbentuk batang atau basil, gram negative dan tidak membentuk spora. Coliform memfermentasikan laktosa dengan membentuk asam dan gas CO 2 dalam waktu

9 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM DAN MIKROBIOLOGI INDUSTRI

LAPORAN PRAKTIKUM DAN MIKROBIOLOGI INDUSTRI

Ada 2 macam bakteri berdasarkan pewarnaan gram yaitu bakteri gram negatif dan bakteri gram positif. Perbedaan antara bakteri gram positif dan bakteri gram negatif berdasar pada struktur dinding sel keduanya. Bakteri gram positif hanya memiliki satu membran plasma dengan dinding sel yang tersusun atas peptidoglikan. Sebagian besar dinding sel bakteri memang dibangun dari peptidoglikan, sedangkan sebagian kecil terdiri atas asam teikoat. Sementara itu, bakteri gram negatif mempunyai susunan membran sel yang rangkap dua atau memiliki membran ganda. Selain terdiri atas peptidoglikan, membran pasmanya diselubungi oleh membran luar yang permeabel atau membran yang mudah dilewati oleh air. Menurut Ahira (2010),
Show more

15 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM Mikrobiologi   PEMBUAT

LAPORAN PRAKTIKUM Mikrobiologi PEMBUAT

cairan tersebut merupakan makanan bagi bakteri asam laktat, yang selanjutnya diubah menjadi asam laktat. Asam laktat inilah yang berfungsi sebagai pengawet produk tersebut. Lama proses fermentasi berkisar antara 1 hari (fermentasi sehari), beberapa hari (fermentasi pendek), sampai beberapa bulan. Kadar garam yang terlalu rendah (kurangdari 2,5%) mengakibatkan tumbuhnya bakteri proteolitik (bakteri yang menguraikan protein). Sedangkan konsentrasi garam lebih dari 10% akan memungkinkan tumbuhnya bakteri halofilik (bakteri yang menyenangi kadar garam tinggi). Oleh karena itu, kadar garam harus dipertahankan selama proses fermentasi, karena garam menarik air dari jaringan sayuran, maka selama proses fermentasi secara periodik ditambahkan garam pada media fermentasi. Pada umumnya kadar garam medium dinaikkan setiap minggu sampai tercapai produk yang baik. Kecepatan fermentasi turut dipengaruhi oleh kadar garam medium. Pada umumnya makin tinggi konsentrasi garam makin lambat proses fermentasi. Untuk fermentasi pendek sebaiknya digunakan larutan garam 2-10% agar laju fermentasi berkisar antar sedang dan cepat. Konsentrasi medium melebihi 20% tidak dianjurkan, karena menghasilkan produk yang keriputdan menyebabkan bakteri yang tumbuh adalah bakteri halofilik atau bahkan fermentasi tidak berlangsung. Pada awal proses fermentasi, pH cairan sekitar 5,34 - 5,57 karena asam laktat belum terbentuk. Fermentasi asam laktat terjadi karena adanya aktivitas bakteri laktat yang mengubahglukosa menjadi asam laktat. Setelah proses fermentasi berlangsung, yang ditandai dengan timbulnya gas,jumlah asam laktat meningkat yang diikuti dengan penurunan pH (Buckle, 1987).
Show more

46 Read more

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DAS

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DAS

Nata de Coco adalah makanan yang banyak mengandung serat, mengandung selulosa kadar tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan dalam membantu pencernaan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Puslitbang Biologi LIPI, kandungan gizi nata de coco per 100 gram nata mengandung 80% air, 20 gram karbohidrat, 146 kal kalori,20 gram lemak, 12 mg kalsium, 2 mg fosfoT dan 0,5 mg ferrum (besi). Sedangkan kandungan gizi 100 gram nata de coco yang dikonsumsi dengan sirup adalah 67,7% air, 12 mg kalsium, 0,2% lemak, 2 mg fosfor Gurnlah yang sarna untuk vitamin B1 dan protein), 5 rng zat besi dan 0,01 flg (mikrogram) riboflavin (Kristianingrum, 2004).
Show more

16 Read more

Laporan Praktikum Analisis Mikrobiologi docx

Laporan Praktikum Analisis Mikrobiologi docx

Secara umum untuk penentuan MIC pengenceran mikroba dilakukan penurunan konsentrasi setengahnya misalnya mulai dari 16, 8, 4, 2, 1, 0,5, 0,25 µg/mL konsentrasi terendah yang menunujukkan hambatan pertumbuhan dengan jelas baik dilihat secara visual atau alat semiotomatis dan otomatis, disebut dengan konsentrasi daya hambat minimum atau MIC (Minimum Inhibitory Concentration) 3.

