Top PDF ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA KEDIRI PERIODE 2009-2013

ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA KEDIRI PERIODE 2009-2013

ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA KEDIRI PERIODE 2009-2013

masyarakat (public fund) maka dalam pengelolaanya harus memperhatikan aspek transparansi dan akuntabilitas, baik dalam aspek kinerja keuangan, aspek operasional dan aspek administrasinya, karena ketiga aspek dimaksud sangat menetukan kinerja pengelolaan perusahaan termasuk di dalamnya adalah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

18 Baca lebih lajut

Analisis Likuiditas Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung Periode (2007-2011)

Analisis Likuiditas Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung Periode (2007-2011)

Berdasarkan data tersebut dapat dilihat bahwa Current Ratio Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung mengalami peningkatan dalam kisaran yang tinggi yaitu pada tahun 2009 yaitu 390,05 % dari tahun sebelumnya. kemampuan likuiditas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sudah stabil, kemudian pada tahun 2010 mengalami penurunan tingkat likuiditas yang berakibat terlambatnya perusahaan memenuhi finansial jangka pendeknya. Dikarenakan adanya penunggakan pembayaran masyarakat pada perusahaan maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ Analisis Likuiditas Pada Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Tirtawening Kota Bandung Periode 2007-2011 ”
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

EVALUASI KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PROBOLINGGO DALAM PERSPEKTIF BALANCE SCORECARD

EVALUASI KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PROBOLINGGO DALAM PERSPEKTIF BALANCE SCORECARD

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Probolinggo pada tahun 2009 – 2011 ditinjau dari analisis data sekunder adalah tidak Baik. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya indikator yang tidak Baik dari keempat perspektifnya dan hanya tiga indikator saja yang menunjukkan baik yaitu cicle time, employe training dan absensi dalam perhitungan Balanced Scorecard.

18 Baca lebih lajut

ANALISIS KINERJA PERSPEKTIF KEUANGAN DAN PERSPEKTIF PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTAWENING KOTA BANDUNG DENGAN MENERAPKAN KONSEP BALANCED SCORECARD.

ANALISIS KINERJA PERSPEKTIF KEUANGAN DAN PERSPEKTIF PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTAWENING KOTA BANDUNG DENGAN MENERAPKAN KONSEP BALANCED SCORECARD.

Pemakaian penilaian kinerja tradisional yaitu penilaian kinerja keuangan sebetulnya belum cukup mewakili untuk menyimpulkan apakah kinerja yang dimiliki oleh suatu perusahaan sudah baik atau belum. Hal ini disebabkan karena kinerja keuangan hanya menggambarkan pengukuran efektivitas penggunaan aktiva serta laba dalam mendukung penjualan selama periode tertentu. Ukuran- ukuran keuangan tidak memberikan gambaran yang riil mengenai keadaan perusahaan karena tidak memperhatikan hal-hal lain di luar sisi finansial misalnya sisi pelanggan yang merupakan fokus penting bagi perusahaan dan karyawan, padahal dua hal tersebut merupakan roda penggerak bagi kegiatan perusahaan. Kaplan dan Norton (2000:7) mengungkapkan bahwa:
Baca lebih lanjut

50 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SURAKARTA  Analisis Rasio Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta.

ANALISIS RASIO SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SURAKARTA Analisis Rasio Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta.

Menurut Al Haryono Jusup (2005 : 21) laporan keuangan utama yang dihasilkan oleh proses akuntansi adalah neraca, laporan rugi-laba dan laporan arus kas. Neraca dibuat untuk menggambarkan posisi keuangan suatu organisasi pada saat tertentu. Laporan rugi-laba menggambarkan hasil-hasil usaha yang telah dicapai dalam periode waktu tertentu selama satu tahun, sedangkan laporan aliran kas menggambarkan jumlah kas yang masuk dan jumlah kas yang keluar dalam suatu perusahaan. Dari ketiga laporan yang pokok diatas, juga dihasilkan laporan pendukung seperti laporan laba ditahan, laporan perubahan modal sendiri, dan melalui diskusi-diskusi oleh pihak manajemen (Mamduh M. Hanafi, 2005).
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

ANALISIS RASIO SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM)  Analisis Rasio Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta.

ANALISIS RASIO SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) Analisis Rasio Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta.