13 Read more

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI JUR

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI JUR

Pada setiap proses pengecatan yang dilakukan, baik pengecatan sederhana, pengecatan gram, ataupun pengecatan endospora, selalu dilakukan proses fiksasi. Proses fiksasi ini dilakukan dengan cara melewatkan gelas benda pada nyala api spirius beberapa kali selama 1-2 detik. Proses ini bertujuan untuk lebih melekatkan bakteri pada gelas benda dan mematikan bakteri, karena sebenarnya bakteri yang hidup tidak dapat diamati, karena pada bakteri hidup, selnya tidak mengandung pigmen atau transparan, karena indeks bias sitoplasmanya hampir sama dengan indeks bias lingkungannya yang bersifat cair (Lay, 1994). Ini sesuai dengan yang kami lakukan dalam praktikum.
Show more

18 Read more

laporan praktikum mikrobiologi penyiapan. docx

laporan praktikum mikrobiologi penyiapan. docx

Ketepatan komposisi medium tergantung pada kebutuhan spesies yang akan dikultivasi karena kebutuhan nutrisi sangat bervariasi. Pengetahuan tentang habitat normal mikroorganisme sering berguna untuk menentukan medium yang cocok karena kebutuhan tergantung lingkungan alaminya. Meskipun persyaratan medium untuk menumbuhkan mikroorganisme sangat beragam, namun sebagai organisme hidup mempunyai kebutuhan dasar yang sama yaitu memerlukan sumber karbon, energi, air, nitrogen, fosfat, dan mineral. Medium yang digunakan dalam Mikrobiologi sangat beraneka macam. Medium dapat dibuat secara alami maupun membeli sudah dalam bentuk kemasan jadi. Pembuatan medium menggunakan bahan-bahan alami selain lebih murah juga dapat untuk mengantisipasi jika tidak ada stok dari pabrik. Medium dapat dibedakan berdasarkan komposisi kimia, konsistensi, dan fungsinya. Berdasarkan komposisi kimiawi komponen penyusun medium, maka medium dibedakan menjadi 2 kategori yaitu medium kompleks (complex) dan sintetik (defined). Medium dapat dibedakan menjadi 3 berdasarkan konsistensinya yaitu medium cair, semipadat, dan padat. Medium menurut kegunaannya dibedakan menjadi 3 bagian yaitu selektif, diferensial, dan pengayaan (Rakhmawati 2012).
Show more

8 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DAN VIROL

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI DAN VIROL

Durham. Untuk uji penetapan, tabung yang menunjukkan hasil positif diinokulasi ke dalam tabung yang berisi medium BGBB (Brilliant Green Bile 2% Broth) dengan cara diambil 1 tetes dengan menggunakan jarum ose yang dipijarkan sebelumnya kemudian diletakkan pada medium yang telah disiapkan. Diinkubasi selama 24 jam pad suhu 42C. Hasil positif akan ditunjukkan dengan adanya gas di dalam tabung Durham. Tabung yang telah menunjukkan hasil positif ini kemudian diambil setetes kembali menggunakan tabung jarum ose yang telah dipijarkan sebelumnya dan digesekkan pada permukaan EMBA (Etilen Metilen Blue Agar) dalam cawan petri dan diinkubasi selama 24 jam pada suhu 37 o C. Bila
Show more

7 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI 2 STERILI

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI 2 STERILI

Sterilisasi adalah sebuah proses untuk menghilangkan bakteri yang ada pada peralatan baik itu yang bersifat patogen maupun apatogen. Dalam melakukan suatu pengamatan terhadap obyek mikrobiologi mengharuskan kita untuk menggunakan peralatan yang steril agar hasil pengamatan yang kita lakukan sesuai dengan apa yang diinginkan. Dalam hal ini kontaminasi bakteri lain pada hasil pengamatan sangat tidak diinginkan.

13 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI PANGAN DAN

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI PANGAN DAN

Pada praktikum kali ini untuk melakukan Pengujian Daya Anti Bakteri Beberapa Antiseptik Terhadap Bakteri dengan Metode Paper Disk. Antiseptik atau germisida adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan yang hidup seperti pada permukaan kulit dan membran mukosa. Antiseptik yang digunakan yakni cabe rawit dengan menggunakan medium lempeng NA serta biakan murni yang terdiri dari Staphyllococcus aereus, Escherichia coli, dan Bacillus subtilis dalam medium nutrien cair umur 1x24 jam dan masing-masing memiliki diameter paper disk yang sama yaitu 0,535 serta menggunakan jangka sorong untuk mengetahui hasil dari diameter zona jernih. Hasil dari percobaan yang dilakukan dari biakan cair Staphyllococcus aereus pada diameter zona jernih terjadi kontaminasi dengan diameter paper disk 0.535 tidak menghasilkan zona hambat bakteri dikarenakan cabe rawit bukan antiseptik yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme sehingga terkontaminasi oleh bakteri. Sedangkan, pada biakan cair Escherichia coli ini diketahui 0,63 dengan diameter paper disk 0,535 menghasilkan 0,095 zona hambat pada bakteri. Jadi, cabe rawit merupakan antiseptik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada biakan cair Escherichia coli. Jika dibedakan dengan Escherichia coli, ada biakan cair Bacillus subtilis yang memiliki kesamaan seperti biakan cair Staphyllococcus aureus sama-sama terkontaminasi. Jadi, cabe rawit antiseptik yang tidak dapat menghambat pertumbuhan bakteri terhadap daya antibakteri Bacillus subtilis dan Staphyllococcus aureus. 5.2 Bawang Putih
Show more

21 Read more

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI STR

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI STR

Pada praktikum Mikrobiologi dengan materi sterilisasi, metode yang kami terapkan ialah pemanasan basah dengan uap bertekanan menggunakan alat autoklaf. Untuk mensterilkan kurang lebih 10 Cawan Petri, 20 Tabung Reaksi, 1 Erlemenyer dan 2 Botol Kaca kami memanaskan alat tersebut dengan suhu 121 o C,

3 Read more

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI AKUAKULTU pdf

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI AKUAKULTU pdf

PH optimum pertumbuhan bagi kebanyakan bakteri terletak antara 6,5 dan 7,5. Namun, beberapa spesies dapat tumbuh dalam keadaan masam, atau sangat alkaline. Bagi kebanyakan spesies, nilai pH minimum dan maksimum antara 4 dan 9. Bila bakteri dikultivasi di dalam suatu medium yang mula-mula disesuaikan pH-nya misalnya 7, maka mungikn sekali pH ini akan berubah sebagai akibat adanya senyawa asam atau basa yang dihasilkan selama pertumbuhannya. Pergeseran pH ini dapat sedemikian besar sehingga dapat menghambat pertumbuhan selanjutnya organisme tersebut. Pergeseran pH dapat dicegah dengan menggunakan larutan penyangga dalam medium. Larutan penyangga adalah senyawa atau pasangan senyawa yang dapat menahan perubahan pH. Suatu kombinasi garam phospat, seperti KH 2 PO 4 dan K 2 HPO 4
Show more

116 Read more

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Pen

Laporan Praktikum Mikrobiologi Dasar Pen

7. Alat-alat gelas meliputi tabung reaksi , gelas ukur, tabung durham, Erlenmeyer. Dimana tabung reaksi terdiri dari kaca yang berfungsi sebagai wadah atau medium cair dan tempat menumbuhkan (menginokulasi) mikroba. Cara sterilisasinya yaitu dengan dibungkus kertas. Gelas ukur terbuat dari kaca yang digunakan sebagai pengukur volume cairan yang akan digunakan secara akurat. Cara sterilisasi di dalam autoklaf, ditutup dengan kertas lalau diikat dengan benang gonam. Tabung durham berfungsi untuk menampung gas hasil fermentasi yang dihasilkan oleh bakteri dengan cara diletakkan terbali di dalam tabung reaksi yang didalamnya terdapat medium. Biasanya untuk menampung gas dari bakteri Coliform (yang membutuhkan O 2 ). Erlenmeyer digunakan
Show more

37 Read more

Show all 10000 documents...