Sebagai kesimpulan dari hasil penelitian yang digunakan adalah kriteria yang diperoleh untuk tahun 2007 dari kinerja adalah kurang, untuk tahun 2008 nilai kinerja dilihat dari aspek keuangan cukup. Pada tahun 2009 yaitu cukup dilihat dari aspek keuangan, tahun 2010 nilai kinerja dari aspek keuangan adalah baik, sedangkan tahun 2011 nilai kinerjanya cukup dilihat dari aspek keuangan. Kinerja PDAM Kota Surakarta menyatakan belum mencapai nilai maksimum ditinjau dari aspek keuangan Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 1999.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Analisis Kinerja Keuangan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar

Analisis Kinerja Keuangan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar

Berdasarkan data pada perhitungan Profit Margin on Sales yang ditunjukkan pada Tabel 10, menunjukkan bahwa profit margin yang dicapai perusahaan pada lima tahun terakhir yaitu tahun 2005 sampai dengan tahun 2009 adalah rata-rata sebesar -0,21%. Meskipun tingkat penjualan (net sales) meningkat dari tahun ke tahun tetapi di barengi oleh kenaikan operating expenses yang cukup besar melebihi operating income, sehingga mengakibatkan net operating income menjadi minus (rugi), yang juga berakibat pada rasio profit margin menjadi minus, karena keduanya merupakan faktor yang saling mempengaruhi satu sama lainnya.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Analisis kinerja keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Boyolali periode 2006-2008 dewi purbosari

Analisis kinerja keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Boyolali periode 2006-2008 dewi purbosari

Penyediaan Air Bersih di kota Boyolali sebenarnya sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, akan tetapi pada waktu itu belum digunakan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat, namun untuk memenuhi kebutuhan sarana transportasi (lokomotif) yaitu kereta api jurusan Boyolali-Kartosuro-Solo terutama untuk mengangkut hasil bumi. Adapun kelebihan pemanfaatan air bersih tersebut dimanfaatkan untuk keperluan kantor/instansi serta masyarakat kota Boyolali khususnya dan masyarakat pada umumnya, melalui bak umum.

75 Baca lebih lajut

ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN BOYOLALI  Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum Di Boyolali Periode 2008 Sampai 2010.

ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN BOYOLALI Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum Di Boyolali Periode 2008 Sampai 2010.

Tertumpah dari penulis an dengan kerendahan hati penulis panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT atas segala rahmat, hidayah juga atas nikmat iman dan islam atas semua. Alhamdulillah satu kata ats karunianya sehingga peulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Analisis Kinerja Keuangan pada Perusahaan Air Minum (PDAM) di Boyolali periode 2008-200”.

12 Baca lebih lajut

PENIGKATAN KINERJA KARYAWAN DI TINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN PADA PERUSAHAAN DAERAH DAN AIR MINUM (PDAM) DI KOTA  Penigkatan Kinerja Karyawan Di Tinjau Dari Tingkat Pendidikan Dan Latihan Pada Perusahaan Daerah Dan Air Minum (Pdam) Di Kota Su

PENIGKATAN KINERJA KARYAWAN DI TINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN PADA PERUSAHAAN DAERAH DAN AIR MINUM (PDAM) DI KOTA Penigkatan Kinerja Karyawan Di Tinjau Dari Tingkat Pendidikan Dan Latihan Pada Perusahaan Daerah Dan Air Minum (Pdam) Di Kota Su

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Ingin mengetahui pengaruh tingkat pendidikan karyawan terhadap kinerja karyawan di PDAM Surakarta; 2) Ingin mengetahui pengaruh latihan kerja karyawan terhadap kinerja karyawan di PDAM Surakarta; 3) Ingin mengetahui pengaruh tingkat pendidikan karyawan dan latihan kerja karyawan terhadap kinerja karyawan di PDAM Surakarta.

15 Baca lebih lajut

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEUANGAN PDAM DI BANGKA BELITUNG TAHUN 2013-2015 - UNS Institutional Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEUANGAN PDAM DI BANGKA BELITUNG TAHUN 2013-2015 - UNS Institutional Repository

Population in this research is PDAM that locate in Bangka Belitung region during period 2013-2015. This research uses purposive sampling method with 4 samples that predetermined the criteria. This research uses panel data that is a combination of time-series data and cross-section data. Panel data in this study is balanced panel, where each cross-section (PDAM) has the same number of time series observations, ie twelve (12) quarterly.

16 Baca lebih lajut

ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM Studi Kasus di PDAM Kabupaten Purworejo

ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM Studi Kasus di PDAM Kabupaten Purworejo

Konsep pembangunan secara umum adalah usaha untuk memperbaiki kondisi sosial ekonomi masyarakat, melalui pembangunan diusahakan ada perbaikan dari kondisi pasif statis dan tertinggal menjadi aktif, dinamis, serta masyarakat yang lebih maju. Salah satu kebijakan pembangunan adalah peningkatan sarana air bersih. Usaha dalam mengelola air bersih memerlukan organisasi yang handal dan profesional. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) adalah Perusahaan Daerah yang bergerak di bidang pengelolaan dan pelayanan air bersih. Sebagai perusahaan yang bertugas melayani kebutuhan manusia yang sangat mendasar yaitu air bersih, maka PDAM berkewajiban untuk meningkatkan cakupan pelayanan seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan kenaikan taraf hidup masyarakat.
Baca lebih lanjut

146 Baca lebih lajut

Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Komitmen Organisasional dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntansi Pada PT. Pertamina (Persero) Region I Medan Sumatera Utara

Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Komitmen Organisasional dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntansi Pada PT. Pertamina (Persero) Region I Medan Sumatera Utara

Pada penelitian Saepudin (2013) yang berjudul kepuasan kompensasi dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada badan usaha yang berbentuk CV dan PT Kota Tasikmalaya dengan variable dependennya kinerja karyawan dan variable independennya kompensasi dan komitmen organisasional. Penelitian tersebut menghasilkan bahwa pemahaman akuntansi dan ketentuan perpajakan serta transparansi dalam pajak secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak badan.

15 Baca lebih lajut

Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Komitmen Organisasional dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntansi Pada PT. Pertamina (Persero) Region I Medan Sumatera Utara

Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Komitmen Organisasional dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntansi Pada PT. Pertamina (Persero) Region I Medan Sumatera Utara

Untuk itu, organisasi dituntut untuk memiliki kekuatan dalam pengelolaan sumber daya, khususnya sumber daya manusia. Pengelolaan sumber daya manusia tidak terlepas dari hubungan timbal balik yang positif antara karyawan dengan organisasi itu sendiri. Kerap kali, evaluasi terhadap karyawan dilakukan guna menjaga kualitas dan kinerja yang baik dari para karyawan dalam organisasi tersebut. Keadaan ini bukan hanya terdapat pada organisasi swasta yang telah Go Public, tetapi juga pada organisasi pemerintah. Karyawan yang bekerja dalam organisasi pemerintah dinilai kurang produktif dibandingkan dengan karyawan organisasi swasta. Hal ini dapat menjadi faktor pemicu turunnya prestasi kerja karyawan dan kualitas pelayanan publik di mata masyarakat,padahal organisasi harus memiliki sumber daya manusia yang baik guna mencapai tujuan organisasi.
Baca lebih lanjut

99 Baca lebih lajut

menghitung debit air produksi berdasarka

menghitung debit air produksi berdasarka

Pelaksanaan praktek kerja lapangan selama 2 bulan yaitu pada tanggal, 27 Januari sampai 27 Maret yang bertempat di PDAM unit Cendana. Dalam kegiatan tersebut, banyak pengetahuan dan pengalaman baru khususnya dalam bidang pekerjaan maupun dalam bidang ilmu pengetahuan. Di sini dipelajari mengenai proses pengolahan air baku yang berasal dari sungai mahakam sampai menjadi air bersih dan menganalisisnya hingga layak dikonsumsi. Dimana sistem pengolahan air terdiri dari 8 proses yang dimulai dari pengambilan air baku (intake), proses aerasi, proses koagulasi, proses flokulasi, proses filtrasi, proses sedimentasi, proses desinfektan dan selanjutnya masuk pada proses analisis air produksi sampai akhirnya ditampung di reservoar dan didistribusikan kepada masyarakat. Analisis Kualitas air di laboraturium induk PDAM Samarinda digunakan parameter fisika dan kimia diantaranyan Pemeriksaan pH, Pemeriksaan Kekeruhan Air, Pemeriksaan Sisa Chlor, Pemeriksaan Warna Air, Pemeriksaan Zat Padat dan lain-lain.
Baca lebih lanjut

42 Baca lebih lajut

EVALUASI KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PROBOLINGGO DALAM PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD

EVALUASI KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PROBOLINGGO DALAM PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD

Organisasi publik adalah organisasi yang didirikan dengan tujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga orientasi organisasi publik adalah untuk melayani masyarakat. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan salah satu bentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memegang peranan penting dalam memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam menyelenggarakan pemerintahan dan membiayai pembangunan di daerah. Bentuk pelayanan jasa yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) adalah pemberian jasa dalam pelayanan penyediaan air bersih kepada masyarakat khususnya masyarakat yang menggunakan jasa air dari PDAM itu sendiri Dalam rangka meningkatkan pelayanan air bersih pada masyarakat dan pengembangan perusahaan serta semakin meningkatkan teknologi maka perlu adanya pengukuran kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Probolinggo. Alat ukur Balance Scorecard mencoba melakukan pendekatan yang mengukur kinerja perusahaan dengan mempertimbangkan empat aspek atau perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

ANALISIS LUAS PRODUKSI AIR MINUM PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) WAYRILAU DI BANDARLAMPUNG

ANALISIS LUAS PRODUKSI AIR MINUM PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) WAYRILAU DI BANDARLAMPUNG

2. Berdasarkan analisis data pada PDAM Wayrilau Kota Bandarlampung Tahun 2011 dapat disimpulkan bahwa air minum pada Tahun 2011 belum mencapai luas produksi optimal, karena perusahaan berproduksi di bawah luas produksi optimal yaitu sebesar 20.863.000 meter kubik. Kapasitas mesin yang dimiliki PDAM Wayrilau Kota Bandarlampung untuk Tahun 2011 adalah sebesar 990 liter per detik. Dengan produksi rata-rata 24 jam per hari maka kapasitas mesin dalam satu tahun adalah sebesar 31.220.640.000 liter atau 31.220.640 m 3 air minum dengan asumsi 1 tahun adalah 365 hari.
Baca lebih lanjut

38 Baca lebih lajut

Kinerja perusahaan daerah air minum (PDAM) kota Surakarta berdasarkan balanced performance measurement

Kinerja perusahaan daerah air minum (PDAM) kota Surakarta berdasarkan balanced performance measurement

Menurut Kepmendagri nomor 47 tahun 1999, kinerja PDAM adalah tingkat keberhasilan pengelolaan PDAM dalam satu tahun buku tertentu. Mengingat kedudukan PDAM sangat vital dalam pelayanan kebutuhan air bersih, maka pengelolaan PDAM saat ini membutuhkan suatu kajian yang sangat mendalam baik mengenai kualitas pelayanan air bersih maupun bagaimana upaya PDAM dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan air. Baik atau tidaknya pengelolaan PDAM dapat diukur dan dilihat dari bagaimana kinerja yang dihasilkan. Kendati sesungguhnya belum diketahui dan dipahami secara benar apa yang dimaksud kinerja, bagaimana ukuran (parameter) kinerja dan bagaimana upaya meningkatkan kinerja, tetapi kinerja menjadi konsep yang sangat penting dalam pengembangan perusahaan. Kinerja perusahaan dapat dilihat dari bagaimana tingkat keberhasilan pengelolaan perusahaan dalam satu tahun buku tertentu. Penilaian tingkat kinerja suatu perusahaan sangat diperlukan karena tingkat kinerja dapat memberikan gambaran prestasi yang telah dicapai oleh suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Oleh karena itu, untuk menilai kinerja perusahaan, perusahaan perlu mengkaitkannya dengan kinerja keuangan komulatif dan ekonomi (Widodo, 2008).
Baca lebih lanjut

102 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Analisis Rasio Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta.

PENDAHULUAN Analisis Rasio Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta.

Kebutuhan akan air bersih merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi berbagai lapisan masyarakat. Sebagai produk kebutuhan masyarakat, maka air bersih yang berkualitas akhirnya menjadi suatu tuntutan masyarakat saat ini. Karena segala aktifitas masyarakat di berbagai aspek kehidupan manapun memerlukan air bersih. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah memahami pentingnya air bersih bagi penunjang kehidupan yang sehat. Keadaan geografis kota Surakarta yang sebagian mendukung akan ketersediaan air bersih bagi masyarakat yang sangat penting mengingat akan kebutuhan utama masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya alam yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...